Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Tangga Beton Bertulang Yang Baik Dan Benar

Daftar Isi [Lihat]

Tangga beton bertulang adalah jenis tangga yang paling umum digunakan di rumah-rumah. Mereka juga merupakan jenis tangga yang paling hemat biaya dan efisien. Menghitung tangga beton bertulang untuk rumah adalah topik yang sering dibahas dalam industri konstruksi.


Namun, banyak orang yang tidak mengetahui perhitungan tangga beton bertulang untuk rumah mereka yang dapat menyebabkan masalah saat membangun atau merenovasi rumah mereka. Artikel ini membahas berbagai metode yang digunakan untuk menghitung langkah beton bertulang untuk rumah dan memberikan contoh rumus perhitungan.


Perhitungan Tangga Beton Bertulang
Perhitungan Tangga Beton Bertulang


Perhitungan Tangga Beton Bertulang

Bacahape.com Tangga beton bertulang merupakan bahan bangunan yang ideal karena dapat dibuat kuat dan tahan lama, dengan sedikit usaha perhitungan tangga beton bertulang. Mereka biasanya lebih murah daripada tangga baja atau kayu, tetapi juga lebih ringan, membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan.


Tangga beton dibuat dengan menuangkan semen cair ke dalam cetakan. Cetakan dapat dibuat agar terlihat seperti berbagai jenis tangga, seperti tangga kayu, batu, atau logam.


Untuk sebagian besar desain tangga beton, tulangan baja dimasukkan ke dalam beton untuk membuat tulangan yang membantu menopang lebih banyak bobot.


Rebar mirip dengan wire mesh dalam hal itu adalah sepotong logam persegi panjang yang telah dilas bersama untuk membuat kawat yang sangat tebal. Tulangan dimasukkan ke dalam beton selama proses penuangan kemudian ditutup dengan beton agar lebih kuat.


Beton bertulang terdiri dari batang-batang baja yang memperkuat campuran semen, pasir, dan kerikil. Batang sering dibuat dari kawat baja atau rebar yang telah dilas bersama untuk membuat bentuk seperti pita, tetapi juga dapat dibentuk menjadi tabung atau bentuk lain yang diinginkan.


Beton bertulang digunakan di semua struktur, termasuk dinding dan lantai, jembatan, bendungan, dan gedung pencakar langit.



Baca Komposisi Beton K 250


Cara Perhitungan Tangga Beton Bertulang

Tangga beton bertulang adalah alternatif yang bagus bagi mereka yang ingin menghindari biaya pemasangan baja atau kayu.


Tangga beton bertulang adalah alternatif yang bagus bagi mereka yang ingin menghindari biaya pemasangan tangga baja atau kayu. Mereka tahan lama, ringan dan relatif mudah dipasang.


Cara Perhitungan Tangga Beton Bertulang
Cara Perhitungan Tangga Beton Bertulang


Menghitung Tangga Beton Bertulang

Sebelum mengetahui Perhitungan Tangga Beton Bertulang, Anda perlu mengetahui berat anak tangga dan anak tangga, serta tinggi dan lebar masing-masing.


  1. Hitung berat kotor setiap langkah dan langkah 
  2. Hitung panjang tangga beton bertulang 
  3. Temukan diameter batang penguat, biasanya 1/8", 3/16" atau 5/32" 
  4. Hitung jumlah batang yang dibutuhkan dan panjang yang dibutuhkan menggunakan Rumus 10-6 di ASTM C1292, "Spesifikasi Standar untuk Bentuk Struktur Beton Bertulang" 
  5. Hitung berat tulangan 
  6. Hitung berat bersih setiap langkah dan langkah panjang 
  7. Tentukan ukuran tulangan yang sesuai, dengan mengalikan berat tulangan dengan panjang langkah 
  8. Tambahkan 5% untuk setiap komponen struktur untuk memperhitungkan gaya geser dan aksial


Baca Jenis Besi Beton


Rumus Perhitungan Tangga Beton Bertulang

Rumus untuk menghitung luas yang dibutuhkan anak tangga beton bertulang adalah: Formula 1 Di mana: formula_2 adalah lebar langkah dan formula_3 adalah tinggi langkah.


Misalnya, rumah dengan tangga yang lebarnya 1,5 meter, dengan tinggi anak tangga 0,75 meter akan membutuhkan 1,5/0,75*100 = 144 mm persegi untuk luas anak tangga.


Memperkuat Tangga Beton Bertulang

Tangga beton bertulang biasanya lebih tahan lama dibandingkan tangga beton biasa. Ini karena mereka memiliki batang tulangan baja yang tertanam di beton.


Kekuatan tangga beton bertulang dapat ditingkatkan dengan menambah jumlah tulangan baja. Namun, hal ini dapat menimbulkan masalah jika terlalu banyak tulangan yang digunakan dan menyebabkan kekuatan berlebih, yang dapat menyebabkan keretakan atau tekuk pada tangga.


Memperkuat tangga beton bertulang berarti memperkuat tidak hanya anak tangga tetapi juga komponen struktur yang menopangnya. Ini mencegah retakan terbentuk dan menjaga tangga Anda tetap aman selama beberapa dekade yang akan datang.


Tujuan dari perkuatan tangga beton bertulang adalah untuk meningkatkan kapasitas bebannya sehingga dapat memikul beban berat tanpa menunjukkan tanda-tanda tegangan atau retak saat memikul beban di atasnya.


Baca Tiang Beton Untuk Rumah 2 Lantai


Pembesian Tangga Beton

Tangga besi cor adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dan uang. Mereka tahan lama, mudah dibersihkan, dan dapat digunakan pada permukaan yang berbeda.


Tangga besi cor kokoh dan tahan lama. Mereka dapat menahan berat benda berat tanpa membungkuk atau patah. Ini membantu mereka bertahan lebih lama daripada jenis tangga lainnya.


Pembesian Tangga Beton
Pembesian Tangga Beton


Tangga besi cor tidak akan berkarat atau korosi karena memiliki permukaan halus yang mudah dibersihkan. Mereka juga tidak memerlukan perawatan khusus seperti jenis tangga logam lainnya.


Tangga besi cor dapat digunakan pada permukaan yang berbeda termasuk tangga beton, lantai kayu, dan bahkan area berumput tanpa merusak permukaan atau meninggalkan bekas tidak seperti yang dilakukan logam ketika bersentuhan dengan permukaan ini.


Apa itu besi tangga beton dan mengapa saya harus menggunakannya?

Apa itu tangga beton dan mengapa saya harus menggunakannya? Tangga beton adalah jenis tangga yang terbuat dari beton. Mereka biasanya digunakan di area luar ruangan seperti teras atau balkon.


Keuntungan utama dari tangga beton adalah harganya yang relatif murah untuk dibuat dan mudah dirawat, yang membuatnya ideal untuk properti komersial. Manfaat lainnya termasuk fakta bahwa tangga ini dapat dibangun dengan desain, warna, dan tekstur apa pun yang diinginkan yang dapat bermanfaat untuk tangga hias.


Kerugian dari tangga beton adalah beratnya. Karena beton adalah material yang padat, beton dapat menyebabkan masalah dengan dinding luar dan pondasi jika tidak ditempatkan dengan hati-hati. Beton umumnya digunakan untuk membangun tangga yang lebar, biasanya lebih lebar.


Beton juga dapat dicampur dengan agregat alami atau bahan lain untuk menciptakan warna dan tekstur yang berbeda. 


Tangga kayu sering dibuat dari tapak dan anak tangga kayu. Struktur kayu ini disatukan menggunakan sekrup logam, pasak, atau braket. Berat tangga ditopang oleh balok yang memanjang di antara penyangga di kedua sisi tangga.


Kayu adalah bahan alami dan dapat difinishing untuk daya tarik estetika. Tangga kayu umumnya digunakan untuk membangun tangga yang tingginya lebih pendek dan/atau yang memiliki kurang dari empat anak tangga.


Cara Merawat Tangga Beton Bertulang


  • Dapat Membantu Menyegarkan Tampilan Tangga Anda

Mengukus tangga Anda adalah cara mudah namun efektif untuk menghilangkan kotoran dan kotoran dari tangga Anda. Metode ini memungkinkan Anda untuk tidak hanya meningkatkan tampilan tangga Anda, tetapi juga menjaganya agar tetap aman dari jatuh.


  • Mereka Membersihkan Angin

Membersihkan tangga Anda dengan pembersih besi bukanlah proses yang rumit, tetapi penting untuk melakukannya dengan benar.


Cara yang benar untuk membersihkan tangga Anda dengan pembersih besi adalah sebagai berikut: gunakan salah satu botol semprot yang Anda miliki dan tambahkan satu bagian air dan tiga bagian cuka putih. Semprotkan campuran tersebut ke tangga dan biarkan selama 10 menit.


Lalu taburkan baking soda diatasnya tangga dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bersihkan area tersebut, dan selesai.


Vakum lebih sering Beberapa pembersih tangga terbaik akan lebih baik jika dilakukan secara teratur. Menyedot debu tidak hanya akan menghilangkan debu dan kotoran, tetapi juga memberi tahu Anda bahwa tangga Anda sedang dirawat!


Merawat tangga Anda tidak sesulit kelihatannya, dan ingatlah bahwa menyedot debu secara teratur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tampilan dan nuansa tangga Anda.


  • Mudah Digunakan & Aman Di Sekitar Anak & Hewan Peliharaan

Menyetrika tangga bisa menjadi tugas yang membosankan yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun, tugas-tugas ini dapat dibuat lebih mudah dengan bantuan kemajuan teknologi saat ini.


Dyson, sebuah perusahaan peralatan yang berspesialisasi dalam penyedot debu dan pembersih udara, merilis produk baru yang disebut Dyson 360 Eye untuk membantu tugas-tugas menyetrika tangga yang membosankan ini.


Baca Biaya Dak Beton Bondek Per M2


Struktur Tangga Beton

Strukutur tangga beton merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu konstruksi tangga. Bukan hanya kokoh, struktur tangga juga harus mempertimbangkan estetika.


Bisa kita bayangkan, jika ada sebuah tangga biasa-biasa saja, tanpa pegangan disampingnya atau tingkat kemiringan yang curam. Tentu saja setiap orang mempunyai keinginan memiliki struktur tangga beton yang estetik, tahan lama dan efisien.


Apa itu Struktur Tangga Beton dan Bagaimana Cara Kerjanya

Strukutur tangga beton adalah jenis konstruksi yang mencakup serangkaian langkah dan dua atau lebih tiang. Mereka biasanya digunakan dalam proses konstruksi untuk menyediakan akses ke tingkat atas bangunan.


Tangga beton serbaguna dan tahan lama, karena memiliki perawatan minimal dan daya tahan jangka panjang. Mereka dapat menahan pengabaian dan pelapukan dengan baik, terutama jika ditempatkan di bawah tanah atau di ruang bawah tanah sebuah bangunan.


Kunci untuk memahami cara kerja tangga ini adalah memahami strukturnya. Tangga beton terdiri dari dua tiang dan tangga di kedua sisinya. Tiang dihubungkan oleh balok horizontal dengan lubang di dalamnya yang memungkinkan tiang dihubungkan dengan batang atau kawat untuk penyangga.


Tangga beton dapat digunakan untuk banyak tujuan yang berbeda, tetapi salah satu kegunaan yang paling umum adalah sebagai rute pelarian darurat dari gedung bertingkat atau struktur lain di mana orang mungkin perlu mengungsi dengan cepat, seperti saat gempa bumi atau kebakaran.


Ketika digunakan sebagai rute pelarian darurat, tangga biasanya dibangun di dalam gedung dan dapat diakses dengan satu pintu atau sumur tangga. Jalan, gang, dan lorong umum lainnya yang tidak memiliki tempat khusus untuk berdiri atau bergerak sambil berjalan sering disebut "trotoar". 


Mereka juga kadang-kadang disebut "paving di Inggris ." "Kasus tangga" adalah rangkaian tangga yang curam. Hal ini terutama digunakan dalam bahasa Inggris Amerika Utara untuk merujuk pada tangga atau set tangga yang berada di dalam bangunan, dibangun dari potongan kayu lurus tanpa menggunakan balok pendukung. 


Demikian artikel mengenai Perhitungan Tangga Beton Bertulang. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih.