Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Besi Dan Tiang Beton Untuk Tiang Rumah 2 Lantai

Daftar Isi [Lihat]

Ukuran Besi Untuk Tiang Rumah 2 Lantai - Beban yang dibuat oleh rumah dengan lantai bertingkat pasti besar sekali, Diperlukan susunan yang cocok supaya rumah tidak gampang ambruk dan dapat meredam beban dari lantai 2.


Salah satunya sisi yang berperanan penting ialah tiang rumah. Sisi ini kami akan membagikan informasi mengenai ukuran besi untuk tiang rumah 2 lantai agar bisa menahan berat ke arah fondasi yang hendak dilanjutkan kembali ke tanah, Bila tiang tidak kuat karena itu bangunan tidak aman.


Dalam hasilkan tiang yang baik untuk sebuah rumah dua lantai, diperlukan ukuran besi untuk tiang rumah 2 lantai yang pas, karena material yang tersering dipakai dalam membuat sisi ini ialah besi dan beton dengan ukuran tertentu.


Ke-2 nya mempunyai karakter yang dapat bekerja bersama secara baik, Besi sebagai material yang tahan pada tarikan, dan beton sebagai material yang tahan penekanan.


Ukuran Besi Untuk Tiang Rumah 2 Lantai
Ukuran Besi Untuk Tiang Rumah 2 Lantai


Ukuran Besi Untuk Tiang Rumah 2 Lantai

Untuk rumah standar 2 lantai, fondasi yang biasa dipakai ialah kombinasi di antara batubelah dan footplat.


Fondasi footplat ini dibikin untuk perkuat fondasi / meredam beban bangunan lantai 2. Untuk kedalaman fondasi batu iris, pada keadaan tanah normal, kedalaman range 70cm ialah cukup.


Dan untuk fondasi footplat / cakar ayam, kedalalaman yang cukup ialah 1,5 mtr..


Ukuran Besi Fondasi Rumah 2 Lantai

Saat ini masuk ke ulasan khusus. Berapakah ukuran besi fondasi rumah 2 lantai yang bagus?


Untuk rumah umum 2 lantai biasa, dengan rentang kolom standar jarak 3 sampai 4 mtr., dan keadaan tanah normal / keras, karena itu ukuran besi yang bagus ialah diameter minimum 12 mm.


Besi diameter 12mm lumayan kuat untuk tulangan fondasi footplat . Sehingga benar-benar dianjurkan untuk memakai besi minimum diameter 12mm untuk membuat fondasi footplat.


Tipe Tiang Rumah

Selainnya tahu ukuran besi yang hendak dipakai, Teman88 harus juga tahu tipe yang mana dapat menyokong beban rumah, Berikut ialah 3 tipe tiang yang kerap ditemui :


  • Tiang segi-empat atau bujur sangkar dengan tulangan memanjang dan menyengkang.
  • Tiang bulat dengan tulangan memanjang dan berwujud spiral. Mempunyai kekuatan untuk mempernyerap deformasi lumayan besar saat sebelum roboh.
  • Tiang komposit, yakni kombinasi di antara beton dan profile baja sebagai alternatif besi didalamnya.



Ukuran Besi Dan Tiang Rumah Yang Dipakai

Bacahape.com Pada suatu bangunan rumah 2 tingkat yang mempunyai mode simpel, Umumnya kolom atau tiang akan memiliki ukuran 15 x 15 cm. Ukuran besi untuk tiang rumah 2 lantai yang berperan sebagai tulang khusus sekitaran 10 mm atau 12 mm untuk susunan yang lebih kuat.


Lantas ada pula begel dengan ukuran 8 mm, Jarak antara begelnya 15 cm dengan tebal cor sejumlah 1,5 cm dari begel yang terluar.


Jika susunan tiang tidak prima, karena itu ini akan menjadi hal krisis yang bisa mengakibatkan bangunan hancur sampai ambruk. Selainnya proses penghitungan yang pas, keadaan tanah juga harus juga jadi perhatian, Tanah harus dapat dan sanggup terima beban yang diteruskan ke arah fondasi.


Sia-sia apabila sudah memakai bahan terbaik dan penghitungan yang pas untuk membuat tiang dan susunan yang lain, tetapi tanah tidak sanggup jalankan pekerjaannya secara baik.


Ukuran Tiang Beton Rumah 2 Lantai

Setlah kita mengetahui ukuran besi untuk tiang rumah 2 lantai, selanjutnya kita akan membahas ukuran tiang beton untuk rumah 2 lantai.


Beban yang perlu dapat didukung oleh susunan dari rumah dengan lantai 2 akan besar. Ada beberapa pemikiran dan penghitungan yang perlu dilaksanakan. Satu diantaranya ialah ukuran besi cor. Besi beton masih jadi opsi yang aman di beberapa project.


Dua material ini mempunyai karakter kombinasi yang bagus. Besi sebagai material yang tahan pada tarikan, dan beton sebagai material yang tahan penekanan.


Dalam sebuah bangunan, susunan umum yang selalu dipakai ialah fondasi, kerangka, kuda-kuda, atap. Setiap sisi ini akan memerlukan besi cor supaya kuat meredam beban. Berikut ialah info tentang ukuran dari besi cor yang diperlukan dalam membuat rumah 2 lantai.


  • Fondasi

Tipe fondasi yang terbaik untuk rumah 2 lantai ialah cakar ayam karena bisa mencekram tanah secara baik. Untuk ukuran besinya, ukuran 10 maupun 12 dengan mode ulir dapat dipakai. Ukuran 100mm x 100xm x 25cm untuk cor nya juga mencukupi.


  • Sloof

Sloof / balok pengikat umumnya akan ada di atas fondasi. Dalam bangunan rumah 2 lantai, ukuran 15 x 35 cm cukup. Dengan besi tulangan 12 mm, begel besi 8 mm dan ketebalan cor 15 mm karena itu Anda telah memperoleh susunan yang bagus. Untuk ketahui seberapa banyak besi sloof yang penting disiapkan pada proses pembangunan, seharusnya Anda ketahui langkah hitung keperluan besi sloof.


  • Kolom / Tiang

Sisi berikut yang hendak menyambungkan di antara sloof dan ring nanti dan jadi tulang dari tembok rumah Anda. Kolom atau tiang untuk rumah 2 lantai umumnya mempunyai ukuran 15 x 40 cm. Berisi tulang khusus berbentuk besi 12 mm sekitar 6 buah, begel ukuran diameter 8 mm.


Jarak antara begel 20 cm, dengan tebal cor 1,5 cm dari begel paling luar. Untuk kolom sebagai tatap muka 4 titik tembok(perempatan) karena itu dapat diperkokoh dengan membuat ukuran kolom 40 x 40 cm dengan 8 besi beton sebagai tulang khusus.


Untuk penghitungan kolom yang lebih detil, anda bisa pelajari langkah Cara Menghitung Kebutuhan Besi Kolom Dan Balok.


  • Ring

Ini ialah sisi yang hendak ada di atas tembok yang hendak jadi penyangga untuk lantai 2 dan atap. Dimensi yang perlu dipakai ialah 12 x 15 cm. Pakai tulang khusus sejumlah 10 mm, begel 8 mm, dan jarak antara begel 15 cm. Tebal yang dibutuhkan untuk cor dari permukaan begel paling luar ialah 1,5 cm.


Demikian pembahasan mengenai ukuran besi untuk tiang rumah 2 lantai. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih.