Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek Yang Tepat

Daftar Isi [Lihat]

Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek Yang Tepat - Saat ini waktunya mengulas lebih dalam mengenai jarak reng baja ringan dan kuda-kuda. Ada banyak point yang penting Anda ingat di sini, yaitu:


Saat sebelum memasangkan reng baja ringan, sebaiknya dari awal memerhatikan tipe genteng yang hendak Anda gunakan untuk penutup bangunan. Jarak rangka baja ringan atap spandek pasti berlainan juga untuk tiap tipe genteng yang hendak digunakan.


Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek
Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek


Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek

Bacahape.com Untuk memperjelas pembahasan lebih mendalam mengenai jarak rangka baja ringan atap spandek. Alangkah baiknya mengetahui lebih dulu contoh-contoh tipe genteng dan jarak penempatan reng baja ringan yang tepat.


  • Genteng Cor/Beton

Genteng cor atau beton ialah tipe genteng yang dibuat dari kombinasi semen dan pasir yang selanjutnya ditempa dengan penekanan dan panas. Daya tutup genteng cor ialah 11 genteng per mtr. perseginya.


Standard kemiringan genteng ini ialah 30-60 derajat. Tetapi secara umum rerata kemiringan yang diaplikasikan ialah 30-35 derajat. Dan untuk jarang-jarang reng baja ringan masing-masing ialah 25.5 cm sampai 35.5 cm


  • Genteng Karang Pilang

Genteng karang pilang dibuat berbahan tanah liat hingga sanggup menahan panas dari cahaya matahari. Genteng ini warna merah, serupa dengan tanah liat. Untuk penempatan reng baja ringan biasanya dilaksanakan dengan jarak di antara 22.5 cm sampai 27 cm dan terpasang pada kemiringan atap 35-45 derajat.


  • Genteng Keramik

Genteng keramik dibuat dari tanah liat. Namun genteng ini dilapis oleh zat bahan warna glasur. Jarak penempatan reng genteng keramik ialah 26 cm dengan kemiringan rerata 30-45 derajat.


  • Genteng Metal

Wujud genteng metal biasanya ialah lembar, berlainan dengan genteng yang lain. Maka dari itu juga penempatannya perlu ditanamkan pada balok rangka dengan skrup. Untuk jarak penempatan reng genteng metal ialah 36 cm sampai 38.5 cm dengan kemiringan normal 15-30 derajat.


  • Genteng Onduline

Genteng onduline ialah tipe genteng yang dibikin dari kombinasi bitumen dan daur ulangi serat selulosa. Genteng onduline berbobot ringan dan berwujud gelombang. Jarak reng baja ringan untuk genteng onduline ialah 45 cm sampai 60 cm dan terpasang pada kemiringan 15-30 derajat.


  • Genteng Galvalum/Spandek/Trimdek

Genteng galvalum/spandek/trimdek dibuat dari baja lapis hasil gabungan aluminium, galvanis, zinc, dan silikon. Genteng tipe ini mempunyai wujud lembar dengan gelombang yang bervariatif. Untuk memasangkan genteng ini pada reng baja, jarak yang diperlukan ialah 60 cm. Secara umum, genteng galvalum terpasang pada kemiringan 5-20 derajat.


  • Genteng Asbes

Genteng asbes dibuat dari serat-serat asbes yang dipintal dan digabung oleh material lain. Genteng ini mempunyai harga yang murah tetapi mempunyai efek beresiko untuk kesehatan manusia. Genteng asbes mempunyai wujud lembar dengan gelombang.


Untuk penempatan reng genteng asbes umumnya dilaksanakan dengan jarak 60 cm pada kemiringan 5-25 derajat.



Baca juga Biaya Konstruksi Baja WF Terbaru 2022


Berikut Faktor Penentu Ukuran Jarak Ideal Atap Spandek

Jarak rangka baja ringan atap spandek sebagai hal yang cukup penting untuk tentukan kuat tidaknya kuda - kuda yang hendak terpasang. Oleh karenanya, saat sebelum kita tentukan jarak bagus reng spandek, penting diingat factor berikut ini;


  • Verifikasi ketebalan Spandek

Seperti detail spandek yang mempunyai ketebalan berlainan. Tentu saja, kita perlu mengonfirmasi ketebalan saat sebelum membuat kontruksi. Berdasar rutinitas di atas lapangan, ketebalan spandek yang kerap dipakai ialah range 0,75 mm - 1 mm.


Dan ketebalan rengnya mempunyai range ketebalan kurang lebih 0,4 mm - 0,6 mm. Konsep pembikinan jarak bagus reng baja ringan spandek ialah bila tebal rengnya karena itu, jarak untuk kuda - kuda spandek lebar.


Tahapan setelah itu beban atau berat atap spandek yang dipakai. Karena ini terkait dengan beban yang hendak didukung saat pembikinan rangka.


Yakinkan bahwa anda sudah benar-benar ketahui beratnya.


Karena kita akan membuat atap, karena itu telah tentunya kita harus ketahui luas dari bangunan itu. Ini mempunyai tujuan untuk tentukan pembikinan jarak antara kuda - kuda.


Karena bila keliru dalam pembikinan rangka kelak akan berpengaruh fatal pada atap rumah. Di mana umumnya atap lebih gampang ambruk atau gampang terikut angin ribut.


  • Memerhatikan Geografis

Letak rumah anda, tentukan dalam penetapan jarak bagus. Umumnya warga yang tinggal di wilayah pantai atau pegunungan, akan mempunyai rangka berlainan.


Standard pembikinan rangka untuk jarak antara kuda - kudanya menyengaja dibikin cukup dekat dibanding ukuran standard.


Ukuran Reng Spandek

Diatas telah dijelaskan mengenai jarak rangka baja ringan atap spandek, untuk selanjutnya menentukan ukuran reng spandek. Bila factor pembikinan rangka sudah anda kerjakan tahapan setelah itu tentukan jaraknya. Eits… rupanya tidak asal pasang lo.. berikut sejumlah persyaratan yang perlu diperhatikan;


  1. Tipe bahan dari atap yang dipakai harus anda kenali lebih dulu. Bila dengan bahan keramik yang mempunyai derajat kemiringan 30, karena itu penempatan kuda - kudanya optimal memiliki jarak 1,2 m. Dan jarak bagus rengnya sekitar 265 mm.
  2. Bila atapnya dengan bahan dasar beton. Tentu saja dengan derajat kemiringan 30, karena itu jarak kuda - kuda paling optimal range 1,2 m. Untuk jarak reng sekitar 250 mm - 340 mm. Seperti standard secara umum, penempatan jarak reng pada atap dengan bahan dasar beton semakin besar dibandingkan yang lain.
  3. Material dasar setelah itu metal yang mempunyai derajat kemiringan 15 - 30. Untuk penempatan kuda - kudanya sekitar di antara 1,6 m - 1,8 m. Dan jarak rengnya 600 mm. Tapi bila range kemiringannya ialah 10 - 30 derajat. Karena itu, untuk ketetapan penempatan rengnya memiliki jarak 900 mm.


Demikian artikel mengenai Jarak Rangka Baja Ringan Atap Spandek. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam konstruksi Indonesia.