Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Welder: Pengertian, Gaji Besar dan Resiko Tingkat Tinggi

Welder: Pengertian, Resiko Dan Gaji Besar. Pengertian Welder kok di sandingkan dengan istilah gaji besar Apa memang menjadi welder bisa membuat kita menjadi kaya raya sih? Kan sudah ada rumus alam jika ingin gaji besar ya harus siap dengan resiko besar dih, terus apakah gaji besar welder sebanding dengan resiko yang ada ya?.


Welder Pengertian, Gaji Besar dan Resiko Tingkat Tinggi
Welder

Keyword: tugas welder, welder underwater adalah, welder 6g, gaji welder, gaji welder bersertifikat, tack welder, welder tambang,gaji welder pertamina


Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel tentang welder secara tuntas ya. Agar anda bisa lebih mengenal lebih dekat apa itu welder, resiko menjadi welder dan besaran gajinya? Simak artikel ini sampai selesai ya.


Pengertian, Resiko Dan Gaji Besar Welder

Welder itu apa sih? Welder adalah tukang las, didalam bahasa inggris welder juga bermakna tukang las baik itu pengelasan yang berskala kecil maupun pengelasan diproyek-proyek perusahaan yang besar. Seorang welder secara sederhana bertugas menyambungkan dua komponen baik itu logam, alumunium ataupun besi dengan menggunakan metode panas, biasanya panas yang dihasilkan bisa diperoleh melalui karbit dan juga listrik.


Dua komponen yang di las oleh seorang welder harus di sambungkan secara sempurna agar komponen ini merekat secara sempurna, ouh hanya menyambungkan. Eits, perlu diperhatikan loh ya, memang kelihatannya gampang tugas seorang welder, namun jika suatu hari ada hasil las yang rusak, bocor bisa-bisa welder yang mengelas bisa dipecat loh.


Hal ini karena kesalahan dari seorang welder bisa menimbulkan kecelakaan kerja yang menyebabkan kerugian besar bahkan nyawa. Maka tak heran, resiko besar ini sebanding gaji seorang welder yang juga besar, imbang 0-0. Hehe


Sampai disini masih pengin jadi welder?

Nah biar lengkap pemahamanmu mengenai welder kami berikan pengertian secara rinci tentang pengertian welder.

Welder itu apa sih? Pengertian Welder adalah tukang las yang di Indonesia profesi ini sangat familiar kita kenal, namun welder yang kita ketahui yang biasa di bengkel. Kita bisa menemukan welder dibengkel kendaraan, tukang tralis besi, tukang las truck dan lainnya.


Welder sendiri merupakan sebuah profesi yang tidak semua orang bisa, ya bisa mengelas bukan mengelas hati loh ya. Jika welder yang kita kenal selama ini yang berada dibengkel-bengkel itu sepertinya kehiatan kumuh ya, cemong terkena abu las, apa pekerjaan seperti itu gajinya besar sih?Eits masalah gaji welder nanti kita bahas dibawah secara lengkap, kita lanjut sedikit lagi peengertian welder.


Menurut situs besar wikipedia  welder sendiri adalah tukang yang profesinya bukan hanya dibengkel namun juga bisa diperushaan-perusahaan tambang minyak ataupun proyek kontruksi.

Jangkauan pekerjaan seorang welder akan semakin hari semakin luas karena pembangunan dan industri hari ini dan masa yang akan datang semua terbuat dari besi, alumunium, dan logam yang artinya tugas welder akan lebih banyak dibutuhkan kedepannya.


Namun untuk menjadi welder kita harus tau syarat-syaratnya itu tidak mudah seperti membalik telapak kaki, eh tangan maksudnya.

Banyak syarat yang harus dipenuhi jika menjadi welder dan yang paling utama adalah mental, loh kok mental, iya karena seperti yang telah disebutkan diatas bahwa resiko welder sangat besar, untuk itu kesiapan mental harus kuat.


Gaji Welder

Berapa gaji welder di Indonesia? Gaji welder di Indonesia cukup besar. Gaji welder yang besar ini bisa kita dapat jika mental kita dari awal sudah dipersiapkan, dengan kesiapakan mental  kita akan melangkah lebih matang dan tau arah bagaimana langkah-langkah menjadi welder.


Welder : Pengertian, Resiko Dan Gaji Besar
Welder Bawah Laut


Berapa gaji tukang las di Indonesia? Gaji welder atau tukang las di Indonesia yang besar ini dikarenakan masih sedikitnya profesi welder di Indonesia. Welder di Indonesia sebenarnya masih tergolong sedikit apalagi welder yang berada di proyek-proyek kilang minyak, kenapa hal ini bisa terjadi alasannya karena orang-orang takut akan resiko menjadi seorang welder.

Namun, jika anda siap, langsung saja sijak gaji besar welder, babat abis jangan sampai kendor.


Berapa gaji welder per jam? Gaji welder memiliki perhitungan sesuai dengan jamartinya 1 jam mereka dibayar 200US$ dengan khrus Indonesia kira-kira sebesar  Rp 2.200.000. Gaji welder akan lebih banyak manakala mereka bekerja selama 8 jam dan itu artinya mendapatkan penghasilan Rp 16.000.000,- perhari


Peluang profesi welder yang sangat besar di perusahaan-perusahaan tambang minyak. Namun biasanya informasi loker yang ada "dibatasi", loker welder yang seharusnya untuk umum biasanya hanya diketahui oleh orang-orang yang ada didalam perusahaan atau proyek agar para sanak atau teman orang yang bekerja di situ bisa masuk, tasu sendiri kan cara hidup di Indonesia, ada uang ada lobang. hehehe


Namun jangan khawatir, sekarang perusahaan-perusahaan besar sudah sadar akan hal itu, ya jelas sadarlah, jika perusahaan membatasi loker welder maka tenaga ahli yang seharusnya bisa masuk jadi tidak bisa karena terhalang oleh oknum-oknum yang memanfaatkan hal tersebut.


Sekarang dengan banyaknya perusahaan yang transparan dan terbuka bisa menyaring tenaga welder yang lebih kompeten dan fres, artinya hal ini adalah peluang besar sekarang dan yang akan datang mengenai masa depan profesi welder.


Gaji besar seorang welder bisa dengan mudah kita dapat dari perusahaan tapi dengan catatan harus profesional dan bersertifikat.


Pintar saja tidak cukup jika tidak memiliki penunjang atau bukti keahliannya, untuk itu jika ingin menjadi welder harus sekolah dulu atau kursus agar kemampuannya bisa terasah dengan sempurna.


Jangan sampai kita masih menggunakan cara berfikir "tidak perlu sekolah yang tinggi, belajar otodidak saja sudah lebih dari cukup kok" sekali lagi jangan berfikiran seperti itu, nanti kamu menyesal kedepannya.


Karena perusahaan tidak akan mempercai profesi weldermu, walaupun kamu sudah sangat ahli dalam bisang pengelasan, jika tidak ada bukti fisik yang legal yang dapat membuktikannya perusahaan manapun tidak akan menerima kecuali kamu punya orang dalam, kamu punya uang berapa dengan jalus orang dalam? Hehehe


Tugas Welder Dalam Dunia Proyek

Bagaimana cara kerja welder? Tugas seorang welder di dalam dunia seorang welder mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam urusan sambung menyambung sebuah logam. Seorang welder di sebuah perusahaan minyak akan menyambung pipa-pipa yang ukurannya sangat besar.


Seorang welder di sebuah proyek pembuatan gedung akan menyambungkan besi untuk pondasi atau kerangka sebuah gedung. Tugas welder dikatakan selesai jika proses penyambungannya bisa bertahan sesuai standar yang di butuhkan.


Apa fungsi dan tanggung jawab welder? Welder akan di tuntut jika dalam kurun waktu tertentu hasil kerjanya sudah mengalami kebocoran atau kerusakan. Di karenakan tugas dan tanggung jawab welder itu cukup berat maka di adakan pelatihan khusus seorang welder.


Tugas welder akan sempurna jika ditunjang dengan sertifikat. Welder yang baik harus memiliki prasyarat-prasyarat tertentu untuk mendapatkan sertifikat.


Sertifikat welder ini yang di butuhkan seorang welder agar bisa di terima pada suatu perusahaan. Nah, sampai sini apakah sahabat ingin menjadi welder? Jika iya, lanjut sampai selesai artikelnya.


Lebih mudahnya, pengertian seorang welder yaitu tukang las. Tukang las itu ada dua, yaitu welder atau tukang las yang speknya biasa-biasa saja atau tukang las yan speknya tinggi.


Cara Menjadi Welder

Cara menjadi welder atau tukang las yang skilnya biasa-biasa saja memang lumayan mudah. Tinggal ingin belajar secara otodidak ataupun minta di ajari teman, guru atau tidak.


Intinya jika ingin menjadi seorang welder biasa cukup bermodal semangat belajar dan terus belajar. Agar hasilnya semakin hari semakin baik.


Modal untuk bisa menjadi seorang welder dengan skil biasa-biasa saja pun sangat terjangkau. Trus bagaimana cara menjadi seorang welder yang handal?


Bagaimana cara kerja welder? Menjadi seorang welder yang handal tidak cukup dengan bermodalkan niat belajar saja. Namun ada beberapa hal yang harus di lakukan bagi seseorang yang ingin menjadi welder yanghandal. Niat yang kokoh menjadi awal yang baik bagi seorang welder.


Niat menjadi seorang welder harus sudah mempertimbangkan resiko besar yang akan di hadapinya. Karena menjadi welder handar perlu sekolah khusus.


Sekolah atau khursus welder ini membutuhkan biaya yang lumayan besar. Dikarenakan tenaga ahli yang membidangi ini masih sangat terbatas.


Jika sahabat ingin sekolah atau kursus las, carilah lembaga pelatihan yang sudah di tunjuk oleh pemerintah. Kenapa begitu, karena ketika sahabat sudah kinyatakan lulus setelah melaksanakan pelatihan las, sahabat di berikan sertifikat yang di akui oleh perusahaan-perusahaan besar.


Welder harus mempunyai sertifikat setelah melaksanakan pelatihan dan sertifikat itu di akui oleh pemerintah dan perusahaan. 


Untuk bisa kursus di lembaga pelatihan yang mengeluarkan sertifikat welder berstandar SNI sahabat harus merogoh kocek kira-kira 5 sampai sepuluh juta. Tergantung di lembaga yang seperti apa yang akan sahabat ikuti.


Biaya kursus menjadi welder cukup mahal ya. Iya, dong. Namun jika sahabat telah bekerja sebagai welder pada perusahaan yang besar, biaya pelatihan itu akan di bayar lunas bahkan lebih.


Saya tidak ingin menceritakan gaji-gaji welder di perusahaan, hhehehe. Biar sahabat saja yang mencari tau berapa gaji seorang welder. Alasan saya menulis yang pahit-pahit seorang welder agar sahabat lebih bijaksana dalam memilih profesi menjadi seorang welder.


Untuk sahabat yang ingin mengilkuti pelatihan menjadi welder bisa ketik di pencarian google dengan kata kunci " Kursus Welder ".


Sahabat bisa pilih tempat kursus yang dekat dengan rumah sahabat. Dalam menentukan tempat kursus ini hal terpenting yang harus di perhatikan adalah legalitas lembaga kursus tersebut. Agar sahabat belajarnya bisa maksimal.


Menjadi seorang welder dalam kurun waktu tidak sampai 10 tahun penglihatan sahabat akan terganggu. Banyak kasus mata para werder yang silinder. Bukan hanya penglihatan si, namun juga pernafasan.


Gangguan pernafasan akan di rasakan seorang welder yang minimal sudah bekerja selama 4 tahun. Tergantung si weldernya juga sih. Loh kok pahit-pahit mulu si pembahasan mengenai welder. Oke deh sedikit bocoran saja ya tentang manisnya menjadi welder.


Jenis-jenis Sertifikasi Welder

Kita tahu bahwa sebuah keahlian harus memiliki bukti tertulis yang sah, begitupun seorang welder. Untuk itu perlu kita ketahui bersama mengenai jenis sertifikasi welder:


Jenis Welder Tingkat Satu atau Kelas 2, terdiri dari

  • Welder Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
  • Welder Pipe: 1G, 2G, 5G, 6G


Jenis Welder Tingkat Dua atau  Kelas 2, terdiri dari:


  • Welder Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
  • Welder Pipe: 1G, 2G, 5G


Jenis Welder Tingkat Tiga atau Kelas 3, terdiri dari:

  • Welder Plate: 1G, 2G
  • Welder Pipe: 1G, 2G


Jenis-jenis Sertifikat Dalam Profesi Welder :

  • Sertifikar Welder jenis BNSP
  • Sertikat Welder Jenis Migas
  • Sertifikat Welder Jenis Kemenaker
  • Serifikat Welder Jenis International Institute of Welding (IIW) oleh Sertifikat International Welder


Gaji Welder 2021

Berapa gaji seorang welder? Gaji Welder 2021 di Indonesia sangat berbeda-beda sesuai dengan perusahaan dan juga UMR masing-masing daerah, jadi perlu diingat bahwa tidak ada patokan khusus mengenai besaran gaji welder.


Namun, menurut riset kami gaji welder antara 4 sampai 20 juta perbulan itu untuk welder yang kerjanya didarat, gaji ini pun bisa berubah atau bertambah sesuai dengan leburan yang ada diperusahaan.


Berapa gaji welder di Indonesia? Gaji welder di Indonesia dengan diluar negeri beda tidak sih? eits ya jelas sangat beda, pasti besar gaji di luar negeri.


Gaji welder diluar negeri bisa mencapai 200$ perjam, diluar negeri memang sangat menghargai pekerjan-pekerjaan yang resikonya sangat besar seperti welder tapi untuk welder dengan jenis khusus, lalu welder jenis yang seperti apa?


Gaji welder jenis Underwater bisa mencapai 200$ per-satu jam, wow, bisa dibayangkan kalau kita kerjanya 5 jam berarti dalam sehari katakan kita bekerja 6 jam, 6 X 200$ = 1200$ dan jika krus dolar sekarang Rp 14.000 X 1200 = RP 16.800.000.


Jika kita dalam sehari bisa bekerja selama 8-10 jam itu artinya gaji welder memang besar. Biasanya untuk gaji sebesar ini diperuntukan untuk para welder yang kerjanya dibawah permukaan air, bisa di laut, sungai atau danau.


Maih penasaran nih berapa gaji welder diluar negeri yang perjamnya 200$ dalam satu jam, berarti dalam 30 hari berapa ya. Hitung-hitungan gaji welder diatas dalam  satu hari bisa menghasilkan 1200$ jika X masa kerja satu bulan 25 hari, 1200$ X 25 hari = 30.000$, krus dolar Rp 14.000 X 30.000$ = Rp 420.000.000, wow.


Besar sekali gaji welder ya, namun perlu diingat nominal sebesar itu sebanding dengan resikonya.


Anda bisa kalihkan sendiri hasil gaji jika anda bekerja selama satu tahun. Anda akan menemukan angka-angka yang sangat fantastis yang membuat semakin kita tergiur untuk menjadi seorang welder khususnya di luar negeri lebih tepatnya di negara-negara dengan mengunakan dolar sebagai alat transaksinya.


Untuk gaji welder bawah laut di Indonesia, menurut riset kami, sebesar 3.5-10 juta, seperti yang telah disebutkan diatas.


Jika bekerja menjadi seorang welder di Indonesia gajinya sesuai dengan perusahaan dan UMR masing-masing daerah, namun jika ingin bekerja di Indonesia usahakan perusahaan yang menaunginya adalah perusahaan yang berasal dari luar negeri.


Hal ini penting diperhatikan agar sebanding dengan resiko yang akan kita dapat ketika menjadi seorang welder. Masa jika mendapat gaji kecil yang taruhanya adalah nyawa? tidak lucukan, untuk itu memilih tempat bekerja untuk profesi seorang welder hukumnya wajib.


Mudah-mudahan artikel ini membantu anda dalam menentukan profesi menjadi seorang welder.


Atau jika ada teman kamu yang ingin menjadi welder bisa kamu share artikel ini agar menjadi pertimbangan dia dalam menambatkan hatinya menjadi seorang welder dan dapat gaji besar.


Ingat profesi apapun jika di dasari karena bahagia maka hasilnya akan maksimal dan sebaliknya begitu juga profesi welder, menjadi welder harus bahagia agar gaji welder yang kita dapat bisa merangsang kebahagiaan yang lebih lama sampai akhirat. amin


Demikian artikel tentang, Welder : Pengertian, Resiko Dan Gaji Besar, terimakasih telah berkunjung ke web ini. Terimakasih, salam sukses selalu.


Keyword: welding adalah, logo welder, welding machine, logo welder indonesia, welder indonesia, sertifikat welder 6g, sertifikat welder migas


Salam Sukses

Salam Welder Indonesia