Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kawat Las Lengket, Berikut Ini Akan Kami Jelaskan Secara Complete

Penyebab kawat las lengket  ~ Kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai kesalahan saat proses pengelasan dengan las busur listrik dan penyebab berlangsungnya kesalahan itu. Kesalahan dalam mengelasan sering kita jumpai saat pengelasan.


Penyebab Kawat Las Lengket
Penyebab Kawat Las Lengket


Tags: cara mengelas agar tidak menempel, penyebab las tidak menempel, cara mengatur ampere las listrik, kawat las yang cocok untuk galvanis, fungsi kawat las rd dan rb, kawat las untuk besi tipis


Penyebab kawat las lengket ada berbagai macam dan untuk mengetahuinya kita harus tau sebab akibatnya. Untuk menghindar terjadi kesalahan saat pengelasan karena itu kita harus tahu penyebab kawat las lengket.


Oleh karenanya, kita seorang welder harus mengenali penyebab kawat las lengket yang terjadi disebabkan karena apa, baik secara visual atau tes pada hasil lasan. Kesalahan dalam pengelasan bisa dipisah jadi 2 penyebab yaitu:

  • Kesalahan visual atau kesalahan yang bisa disaksikan dengan mata
  • Kesalahan non visual atau kesalahan yang tidak bisa disaksikan dengan mata


Kesalahan Visual

Kesalahan Undercutting

Penyebab kawat las lengket bisa diakibatkan oleh kesalahan undercutting. Hasil lasan dari kampuh las turut mencair di dalam jalur las hingga tercipta seperti sebuah parit (cengkungan) baik disamping kanan atau disamping kiri hingga bila ini terjadi maka kurangi ketebalan berbahan yang dilas.


Penyebab kesalahan ini muncul karena suhu yang tinggi karena geprekelan arus las yang terlampau besar dan bisa juga karena ayunan elektroda yang terlampau pendek atau terlampau minim.


Kesalahan Weaving fault

Hasil lasan membuat jalur yang bergelombang hingga ketebalan hasil lasan tidak rata. Kesalahan ini bisa muncul karena karena dari ayunan elektroda yang terlampau tinggi atau jarak elektroda berbahan lasan terlampau besar


Kesalahan Surface porosity

Hasil lasan berlubang-lubang karena gelembung gas. Kesalahan ini bisa muncul karena disebabkan karena elektroda yang basah, kampuh lasan yang kotor dan bisa disebabkan ada gas dari galvanisasi.


Kesalahan Fault of electrode

Hasil lasan membuat jalur las yang tebal pada jarak/ sisi tertentu. Kesalahan ini bisa muncul karena penggantian elektroda saat proses mengelas berjalan atau saat mengelas hidup elektroda sempat terhenti-henti


Kesalahan Weld spatter

Hasil lasan disamping kanan dan kiri bahan terdapat banyak sisa recikan las/ bercak-bercak karena las. Kesalahan ini muncul karena disebabkan karena arus yang dipakai untuk mengelas terlampau besar, salah tipe arus listrik dan karena salah polarisasi


Kesalahan Jalur las terlampau tinggi

Hasil lasan membuat kampuh yang ramping dan mencolok mengarah atas. Kesalahan ini bisa dikarenakan oleh arus yang terlampau rendah dan jarak elektroda terlampau dekat sama benda yang hendak dilas (kurang dari 1 kali diameter elektroda yang dipakai)


Kesalahan Jalur las terlampau lebar

Penyebab kawat las lengket bisa jadi dikarenakan oleh jalur las yang terlampau lebar. Hasil lasan membuat kampuh yang terlampau tebal. Kesalahan ini bisa terjadi karena kecepatan dari gerakkan elektroda yang terlampau lamban.


Kesalahan Jalur las tidak teratur

Hasil lasan tidak teratur, ada beberapa kerak yang tidak bisa dibikin bersih. Kesalahan ini bisa muncul karena pergerakan elektroda tidak teratur yang semestinya elektroda digerakkan mengarah mundur tapi elektroda digerakkan mengarah maju atau bisa ke-2 nya maju dan mundur.


Kesalahan Jalur las terlampau tipis (cengkung)

Hasil lasan membuat kampuh las yang tipis (cengkung). Ini bisa dikarenakan oleh kecepatan mengelas terlampau cepat dengan arus yang tinggi


Kesalahan Non-visual

Penyebab kawat las lengket yang kedua adalah kesalahan non-visual. Apa saja kesalahan non-visual? berikut penjelasannya.


Kesalahan Dasar concave (cengkung)

Saat pengelasan pertama terjadi pencekungan, ini bisa dikarenakan oleh pemakaian arus terlampau besar atau kecepatan menggerakan elektroda terlampau tinggi hingga beberapa cairan las jatuh ke sisi bawah.


Kesalahan Dasar berlubang-lubang

Hasil lasan di bagian dasar berlubang-lubang. Ini disebabkan karena status elektroda terlampau dalam saat mengelas dan arus terlampau besar.


Kesalahan Incomplete penetration

Hasil lasan karena kesalahan incomplete penetration yang akibatnya karena cairan las yang tidak tembus ke bawah, ini disebabkan karena banyak hal yakni letak elektroda terlampau tinggi, arus kurang kuat dan jarak segi kampuh terlampau rapat.


Demikian artikel mengenai penyebab kawat las lengket. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik iklan dan terimakasih telah berkunjung ke bahacape.com. Salam sukses selalu para tukang las Indonesia.