Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis Yang Recommended

Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis Yang Recommended ~ Bila Anda seorang welder, mengetahui jenis-jenis kawat las merupakan kewajiban yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan, tiap-tiap jenis pengelasan menggunakan kawat las yang berbeda-beda, Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi terkait jenis kawat las, simak lengkap artikelnya.


Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis
Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis


Tags: perbedaan kawat las rb dan rd, jenis kawat las untuk plat tebal, jenis kawat las untuk besi hollow, ukuran kawat las untuk besi hollow, ukuran kawat las dan fungsinya, kawat las untuk besi hollow tipis


Jenis Kawat Las E 6010 dan 6011

Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis yang pertama adalah E 6010 dan 6011. Elektroda ini meruapakan salah satunya jenis elektroda selaput selulosa yang umum dipakai untuk pengelasan dan penembusan yang dalam. Pengelasan dapat dilaksanakan dengan semua status dan terak yang tipis lumayan gampang untuk dibikin bersih. Deposit las secara umum mempunyai bermacam karakter teknisi yang bagus dan dapat dipakai untuk tugas dengan pengetesan radiografi.


Selaput selulosa yang mempunyai tingkat kebasahan sekitaran 5% pada proses pengelasan bisa hasilkan gas perlindungan. E 6011 mempunyai kandungan kalium yang dapat dipakai untuk memantapkan busur listrik bila memakai arus AC.


Jenis Kawat Las E 6012 dan E 6013

Ke-2 elektroda ini termasuk dalam jenis selaput rutil yang dapat hasilkan penembusan sedang. Ke-2 nya dapat dipakai untuk lakukan proses pengelasan dalam semua status. Tetapi khusus untuk jenis E 6013 akan lebih baik untuk status pengelasan tegak arah ke bawah.


Jenis E 6012 umumnya dipakai pada ampere yang tinggi sekali melewati E 6013. E 6013 mempunyai kandungan kalium yang semakin banyak hingga bisa mempermudah pemakaian dalam voltage mesin yang rendah. Elektorda yang berdiameter kecil umumnya dipakai untuk mengelas plat tipis.


Jenis Kawat Las E 6020

Elektroda E 6020 sanggup hasilkan penembusan las sedang dan teraknya benar-benar gampang untuk dilepaskan dari susunan las. Selaput elektroda mempunyai kandungan oksida besi dan mangan. Cairan terak yang paling cair dan gampang mengucur sudah tentu akan merepotkan saat lakukan proses pengelasan dengan status lain dibanding balik tangan atau datar pada las pojok.


Elektroda dengan Selaput Serbuk Besi

Harus dipahami jika elektroda jenis E 6027, E 7014, E 7018, E 7024, dan E 7028 mempunyai kandungan serbuk besi yang bisa tingkatkan efektivitas pengelasan. Selaput elektroda bisanya akan makin tebal bersamaan dengan pertambahan prosentase serbuk besi. Hingga ini nanti akan memerlukan ampere yang semakin tinggi.


Elektroda Hidrogen Rendah

Selaput elektroda jenis ini mempunyai kandungan hydrogen yang paling rendah (bahkan juga kurang dari 0,5%), hingga deposit las akan bebas dari porositas. Elektroda ini dipakai untuk pengelasan yang memerlukan kualitas tinggi, bebas porositas, misalnya untuk pengelasan bejana dan pipa langsung akan alami penekanan beragam jenis elektroda hydrogen rendah misalnya E 7015, E7016, dan E 7018.


Keadaan Pengelasan

Seterusnya kami akan menjelasakan berkenaan keadaan pengelasan untuk elektroda Philips baja lunak dan baja gabungan rendah.


Elektroda untuk Besi Tuangkan

Berikut ialah elektroda yang umum dipakai untuk mengelas besi tuangkan:

  1. Elektroda baja
  2. Elektroda nikel
  3. Elektroda perunggu
  4. Elektroda besi tuangkan


Elektroda nikel

Elektroda nikel sebagai jenis elektroda yang umum dipakai untuk mengelas besi tuangkan., bila hasil las masih ditangani kembali dengan memakai mesin. Elektroda nikel dapat dipakai dalam semua jenis status pengelasan. Elektroda nikel pada besi tuangkan sanggup hasilkan rigi-rigi las yang rata dan lembut bila dipakai pada pesawat las DC kutub kebalik.


Bacah juga: Jenis Kawat Las Untuk Plat Tipis


Elektroda Baja

Elektroda baja sebagai elektroda yang dipakai untuk mengelas deposit las yang lumayan kuat hingga tidak dapat ditangani dengan memakai mesin. Oleh karena itu, untuk mengelas besi tuangkan dengan memakai elektroda baja karena itu dapat memakai pesawat las AC atau DC kutub kebalik.


Elektroda Perunggu

Elektroda perunggu umumnya memberi hasil las yang tahan pada rengat, hingga untuk panjang las dapat ditambahkan. Kawat pokok dari elektroda biasanya dibuat dari perunggu fosfor dan dipertambah dengan selaput hingga dapat hasilkan konstan.


Elektroda dengan Hydrogen Rendah

Elektroda jenis ini biasanya dipakai untuk baja yang mempunyai kandungan karbon sekitaran 1,5%. Tetapi bisa juga dipakai untuk pengelasan besi tuangkan yang memberi hasil terbaik. Hasil lasnya tidak dapat ditangani dengan memakai mesin.


Elektroda untuk Alumunium

Alumunium dapat dilas listrik dengan memakai elektroda yang dibuat dari logam yang serupa. Penyeleksian elektroda alumunium untuk tugas harus sesuai tugas berdasar tabel info dari pabrik yang menghasilkannya. Elektroda alumunium AWS-ASTM Al-43 untuk las busur listrik dapat disebut sebagai pesawat las DC kutub kebalik.


Elektroda untuk Lapisan Keras

Lapisan keras bila disaksikan dari sisi keadaan penggunaan mempunyai arah agar alat atau bahan nanti tahan pada kikisan, pukulan, dan tahan aus. Oleh karena itu, lapisan keras ini diperbedakan dalam 3 jenis, yakni:


  • Elektroda tahan kikisan
  • Elektroda tahan pukulan
  • Elektroda tahan aus


Elektroda tahan kikisan

Elektroda tahan kikisan sebagai jenis elektroda yang dibikin dari tabung chrm karbida yang berisi bermacam serbuk karbida. Elektrda yang berdiameter sekitaran 3,25 mm - 6,5 mm dipakai pada pesawat las AC atau DC kutub kebalik. Elektroda ini dipakai sebagai lapisan keras sisi permukaan pada segi potongan yang tipis, peluas tabung dan beberapa tipe pisau.


Elektroda Tahan Pukulan

Elektoda tahan pukulan biasa diguakan pada pesawat las AC atau DC kutub kebalik. Dipakai khusus untuk lapisan keras sisi pemecah dan palu.


Elektroda Tahan Keausan

Elektroda ini dibuat dari paduan-paduan non ferro yang mempunyai kandungan cobalt, Wolfram, dan Chrom. Biasanya diguakan untuk lapisan keras sisi permukaan katub buang dan dudukan katup yang di mana suhu dan tingkat keausan lumayan tinggi.


Jenis kawat las untuk besi hollow

Nah sebagai tambahan informasi, kami akan sajikan beberapa jenis kawat las untuk digunakan pada besi hollow. Berikut berbagaimacam jenis kawat las untuk besi hollow:

  • Kawat Las Berselaput
  • Kawat Las Baja Lunak
  • Kawat Las Selaput Serbuk Besi
  • Kawat Las Hydrogen Rendah
  • Kawat Las Nickel
  • Kawat Las Perunggu


Demikian artikel mengenai jenis kawat las untuk plat tipis. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik iklan dan terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, salam sukses selalu welder Indonesia.