Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekuatan Pondasi Sloof Gantung Yang Recommended

Kekuatan Pondasi Sloof Gantung Yang Recommended. Kekuatan pondasi sloof gantung memang sudah terbukti ketangguhannya. Banyak yang telah membuktikan penggunaan pondasi slog gantung yang kekuatannya bisa menahan bangunan yang besar. Berikut kami paparkan beberapa hal penting mengenai fakta kekuatan pondasi sloof gantung.


kekuatan pondasi sloof gantung

Pondasi Sloof Gantung


Pengertian pondasi sloof gantung

Apa itu sloof gantung? Sloof gantung adalah sebuah tekhnik pondasi yang tidak bertumpu pada sebuah pondasi akan tetapi langsung bertumpu pada  sebuah kolom. Kekuatan pondasi sloof gantung juga dinilai cukup praktis dan lebih mudah didalam pengerjaannya.


Pondasi sloof gantung sendiri walupun berukuran besar namun memiliki banyak keuntungan yang didapat, selain dari kekuatan pondasi sloof gantung yang sudah terbukti sangat bagus namun juga ada kelebihan lainnya seperti menghemat waktu dan juga bisa mengatur pipa- air yang suatu hari telah kotor. Kita bisa membersihkan pipa air dan memperbaiki pipa yang tersumbat tanpa perlu repot-repot membongkar kontruksinya.


Kekuatan Pondasi Sloof Gantung

Kekuatan pondasi sloof gantung memang sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya peminat yang semakin hari semakin besar dibandingkan menggunakan batu kali sebagai pondasi rumah.


Diantara kekuatan pondasi sloof gantung  vs batu kali  dirasa kebanyakan orang saat ini akan memilih pondasi slot. Walapun ukurannya terbilang cukup besar namun hal itu bisa disiasati dengan cara mengatur permukaannya dengan desain menarik.


Kelebihan Pondasi Sloof Gantung

Sebelum maraknya penggunaan pondasi sloot, dulu pondasi pasti menggunakan batu kali. Untuk membuat sebuah pondasi yang menggunakan batu kali sangat ribet dalam pembuatannya, mulai dari mencari batu kali yang berkualitas, memilih batukali yang cocok untuk pondasi, memecahnya dan lain sebagainya. Namun setelah ada pondasi sloot yang kekuatannya bisa lebih baik dari pada pondsi yang menggunakan batu kali, kebanyak orang memilih pondasi sloot untuk kontruksi bangunan rumahnya.


Namun hal ini tidak dengan pondasi sloof gantu, banyak sekali kelebihan yang dimiliki sloof gantu seperti:

Menghemat biaya

Perbandingan antara pondasi dengan menggunakan batu kali dengan pondasi sloof bisa sangat signifikan. Apalagi di daerah yang jarak untuk mendapatkan batu kali sangat jauh, ongkos kirimnya lumayan mahal.

Dengan menggunakan pondasi sloof biayanya sangat cocok dan tidak terlalu menguras kantong. Sehingga anggaran yang digunakan bisa untuk keperluan kontruksi bangunan lainnya.


Menghemat Waktu

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa proses pembuatan batu kali banyak sekali tahapan-tahapannya sehingga sangat menguras waktu didalam pengerjaannya. Yang seharusnya 90 hari, jika menggunakan pondasi batu kali bisa lebih lama, karena perlu mencari kriteria batu kali yang cocok dan pemecahan sesuai kebutuhan pondasi.


Dengan menggunakan pondasi sloof maka bisa menghemat waktu. Waktu pengerjaan bangunan jadi lebih cepat namun juga memiliki kualitas yang bagus, tapi perlu diperhatikan bahwa penggunaan pondasi sloof sangat ideal digunakan pada lokasi yang tanahnya keras, sangat tidak disarankan menggunakan jenis pondasi ini jika tanahnya lunak dan juga gembur.


Kami sarankan jika tanah yang akan dibangun sebuah gedung bertekstur lunak sebaiknya menggunakan jenis pondasi bore pile. Dengan jenis pondasi ini pada tanah yang lunak maka bisa menghemat biaya dan juga prosesnya tidak memakan waktu yang banyak.


Pembesian Pondasi Sloof

Bagaimana proses pembesian pondasi sloof? kekuatan pondasi sloof gantung bisa didapat secara maksimal jika memperhatikan pembesiannya. Pada proses pembesian pondasi sloof sebaiknya sesuaikan dengan struktur konruksi bangunan yang akan dibuat nantinya. Pembesian sloof untuk sebuah kontruksi gedung satu lantai sebaiknya menggunakan ukuran 15 cm X 20 cm.


Perhitungan diatas merupakan acuan standar yang biasanya digunakan. Karena untuk menghitung secara detai diperlukan ilmu khusus yang biasanya dimiliki oleh insinyur, karena harus mengukur bebean diatasnya, kepadatan tanah dan lain-lain.

Pada pembesian pondasi baok sloof perlu memperhatikan ukuran tulangan besi beton yang digunakan. Sebaiknya gunakan diameter besi 12 mm dengan begel 6 cm dan ajarak sekang 15 cm untuk bangunan satu atau dua lantai.


Hal lain yang mesti diperhatikan juga dalam membuat konstruksi balok sloof panjang sambungan penulangan. Bentuk balok sloof juga berfungsi buat menaikan kolom gedung rumah. Agar supaya ikatan antara balok sloof & kolom kuat, oleh karena itu diperlukan sambungan yang cukup baik.


Untuk jenjang sambungan yang dibutuhkan ialah 40d, maka dari itu panjang sambungan yang dibutuhkan empat puluh ( 40 ) kali diameter yang dipakai oleh balok sloof. Pondasi sloof untuk ukuran ini contohnya besi beton yang dipergunakan untuk balok sloof ada 12 mm, oleh karena itu panjang tulangan sambungan ialah 12 mm x 40 = 480 mm. bukan hanya panjang penulangan sambungan adalah kualitas beton cor. mutu beton cor yang di sarankan ialah campuran


Gambar Pondasi Slof  Gantung

Berikut ini adalah bukti kekuatan pondasi sloof gantung bisa diandalkan untuk sebuah kontruksi bangunan atau gedung.

kekuatan pondasi sloof gantung 1

Gambar 1.1 Kekuatan Pondasi Sloof Gantung


Kekuatan Pondasi Sloof Gantung 3


Gambar 1.2 Kekuatan Pondasi Sloof Gantung


Kekuatan Pondasi Sloof Gantung 5

Gambar 1.3 Kekuatan Pondasi Sloof Gantung


Kesimpulan Kekuatan Pondasi Sloof Gantung 

Menggunakan pondasi berjenis apapun adalah pilihan Anda sendiri. Untuk itu pilihlah jenis pondasi yang sesuai dengan kebutuhan kontruksi bangunan dan sesuai dengan kontur tanah yang ada didaerah Anda. Kekuatan pondasi sloof gantung akan baik jika ditempatkan pada tanah yang tepat, begitu juga dengan jenis pondasi yang lainnya.


Demikian artikel mengenai kekuatan pondasi sloof gantung, semoga bermanfaat.

Salam sukses