Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Tender Proyek Konstruksi Berikut Step By Stepnya

Proses Tender Proyek Konstruksi ~ Proses ini penting untuk diketahui bila Anda akan terjun di dunia proyek konstruksi. Mengetahui proses ini merupakan pengetahuan dasar yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum bertarung merebutkan proyek tender konstruksi.


Proses Tender Proyek Konstruksi
Proses Tender Proyek Konstruksi

Tags: proses tender dari awal sampai akhir, alur proses lelang lpse, dokumen tender proyek, contoh dokumen tender lengkap pdf, info tender proyek swasta 2021, tender proyek online


Proses Tender Proyek Konstruksi

Bila Anda tertarik terjun ikuti lelang di bagian Proyek Konstruksi, karena itu penting untuk ketahui tahapan-tahapan dalam proses tender yang biasa dilaksanakan, baik oleh perusahaan swasta atau BUMN, salah satunya sebagai berikut:


  • Tahapan Kwalifikasi

Proses tender proyek konstruksi yang pertama adalah kualifikasi. Secara umum sebuah proses tender akan dengan diawali tahapan prakualifikasi, nanti perusahaan yang memiliki proyek itu akan menunjuk beberapa orang mumpuni dalam sektor Konstruksi sebagai panitia penyediaan.


Panitia yang telah tercipta seterusnya akan tentukan kwalifikasi mencakup tanda analisis kekuatan calon peserta dan ruang cakup tugas dalam tender itu. Bila pekerjaan ini sudah usai, info lelang siap dipublikasi pada umumnya.


  • Tahapan Informasi atau Undangan

Proses tender proyek konstruksi yang kedua adalah undangan, informasi. Pada tahapan ini faksi panitia penyediaan tender akan menerbitkan informasi berkenaan proyek yang hendak dilelang lewat web resminya, dan beberapa mass media simpatisan yang lain hingga gampang diketemukan oleh beberapa kontraktor.


Faksi penyediaan umumnya akan membagi info itu lewat website punya BUMN. Bahkan juga dalam beberapa kasus panitia mengirim undangan ke beberapa supplier yang aktif ikuti lelang tender di bagian Konstruksi.Ini ialah hal tentu dilakukan dalam proses tender proyek konstruksi.


  • Tahapan Registrasi

Proses tender proyek konstruksi yang selanjutnya adalah tahap registrasi. Pada tahapan ini, beberapa kontraktor atau supplier yang akan ikuti proses lelang tender itu diwajibkan isi formulir registrasi dan lengkapi beberapa arsip syarat sama sesuai ketetapan panitia.


Arsip penting yang perlu diperlengkapi oleh beberapa kontraktor atau supplier salah satunya seperti Surat Ijin Usaha Perdagangan, Akte Perusahaan, Nomor Dasar Harus Pajak, dan document kelegalan yang lain.


  • Tahapan Pemberian Keterangan

Pada tahapan pemberian keterangan ini, umumnya faksi panitia akan memberi document berisi info dengan detail dan detil tugas yang hendak dilelang dalam tender dan harus ditangani oleh beberapa kontraktor atau supplier.


Document tender itu berisi mengenai sistem penyediaan, langkah pengutaraan proposal penawaran, arsip penting yang perlu disertakan, ketetapan harga, proses penilaian, masa aktif dan penjamin. Semua hal tersebut akan diterangkan dalam sebuah acara supaya ada kemiripan pemahaman.


  • Tahapan Pengutaraan Proposal Penawaran

Proses tender proyek konstruksi seterusnya adalah penawaran, beberapa kontraktor atau supplier disuruh untuk membikin proposal penawaran sama sesuai ketetapan panitia dan akan disaring. Peserta lelang tender yang tidak bisa menuntaskan pada batasan waktunya karena itu dipandang luruh.ini ialah hal wajib di dalam proses tender proyek konstruksi.


Seterusnya faksi panitia akan lakukan penyeleksian dari proposal dan mengundang beberapa kontraktor atau supplier yang bisa lolos untuk ikuti tahapan kick off rapat untuk memberi keterangan selanjutnya tentang pengajuan penawaran itu.


  • Tahapan Penilaian Proposal Penawaran

Pada tahapan penilaian proposal ini faksi panitia akan memerika, memandang dan lakukan anilisis dengan detail dan detil berkenaan document penawaran yang disodorkan oleh beberapa kontraktor. Baik dari sisi administrasi, tehnis atau harga.


Tingkatan penilaian ini umumnya panitia penyediaan tender akan tentukan beberapa sistem yang digunakan untuk memandang Salah satunya seperti mekanisme luruh, merit poin sistem, economic life ycle biaya, berdasar kualitas tehnis, batas bujet dan ongkos paling rendah.


  • Tahapan Penentuan dan Informasi Hasil Pemenang Tender Proyek Konstruksi

Sesudah panitia lakukan proses penilaian berdasar proposal penawaran dari peserta tender. Seterusnya faksi kontrantor atau supplier yang mendapat nilai paling tinggi berdasar tanda mekanisme penilaian karena itu diputuskan sebagai juara.


Pada tahapan ini panitia penyediaan akan umumkan hasil dari tiap-tiap beberapa peserta tender. Selanjutnya berdasar tanda itu kontraktor atau supplier yang mendapat nilai paling tinggi dalam memberi jalan keluar terbaik diputuskan sebagai juara.


  • Tahapan Pengujian

Proses tender proyek konstruksi yang terahir adalah tahap pengujian. Diakhir proses tender proyek konstruksi biasanya ada tingkatan sangkal. Beberapa peserta yang tidak sepakat dengan dari hasil panitia bisa mengajukannya lewat surat tercatat pada pihak berkuasa. Optimal 5 hari kerja sesudah informasi keluar.


Pada tahapan akhir ini, beberapa kontraktor atau supplier jika mendapati keganjilan yang melanggar ketentuan yang bikin rugi. Peserta sepanjang proses lelang berjalan bisa ajukan sangkal.


Kesimpulan Proses Tender Proyek Konstruksi

Agar lenih mudah memahami proses tender proyek konstruksi, berikut ringkasan tahapan-tahapannya:


  • Proses Tender Proyek Konstruksi Yang pertama Prakualifikasi Tender
  • Proses Kedua Pengambilan Berkas Tender
  • Proses Ketiga Rapat Penjelasan Tender Konstruksi (Aanwijzing)
  • Proses Keempat Melakukan Penawaran Tender
  • Proses Mengevaluasi Tender
  • Proses Klarifikasi Hasil Tender
  • Proses Yang Terakhir Pengumuman Hasil Pemenang Tender

Demikian itu tadi artikel mengenai proses tender proyek konstruksi. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung di bacahape.com.