Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Helper Dropping Adalah, Berikut Penjelasannya Secara Complete

Helper Dropping adalah seseorang yang bertugas memindahkan dan merawat barang-barang produksi. Untuk tugas seorang helper droping, simak lengkap artikel ini agar kamu nggak gagal faham.


helper dropping adalah
Helper Dropping Adalah


Pengertian Helper Dropping

Helper Dropping adalah suatu jenis jabatan dalam perusahaan yang ditugasi mengurus produk atau , baik itu dalam satu naungan perusahaan atau yang lainnya.  barang-barang yang ada di gudang perusahaan untuk diantarkan ke seluruh pelanggan.


Helper dropping adalah ujung tombak dalam suatu pemasaran berposisi sebagai ujung tombak, karena itu pekerjaan helper ialah pekerjaan dibalik monitor yang mana menolong dan dukungan mekanisme di dalam rantai industri di perusahaan.


Tags: helper dropping adalah, helper dropping mayora gaji helper dropping mayora, helper adalah, driver dropping adalah, helper gudang adalah, pengertian helper rumah sakit


Untuk perusahaan ritel, industri, pabrik dan perusahaan pemasaran yang lain, status helper memang salah satunya status yang sering diperlukan selainnya status pemasaran. Karena mereka yang mempunyai peran besar dalam soal mengatur semua kegiatan supplay produk di dalam gudang.


Tidaklah sampai disana saja, seorang helper bekerja untuk jaga dan memanajemen semua kegiatan keluar masukknya barang sampai dalam soal pengaturannya sesuai code kode yang telah diputuskan.


Pekerjaan Helper itu seperti apa? sudah pasti kamu akan kesulitan diawalnya awalnya karena jumlahnya produk, tipe, code dan beberapa hal yang lain harus cepat kamu kuasai dan kamu hafalkan. Tetapi apabila sudah terlatih karena itu tugas ini semakin lebih menarik karena mengatur barang jadi lebih rapi ialah pekerjaan yang melegakan, ini seperti saya ya. hehe.


Saat sebelum kita jauh mengulas berkenaan pekerjaan, peranan dan tanggung jawabannya. Silahkan kita kenali dulu pemahaman helper apa itu supaya kamu semakin tertarik kembali melalui karier di dunia warehouse atau pergudangan.


Tugas dan Tanggungjawab Helper Dropping

Helper dropping dalam tugas dan tanggungjawabnya cukup penting, tapi perlu diketahui asalmuasal dari kata helper itu sendiri. Helper datang dari kata bahasa inggris yang disebut kada dasar dari help yakni menolong . Maka ada yang menjelaskan tugas helper dropping ini sebagai tugas yang karakternya menolong dalam segalanya persiapan suatu produk untuk keperluan perusahaan.


Sebenarnya tugas seorang helper dropping dan helper gudang tidak jauh berbeda. Pada suatu perusahaan tertentu tugas dua ini palahan dipegang oleh satu orang saja. Lalu apa pengertian helper gudang?


Pemahaman helper gudang ialah status tugas yang bekerja untuk menolong kepentingan di dalam gudang sebuah perusahaan, pastikan keadaan produk di gudang, memanajemen segalanya yang berada di dalam gudang s/d administrasinya.


Seorang tenaga helper ialah orang yang cermat, detil dan rapi. Karena yang diurusi ialah barang barang dari asset perusahaan dan barang barang pemasaran yang hendak diteruskan dan dialokasikan ke customer.


Tiap perusahaan mempunyai standard pekerjaan pegawai helper sendiri sendiri. Seakan ada yang cuman bekerja untuk menulis stock yang ada, menempatkan barang sesuai tempatnya, atau cuman mensortir barang yang masuk dan yang keluar. Itu semua bergantung dari kecil besarnya perusahaan itu.


Tetapi dari itu semua tipskerja telah meringkas 13 pekerjaan khusus dari helper gudang yang perlu kamu kenali sebagai di bawah ini.


Pekerjaan Helper Gudang, Helper Dropping Dan Tanggung Jawabannya

Berikut beberapa pekerjaan helper dropping dan gudang yang pada umumnya jadi job desk dari helper di beberapa perusahaan besar seperti alfamart, indomaret, unilever, wings dan lain yang lain. Berikut penjelasannya :


  • Bedah Muat Barang Ke Dalam Gudang Untuk Akseptasi Barang Masuk

Bila di perusahaan besar bedah muat barang di dalam gudang jadi hal yang lumrah dilaksanakan dengan seorang helper gudang. Masukkan barang ke gudang jadi pekerjaan yang paling dasar yang harus ditangani dengan seorang helper wearhouse. Pemahaman helper dalam bekerja dan sebagai pekerjaan khusus dari helper gudang.


Bukan hanya masukkan barang ke gudang. Tetapi check stock sudahkah sesuai invoice yang dikirim. Janganlah sampai salah data atau jumlah barang yang kurang di dalam gudang.


  • Tulis Barang Masuk dan Keluar Di Gudang

Tiap hari tentunya ada-ada saja barang yang masuk dan barang yang keluar. Ini jadi hal yang perlu ditangani dengan seorang helper yakni menulis apa barang yang masuk dan keluar gudang.


Itu penyebabnya seorang helper harus dapat cermat dan detil untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawabannya. Karena arus barang yang masuk keluar perusahaan memang berbagai macam . Maka bila ada bedah muat helper harus bekerja 2x kerja, yakni membatu akseptasi barang dan menulisnya. Begitupun kebalikannya.


  • Penyiapan, Packing dan Check Stock Barang

Orang di gudang bekerja untuk menolong beberapa orang dari seksi yang lain membutuhkan barang barang dari gudang. Ini sebagai pekerjaan seorang helper untuk lakukan packing barang, penyiapan pengangkutan barang s/d check stock barang.


  • Administrasi Barang Gudang Dengan Mekanisme

Perusahaan besar umumnya mempunyai mekanisme penghitungan barang yang keluar dan masuk. Pendataannya umumnya ditempatkan di dalam mekanisme computer dan jumlah stock barang sebaiknya sama dengan mekanisme yang berada di administrasi computer perusahaan.


Mekanisme administrasi berikut sebagai dasar kapan perusahaan beli atau menghasilkan barang kembali dan kapan harus meredam pergerakan produksi saat barang keluar semakin sedikit dibandingkan barang masuk . Maka helper ini sebagai status pemasti dalam gerakan ekonomi perusahaan selainnya sektor lain.


  • Membuat Laporan Bulanan

Laporan ini umumnya bergantung dari perusahaan. Ada yang laporannya secara harian, mingguan atau bulanan . Maka ini wujud tanggung-jawab dari tugas helper gudang yakni membuat rekap laporan stock barang.


  • Lakukan Stok Opname

Stock opname jadi hal yang paling menyebalkan untuk orang gudang. Pasalnya semua barang akan dilaksanakan penghitungan ulangi secara periodik untuk sesuaikan apa barang yang berada di gudang, toko sama atau sama sesuai tidak dengan pembukuan administrasi yang disampaikan oleh helper atau administrasi gudang.


  • Pemisahan Barang Hancur atau Reject

Bukan hanya terima barang masuk dan keluar saja. Pekerjaan helper harus juga dapat pastikan mana barang yang hancur atau barang yang reject yang nanti dibalikkan kembali ke pabrik saat sebelum masuk ke toko atau toko pemasaran.


Jadi mereka mempunyai pekerjaan untuk check keadaan barang atau quality kontrol pada tiap barang yang masuk dan keluar. Ini masuk ke laporan atau administrasi mekanisme gudang.


  • Kembalikan Barang Atau Perlengkapan Yang Dipakai

Tiap barang atau alat yang dipakai di seksi lain sebaiknya dicatat dan harus mengetahui kapan barang dan alat itu dibalikkan kembali. Pasti dengan keadaan yang bagus seperti sebelumnya.


  • Jaga Kebersihan Gudang

Selainnya kerapihan, jaga kebersihan gudang jadi hal yang harus dilaksanakan oleh helper. Janganlah sampai gudang jadi menimbun sampah yang tidak kepakai yang nanti dapat mengakibatkan kecelakaan kerja bila tidak berhati-hati. Bila barang bersih dan rapi karena itu kecelakaan kerja di gudang dapat diminimalkan.


  • Sortir dan Pengaturan Barang Secara Periodik

Digudang tentu saja banyak tipe barang barang. Dan ini jadi pekerjaan helper untuk mensortir barang sesuai kelompok macamnya. Apabila sudah pengaturan dengan rapi harus juga dilaksanakan. Pengaturan dapat sesuaikan abjad nama barang atau berdasar code barangnya.


  • Turut Mengantar Barang atau Dropping

Diperusahaan yang lebih kecil dengan sedikit tenaga pegawainya, umumnya helper menolong dalam mengantar barang ke tempat pemasaran. Ini tentu saja ikut juga menaikan barang ke mobil barang dan menurunkannya ke arah tempat pemasaran.


Tetapi untuk perusahaan yang semakin besar umumnya telah ada team tertentu untuk lakukan pekerjaan ini.


  • Mempersiapkan Keperluan Team Lain

Umumnya helper membatu keperluan team lain. Yang tersering ialah menolong dalam penyiapan team pemasaran saat sebelum terjum keluasan pemasaran . Maka helper menyiapkan apa pesanan dari pemasaran yang hendak dibawa saat sebelum beraktivitas pemasaran. Pemahaman helper dalam bekerja ialah menolong team lain untuk penuhi keperluan bekerjanya.


  • Menolong Faktur Barang Produksi

Faktur ini ialah nota transaksi bisnis yang umumnya berisi daftar barang sampai dalam jumlah ongkos untuk pengangkutannya . Maka helper atau staff gudang bekerja untuk mediator di antara tanda terima dari faksi luar dengan keuangan perusahaan yang nanti dipakai untuk laporan finance.


Syarat Jadi Helper Dropping dan Helper Gudang di Perusahaan

Di beberapa perusahaan besar seperti indomaret, indomarco prismatama, alfamart, wings, unilever atau yang lain umumnya untuk lowongan kerjanya mempunyai kwalifikasi berikut :


  1. Pengajaran minimum SMA / SMK atau D3, S1 dengan semua jalur
  2. Lelaki dengan Umur optimal 28 tahun
  3. Mempunyai kendaraan individu
  4. Siap lembur bila diperlukan perusahaan
  5. Siap bekerja kontrak lebih dulu sepanjang satu tahun kerja saat sebelum jadi pegawai masih tetap
  6. Tidak butawarna
  7. Siap untuk bekerja shifting (*menyesuaikan dengan agenda perusahaan)
  8. Sehat rohani dan jasmani, tidak mempunyai kisah penyakit yang kronis


Gaji Helper Dropping Dan Gudang

Berapa gaji helper dropping? gaji helper dropping dan gudang sebenarnya tidak jauh berbeda.Besaran gajinya pun antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya akan berbeda. Untuk kisaran gajinya juga disesuaikan dengan UMR daerah, berikut estimasi gaji helper dropping:


  • Wilayah Jawa Barat dan DKI : Rp 3.000.000 - Rp 4.500.000
  • Daerah Jawa Timur : Rp 2.500.000 - Rp 3.000.00
  • Jawa tengah : Rp 1.500.000 - Rp 2.500.000


Penghitungan di atas ialah penghitungan umumnya dari status helper yang berada di semua indonesia. Tetapi yang jelas untuk status ini telah berpenghasilan minimun UMR dan UMK . Maka bila kamu ada di wilayah lain coba periksa saja berapakah UMR di wilayah kamu.


Gaji Helper Dropping Mayora

Gaji helper dropping mayora menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut:


Installation & Maintenance 

  • Operator: Rp 5,426,970 per month
  • Operator: Rp 4,095,608 per month


Other Popular Jobs

  • Staf Gudang: 4 salaries reported
  • Average salary: Rp 4,741,360 per month
  • Average salary: Rp 7,000,000 per month
  • Staf Administrasi Gudang 2 salaries reported
  • Average salary: Rp 4,857,467 per month


Demikian artikel bacahape.com mengenai helper dropping adalah. Semoga bermanfaat, salm sukses selalu, jangan lupa klik iklannya ya.