Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan Berdasarkan Bahan Bangunan Utamanya Complete

Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan Berdasarkan Bahan Bangunan Utamanya Complete ~ Dalam artikel ini akan kami jelaskan lengkap mengenai jenis-jenis jembatan beserta fungsinya secara ringkas dan jelas. Untuk itu simak lengkap artikel ini ya.


Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan
Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan

Tags: jenis-jenis jembatan brainly, sebutkan 15 jenis-jenis jembatan, jenis jembatan baja, jenis jembatan suramadu, sebutkan jenis-jenis jembatan menurut meteorit yang digunakan, sebutkan jenis-jenis jembatan berdasarkan fungsinya


Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan

Jika ada pertanyaan sebutkan jenis-jenis jembatan, berikut ini adalah Jawabannya. Dan perlu diketahui kalau jenis jembatan atau konstruksi jembatan itu ada banya sekali jenisnya, berikut beberapa yang sering kita lihat disekitar kita:


Jenis Jembatan Movable

Jembatan ini sebagai jembatan bergerak hingga jembatan ini dapat digerakkan dengan kontribusi instruksi manusia. Konstruksi jembatan ini dapat diputar keatas atau ke pinggir hingga bila ada perahu yang melalui jembatan sisi atasnya tidak hancur menubruk jembatan.


Jenis Jembatan Gantung

Jembatan ini menggunakan hanger atau kabel baja dan kabel khusus sebagai penggantung dan tarikan dari ke-2 segi ujung jembatan itu. Untuk membikin jembatan menggantung anda perlu block angkur, menara portal dan girder lantai.


Jenis Jembatan Pelengkung

Jembatan ini mempunyai keunikan lengkungan di bagian tengah jembatannya. Lengkungan jembatan ini berperan untuk mengalihkan berat dari jembatan dan beban ke dorong horizontal ketahan


Jenis Jembatan Alang

Jembatan alang mempunyai susunan yang paling simpel daripada jembatan yang lain. jembatan ini berbentuk balok horizontal yang disanggah dengan tiang penompang dikedua pangkalnya.


Bila diperbedakan berdasar material yang dipakainya maka suatu jenis jembatan terdiri atas empat. Lalu apa saja itu, berikut jenis jembatannnya:


Jenis Jembatan Kayu

jembatan ini menggunakan material kayu dalam konstruksinya. Jembatan kayu gampang dibikin hingga tidak memerlukan waktu lama dalam pembangunannya tetapi jembatan ini gampang lapuk.


Jenis Jembatan Baja

Jembatan baja memakai konstruksi baja dalam pembangunannya. Baja semakin kuat dari bahan kayu dan tambah murah daripada bahan beton. Baja sanggup ikuti wujud arsitektur dan gampang dalam penempatannya. Bahan baja bisa juga dibedah pasang secara cepat hingga tidak boros dalam pemakaian bahan. Hal ini bisa kita lihat dari jenis jembatan Suramadu.


Jenis Jembatan Besi Kontruksi

Jembatan besi mempunyai material besi yang harga tambah mahal daripada material yang lain. Meskipun demikian jembatan besi sanggup bertahan pada cuaca yang ekstrim. Jembatan besi sanggup memuat beban yang sangat berat seperti kereta api.


Kesimpulan Pertanyaan Sebutkan Jenis-Jenis Jembatan

Berikut ini kesimpulan sederhana mengenai jenis-jenis jembatan berdasar peranan, lokasi, bahan konstruksi dan type susunan saat ini sudah alami perubahan cepat sesuai perkembangan zaman dan tehnologi, dimulai dari yang simpel sampai pada konstruksi yang canggih.


Berdasar perannya, jembatan bisa diperbedakan seperti berikut.

  1. Jenis Jembatan jalan raya (highway bridge),
  2. JenisJembatan jalan kereta api (railway bridge),
  3. Jenis Jembatan orang berjalan kaki atau penyeberangan (pedestrian bridge).


Berdasar lokasinya, jembatan bisa diperbedakan seperti berikut.

  1. Jenis Jembatan di atas sungai atau danau,
  2. Jenis Jembatan di atas lembah,
  3. Jenis Jembatan di atas jalan yang ada (fly over),
  4. Jenis Jembatan di atas aliran irigasi/drainase (culvert),
  5. Jenis Jembatan di pelabuhan (jetty).



Berdasar bahan konstruksinya, jembatan bisa dibagi jadi beberapa jenis, diantaranya :

  1. Jenis Jembatan kayu (log bridge),
  2. Jenis Jembatan beton (concrete bridge),
  3. Jenis Jembatan beton prategang (prestressed concrete bridge),
  4. Jenis Jembatan baja (steel bridge),
  5. Jenis Jembatan komposit (compossite bridge).


Berdasar type susunannya, jembatan bisa dibagi jadi beberapa jenis, diantaranya :

  • Jembatan pelat (slab bridge),
  • Jembatan pelat memiliki rongga (voided slab bridge),
  • Jembatan gelagar (girder bridge),
  • Jembatan kerangka (truss bridge),
  • Jembatan pelengkung (arch bridge),
  • Jembatan menggantung (suspension bridge),
  • Jembatan kabel (cable stayed bridge),
  • Jembatan cantilever (cantilever bridge).


Demikian artikel mengenai pertanyaan atau soal sebutkan jenis-jenis jembatan. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik iklannya ya dan terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com. Salam sukses selalu.