Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sloof Gantung Tanpa Pondasi Batu Kali, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sloof gantung tanpa pondasi batu kali ~ Pondasi batu kali dan pondasi beton jalur jadi pondasi yang tersering dipakai untuk membuat rumah. Bila ke-2 nya dibanding, yang mana lebih bagus diputuskan?


Sloof gantung tanpa pondasi batu kali atau pondasi beton jalur, seharusnya tentukan yang mana? Seperti tulang pada manusia dan roda pada kendaraan, tersebut peranan penting dari pondasi bangunan.


Sloof gantung tanpa pondasi batu kali juga dapat berperan untuk meredam semua berat bangunan yang berada di atasnya. Dimulai dari berat bangunan tersebut, bangunan tingkat, perlengkapan rumah tangga, sampai berat badan manusia yang berada di dalamnya.


Sloof Gantung Tanpa Pondasi Batu Kali
Sloof Gantung Tanpa Pondasi Batu Kali


Tags: sloof gantung rumah 1 lantai, sloof gantung 2 lantai, ukuran sloof gantung rumah 2 lantai, sloof gantung cakar ayam, sloof gantung tanpa pondasi batu kali, pondasi sloof gantung vs batu kali, sloof gantung rumah 2 lantai


Tanpa ada pondasi, sebuah bangunan akan ambles ke tanah, dinding-dinding patah, atap jadi miring, bahkan juga rumah dapat roboh.


Ada banyak tipe pondasi yang dapat dipakai untuk membuat rumah. Dua salah satunya yang terpopuler ialah pondasi batu kali dan pondasi pelat beton lajur.


Pertanyaannya, yang mana paling bagus untuk dipakai sloof gantung tanpa pondasi batu kali atau dengan batu kali ?


Dikutip dari buku dengan judul ‘Panduan Membuat Rumah' cerita Mistra, inilah serba-serbi pondasi bangunan yang perlu kamu kenali!


Pondasi batu kali dan pondasi beton jalur, dua tipe pondasi yang disarankan untuk dipakai Ada dua tipe pondasi yang disarankan untuk dipakai, yakni pondasi batu kali dan pondasi pelat beton lajur.


Batu kali benar-benar menguasai dipakai, dan pelat beton jalur mulai disukai juga.


Apakah bedanya ke-2 nya?


  • Mengenali pondasi batu kali

Pondasi satu ini sampai saat ini ada banyak dipakai dan jadi opsi khusus dalam membuat rumah oleh perencana konstruksi bangunan.


Alasanya karena dia mempunyai karakter yang kuat, dan harga murah.


Pondasi batu kali mempunyai wujud trapesium sama ukuran tinggi 60-80 cm, lebar pondasi bawah 60-80 cm, dan lebar pondasi atas 25-30 cm.


  • Mengenali pondasi beton jalur

Selainnya batu kali, bahan yang menjadi alternative pondasi ialah beton jalur. Karena semuanya dibuat dari beton bertulang, pondasi ini sangat kuat.


Harga juga tambah murah dibanding dengan pondasi batu kali. Ukuran lebar pondasi pelat beton jalur sama dengan lebar bawah batu kali, yakni 70 cm. Karena pada intinya, peranan dari beton jalur untuk gantikan peranan batu kali.


  • Pikirkan karakter tanah saat akan pilih pondasi batu kali atau pondasi pelat beton jalur

Saat sebelum pilih pondasi yang pas untuk bangunan tempat tinggal, seharusnya kenali dahulu beberapa hal yang perlu diperhitungkan saat menentukan pondasi yang bagus untuk rumahmu.


  • Seperti karakter tanah misalkan. Tiap daerah mempunyai karakter tanah yang berbeda.

Rumah yang dibuat di atas tempat di wilayah sisa sawah pasti berlainan dengan rumah yang dibuat di tempat wilayah sisa kebun.


Jika tempat di wilayah rumah yang hendak dibuat ialah wilayah sisa kebun, karena itu pilih pondasi batu kali atau pelat beton jalur sebagai opsi arif.


Bagaimana bila riwayat wilayah itu tidak dikenali? Kerjakan tes tanah saat sebelum proses pembangunan dilaksanakan. Memang, ada tambahan dana untuk lakukan tes tanah ini. Tetapi, keuntungan yang didapat juga cukup banyak.


Kamu dapat gampang ketahui karakter dan kemampuan tanah dalam meredam beban di atasnya. Perencana susunan juga jadi lebih gampang dalam tentukan jenis fondasinya.


Atau langkah yang lebih gampang kembali, pengamatan ke sekitar rumah yang telah berdiri. Tanya ke pemilik rumah tipe pondasi apa yang mereka pakai. Bila tidak ada sisi yang alami perpecahan yang kronis, maknanya kamu dapat pilih jenis pondasi yang serupa.


Sloof gantung tanpa pondasi batu kali VS Pondasi beton jalur, yang mana semakin banyak keunggulannya?

Dari info di atas mengenai sloof gantung tanpa pondasi batu kali, dapat diambil kesimpulan jika pondasi batu kali dan beton jalur sama dapat dipakai untuk karakter tanah yang serupa. Seterusnya yang perlu diperhitungkan ialah yang mana lebih memiliki kelebihan.

Pondasi batu kali

  1. Galian tanah banyak, karena ketinggian batu kali minimum 60 cm
  2. Boros penggunaan bahan. 1 m2 pondasi memerlukan batu kali sekitar 125%. Untuk isi sela, diperlukan banyak pemakaian pasir dan semen
  3. Jika tanah di bawahnya alami peralihan, pondasi ini akan patah dan turun. Mengakibatkan, tembok rengat dan susah untuk diperbarui
  4. Beban yang dipikul tanah lumayan besar karena tiap 1 m2 pondasi batu kali beratnya 740 kg/m. Dan tiap 1 m2 pondasi pelat beton lajur 115,2 kg/m
  5. Kemampuan batu kali tidak sekeras pondasi pelat beton jalur, karena pemborong umumnya akan kurangi perbedaan semen dan perbanyak pasir.


Pondasi beton jalur

  • Galian tanah sedikit, rerata kedalamannya cuma 50-60 cm saja
  • Irit penggunaan bahan
  • Tidak gampang patah, karena ada kerja sama yang kuat di antara pelat lajur dengan balok pondasi beton bertulang
  • Pondasi pelat beton jalur benar-benar enteng hingga tanah tidak memperoleh penekanan yang berat dari pondasi
  • Bila beton yang dipakai ialah K-200, jadi lebih kuat


Bila ke-2 tipe pondasi itu dibanding, karena itu pondasi beton jalur lebih bagus untuk diputuskan. Karena, batu kali cuma memercayakan kemampuan sloof untuk meredam beban dan dapat patah bila tanahnya ambles.


Kekurangan Sloof Gantung

Pondasi sloof gantung terakhir banyak disukai beberapa orang saat membuat rumah karena dikenali kuat, irit waktu, dan irit ongkos. Sloof gantung ialah adalah sebuah tehnik pondasi yang tidak bertopang pada suatu pondasi tetapi langsung bertopang pada suatu kolom.


Walau tidak bertopang pada suatu pondasi kemampuan sloof gantung telah bisa dibuktikan. Sloof ini berperan untuk menanggung beban dinding, hingga dinding itu berdiri pada susunan yang kuat.


Hingga tidak ada pengurangan atau gerakan yang dapat menyebabkan dinding rumah jadi rengat atau ambruk. Karenanya, sloof gantung sebagai salah satunya pondasi untuk rumah yakni memberikan dukungan beban dinding rumah itu. Jika digolongkan, sloof gantung ialah terhitung pondasi menerus.


Kemampuan Sloof Gantung

Sloof ini sendiri berperan untuk dapat menanggung beban dinding, hingga dinding itu bisa berdiri dengan kuat tanpa batu kali dan lumayan kuat.


Sloof ini sendiri berperan untuk dapat menanggung beban dinding, hingga dinding itu bisa berdiri dengan kuat tanpa batu kali dan lumayan kuat. Pondasi ini sendiri memiliki ukuran lumayan besar dan banyak memiliki keunggulan.


Selainnya kemampuan pondasi sloof gantung yang telah bisa dibuktikan sangatlah baik, ada pula kelebihan yang lain seperti mengirit waktu dan bisa juga atur pipa air yang kotor. Anda dapat bersihkan pipa air dan membenahi pipa yang mampet tanpa perlu repot membedah konstruksinya.


Kemampuan pondasi ini tidak disangsikan kembali.

Bisa dibuktikan ada beberapa pecinta yang tertarik memakainya, dibanding memakai batu kali sebagai pondasi rumah. Bila dibanding dengan batu kali, sebagian besar orang sekarang ini akan pilih sloof gantung.


Walau ukuran termasuk cukuplah besar, tetapi hal tersebut dapat diakali dengan atur permukaan atasnya memakai design yang memikat. Sloof ini sendiri berperan untuk dapat menanggung beban dinding, hingga dinding itu bisa berdiri dengan kuat tanpa batu kali dan lumayan kuat.


Disamping itu tidak terjadi pengurangan dan gerakan yang bisa menyebabkan dinding tempat tinggal Anda jadi rengat atau ambruk. Sloof ini sebagai tipe konstruksi beton bertulang yang menyengaja dibuat khusus.


Keunggulan dan Kekurangan Sloof Gantung

Perbedaan harga di antara pondasi dengan memakai batu kali dan pondasi sloof gantung dapat benar-benar berarti. Perbedaan harga di antara pondasi dengan memakai batu kali dan pondasi sloof gantung dapat benar-benar berarti.


Saat sebelum pemakaian sloof gantung populer, pondasi batu kali sering jadi opsi. Tetapi karena untuk membuat suatu pondasi memakai batu kali benar-benar kompleks karena itu ada alternative memakai sloof. Berikut keunggulan sloof gantung dapat perlu Anda kenali:


  • Mengirit Ongkos

Perbedaan harga di antara pondasi dengan memakai batu kali dan pondasi sloof gantung dapat benar-benar berarti. Apa lagi di wilayah yang jaraknya untuk memperoleh batu kali benar-benar jauh, biaya kirimnya cukup mahal.


Dengan memakai pondasi ini ongkosnya benar-benar dapat dijangkau dan tidak begitu kuras kantong. Hingga bujet berlebihan dapat dipakai untuk kepentingan konstruksi bangunan yang lain.


  • Mengirit Waktu

Proses pembikinan batu kali melalui banyak tingkatan, hingga benar-benar kuras waktu dalam penyelesaiannya. Memakai pondasi batu kali dapat memerlukan waktu semakin lama, karena perlu cari persyaratan batu kali yang pas dan perpecahan sama sesuai keperluan pondasi.


  • Dengan memakai sloof karena itu Anda dapat mengirit waktu.

Waktu pembuatan bangunan menjadi lebih cepat tetapi mempunyai kualitas yang baik. Tetapi penting diingat jika pemakaian sloof gantung baik sekali bila dipakai pada lokasi yang tanahnya keras.


Benar-benar tidak dianjurkan memakai pondasi ini bila tanahnya lunak dan gembur. Selainnya mempunyai keunggulan, sloof ini mempunyai kekurangan yang penting Anda lihat. Apa kelemahan pada sloof ini, berikut penuturannya:


  • Tidak Dapat Sembarangan Dipakai Pada Beragam Keadaan Tanah

Ya, sama seperti yang telah diterangkan di atas jika sloof gantung tidak dapat dipakai pada keadaan tanah yang gembur dan lunak. Pasalnya jika ditanamkan di keadaan tanah yang lunak, bangunan tempat tinggal Anda rawan ambruk terlebih jika terjadi longsor atau gempa. Maka dari itu, Anda harus pastikan lebih dulu keadaan tanah yang hendak dibuat itu jika ingin memakai sloof gantung.


Sloof Gantung Kurang Fleksibel

Sama seperti dengan keadaan tanah, sloof gantung kurang fleksibel dan cuma dapat dibuat untuk design rumah tertentu. Hingga Anda tidak dapat sembarangan memasangkan sloof gantung untuk beragam design rumah.


Anda harus pastikan lebih dulu apa sloof gantung pantas untuk jadi pondasi rumah dengan design yang Anda harapkan. Harus diingat jika Anda ingin memakai sloof gantung sebagai pondasi, karena itu yakinkan lokasi tanah rumah Anda keras dan tidak gembur.


Tehnik Penempatan Sloof Gantung

Kemampuan pondasi sloof gantung dapat diperoleh dengan optimal bila memerhatikan pembesiannya. Kemampuan pondasi sloof gantung dapat diperoleh dengan optimal bila memerhatikan pembesiannya. 


Di proses pembesian pondasi sloof seharusnya disamakan dengan susunan konstruksi bangunan yang hendak dibikin nanti. Pembesian sloof untuk sebuah konstruksi gedung satu lantai seharusnya memakai ukuran 15 cm X 20 cm.


Penghitungan di atas sebagai referensi standard yang umum dipakai, karena untuk hitung dengan detil dibutuhkan pengetahuan khusus yang umumnya dipunyai oleh insinyur. Hingga Anda harus menghitung beban diatasnya, kepadatan tanah dan hal yang lain yang perlu jadi perhatian.


Pada pembesian pondasi balok sloof perlu memerhatikan ukuran tulangan besi beton yang dipakai. Seharusnya pakai diameter besi 12 mm dengan begel 6 cm dan jarak sengkang 15 cm untuk bangunan satu atau dua lantai. Hal yang lain perlu jadi perhatian saat membuat konstruksi balok sloof panjang ikatan penulangan.


Wujud balok sloof berperan untuk meningkatkan kolom gedung rumah. Agar ikatan di antara balok sloof dan kolom kuat, maka dari itu dibutuhkan ikatan yang lumayan baik. Untuk tingkatan ikatan yang diperlukan adalah 40d, oleh karena itu panjang ikatan yang diperlukan empat puluh ( 40 ) kali diameter yang digunakan oleh balok sloof.


Pondasi sloof untuk ukuran ini misalnya besi beton yang dipakai untuk balok sloof ada 12 mm, maka dari itu panjang tulangan ikatan adalah 12 mm x 40 = 480 mm. Tidak cuma panjang penulangan ikatan ialah kualitas beton cor. Kualitas beton cor yang dianjurkan ialah kombinasi.


Demikian artikel mengenai sloof gantung tanpa pondasi batu kali. Terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, Semoga pembahasannya bermanfaat, salam sukses selalu.


Tags: sloof tanpa pondasi batu kali, ukuran sloof tanpa pondasi batu kali, kekurangan sloof gantung, gambar sloof gantung, pondasi sloof gantung 1 lantai, sloof gantung rumah 2 lantai