Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Konstruksi Baja WF Terbaru 2022

Daftar Isi [Lihat]

Biaya Konstruksi Baja WF Terbaru 2022 - Baja WF jadi material opsi yang pas untuk konstruksi gudang atau kandang seperti kandang ayam. Ada beberapa kelebihan yang membuat baja tipe WF atau Wide Flange ini diputuskan sebagai rangka atau konstruksi bangunan itu. Disamping itu harga borong konstruksi baja WF condong konstan hingga banyak dijadikan target utama.


Tetapi, saat sebelum ketahui mengenai biaya konstruksi baja WF terbaru, ada banyak hal yang perlu anda ketahui. Satu diantaranya ialah berat dari baja WF ini.


Argumennya ialah karena penempatan kerangka konstruksi itu sesuai berat dari besi WF yang hendak dipakai. Supaya anda ketahui atau bisa memprediksi biaya konstruksi baja WF agar bisa menyiapkan dana Anda.


Biaya Konstruksi Baja WF
Biaya Konstruksi Baja WF


Biaya Konstruksi Baja WF

Bacahape.com, Dalam menghitung biaya konstruksi baja WF, ada banyak faktor besar kecilnya. Karena banyak hal yang dibutuhkan untuk hitung berat per mtr. yaitu ialah berat keseluruhan dan panjang besi.


Kebutuhan Baja WF dengan panjang, tinggi, lebar, tebal tubuh dan tebal sayap haruslah dihitung. Jika kalkulasi kebutuhannya sudah didapat maka akan mempermudah kita untuk tentukan biaya dan berat besi Wf per M nya.


Umumnya dari panjang baja WF ialah 12 Mtr. Yang membandingkan setiap type atau tipe baja WF tentu saja ada di segi tinggi, lebar, tebal tubuh dan ketebalan sayap dari masing masingukuran baja WF. 


Ukuran tersebut yang nanti akan memengaruhi cara menghitung borong konstruksi baja WF. Mirip contoh untuk ukuran yang termasuk kecil yakni WF 100X50X5 X7 mempunyai berat lebih kurang 112 kg. Dan untuk ukuran yang terbesar dapat mempunyai berat sampai lebih dari 2000 kg.


Baca Juga: Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow


Daftar Berat Besi WF

Berikut daftar berat besi wf yang dapat anda menjadikan referensikan untuk hitung keseluruhan harga borong konstruksi baja WF di bawah ini:


Ukuran Berat dihitung dalam Dalam Kg

Besi Baja I WF 100 x 50 x 5 x 7 mm - 12 M beratnya 112 Kg
Besi Baja I WF 125 x 60 x 6 x 8 mm - 12 M beratnya 158.4 Kg
Besi Baja I WF 148 x 100 x 6 x 9 mm - 12 M beratnya 253.2 Kg
Besi Baja I WF 150 x 75 x 5 x 7 mm - 12 M beratnya 168 Kg
Besi Baja I WF 175 x 90 x 5 x 8 mm - 12 M beratnya 217.2 Kg
Besi Baja I WF 194 x 150 x 6 x 9 mm - 12 M beratnya 367 Kg
Besi Baja I WF 198 x 99 x 4,5 x 7 mm - 12 M beratnya 218.4 Kg


Dan jika anda ingin memperoleh harga komplet dengan ongkos penempatannya, berikut daftar Harga Tonase Tugas WF di atas 100KG yang dapat anda menjadikan referensi. 


Tetapi, sudah pasti ongkos setiap wilayah bisa jadi berlainan. Anda dapat hitungnya sesuai berapakah mtr. per kg susunan bangunan anda agar nanti bisa Anda perkirakan biaya konstruksi baja WF dengan kebutuhan Anda.


  • Harga biaya gaji tenaga per KG ialah Rp. 7.000,-
  • Harga biaya gaji tenaga dengan alat per KG ialah Rp. 9.500,-
  • Harga biaya gaji tenaga dengan alat dan bahan per KG ialah Rp. 28.500,-
  • Harga biaya berbahan pasang seng atap / m ialah Rp. 105.000,-


Berapa biaya konstruksi baja per m2? Bila dalam unit mtr. persegi (m2), ongkos pembikinan konstruksi gudang baja sekitar di antara Rp. 300.000 - Rp. 1.000.000 / m2. Ongkos ini benar-benar tergantung dari tipe material yang dipakai, design dan tingkat kesusahan pembuatan.


Khusus untuk ongkos jasa dari bedah atau pasang tugas konstruksi kerangka baja sendiri (tanpa tugas fondasi) ialah dengan harga dimulai dari Rp 450.000/m2 bergantung detail baja WF atau H Beam yang digunakan.



Jasa Konstruksi Baja WF

Bila Anda sudah yakin setelah mengetahui biaya konstruksi baja WF diatas dan ingin menggunakan konstruksi baja WF. sebaiknya pilihlah jasa konstruksi yang terpercaya. Jangan asal memulih dengan harga yang murah.


Ingat, konstruksi baja WF ini untuk kebutuhan jangka panjang. Pilihlah jasa yang memang benar-benar memiliki jam terbang tinggi dan berpengalaman dibidangnya.


Tips Memilih Jasa Baja WF

Untuk membuat baja WF diperlukan ketrampilan karyawan, kekuatan kontraktor dan arsitek dalam mempertimbangkan kerangka atap yang kuat. Pasti ini tidak bisa dilaksanakan dengan ceroboh.


Perlu diperhatikan beratnya baja WF mempengaruhi waktu dan biaya perakitan kerangka. Untuk itu semakin berat dan susah pemasangannya maka biaya konstruksi baja WF akan semakin mahal.


Maka dari itu, pilih jasa konstruksi yang betul-betul telah eksper dalam masalah ini. Disamping itu, berikut panduan yang kemungkinan dapat Anda kerjakan:


  • Siaga atas penipuan dan bujukan harga murah. Ketika menentukan kerangka atap dari baja, karena itu Anda harus siap keluar dana lebih.
  • Check dengan cermat situs perusahaan, sosial media, dan kantornya langsung, ini akan menahan Anda sedih di masa datang.
  • Saksikan portofolio/pembahasan konsumen setia lain (sebagai banyak pembahasan makin baik).
  • Tidak boleh gampang yakin walau orang paling dekat. maka tidak boleh sangsi untuk memeriksa ulangi.
  • Jauhilah jasa konstruksi yang cuma mempunyai nama besar tapi tidak professional. And bisa menilainya dari pembahasan, referensi maupun portofolio riil.


Gambar Kerja Konstruksi Baja WF

Sekarang ini telah banyak susunan bangunan yang menggunakan konstruksi baja. Selainn prosesnya bisa dilaksanakan secara cepat (pas untuk sistem fast trek), dan dalam jumlah besar harga tambah murah (karena waktu penyelesaiannya relatif cepat).


Tetapi realisasinya memerlukan tingkat akurasi yang tinggi, karena jalinan antara ikatan yang sebagian besar mengggunakan baut, di mana bila lubangnya sampai melenceng beberapa milimeter saja, karena itu bautnya tidak cocok masuk ke lubang. Dan disini peranan penting gambar fabrikasi (fabrication drawing) sebagai jalan keluarnya.


Gambar Fabrikasi sebagai alat khusus untuk seorang tukang (fitter) sebagai referensi dalam mengartikan perintah ke bentuk pekerjaan pemangkasan, pengelasan dan penempatan serangkaian plate / profil jadi satu susunan baja yang kompak dan akurat.


Tanpa gambar fabrikasi (fabrication drawing), seorang tukang (fitter) bisa jadi kerjakan satu perintah, tetapi kurang efisien dan mempunyai potensi berlangsungnya kerja 2x karena tidak ada referensi yang jelas. Menanti perintah dari pimpinan?


Bukan zamannya kembali, tersebut penyebabnya seorang fitter (tukang) harus memiliki gambar fabrikasi (fabrication drawing) untuk percepat proses pembuatan fabrikasi di workshop.


Demikian artikel mengenail Biaya Konstruksi Baja WF. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam bahagia selalu.