Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Kawat Las RB dan RD

Daftar Isi [Lihat]

Perbedaan kawat las rb dan rd - Bagi seorang welder, mengetahui berbagai ukuran dan jenis kawat las merupakan hal wajib, hal ini dikarenakan setiap jenis pengelasan membutuhkan kawat las yang berbeda-beda. Nah, pada kesempatan ini, agan mau bahas khusus untuk para teman-teman welder mengenai perbedaan kawat las rb, rd dan Lb.


perbedaan kawat las rb dan rd
Perbedaan Kawat Las RB dan RD


Bagi Anda yang sedang mencari kawat las yang banyak digunakan oleh para welder di Indonesia maupun luar negeri, sebagaimana dikutip dari gentongmakmur.com kami rekomendasikan untuk Anda kawat Las Listrik terbaik.


➤  Kawat Las Listrik Berkualitas


Penjelasan Kawat RB, RD, LB

Pada video ini akan kami bahas mengenai spesifikasi kawat las dan apasaja perbedaan kawat las satu dengan yang lainnya. Mari simak videonya.



Dari tiga jenis kawat las rb,rd dan lb ada perbedaan satu sama lain. Berikut ini akan kami rincikan mengenai perbedaan satu dan lainnya.


Kawat las Rb buat apa? Kobe Steel Kawat Las RB 26 sebagai kawat las untuk beragam keperluan, sebagaimana untuk sambungan, lapisanan beberapa bagian mesin dan lain-lain.


Apa itu kawat las RD? RD-260 ialah kawat las tipe "titania" tinggi yang cuman ditujukan untuk pengelasan vertical/tegak lempeng (ke bawah). Kawat las ini mempunyai penetratif yang dangkal dan tidak ada "slag inclusion". Kawat las ini bisa dipakai secara mudah dan recikannya sedikit.


Kawat las LB untuk apa? kegunaanya untuk program las pada besi kontruksi menengah dan umum seperti besi, pelat, pipa, baja karbon atau kontruksi yang memerlukan kemampuan lebih dari konstruksi umum.


Baca Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor


Untuk mengetahui kekuatan tarik hasil pengelasannya bisa dilakukan uji tarik di PT Detech yang sudah terlisensi KAN.


Perbedaan Kawat Las RB, RD, dan LB

Bacahape.com - Ada banyak sekali perbedaan kawat las Rb,Rd dan Lb, perbedaan ini selain dari fungsinya juga beda mengenai harga dan kualitas dari masing-masing merek. Kawat las RB dan RD sendiri ada lebih dari tiga perbedaannya, lalu apa saja perbedaan kawat las RB dan RD? berikut penjelasan lengkapnya.


Perbedaan Kawat Las Pada Harga


  • Perbedaan kawat las RB, RD dan LB yang pertama ialah terdapat pada harganya satu dan yang lainnya. Harga kawat las RB yang termahal sekitaran Rp. 160.000 ribu rupiah dan harga kawat las RB termurah Rp. 13.000 ribu rupiah.
  • Harga kawat las RD termahal sekitaran Rp. 120.000  ribu rupiah dan harga kawat las RD termurah Rp. 30.000 ribu rupiah.
  • Harga kawat las LB termahal sekitaran Rp. 800.000 ribu rupiah dan harga kawat las LB termurah Rp. 45.000 ribu rupiah . Maka dari itu dari harga kawat las RB RD dan LB yang termahal ialah harga kawat las LBdan yang termurah ialah kawat las RB.


Perbedaan Kawat Las Pada Fungsi

Perbedaan kawat las RB, RD dan LB yang ialah peranan atau fungsinya. Lalu Kawat las Rb untuk apa? Fungsi yang sangat kentara yaitu RB 26 dan LB 52 dipakai untuk konstruksi baja. Dan Untuk LB 52 U untuk pengelasan akar las atau untuk penembusan.


Kawat las RD 260 untuk apa? Kawat Las RD-260 ialah kawat las tipe "titania" tinggi yang cuman ditujukan untuk pengelasan vertical/tegak lempeng (ke bawah). Kawat las ini mempunyai penetratif yang dangkal dan tidak ada "slag inclusion". Kawat las ini bisa dipakai secara mudah dan recikannya sedikit


Perbedaan Kawat Las Pada Jenisnya

Perbedaan kawat las RB, RD dan LB yang selanjunya ialah kategorisasi atau jenisnya. Kategorisasi RB 26 ialah E 6013 dan kategorisasi LB 52 ialah E 7018.


Perbedaan Kawat Las Pada PSI

Perbedaan kawat las RB, RD dan LB yang selanjutnya ialah pada PSI. PSI RB 26 E 6013 memiliki makna kemampuan ikatan las yang dibuat sejumlah 60.000 PSI dan untuk type LB 52 E 7018 ialah kemampuan ikatan las sejumlah 70.000 PSI.


Perbedaan Kawat Las Pada Diameter

Perbedaan kawat las rb rd dan lb yang selanjutnya ialah pada ukuran diameternya. Diameter LB 52 U ialah 2,6 mm.


perbedaan kawat las rb dan rd
Perbedaan Kawat Las RB dan RD


Fungsi Kawat Las Rb dan Lb

Kawat Las RB adalah jenis kawat las yang memiliki kekuatan tarik tinggi, ketangguhan tinggi, dan konduktivitas listrik yang baik. Tukang las TIG/MIG menggunakan gas pelindung untuk melindungi genangan las dari kontaminan atmosfer.


  • Ikhtisar dari beberapa jenis kawat las: 
  • Kekuatan tarik tinggi dan konduktivitas listrik yang baik, tetapi sulit untuk dimanipulasi dan lebih mahal. 
  • Ketangguhan yang baik, biaya yang baik, dan mudah untuk dimanipulasi. 
  • Kekuatan tarik rendah, biaya ok , dan mudah dimanipulasi.


Kawat las jenis LB dan Rd ini digunakan dalam industri manufaktur untuk menghasilkan berbagai produk seperti struktur baja, pipa, dan komponen mekanis lainnya. Jenis kaawat las ini sangat keras dan dapat digunakan pada suhu tinggi. Ketika kawat ini dicairkan, ia menjadi sangat lunak karena panas.


Tetapi perlu anda ketahhui jika kawat las listrik yang umum ialah kawat dengan merek ESAB, Kawat las Nikko Steel, Kawat Las Multipro, kawat las Kobe Steel dan beberapa merk yang lain.


Daftar Merek Kawat Las

Berikut ialah daftar dari merek dan tipe kawat las listrik yang penting di kenali dan dengan harga dimulai dari harga paling rendah sampai harga paling tinggi. Agar mempermudah anda dalam menelusurinya.


Tetapi perlu anda ketahhui jika kawat las listrik yang umum ialah:


  1. Merek ESAB
  2. Kawat las Nikko Steel
  3. Kawat Las Multipro
  4. Kawat las Kobe Steel 
  5. dan beberapa merk yang lain.


"Untuk harganya, setiap toko mempunyai harga yang berlainan tergantung dari lokasi penjualan"


Perlu anda kenali perbedaan kawat las satu dengan yang lainnya, jika kawat las listrik mempunyai ukuran yang berlainan, anda bisa pilih ukuran kawat yang sesuai keperluan di atas lapangan. Kawat las listrik itu mempunyai beberapa ukuran diameter yakni, diameter 2,0 2,6 3,2 4,0 dan 5,0 mm.


Kawat ini mempunyai tipe pada materialnya, ini bisa dipakai sesuai keperluan yang anda harapkan.


Jika anda akan mengelas material berbahan yang dibuat dari baja, karena itu anda bisa memakai elektroda yang sudah diutamakan untuk mengelas baja, dan jika anda ingin pengelasan material aluminium makan anda harus juga menggunakan kawat las yang untuk mengelas material alumunium.


Dan untuk detail selengkapnya anda bisa menyaksikan pada daftar atau box dari kawat las listrik itu.


Beberapa dari warga belum juga mempunyai pengetahuan yang dalam mengenai dunia mengelasan, tentunya sedikit warga ketahui jika sebetulnya ada beragam tipe kawat las yang dipakai untuk lakukan pengelasan untuk tipe material yang lain.


Ketidaksamaan yang ada antara beragam tipe kawat las listrik atau yang kerap disebutkan elektroda ini berada pada beragam hal termasuk besaran arus listrik yang hendak dipakai pada proses pengelasan.


Material yang lain tentunya memerlukan besaran arus listrik yang lain , untuk memberi hasil las yang paling sesuai keperluan yang ada.


Standard Lawat Las RB dan RD

Ada standard yang bisa dipakai oleh beberapa aktor industri pengelasan agar bisa tentukan elektroda yang hendak dipakai dan besaran arus listrik yang di perlakukan.


Standard yang biasa dipakai ialah standard yang sudah ditenrulan oleh American Welding Society (AWS), yang disebut tubuh pengelasan sah dari di Amerika Serikat.


Standard yang sudah diputuskan oleh AWS ini sudah dianggap secara luas dan dipakai sebagai standard pengelasan di beberapa negara. AWS ini sudah keluarkan standard yang sudah dipastikan dengan pertanda EXXXX.


  • Pertanda E: Pertanda ini mengarah pada info kawat las listrik
  • Pertanda XX : Pertanda ini dua angka pertama kali yang ke arah pada kekuaran tarikan dari kawat las listrik itu yang sudah di pastikan dalam datuan kilo pund square inch atau Ksi. Unit ini kerap dipastikan dalam lb/in².
  • Pertanda X : Sebagai pertanda dari angka ke-3 yang ke arah pada status pengelasan yang dapat dilaksanakan dengan kawat las itu.


Angka 1 memperlihatkan pemakaian kesemua status, angka 2 memperlihatkan jika kawat las itu bisa digunakan pada status datar dan horizontal dan angka 3 memperlihatkan jika kawat las itu cuman bisa digunakan pada status flat saja.


  • Pertanda X : Pertanda ini ialah pertanda ke-4 yang ke arah pada tipe lapisan dan arus yang dipakai pada kawat las listrik itu.


Detail ini sudah berlaku untuk pemakaian pengelasan pada Mild Steel sementara untuk detail atau standard untuk proses pengelasan lainnya sebagaimana untuk Low Alloy Steel dan untuk Stainless Steel yang mempunyai beragam code tambahan kembali ada di belakang code standard yang sudah disebut.


Beberapa aktor industri pengelasan harus ketahui dengan tepat apa yang sudah tercantum pada kotak paket kawat las listrik yang hendak anda membeli hingga anda bisa ketahui manfaat yang detil dari elektroda itu.


Kawat Las RB dan RD Untuk Baja

Pada kawat las listrik yang hendak dipakai untuk pengelasan baja lunak sendiri terdiri dari beragam tipe bergantung bermaterial yang dipakai. Berikut ialah contoh-contoh yang ada salah satunya:


  • Kawat listrik yang dipakai untuk proses pengelasan besi tuangkan yang terdiri kembali atas beberapa macam kawat las listrik yakni kawat las listrik baja, kawat las listrik nikel, kawat las listrik perunggu dan kawat las listrik dengan hydrogen rendah.
  • Kawat las listrik yang khusus dipakai pada aluminium.
  • Kawat las listrik yang khusus dipakai untuk lapisan keras yang mempunyai tujuan untuk memberi susunan yang keras pada material yang dilas hingga material itu dapat semakin tahan pada beragam hal.


Kawat las listrik pada tipe ini sendiri terdiri atas 3 jenis yakni kawat las tahan aus, kawat las tahan pukulan dan kawat las tahan kikisan.


Tipe Kawat Las RB dan RD

Berdasar pada selaput perlindungannya, kawat las listrik ini bisa dibagi jadi dua jenis yakni:


  • kawat listrik polos
  • kawat las listrik berselaput


Pada kawat las listrik berselaput terdiri dari 2 sisi yang mempunyai fungsi berlainan. Sisi pokok pada kawat las ini berperan sebagai:


  • Sebagai penghantar arus listrik dari tang kawat las ke busur yang tercipta, sesudah bersinggungan dengan benda kerja.
  • Sebagai bahan lebih


Dan untuk baham pokok pada kawat las listrik ini dibuat berbahan logam ferro dan non ferro, seperti baja karbon, baja gabungan, aluminium, kuningan dan lain lain.


Sisi salutan pada kawat las listrik yang berperan:


  1. Berperan untuk memberi gas perlindungan pada logam yang dilas, membuat perlindungan pencemaran udara di saat logam pada kondisi cair.
  2. Bisa membuat susunan terak, yang mempunyai tujuan untuk melapis hasil pengelasan dari oksidasi udara sepanjang proses pendinginan.
  3. Bisa menghindar proses pendinginan supaya tidak begitu cepat.
  4. Bisa emudahkan penyalaan.
  5. Berperan sebagai pengatur kestabilan busur.


Aliran yang ada pada kawat las listrik yang sudah lepas atau terbuka dari bungkusanya, harus selekasnya diletakkan dalam kabiner pemanas atau oven dengan temperatur 15 derajat semakin tinggi dari temperatur udara luar, karena susunan itu benar-benar sensitif pada kelembapan.


Jika didiamkan lembab, maka mengakibatkan beberapa hal yang tidak dinginkan sebagai berikut :


  • Salutan gampang untuk terkelupas, hingga susah untuk dihidupkan
  • Recikan yang terlalu berlebih
  • Busur tidak konstan
  • Asap yang terlalu berlebih


Kesimpulan Perbedaan Kawat Las RB dan RD

Perbedaan antara kawat las rb dan rd terletak pada komposisinya. Kedua jenis kawat ini terdiri dari logam yang sama, tetapi memiliki komposisi yang berbeda. Rb adalah logam murni sedangkan rd mengandung campuran logam.


Rb memiliki titik leleh yang tinggi, yang membuatnya lebih sulit untuk dilas daripada kawat rd. Ini membuatnya lebih mahal untuk digunakan untuk aplikasi tertentu seperti dirgantara atau pembangkit listrik.


Itu ulasan singkat berkenaan perbedaan kawat las rb rd dan lb. Bila ada tambahan info tentang kawat las RB, RD dan LB atau ada keinginan ulasan tipe kawat terkini dan terbaik yang lain dapat tulis dikolom komentar.


Terimakasih telah berkunjung, semoga artikelnya bermanfaat, Salam sukses selalu.