Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor Beton Yang Telah Terbukti Kualitasnya

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor Yang Telah Terbukti Kualitasnya - Tugas pengelasan tidak dapat terlepas dari dunia konstruksi. Pada tugas pembikinan, pengelasan dipakai di perkapalan, jembatan, pipa aliran, kerangka baja dan lain-lain. Dan pada tugas pembaruan, pengelasan digunakan untuk mempertebal beberapa bagian yang telah aus, isi beberapa lubang dan beberapa pekerjaan reparasi yang lain.


Terkait dengan tugas pengelasan, salah satunya material penting dalam tugas ini ialah kawat las listrik untuk besi beton. Kawat las atau disebutkan elektroda ini sebenarnya sama dengan material yang digunakan pada pengelasan listrik pada umumnya. Kawat las ini berperanan sebagai pembakar yang memunculkan busur hidup.


Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor
Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor


Kawat Las Listrik Untuk Besi Cor

Bacahape.com Kawat las listrik untuk besi beton ada banyak sekali macamnya. Berikut di bawah ini jenis kawat las yang biasa dipergunakan seorang welder dalam mengelas besi cor.


  • EDZONA-10

EDZONA-10 ialah kawat las gabungan ferro dan nikel untuk peneglasan beragam tipe besi cor. Bisa menyambung secara prima di antara besi cor dengan beragam jenis baja terhitung stainless steel.


Hal ini dikarenakan memiliki kandungan formulasi khusus pada coatingnya. Untuk pengelasan besi cor abu-abu (Grey cast-Iron_, besi cor maleable, amper rendah, penetratif baik sekali, hasil las masih bisa di machining.


EDZONA-10 benar-benar pas untuk memperbaiki roda gigi, untuk besi cor konstruksi mesin, pembaruan keran/valve, untuk pembaruan pompa air, untuk sambungan besi cor dengan besi/baja dan untuk pembaruan elemen besi cor yang lain.


  • EDZONA-60

EDZONA-60 ialah kawat las listrik untuk besi beton dengan pokok nikel-tembaga yang baik sekali untuk pengelasan elemen yang dibuat dari besi cor yang memiliki kandungan tembaga, tanpa atau mungkin dengan pemanasan awalnya (sampai 200oC).


EDZONA-60 benar-benar pas untuk emreparasi Filler dan cover pass.


  • EDZONA-90

EDZONA-90 ialah kawat las dengan pokok nikel murni yang hasilkan pengelasan berkualitas tinggi. Tanpa pemanasan awalnya. Daya tutup yang tinggi, hingga sangat ekonomis tahan pada ampere yang tinggi tanpa hancur atau terbakar dan tidak bisa terjadi undercut.


Hasil las yang dengan suhu rendah kurangi risiko perpecahan. Lunak, hingga gampang dimachining. EDZONA-90 benar-benar pas untuk pengelasan besi cor yang mengandung karbon tinggi yang sangat susah di las.


EDZONA-90 baik sekali untuk memperbaiki engine blok, Silinder head, beberapa mesin dengan getaran tinggi, manifold, beragam tipe cor terhitung yang digalvanis, sambungan di antara besi cor dan stainless-steel dan beragam elemen yang lain yang dibuat dari besi cor.


  • EDZONA-10 FN

Jenis kawat las untuk besi cor beton yang lainnya adalah Edzona-10. Electrode untuk semuanya tipe besi tuangkan malleable kandungan Ni Fe balance yang bisa dimachining,. kelebihan bisa untuk sambungan di antara besi tuangkan dengan stainless steel, baja, besi.


Build up Bodi Parts, Roll Cast Iron, Blok Mesin, Silinder Coup, Manifolt, House Bearing, All Parts Pump, Parts Textile dan sambungan di antara Besi tuangkan dengan Besi atau Besi tuangkan dengan Baja, Gear box, Teeth parts dan lain-lain.


  • EDZONA-50 HR

Electrode untuk besi tuangkan yang tercemar, berkomposisi bebas Ni, penetratif baik dan hasil depositenya tidak korosi, tahan bentrokan dan tahan gesekan, kelebihan bisa di pijak hasil lasnya lebih dari 3 lapis tidak rengat meskipun tanpa under layer.


Build up Roll Sakura, Drum Drawing, Pump Centrifugal, Blower, Clamp dan semua parts Besi tuangkan Ductille dan lain-lain.


Baca juga Komponen Mesin Las


Fungsi Kawat Las Listrik Untuk Besi Beton

Sisi pokok dan salutan (lapisan) elektroda mempunyai fungsi yang lain. Pada bagian pokok kawat las listrik untuk besi beton, perannya diantaranya:


  1. Jadi bahan penghantar arus listrik di antara busur dan tang kawat las, yang biasanya bereaksi saat elektroda sentuh material tertentu.
  2. Ini kerap dipakai sebagai bahan tambahan.
  3. Sementara pada bagian salutan elektroda, berikut ialah beberapa perannya.
  4. Pastikan jika proses pendinginan tidak ada terlampau cepat.
  5. Bermanfaat dalam mengatur konsistensi busur.
  6. Karena ada salutan, logam yang dilas akan menjadi lebih aman karena terlindungi dari pencemaran udara sepanjang proses pencairan.
  7. Selanjutnya, jika menyaksikan berdasar keperluan program, fungsi dari kawat las ialah seperti berikut.
  8. Digunakan dalam pengelasan bak minuman, makanan, kosmetik, dll.
  9. Umumnya dipakai dalam pembaruan roda gigi, galvanizing, dan tungku pembakaran.
  10. Kerap diterapkan pada pengelasan bahan stainless steel.



Baca juga Kelebihan Dan Kekurangan Las Smaw


Kawat Las Untuk Besi Beton

Sama dengan namanya, tipe ini mempunyai lapisan yang dibuat dari zat kimia tertentu, yang umumnya disamakan berbahan material yang hendak sambung. Nach, berikut beberapa macam kawat las berselaput yang biasa dipergunakan pada las besi beton yang gampang ditemui di toko bangunan.


  • Elektroda/Kawat Las Baja Lunak

Kawat las besi beton ini memiliki kandungan selaput selulosa, tipe elektroda ini bisa memberi hasil penembusan yang lebih dalam. Ini gampang diterapkan dalam beragam status dan cuma hasilkan terak tipis hingga lebih mudah dibikin bersih.


  • Elektroda/Kawat Las Selaput Serbuk Besi

Kandungan serbuk besi dalam elektroda ini bisa menolong tingkatkan efektif pengelasan. Tetapi, perlu dicatat jika tipe kawat las listrik untuk besi beton memerlukan ampere yang semakin tinggi karena susunan serbuk besi didalamnya bisa membuat selaput elektroda menjadi lebih tebal.


  • Elektroda/Kawat Las Hydrogen Rendah

Untuk tipe kawat las listrik untuk besi beton ini, Anda cuma akan mendapati kandungan hydrogen sekitaran 0,5 % saja. Umumnya, kawat las ini digunakan dalam project konstruksi beton dan pengelasan pipa yang mempunyai penekanan tinggi.


Cara Mengelas Besi Yang Baik Dan Benar

Tehnik mengelas besi yang benar dan baik sudah pasti harus dimengerti untuk welder pemula yang hendak masuk ke dunia pengelasan. Bila tehnik pengelasan yang sudah dilakukan tidak pas, sudah pasti ini akan membuat persambungan antara besi material jadi tidak kuat.


Untuk Anda yang belum memahami, pengelasan atau welding sebagai salah satunya tehnik yang dipakai menghubungkan dua ataupun lebih logam.


Penerapan tehnik pengelasan di sini juga luas, dapat dipakai untuk sektor perkapalan, kerangka baja, jembatan, pipa cepat, bejana pencet, pipa aliran, dan ada banyak yang lain. Sebetulnya pengelasan benar-benar gampang dilaksanakan bila Anda dapat pahami bagaimana trick dan tips-nya seperti di bawah ini.


Baca Juga Jenis Kawat Las Aluminium


Tehnik Mengelas Besi

Saat sebelum Anda pelajari bagaimana trik dan tips pengelasan yang benar dan baik. Karena itu hal yang perlu Anda ketahui lebih dulu di sini ialah tehnik apa yang dapat dipakai untuk pengelasan. Sebetulnya ada beberapa tehnik yang bisa didalami, tetapi beberapa tehnik di bawah ini yang sering dipakai.


  • Shielded Metal Arc Welding

Tehnik ini sebagai yang umum dan kerap dipakai untuk mengelas besi. Berkaitan tehnik ini, biasanya pengelas seringkali memakai mesin las AC DC, DC, dan AC.


Banyak kelebihan yang hendak Anda peroleh dengan tehnik ialah harga dapat dijangkau, ringkas dalam penerapan, dan bisa diterapkan untuk semuanya status. Perlengkapannya portable hingga mempermudahnya untuk dibawa kemanapun.


  • Kompak State Welding

Setelah itu kompak state welding, di mana tehnik yang paling tergantung seutuhnya di saat, penekanan, dan suhu dan memakai energi teknisi. Keunggulannya tidak kalah fleksible, yaitu dapat dilaksanakan pada keadaan apa saja.


  • Thermochemical Welding

Tehnik yang ke-3 ini sangat menarik, tetapi lebih beresiko karena dalam penerapannya memakai bahan kimia sebagai cara untuk mengelas besi.


Ada reaksi kimia di sini membuat panas yang yang dibuat bisa capai 2.800 derajat celcius.


Disamping itu beberapa alat yang dipakai juga cukup mempermudah untuk dibawa kemana-mana. Hingga tehnik ini benar-benar berguna bila diterapkan di wilayah yang jauh dari sumber listrik.


Persiapkan Alat-Alat yang Dipakai

Sesudah Anda pelajari tehnik mana yang hendak dipakai untuk mengelas, karena itu sekarang cara setelah itu menyiapkan beberapa alat yang dipakai. Diawali dari perlengkapan khusus yang dipakai ialah mesin las, arus listrik, electrode holder, dan kabel las.


Janganlah lupa juga mempersiapkan beberapa alat yang memberikan dukungan keselamatan kerja, seperti masker las, kedok las, apron, sepatu perlindungan dan sarung tangan welding.


Dan yang paling akhir ialah beberapa alat tolong yang lain seperti meja las, sikat baja, tang, palu kerak, dan mesin gerinda.


Panduan Mengelas untuk Hasil yang Prima

Sesudah semua beberapa alat yang diperlukan telah Anda persiapkan, karena itu sekarang seterusnya Anda mulai bisa mengelas besi:


  1. Pertama kali membersihkan lebih dulu bahan yang hendak dilas. Anda dapat memakai palu untuk bersihkan kerak pada bagian permukaan. Untuk hasil optimal dapat dengan memakai sikat baja.
  2. Sesudah bersih, taruh material atau bahan itu di lokasi yang ada, juga bisa di meja kerja. Mengatur kerapatan bahan, bila perlu Anda dapat memakai klem.
  3. Tempatkan satu sisi bahan di mesin las. Selanjutnya masukan elektroda di panel pencapit elektroda. Untuk kemiringan elektroda dapat disamakan status bahan. Tetapi umumnya ada tempat khusus untuk atur kemiringan elektroda yang berada di tang pencapit elektroda.
  4. Bila bahan siap di las, perlahan-lahan Anda dapat dekatkan sisi ujung elektroda pada material yang ingin di las.
  5. Jarak ujung elektroda dengan material yang ingin di las akan punya pengaruh pada kualitas pengelasan. Bila jarak ke-2 nya terlampau jauh maka mengakibatkan recikan seperti bintik api yang hendak membuat pengelasan besi tidak prima. Tetapi bila terlampau dekat, karena itu api juga tidak dapat berpijar prima. Jarak yang terbaik ialah ⅛ dari tebal elektroda.
  6. Lihat sisi elektroda yang sudah mencair, yakinkan bila Anda telah memakai alat perlindungan. Dengan perlahan-lahan Anda dapat gerakkan elektroda di sejauh permukaan yang di las.
  7. Untuk hasil baik dapat disaksikan saat permukaan bahan seperti terlihat gelombang yang teratur dan pertemuan yang tutup prima.
  8. Sesudah proses usai, Anda dapat bersihkan kerak memakai palu di bagian yang di las. Dan janganlah lupa check kembali adakah sisi yang masih tidak cukup atau mungkin tidak.
  9. Berikut sejumlah hal yang perlu Anda lihat berkaitan trik dan tips mengelas besi yang sebetulnya cukuplah sederhana untuk didalami seorang pemula. Dengan latihan yang teratur, karena itu hasil pengelasan besi akan lebih bagus kembali dan prima.


Demikian artikel mengenai Jenis Kawat Las Listrik Untuk Besi Beton. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam Welder Indonesia.