Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kawat Las Untuk Besi Cor Yang Wajib Diperhatikan

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Kawat Las Untuk Besi Cor Yang Wajib Diperhatikan Memilih kawat las memang tidak segampang membeli cabai, kalau cabai asal beras tidak busuk pasti rasanya pedas. Berbeda dengan kawat las terutama untuk besi cor, salah pilih dalam membeli bisa mengakibatkan kualitas bangunan jadi rapuh dan yang terpenting konstruksi bangunannya tidak tahan lama.


Sekarang ini banyak sekali merek yang menjual kawat las besi cor, perlu diperhatikan jika semakin banyak merek yang mengeluarkan kawat las besi cor maka akan semakin bingung kita memilihnya. Untuk memilih jenis kawat las untuk besi cor jangan asal membeli hanya karena harganya murah, seperti yang diterangkah diatas, kalu banyak merek yang keluar maka harganya murah, namun belum tentu dari segi kualitasnya bagus.


Nah, pada artikel ini akan kami sajikan beberapa merek dan spesifikasi dari jenis kawat las untuk besi cor untuk membantu Anda agar tidak bingung merek dan harga yang cocok dengan kualitasnya. Langsung saja simak artikel ini sampai selesai ya.


Jenis Kawat Las Untuk Besi Cor
Jenis Kawat Las Untuk Besi Cor


Jenis Kawat Las Untuk Besi Cor

Bacahape.com - Karakter jenis kawat las untuk besi cor baja tergantung pada kandungan karbon dan paduannya. Untuk baja karbon rendah mampu mengahsilkan pengelasan kategori baik sekali. Baja karbon yang sedang menghasilkan pengelasan yang kurang baik atau kategori sedang. Sedangkan untuk baja karbon tingkat tinggi menghasilkan kualitas yangburuk. Adapun untuk yang campuran, antara yang sedang hasilnya hampir serupa dengan baja karbon rendah.



Baja gabungan tinggi mempunyai karakter las yang bagus tetapi perlu tindakan khusus. Besi cor berkadar karbon lebih dari 2% dan silikon lebih dari 0,5 % karbon. Karbon bisa berbentuk grafit atau karbida dalam susunan micro besi cor. Karbon berbentuk karbida tidak memiliki sifat konstan (metastabil) dan bisa beralih menjadi grafit jika keadaan memberikan dukungan.


Besi cor apa bisa di las? Karena terbuat dari besi cor tidak bisa dilas listrik atau asetilin. Kalau dipakasakan akan lepas. “Untuk las listrik, solusinya gunakan elektoda khusus.


2 Jenis Kawat La Untuk Besi Cor

Jenis kawat las untuk besi cor bisa dikelompokkan jadi barisan seperti berikut: Besi cor putih, Besi cor malleable, Besi cor kelabu grafit lamelar, Besi cor kelabu grafit bundar (ductile), Besi cor grafit compacted. Karakter teknisi dan sanggup las tergantung pada susunan mikronya, ini berkait dengan keterkaitan karbon pada proses pembekuan dan pendinginan.


Besi cor putih pada umumnya tidak bisa dilas karena karakternya yang paling keras dan getas. Besi cor bergrafit bundar (ductile) lebih gampang dilas dibandingkan dengan besi cor bergrafit lamelar, ini karena kandungan sulfur dan fosfor yang rendah pada besi cor bergrafit bundar.


Tips Memilih Kawat Las Berdasarkan Kondisi Pengelasan

Pengelasan mempunyai keadaan yang berbeda. Berdasar keadaan pengelasan, seharusnya tentukan tipe kawat las yang tepat. Berikut keadaan pengelasan dan kawat las/ elektroda yang pas untuk dipakai untuk memperoleh hasil pengelasan yang berkualitas.


  • Kawat las perunggu

Kawat las ini sisi pokoknya dibikin dari perunggu fosfor lalu dipertambah dengan selaput hingga hasilkan busur konstan. Elektroda ini pas digunakan untuk mengelas besi tuangkan. Hasil pengelasan dengan kawat las perunggu ini tahan pada rengat hingga panjang las dapat dipertambah.


  • Kawat las baja

Seperti kawat las perunggu, kawat las baja dapat digunakan untuk pengelasan besi tuangkan. Hasil pengelasannya kuat tetapi tidak dapat ditangani dengan memakai mesin. Kawat las baja dapat digunakan untuk mengelas besi tuangkan dengan pesawat las AC atau DC kutub kebalik.


  • Kawat las nikel

Kawat las nikel dapat dipakai untuk mengelas besi tuangkan. Hasil pengelasan dengan kawat las nikel ini masih bisa lakukan kembali dengan menggunakan mesin dan dapat dipakai kesemua status pengelasan.


  • Kawat las tahan keausan

Tipe kawat las ini digunakan untuk kepentingan lapisan keras permukaan katub buang dan dudukan katub dengan tingkat keausan dan suhu yang tinggi. Kawat las tahan keausan ini dibikin dari kombinasi non ferro yang memiliki kandungan seperti:


  1. Wolfram
  2. Cobalt
  3. dan Chrom


  • Kawat las dengan hidrogen rendah

Kawat las dengan hidrogen rendah ini bisa digunakan untuk mengelas besi tuangkan dan baja yang mempunyai kandungan karbon kurang dari 1,5%. Tapi hasil lasnya tidak dapat ditangani dengan memakai mesin.


Selainnya keakuratan penyeleksian tipe elektroda dan keadaan pengelasan, kecepatan elektroda punya pengaruh di hasil pengelasan. Bila kawat las digerakkan terlampau cepat, maka hasilkan perembesan las yang dangkal karena pemanasan bahan bakar dasar. Dan jika kawat las digerakkan terlalu lamban, maka menyebabkan hasil jalur yang lebar hingga memunculkan kerusakan segi las terutama bila bahan dasar yang dilas cukup tipis.


Karena itu kecepatan tangan menggerakkan atau menarik kawat las harus konstan. Keakuratan dan konsistensi kecepatan elektroda akan hasilkan kombinasi dengan material material dasar dan dengan perembesan luas yang bagus.


Selainnya kecepatan kawat las, besarnya arus punya pengaruh pada hasil pengelasan. Bila arus terlalu besar, karena itu kawat las akan mencair terlalu cepat. Dampaknya, hasil pengelasan mempunyai penembusan yang dalam dan permukaan las yang lebih lebar.


Kebalikannya bila arus kekecilan, karena itu panasnya tidak cukup meluluhkan kawat las dan material dasarnya. Mengakibatkan hasil pengelasan tidak rata, rigi-rigi las yang kecil dan penembusan yang tidak dalam.


Demikian artikel mengenai jenis kawat las untuk besi cor yang semoga bermanfaat untuk Anda. Terimakasih telah berkunjung ke bacahape, salam welder Indonesia, salam sukses selalu.


Tags: kode kawat las untuk besi cor, cara las besi cor dengan las listrik, kawat las besi ancuran, harga kawat las besi cor, perbedaan kawat las cin 1 dan cin 2, kawat las cor nikko steel, elektroda untuk besi cor, kawat las blok mesin