Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Check Valve Yang Musti Kamu Tahu

Daftar Isi [Lihat]

Cara kerja check valve. Valve sebagai salah satunya bagian utama dalam sebuah instalasi fire hydrant. Valve sendiri terbagi dalam tipe dan tipe yang berbeda. Untuk serangkaian dalam suatu rumah pompa sendiri ada banyak tipe valve yang harus dipasang. Satu diantaranya yakni Check Valve.


Pemahaman Check Valve tersebut ialah sebuah alat yang dipakai untuk atur cairan cuma mengucur ke satu arah saja dan menahan saluran ke kebalikannya (backflow). Cara kerja check valve Check Valve tidak memakai tuas untuk atur saluran (buka dan menutup), tetapi memakai gravitasi dan penekanan dari saluran tersebut. 


Karena cara kerja check valve yang bisa menahan saluran balik (backflow) Check Valve kerap dipakai sebagai pengaman dalam mekanisme perpipaan dalam suatu serangkaian hydrant. Untuk lebih jelasnya mari simak artikel mengenai check valce dibawah ini.


Cara Kerja Check Valve
Cara Kerja Check Valve

Tags: jenis check valve, fungsi check valve dalam sistem pompa, gambar check valve, pemasangan check valve yang benar, fungsi check valve pada sistem hidrolik, perbedaan check valve dan gate valve


Cara Kerja Check Valve Dalam Instalasi Hydrant

Cara kerja check valve check valve dalam instalasi hydrant kerap dijumpai pada serangkaian mekanisme pompa. Posisi penempatannya ialah

  1. Flexible Gabung 
  2. Check Valve 
  3. Gate Valve

Posisi ini harus sama sesuai dan penempatan check valve jangan sampai kebalik, pertanda arah panah harus mengarah ke atas. Jika kebalik karena itu arah saluran air malah tertutup dan bisa menyebabkan pecahnya check valve tersebut atau bahkan juga semua jaringan pipa.


Cara Kerja Check Valve
Cara Kerja Check Valve


Lantas apa yang terjadi jika kita melewati pemakaian check valve ini? Adapun kerugiannya jika terjadi arus balik / backflow ialah bisa menyebabkan impeller pompa jadi hancur. Peletakan check valve ini yakni di serangkaian pompa dan pada Siamese connection.


Untuk pemakaian pada Siamese connection, penempatannya malah harus mengarah ke bawah ke arah lajur pipa hydrant.


Pengertian Dan Cara Kerja Check Valve

Cara kerja check valve yakni saat saluran sesuai arahnya, pergerakan dari saluran itu akan melalui disk atau socket, sementara jika ada saluran yang bersimpangan, karena itu socket itu akan tertutup, hingga tidak bisa terjadi saluran balik yang masuk kembali ke pipa. Oleh karena itu kehadiran check valve ini sangat penting, maka janganlah sampai ketinggalan saat anda membuat satu perancangan fire hydrant.



Apa fungsi dari check valve? Check valve ialah elemen pada mesin yang sejenis valve atau katup. Bila disaksikan sepintas, check valve memang tidak begitu berlainan dari valve biasa, ditambah saat Anda menyaksikannya dari sisi peranan atau manfaat.


Kelebihan check valve berada pada kemampuan pendorongnya. Umumnya valve atau katup pada mekanisme perpipaan memercayakan handle sebagai kemampuan pendorong. Tetapi, check valve berlainan. Katup tipe ini malah tidak diperlengkapi dengan handle. Sebagai tukarnya, check valve memercayakan penekanan dan style gravitasi fluida sebagai kemampuan pendorong khusus.


Check valve biasanya diketemukan pada mekanisme perpipaan untuk pengeluaran fluida (discharge). Dengan memasangkan check valve, karena itu fluida akan bergerak satu arah ke arah aliran keluar. Check valve menahan berlangsungnya backflow atau arus balik yang dapat menutup aliran perpipaan. Karena, check valve akan automatis tertutup ketika berada penekanan dari arah bersimpangan.


Apa yang dimaksud dengan check valve? Jelaskan fungsi dan prinsip kerja dari check valve dan quick exhaust Valve? Beberapa pengertian dan fungsi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai check valve berikut kami rangkum untuk Anda:


  • Karan Sotoodeh.

Check valve ialah katup yang secara umum dibuat untuk meredam saluran balik yang tidak diharapkan ke sisi hilir, walau ada pula type-tipe yang tawarkan peranan lebih dari itu.


  • Oene Roorda

Check valve sebagai katup yang bekerja dengan konsep menahan arus balik, yang biasanya dipakai membuat perlindungan pompa, compressor, dan perlengkapan mekanis lain.


  • Brian Nesbitt

Check atau non return valve ialah satu katup yang dalam mekanisme perpipaan dibuat untuk menahan saluran balik.


  • Brent T. Stojkov

Check valve sebagai type katup yang dipakai untuk menahan saluran balik, kontaminasi antara fluida, sampai menutup tempat atau mekanisme bertekanan rendah dari yang bertekanan tinggi.


  • Zappe

Pengertian check valve yaitu satu katup yang automatis terbuka karena ada saluran masuk dan tertutup karena ada saluran yang mengarah ke luar.


Jenis-jenis check valve

Check Valve sendiri mempunyai berbagai jenis susuai dengan kebutuhannya. Berikut ini jenis-jenis check valve yang sebaiknya diketahui:


4 Jenis Check Valve

Ada banyak jenis check valve yang terpasangkan pada mesin dengan mekanisme perpipaan. Berikut beberapa jenis check valve yang kerap diketemukan.


  • Swing check valve

Salah satunya jenis check valve ialah mode swing. Ciri-ciri uniknya berada pada suatu cakram berdiameter seukur pipa yang dipakai. Dalam aplikasinya, swing check valve digantung pada suatu kutub yang ditempatkan di atas katup (hinge pin). Keunggulan pada katup jenis ini ada di segi ekonomisnya. Swing check nilai lebih dapat dijangkau bila dibanding dengan check nilai mode lain.


  • Lift check valve

Selanjutnya ada lift check valve. Biasanya, check valve jenis ini dipakai pada fluida yang mempunyai arus kuat. Lift check nilai diperlengkapi dengan port inlet dan port toko. Ke-2 port itu dipisah oleh sebuah penyumbat berwujud kerucut. Saat terjadi forward flow, karena itu penyumbat akan tergerak dan fluida juga mengucur. Kebalikannya, saat terjadi reverse flow, penyumbat akan balik pada dudukannya dan saluran fluida berhenti.


  • Backwater check valve

Sama dengan namanya, backwater check valve ialah elemen untuk atur saluran fluida yang berbentuk cairan. Katup jenis ini biasanya kerap digunakan pada aliran pembuangan air. Satu diantaranya dapat Anda dapatkan pada aliran penataan banjir. Karena ada backwater check valve ini, karena itu saluran balik yang disebabkan karena penekanan air banjir juga bisa ditangani.


  • Disc check valve

Paling akhir ada disc check valve. Bila dibanding dengan check valve pada beberapa poin awalnya, check valve jenis ini condong lebih kompleks. Disc check valve terbagi dalam body yang diperlengkapi dengan pegas, penahan pegas, dan sebuah disc atau cakram. Cakram itu bergerak ikuti saluran fluida. Saat terjadi forward flow, karena itu cakram akan terbuka. Kebalikannya, saat terjadi reverse flow, karena itu cakram akan tutup.

​​​​​​​

Fungsi Check Valve

Check valve dipasang dimana? Sebetulnya peranan check valve hampir sama dari valve biasa. Peranan check valve untuk atur saluran fluida, baik yang berbentuk cairan atau gas. Check valve bekerja dengan manfaatkan penekanan dan style gravitasi dari fluida tersebut.


Check valve juga dipakai pada mesin mobil. Satu diantaranya ialah pada mekanisme pengereman, persisnya pada booster rem. Pemakaian check valve pada booster rem untuk mengatur saluran udara yang perlu dikeluarkan dari booster rem. Bila udara tidak dikeluarkan dari booster, karena itu proses pengereman tidak dapat berjalan baik.


Swing Check Valve Adalah

Swing check valve adalah jenis check valve yang bekerja dengan buka dan tutup saluran memakai disk berayun dalam bodi casing. Disc / cakram itu digerakkan secara automatis oleh gravitasi dan penekanan saluran tersebut. Wujud swing check valve kelihatan pada gambar berikut ini.


Swing check valve terhitung dalam barisan valve automatis, yang mayoritas dipakai di aliran pipa sebagai pengaman. Menyalurkan ke satu arah dan menahan saluran balik yang berperan untuk menahan dan menghindar peristiwa yang tidak diharapkan pada proses industri.


Pengurangan penekanan dan turbulensi pada jenis valve ini benar-benar rendah. Swing check valve secara umum terpasang secara horizontal pada lajur pipa. Juga bisa terpasang secara vertikal dengan resiko jika disk/cakram tidak bisa capai status stalling, di mana cakram terjerat dalam status masih tetap terbuka dan ada peluang tidak dapat tutup secara automatis.


Manfaat dan Fungsi Swing Check Valve

Kemanfaatan swing check valve bisa diaplikasikan ke bermacam medium cair dan gas seperti air, uap, minyak, asam nitrat, urea dan sebagainya. Swing check valve terlebih dipakai dalam metode perpipaan di industri minyak bumi, kimia, farmasi, pupuk, listrik, dan metode piping yang lain.


Swing check valve benar-benar pas buat medium bersih dan tidak untuk medium yang memiliki kandungan banyak partikel padat dan viskositas tinggi.


Saluran yang bertekanan rendah dan ditemui berdenyut, memanfaatkan swing check valve benar-benar tak disarankan. Saluran yang berdenyut dapat gerakkan cakram naik turun dengan berulang kali, maka dari itu dapat terjadi bentrokan yang sebabkan cakram dan seat / dudukan cepat aus dan tak memiliki fungsi normal.


Kesimpulan Cara Kerja Check Valve

Dapat diambil kesimpulan jika check valve ialah jenis katup yang manfaatkan penekanan dan gravitasi fluida untuk mengontrol saluran fluida. Demikian tadi pembahasan mengenai pengertian, fungsi mengenai check valve.


Semoga artike cara kerja check valve bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi tersebut. Terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.


Tags: jenis check valve, fungsi check valve dalam sistem pompa, gambar check valve, pemasangan check valve yang benar, fungsi check valve adalah, fungsi check valve pada sistem hidrolik, swing check valve, jelaskan fungsi dan prinsip kerja dari check valve dan quick exhaust valve