Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Helper Mekanik, Berikut Fakta Lengkapnya

Daftar Isi [Lihat]

Apa Itu Helper Mekanik ~ Berikut Penjelasan Lengkapnya. Jika Anda ingin menjadi seorang helper mekanik sebainya Anda harus ketahui pekerjaan dan tanggung-jawabnya. Mengapa begitu? Karena jadi mekanik alat berat tidak mudah, Oke langsung saja kita bahas.


Apa Itu Helper Mekanik
Apa Itu Helper Mekanik


Apa Itu Helper Mekanik

Helper itu apa? Menurut kamus Merriam-Webster, helper disimpulkan sebagai karyawan yang relatif tidak mempunyai ketrampilan detil tetapi bekerja menolong beberapa karyawan trampil atau pakar dengan tugas manual. Jika kata helper ini diasosiasikan untuk mekanik berarti seorang helper mekanik adalah seseorang yang berkerja membantu segala jenis mesin, entah itu dipabrik, pertambangan dan lainnya.


Jika seorang helper mekanik ditempatkan di suatu mesin produksi, maka pekerjaannya adalah menyetel, merawat mesin agar terus bisa bekerja dengan baik. Sehingga menghasilkan produk yang banyak dan berkualitas.


Nah, disini terjawab belum mengenai apa itu helper mekanik? Jika belum, mari simak lagi artikelnya karena dibawah akan kita bahas juga mengenai helper mekanik di pertambangan.


Video tugas seorang helper mekanik yang gajinya lumayan besar untuk ukuran rata-rata UMR di Indonesia. Simak videonya agar lebih paham mengenai apa itu helper mekanik.


Baca Helper Alat Berat



Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana helper berada disitu tugasnyapun akan berbeda. Untuk yang berada diarea proyek besar dengan banyak alat berat maka tugas helper alat berat adalah mengecek bagian mesin buldoser dan lainnya.


Nach, untuk Anda yang ingin jadi seorang helper mekanik alat berat dan belum ketahui apa saja pekerjaan dan tanggung-jawab dari helper mekanik khususnya alat berat, berikut ini akan kami diuraikan banyak hal yang menjadi referensi untuk Anda. Berikut penjelasan mengenai tugas apa itu helper mekanik:


  • Mengaplikasikan Kesehatan serta keselamatan kerja dan lingkungan hidup (K3-LH)

Ini dilaksanakan untuk mengenali kekuatan bahaya dan risiko kecelakaan kerja dengan jeli, mengaplikasikan semua proses K3-LH dan ikuti publikasi dan keterangan K3-LH yang diberi.


  • Mengaplikasikan kerja-sama di tempat kerja

Nach, ini perlu dilaksanakan untuk mengenali arah dan peranan barisan dan memberi kontributor efisien dan pas dalam tatap muka barisan.


  • Mengenali tugas khusus seorang helper mekanik

Anda harus mengenali detail tehnik mekanik, mengenali susunan dan peranan sistem mekanis, sistem bahan bakar, sistem pemulasan, sistem pendingin dan sistem udara masuk dan gas buang mekanik.


  • Melakukan pembaruan ringan

Nach, cara seterusnya yakni Anda perlu pelajari surat perintah kerja pembaruan, mempersiapkan buku petunjuk dalam perusahaan. Membongkar dan bersihkan elemen yang hendak diperbarui. 


Mengecek dan menganalisis kerusakan elemen, membuat dan ajukan suku cadang yang dibutuhkan, mengecek kecocokan dan memasangkan suku cadang yang dibutuhkan dan mengetes hasil pembaruan.


  • Melakukan pembaruan (Major Repair)

Ini penting juga dilaksanakan dengan pelajari surat perintah kerja pembaruan, mempersiapkan buku petunjuk atau shop manual yang sama sesuai membedah mekanik sama sesuai proses, mengecek dan menganalisis kerusakan elemen dan membuat dan ajukan suku cadang yang dibutuhkan.


  • Membuat laporan tugas

Anda harus membuat laporan tugas yakni mengkompilasi data dari semua proses tugas, membuat data di dalam form laporan dan sampaikan laporan tugas ke atasan.


Setelah kita mengathui Apa Itu Helper Mekanik. Selanjutnya kita akan membahas gaji helper mekanik, berapa sih gajinya? berikut pembahasannya.


Apa Itu Helper Mekanik
Apa Itu Helper Mekanik

Baca Helper Mekanik Tambang


Gaji Helper Mekanik

Berapa gaji helper mekanik? Gaji helper mekanik sebenarnya bermaca-macam besarannya. Hal ini dikarenakan lokasi perusahaan dan jenis perusahaannya.


Untuk rata-rata aji seorang helper mekanik sebesar 3.5 juta sampai 10 juta, ini untuk didalam negeri. Gaji helper mekanik diluar negeri kira-kira sebesar 7 juta sampai 25 juta.


Panduan Lengkap untuk Tugas Helper Mekanik Tambang

Bacahape.com - Helper mekanik tambang adalah profesi yang sudah ada sejak lama. Mereka kadang disebut pekerja tambang, penambang batu bara, atau nama lainnya. Pekerja tambang memiliki banyak tugas dan tanggung jawab berbeda yang harus mereka lakukan saat bekerja di tambang.


Salah satu tugas terpenting dari asisten mekanik pertambangan adalah memelihara mesin untuk mencegah kecelakaan dan memastikan keselamatan di lokasi kerja. Pembantu mekanik pertambangan juga harus mampu mengelola alat berat agar dapat menjalankan tugasnya dengan mudah.


Dalam panduan ini, kami akan membahas semua informasi penting tentang apa yang diperlukan seseorang untuk menjadi asisten mekanik pertambangan serta beberapa tanggung jawab utama mereka dalam kehidupan sehari-hari.


  • Apa itu Tugas Helper Mekanik Pertambangan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pembantu Mekanik Tambang bertanggung jawab atas keselamatan para penambang dan peralatan mereka. Mereka memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan benar dan penambang aman. dengan memeriksa peralatan pertambangan.


Beberapa tugas termasuk memastikan bahwa semua peralatan keselamatan digunakan dengan benar dan protokol keselamatan telah diikuti. Mereka mungkin perlu memeriksa lokasi tambang sebelum operasi dimulai atau memastikan bahwa mesin yang digunakan memenuhi standar.


Ini bisa melibatkan pemeriksaan zat berbahaya, penggunaan yang benar dari pelindung jatuh, informasi tentang apa yang sedang ditambang dan bagaimana , dan banyak lagi. 


Tugas pekerjaan Helper Mekanik Tambang


  • Periksa berbagai jenis peralatan untuk kesalahan keselamatan 
  • Pastikan semua protokol keselamatan diikuti 
  • Pastikan semua metode penambangan dan mesin memenuhi standar 
  • Menilai lokasi tambang sebelum operasi dimulai 
  • Memantau kesehatan dan kesejahteraan para penambang. 


Tugas tergantung pada klasifikasi spesifik pekerjaan.


Pekerjaan Mining Mechanic Helper adalah pekerjaan non-serikat dengan gaji rata-rata $39.000 per tahun. Pekerjaan membutuhkan ijazah SMA atau sederajat dan setidaknya satu tahun pengalaman di bidangnya. Ini adalah posisi yang menuntut fisik dengan jam kerja yang panjang.


Itu artikel mengenai Apa Itu Helper Mekanik, pekerjaan dan tanggung-jawabnya. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, salam sukses selalu.