Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Cook Helper ~ Berikut Penjelasan Lengkapnya

Daftar Isi [Lihat]

Apa itu cook helper ~ Cook helper sebagai sisi dalam department kitchen/dapur yang mempunyai pekerjaan dan tangung jawab cukup penting dalam soal penyuguhan makanan dalam suatu hotel atau restaurant berbintang.


Apa Itu Cook Helper
Apa Itu Cook Helper


Untuk menjadi seorang cook helper tentu saja harus mempunyai pengalaman, karena pekerjaan cook helper/pendamping koki ini pada umumnya akan menolong si koki terutamanya dalam menyiapkan beberapa bahan makanan yang hendak diproses .


Apa Itu Cook Helper

Cook helper ialah seorang yang bekerja untuk menolong tugas atasannya atau yang lebih dekat disebutkan dengan pendamping koki.


Selainnya itu cook helper harus juga mempunyai knowledge base sekitar bahan makanan dan bagaimanakah cara pemrosesan yang benar dan baik hingga dapat mempermudah tugas si juru masak (chef) dalam menyuguhkan sajian yang spesial.


Cook Helper Menurut Pakar

  • Menurut Sichite (2015:13). Cook Helper adalah pegawai yang belum pernah bekerja di dapur dan mereka ditugaskan untuk bekerja beralih - berpindah dari 1 seksi lainnya dalam kurun waktu tertentu supaya pegawai pemula ini bisa mengenali dan meresapi tugas di masing - masing seksi saat sebelum mereka ditetapkan bekerja di sebuah seksi sesuai kekuatannya.


  • Menurut Adjab Subagjo (2007 :11). Cook helper adalah menolong beberapa tugas atasannya atau pendamping cook.

Setelah kita mengetahui apa itu cook helper. Selanjutnya kita kan membahas mengenai tugas dan tanggung jawab seorang cook helper, yuk simak lagi artikelnya.


Tugas dan Tanggung Jawab Cook Helper

Cook Helper tugasnya apa? Sebagai salah satunya sisi dari department kitchen, cook helper mempunyai peran yang tidak dapat dikira sepele. Tidak seperti tugas helper cafe, eh tapi semua itu mempunyao kelebihannya ,asing-masing. Adapun tugas dan tanggungjawab cook helper itu adalah:


Menyiapkan perlengkapan masak

Seorang cook helper akan bekerja untuk menyiapkan semua perlengkapan masak yang hendak dipakai untuk membuat suatu sajian untuk dihidangkan. Adapun dalam masalah ini cook helper harus juga menjaga dan bersihkan semua perlengkapan sesudah usai dipakai hal ini seperti tugas helper restoran.


Mempersiapkan bahan masakan

Seluruh bahan makanan mentah yang hendak diproses untuk jadi makanan siap makan umumnya akan disiapkan dengan seorang cook helper. Terhitung di dalamnya bersihkan bahan makanan dan mengguntingnya untuk siap diolah oleh koki atau juru masak.


Simpan peratalan masak

Jika tugas memproses dan menyuguhkan makanan telah usai, seorang cook helper akan bertanggungjawab untuk bersihkan dan simpan kembali semua perlengkapan masak ke tempatnya untuk dapat dipakai kembali di esok harinya.


Menolong si koki memasak

Pekerjaan khusus seorang cook helper ialah menolong si koki pada proses pemrosesan makanan dan membuat menu kompleks yang memerlukan kecepatan, kecermatan dan ketrampilan khusus.


Selainnya yang sudah disebut sebelumnya, ada juga pekerjaan dan tanggung-jawab cook helper menurut Richard Sichite dalam bukunya "Job Description" pada bagian pastry ialah sebagai berikut :


Tugas Lain Cook Helper

  • Mendatangi briefing chef
  • Menanggani pengaturan Mise En Place
  • Menolong pengatasan servis preparation
  • Tangani pastry production
  • Memiara situasi kerja yang sehat
  • Memantau penerapan pembersihan tempat kerja


Apa Itu Cook Helper
Apa Itu Cook Helper


Proses Kerja Cook Helper

Berikut ialah contoh peranan cook helper dalam penyuguhan sajian lunch dan dinner di Sheraton Surabaya Hotel and Towers. Perlu Anda kenali jika di hotel itu jam lunch akan dibuka jam 12.00 - 14.00 sementara jam dinner akan dibuka jam 18.00 - 23.00 dengan mengangkat topik buffet.


Saat sebelum membuka lunch/dinner

  • Menyaksikan menu harian
  • Menyiapkan alat yang hendak dipakai
  • Menyiapkan bahan makanan yang diperlukan
  • Membagikan makanan ke buffet
  • Lakukan Setting


Saat sedang lunch/dinner

Saat pengatasan berjalan, cook helper akan jaga stand live cooking dan jaga buffet untuk memerhatikan sajian yang mana habis untuk di re-fill. Umumnya makanan itu akan disiapkan oleh chef pada hot box untuk mengawasinya supaya masih tetap hangat.


Penutupan Lunch/dinner

  • Lakukan clear up
  • Simpan makanan yang tersisa dalam tempat chiller
  • Prepare untuk menu esok


Persyaratan Menjadi Cook Helper

Menjadi seorang cook helper, umumnya dalam sebuah lowongan pekerjaan akan berisi syarat-syarat atau kwalifikasi yang perlu dipunyai calon pelamar. Adapun syarat umum jadi cook helper yakni :


  1. Wanita dan Lelaki
  2. Umur optimal 18-35 tahun
  3. Pengajaran minimum SMA
  4. Memiliki pengalaman bekerja sebagai cook helper (lebih di utamakan)
  5. Pahami cold dan hot preparation
  6. Sanggup memakai perlengkapan dapur secara baik
  7. Kekuatan berdiri untuk saat lama
  8. Mempunyai kesetiaan tinggi
  9. Sanggup berbicara secara baik
  10. Bertanggungjawab dan disiplin
  11. Pengalaman kerja sebagai cook helper


Gaji Cook Helper

Berapa gaji cook helper adalah? Bicara berkenaan upah seorang cook helper benar-benar sangat bervariatif khususnya tergantung di mana dia bekerja. Misalnya saja di Kota Jakarta untuk upah cook helper di Restoran Gardensea Mandarin dapat capai Rp. 3.800.000 - Rp. 4.500.000.


Dan di Surabaya, upah seorang cook helper di restoran terpenting dapat capai Rp. 167.000 / 8 jam kerja. Dengan deskripsi itu dapat disebutkan bahwa tugas sebagai cook helper dapat paling prospektif di masa datang.


Kesimpulan Artikel Cook Helper

Jadi demikian pemahaman apa itu cook helper, komplet dengan peran, pekerjaan dan tanggung-jawab dan syarat/kwalifikasi dan gaji yang dapat diterima. Mudah-mudahan dapat menambahkan wacana Anda!