Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding)

Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding)Gaji tukang las khususnya bawah air atau gaji (underwater welding) berapa sih? sehingga banyak orang yang berbondong-bodong ingin bekerja dengan profesi ini. Apakah memang besar?

Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding)
Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding)


Jika Anda seorang yang bermental kuat, mencoba bekerja sebagai tukang las atau welder bawah air bisa menjadi profesi yang menjanjikan, namun untuk yang mentalnya krupuk jangan, saya harap Anda jangan kepengin bekerja seperti ini karena taruhannya besar, nyawa.


Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali versi mengenai gaji tukang las bawah air, untuk itu simak lengkap artikel ini agar tidak gagal paham.


Berapa Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding)

Berapa gaji tukang las di Indonesia? Untuk Rata-rata gaji seorang welder yaitu Rp 4.427.500 per bulan di Indonesia. Gaji ini sangat berbeda dengan gaji tukang las bawah air.


Apa itu pengelasan bawah air? welder bawah air (Underwater Welding) merupakan pekerjaan yang berkembang dari proses pengelasan pada umumnya yang berada didarat.


Pengelasan bawah air sering dibutuhkan oleh perusahaan pengeboran minyak lepas pantai dan industri perkapalan namun untuk di Indonesia sendiri masih jarang digunakan.


Memang seorang welder bawah lau atau sering disebut tukang las bawah air memang benar-benar dibayar dengan gaji tukang las bawah air yang tinggi karena mereka dibayar per jam bukan harian.


Namun perlu diperhatikan bahwa gaji tukang las bawah air yang besar ini sebanding dengan resiko yang dihadapinya.


Berapa gaji tukang las pipa? Dikutip dari Biro Statistik Tenaga Kerja bahwa gaji tukang las bawah air komersil memiliki upah rata-rata per jam 26,32 dolar AS (sekitar Rp 370 ribu) lain halnya untuk upah tahunan dengan mayoritas sekitar 54.750 dolar amerika serikat ( sekitar Rp771 juta ).


Jika Anda menginginkan gaji tukang las bawah air gyang besar ini maka sebaiknya ikuti pelatihan khusus yang diperlukan untuk menjadi tukang las bawah air ini.


Untuk dapat bekerja dibidang ini, mereka para welder bawah air tidak hanya diberikan pelatihan dalam pengelasan namun juga dilatih untuk menyelam yang disebut dengan "scuba diving".


Kalimat SCUBA sendiri, merupakan suatu singkatan yang terdiri dari "Self-Contained Underwater Breathing Apparatus" atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan Perangkat Bernapas Bawah Air yang Berdiri Sendiri.


Penamaan ini bermula pada tahun 1939 di Navy Amerika Serikat untuk menamai suatu alat pernapasan penyelam tentara militer AS. Namu lama kelamaan penggunaan nama ini diperuntukan untuk seorang tukang las bawah air atau underwater welding.


Seora welder bawah air memang harus memiliki kompetensi yang sangat khusus, hal ini dikarenakan resiko besar yang dihadapinya ketika mengelas dibawah air. Dengan skil yang mumpuni akan membuat seorang welder bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik tanpa adanya kecelakaan kerja.


Untuk itu menjadi seorang welder bawah air diperlu sekolah atau kursus di suatu lembaga yang benar-benar terpercaya agar kualitas keahliannya bisa dipertanggung jawabkan. Hal ini penting agar nantinya ilmu yang didapat bisa bermanfaat ketika dilapangan.


Untuk mendapatkannya ada beberapa lembaga pelatihan khusus welder yang menawarkan kedua sertifikasi penyelaman dan pengelasan dibawah air, lembaga-lembaga ini memang dirancang khusus untuk membentuk seorang yang ahli dibidang pengelasan bawah air.


Tidak seluruh industri yang mempekerjakan spesialis las bawah air memiliki komptetensi yang serupa untuk order berisiko itu. Namun bisa diketahui jika suatu perusahaan mewajibkan adanya sertifikat berarti perusahaan itu bisa dikatakan besar, karena mereka akan menjamin jika terjadi suatu kecelakaan kerja. Jadi kami harap Anda jangan salah memilih perusahaan yang mempekerjaan welder bawah air.


Perusahaan-perusahan yang ingin mempekerjaan welder bawah laut pasti tidak akan memilih seorang welder yang tidak memiliki sertifikat sebagai tanda bukti keahliannya karena dengan adanya sertifikat ini, perusahaan dapat melihat keahliannya.


Pada pengelasan bawah air dapat membantu melindungi lingkungan karena ada banyak sekali saluran pipa yang melintasi perairan dan memiliki berbagai kedalaman bermacam-macam dan biasanya pekerjaan welder bawah air ini berkutat pada saluran pipa minyak.


gaji tukang las bawah air
Welder Bawah Laut


Karena letaknya dibawah air maka perlu adanya pemantauan yang dilakukan secara berkala. Seorang welder bawah lau harus mengecek secara langsung keadaan pipa-pipa minyak ini dengan membawa peralatan las kedalam air.


Bilamana pipa ini mengalami kebocoran minyak maka tentu saja akan merusak alam di bawah air dan perusahaan juga akan terkena imbasnya berupa denda dalam nominal tertentu.


Welder bawah laut merupakan pekerjaan menyambung dan memperbaiki logam yang baru maupun yang telah rusak agar bisa terhindar  dan menjaga kebocoran pada pipa-pipa saluran minyak.


Alat yang diperlukan cukup berbahaya yaitu berbagai alat las listri yang proses pengelasannya berada di bawah air , Anda pasti bisa membayangkan bagaimana besarnya resiko menggunakan alat-alat berbahaya yang menggunakan listrik, apalagi pengelasannya berada dibawah air.


Untuk penggunaan alat las dibawah laut sendiri menggunakan tiga ratus hingga empat ratus ampere arus listrik guna menyalakan alat pengelasan.


Perwujudan paling umum mengenai pengelasan yang mereka pakai disitu merupakan Pengelasan Busur. Perangkat ini memanggang objek serta mengadakan gelembung dari dekonstruksi deretan elektroda, mereka mengalihkan tetesan metal sama halnya seperti pengimplementasian perekat, akan tetapi di skala yang makin kukuh.


Biaya Kursus Las bawah air

Berapa biaya kursus las? biaya kursus las ini sebenarnya tergantung lembaga yang mengadakannya. Semakin terpercaya lembaga tersebut biasanya semakin mahal, untuk itu kami akan memberikan gambaran biaya yang akan Anda keluarkan jika ingin mengikuti kursus las, berikut biayanya:

  • Kelas 1 (SMAW) 22.500.000
  • kelas 3 (SMAW) 21.000.000
  • Kelas 1 (GTAW) 22.500.000
  • Kelas 2 (GTAW) 22.000.000
  • Kelas 3 ( GTAW) 21.500.000


Catatan:  Apa itu sertifikat 6G ? ialah komptetensi teratas sertifikasi tukang las. Kami mengharapkan kandidat bisa menjadi spesialis las yang handal untuk mempunyai lisensi 6G sebagai komptetensi teratas untuk Welder.


Itu tadi besaran biaya pelatihan pengelasan yang umum, untuk biaya pelatihan pengelasan bawah air selama dua bulansebesar  Rp 15 juta, biaya itu belum mencakup kursus menyelam dan sertifikatnya. Untuk total biaya pelatihan tukang las bawah air sebesar Rp. 18 Juta itu pertahun 2021.


Welder SMAW 3G

Apa itu program penataran pengelasan SMAW 3G? Program penataran pengelasan SMAW 3G merupakan program training yang mendalami perihal bagian melaksanakan hubungan timbal balik, mengenali prinsip-prinsip keamanan dan kebugaran kerja ( K3 ). Serta kesehatan kerja dilingkungan pekerjaan, menaksir dengan perlengkapan ukur teknikus dasar, membaca gambar dan/atau gambar kerja sedang.


Pemakaian instrumen serta alat mesin ringan, mengadakan pemotongan ala mekanik, pelaksanakan pengeratan dengan gas, mengadakan rutinitas ( pijakan ) pengelasan dengan metode las busur manual.


Mengelas lempengan keadaan dibawah tangan/flat dengan metode las busur pedoman, mengelas lempengan kondisi melintang / flat membujur dengan metode las busur manual, mengelas dengan gaya 3G, membikin laporan, serta menjalankan perkiraan pedoman teknik.

Demikian arikel mengenai Gaji Tukang Las Bawah Air (Underwater Welding) semoga bermanfaat, jangan lupa lengkapi wawasan welder Anda di blog ini.
Salam sukses


Keyword: tukang las dalam air, tukang las bawah air, gaji tukang las di bawah laut, tukang las bawah laut, gaji tukang las dalam air, gaji las bawah laut, gaji tukang las bawah laut