Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Untuk Membuat Pondasi Cakar Ayam Yang Kokoh dan Is The Best

Bahan Untuk Membuat Pondasi Cakar Ayam Yang Baik dan Berkualitas. Bahan-bahan pembuatan pondasi cakar ayam adalah kebutuhan yang harus disediakan. Selain itu mengetahui kualitas bahan untuk membuat pondasi cakar ayam juga harus diperhatikan agar hasil yang diharapkan bisa maksimal.


Bahan Untuk Membuat Pondasi Cakar Ayam
Cakar Ayam


Pengetahuan ini memang hal wajib untuk diketahui oleh seorang kontraktor kontruksi bangunan atau juga Anda yang akan membeli sebuah rumah atau ruko. Mengetahui bahan untuk membuat pondasi cakar ayam bisa dijadikan sebagai alat pengukur apakah seuatu bangunan memiliki kualitas yang baik atau buruk.


Cakar Ayam Adalah

Apa yang dimaksud cakar ayam? Cakar ayam adalah sebuah susunan kontruksi yang dibuat sedemikian rupa untuk menyangga atau menunjang bangunan diatasnya. Pemanfaatan cakar ayam terlampau berfaedah bagi kokohnya sebuah bangunan atau gedung.


Cakar ayam sendiri adalah inovasi yang istimewa berasal dari seorang insinyur kontruksi bangunan di Indonesia. Ya, cakar ayam adalah hasil inovasi anak bangsa yang sangat berfungsi sekali dalam sebuah kontruksi bangunan, kontruksi gedung, kontruksi jembatan dan lainnya.


Pemanfaatan cakar ayam sendiri memang identik dengan kaki seekor ayam, kaki yang panjang, kuku yang lancip dan jari-jari yang mencengkram dengan kuat. Cakar ayam sendiri adalah julukan sebuah penemuan sangat bermanfaat yang diadopsi oleh anak bangsa, yang berasal dari seorang insinyur berama Prof. Dr. Ir Sedyatmo, beliau adalah seorang pakar dibidang ilmu teknik pada tahun 1962, tokoh kontruksi penemuaannya yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyakarat Indonesia.


Bahan Pondasi Cakar Ayam

Apa saja bahan pondasi? Bahan untuk membuat pondasi cakar ayam yang baik dan benar sangat perlukan didalam membuat fondasi di antaranya adalah pasir urug, batu belah atau batu kali, semen, dan pasir pasang. Tentunya harga material-material itu berbeda-beda tergantung bersama tempat anda berada.


Penting untuk diketahui bahwa bahan untuk membuat pondasi cakar ayam tadi terdiri dari plat beton bertulang dan di bawah plat beton terdapat sumur-sumur pipa dengan ketebalan yang sanggup sesuai bersama style konstruksi dan suasana tanah. Bahan pondasi cakar ayam ini adalah salah satu yang membuat kualitas cakara ayam itu berkualitas atau tidak.


Dengan bahan-bahan yang berkualitas diharapkan cakar ayam yang dibuat akan kokon dan tahan lama. Perlu dicatat bahan untuk membuat pondasi cakar ayam ada banyak sekali pilihannya, semua memiliki harga dan kualitas yang berbeda-beda, untuk itu pilihlah kualitas yang baik namun juga terjangkau di saku Anda.


Jika Anda bijak, kami sarankan pilihlah bahan untuk membuat pondasi cakar ayam yang berkualitas baik walaupun harganya mahal. Hal ini dikarenakan, pemakaian cakar ayam hanya untuk sekali dan selamanya, untuk itu pilihlah bahan yang berkualitas agar bangunan rumah Anda kokoh dan bertahan lama.


Jangan Anda memilih bahan untuk membuat pondasi cakar ayam karena harganya murah namun berkualitas jelek. Jika itu yang menjadi pertimbangan Anda, maka hal fatal dimasa yang akan datang cepat atau lambat akan terjadi, kontruksi bangunan Anda cepat retak dibawah dan atas, bahkan bisa ambruk ketika terjadi gempa bumi.


Untuk para pembeli perumahan, sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu apakah kualitas pondasi cakar ayam yang dibuat benar-benar baik. Ya, cakar ayam bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda membeli sebuah rumah.


Cara Membuat Pondasi Tempat tinggal

Langkah-langkah membuat pondasi tempat tinggal? Cakar ayam adalah hal pokok yang perlu diperhatikan pada saat membuat rumah. Jika pondasi yang dibuat asal-asalan maka kualitas kontruksi gedung diatasnya akan mudah retak bahkan cepat ambruk.


Anda tidak pastinya tidak menginginkan hal itu terjadi pada bangunan rumah Anda bukan. Untuk itu simak langkah-langkah membuat pondasi tempat tinggal yang baik dan benar.

  1. Hal pertama pada saat membuat cakar ayam adalah menggali tanah kira-kira sedalam 70 cm ( sesuaikan dengan kontur tanahnya)
  2. sesudah itu buatlah dinding tanah di dalam posisi miring bersama dengan perbandingan 5:1 agar supaya tanah mampu menahan bangunan yang kokoh
  3. Lapisi bagian dasar galian bersama timbunan pasir sedalam 10 cm
  4. Di dalam membuat pondasi, usahakan tingginya mencapai 45 sampai 60 cm


Fungsi Cakar Ayam

Cakar ayam digunakan untuk apa? Penggunaan nama cakar ayam merupakan representasi dari bentuk kaki ayam yang berjari-jari kokoh maka dari itu disebut pondasi cakar ayam, di mana pada bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar ayam, berjadi-jari kokoh. Fungsi ini untuk mencengkeram kuat tanah di bawahnya supaya bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh, cakar ayam yang baik harus maksimal seluruh bagian-bagiannya, tidak boleh salah satu komponen memiliki kelemahan karena cakar ayam adalah bagian-bagian yang saling terkait satu sama lain.


Salah satu fungsi yang dimiliki oleh pondasi cakar ayam yaitu mencengkeram kuat tanah di bawahnya supaya bangunan yang dibangun di atasnya sahih-sahih berdiri kokoh. Penggunaan pondasi cakar ayam memang benar-benar cocok dipakai di segala model atau macam tanah terutama di Indonesia yang sangat berfariasi sekali kontur tanahnya, baik yang bertanah lembek maupun keras. Oleh sebab tersebut, pembuatan pondasi yang kokoh pada saat membuat gedung bertingkat harus diperhatikan dengan sangat teliti agar bangunan diatasnya kokoh dan aman.


Dengan Anda mengetahui fungsi cakar ayam diharapkan didalam pengaplikasiaannya bisa membuat kontruksi bangunan yang dibuat semakin berkualitas. Mengetahui fungsi cakar ayam harus diperhatikan agar dengan itu Anda juga bisa memperkirakan kalkulasi biaya yang akan Anda keluarkan pada saat membeli bahan untuk membuat pondasi cakar ayam.


Ada harga ada rupa, bahan untuk membuat pondasi cakar ayam memang tergolong mahal jika kualitasnya bagus. Namun hal itu tidak masalah jika Anda menginginkan hunian yang aman, nyaman dan tahan lama.


Kelebihan Cakar Ayam Untuk Apa?

Penggunaan cakar ayam memiliki manfaat banyak manfaat yang sangat penting, dan yang paling utama adalah untuk mencengkeram tahan dengan kuat yang tersedia di bawahnya sehingga bangunan di atasnya miliki konstruksi yang lebih kuat dan stabil terhadap goncangan yang menerpa. Cakar ayam harus sanggup menopang beban berat sampai 2000 ton beratnya untuk ukuran itu menyesuaikan terhadap beban bangunan dan situasi struktur tanah diatasnya.


Disebut pondasi cakar ayam gara-gara bentuknya memang sama layaknya kaki fauna unggas itu, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar alam. Dengan Fungsi yang utama adalah untuk mencengkeram kuat tanah di bawahnya sehingga gedung yang dibangun di atasnya bisa benar-benar berdiri dengan kokoh.


Demikian artikel ini kami buat dengan judul "Bahan Untuk Membuat Pondasi Cakar Ayam Yang Baik dan Berkualitas" semoga bisa membantu Anda dalam menentukan rumah idaman. Semua pilihan itu  tergantung pada Anda yang akan mengeksekusinya, apakah memilih bahan untuk membuat pondasi cakar ayam yang baik atau dengan bahan-bahan yang jelek. Untuk itu bijaklah pada saat membuat pondasi cakar ayam.


Letak Pondasi Cakar Ayam

Letak pondasi cakar ayam didalam pengaplikasiannya yaitu pipa-pipa atau cakar ini posisinya tertanam dan diletakan di bawah plat besi atau baja. Dalam susunan yang dibuat mempunyai hubungan antara plat dan pipa-pipa cakar dibuat secara monolit. Adapun jika dibuat dengan skema maka akan tergambar seuatu rangkaian sebuah sistem yang meliputi beberapa hal seperti plat beton, pipa (cakar) dan tanah.

Berikut gambar lokasi pondasi cakar ayam


Letak pondasi cakar ayam
Letak pondasi cakar ayam


Harga Pondasi Cakar Ayam Terbaru

Berapa biaya cakar ayam? Untuk harga cakar ayam bangunan terbaru sebagai berikut:

  • 80 X 80 12 mm Rp. 230.000
  • 40 X 40 CAKAR AYAM (0.2) BESI 8   : Rp. 80.000
  • 40 X 40 CAKAR AYAM (0.2) BESI 10 : Rp. 105.000
  • 50 X 50 CAKAR AYAM (0.2) BESI 8   : Rp. 100.800


Jangan lupa upgrad informasi Anda mengenai dunia kontruksi di blog ini. Salam suskes