Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Beton Tahan Gempa Adalah

Konstruksi beton tahan gempa adalah sebuah bangunan yang didesain khusus untuk bisa bertahan disegala keadaan khususnya pada saat terjadi gempa bumi. Biasanya kontruksi ini banyak terdapat pada wilayah yang intensitas gempanya tinggi, seperti di Sumatera, Jepang dan lainnya.

Kontruksi beton tahan gempa memang menjadi hal wajib yang digunakan ada saat membuat suatu bangunan. Dengan adanya beton tahan gempa setidaknya bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi oleh gempa kecil maupun besar. Lalu apasih beton tahan gempa?


Konstruksi Beton Tahan Gempa Adalah
Konstruksi Beton Tahan Gempa


Pengertian Beton Tahan Gempa

Apakah beton tahan gempa? beton tahan gempa adalah suatu komponen pada bangunan atau gedun berupa beton bertulang yang didesain khusus agar bisa kuat bertahan pada saat terjadi gempa. Adapun material untuk membuat sangatlah menentukan kualitasnya, ada beberapa bahan khusus dan kontruksi untuk membuat beton bertulang bisa lebih efektif berfungsi saat gempa terjadi namun juga bisa bertahan dengan baik terhadap air dan juga api.


Beton tahan gempa merupakan hal yang istimewa bagi pada pekerja kontruksi bangunan gedung bertingkat alasannya karena proses pembuataanya harus sesuai dengan standar tertentu dan keahlian khusus. Bagi para pembeli rumah maupun yang akan membuat rumah apalagi para insinyur yang membuat kontruksi bangunan industri biasanya mereka juga mempertanyakan apakah kontruksi yang dibuat merupakan beton tahan gempa atau tidak.


Prinsip Bangunan Tahan Gempa

Apa saja prinsip bangunan tahan gempa? Perlu diketahui ada beberapa prinsip dasar mengenai bangunan tahan gempa agar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Berikut beberapa prinsip bangunan tahan gempa:

  1. Diharuskan simetris denah dan struktur bangunannya
  2. Konstruksi yang dibuat harus kuat untuk menahan beban
  3. Lokasi pembuatan bangunan harus berada ditabah tanah yang stabil
  4. Pondasi harus kokoh
  5. Kontruksi satu sama lain harus terikat dengan kuat
  6. Bahan adukan harus sesuai dengan standar perbandingan 

Enam hal diatas harus sangat diperhatikan jika membuat kontruksi beton tahan gempa agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Biasanya para arsitek dan mandor sangat ketat memantau enam prinsip diatas.


Ciri-ciri Bangunan Tahan Gempa

Bagaimana ciri ciri bangunan yang tahan gempa? ada ciri-ciri khusus yang terdapat pada bangunan. Ciri-ciri ini sebenarnya sama dengan ciri kontruksi bangunan atau kontruksi gedung pada umumnya, namun ada beberapa hal yang sangat membedakan yaitu


  • Dibuat dengan bahan baja ringan dan semen mortar
  • Struktur pondasi yang kokoh
  • Beban yang dimuat berupa material rumah minimal
  • Menggunakan beton bertulang


Ciri-ciri ini adalah penanda yang umum pada sebuah kontruksi bangunan atau kontruksi gedung. Dengan adanya ciri-ciri ini kita bisa melihat apakah bangunan atau gedung merupakan bangunan yang tahan terhadap gempa atau tidak, namun yang paling spesifik dari ciri-ciri bangunan tahan gempa adalah adanya kontruksi beton yang kokoh untuk menahan gempa.


Pengertian Struktur Tahan Gempa

Apa definisi struktur tahan gempa? Struktur Bangunan Tahan Gempa merupakan Konstruksi gedung yang dibuat agar bisa berbidiri kokoh atau tahan terhadap gempa gempa. Kontruksi bangunan atau gedung yang bisa secara khusus untuk merespon gempa dengan sikap bertahan dari keruntuhan dan memiliki sifat fleksibel untuk meredam getaran saat gempa terjadi.


Struktur tahan gempa merupakan hal yang menunjukan suatu bangunan bisa bertahan pada saat gempa terjadi. Dengan adanya strukur ini maka para pekerja kontruksi bangunan harus memperhatika hal ini dengan teliti.


Demikian artikel ini kami buat semoga bisa mendatangkan manfaat bagi para pembaca sekalian. Kami yakin didalam artikel "Konstruksi Beton Tahan Gempa Adalah" masih banyak sekali kekurangan sehingga kami mohon untuk komentar untuk kami menambah kualitas tulisan kami.

Terimakasih