Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Beton Prategang di Indonesia

Pekembangan beton prategang di Indonesia memang hal yang menarik diperbincangkan khususnya bagi para orang yang ahli dibidang kontruksi bangunan atau kontruksi gedung. Pasalnya beton prategang merupakan unsur komposit yang berasal dari material beton dan baja yang bermutu tinggi sehingga menghasilkan bangunan yang kokoh dan kontruksi gedung yang tahan lama.


perkembangan beton prategang di Indonesia
Perkembangan beton prategang di Indonesia


Perkembangan beton prategang di Indonesia sudah dikenal sejal lama, mungkin sejak penjajah Belanda mulai membangun perumahan atau pabrik-pabrik bahkan kontruksi jembatan di Indonesia, bukan hanya itu perkembangan tentang beton prategang namun juga karena banyaknya lulusan insinyur yang dari luar negeri sehingga menerapkan ilmunya disini. Beton prategang memang sangat layak digunakan pada sebuah kontruksi bangunan karena memberikan tegangan tekan pada penampang beton sebelum adanya beban yang bekerja pada struktur.


Sejak awal ditemukannya, beton prategang sudah sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena bukan hanya kokoh namun bisa menghemat biaya pembuatan. Dengan beton prategang bisa membuat bangunan bertahan selama puluhan bahkan ratusan tahun.


Kenapa Harus Beton Prategang

Mengapa digunakan beton prategang? Dengan menggunakan beton prategang pada sebuah kontruksi bangunan yang diberikan tegangan-tegangan tertentu di dalamnya diharapkan mampu mengurangi tekanan tarik yang dapat menimbulkan keretakan pada bangunan. Sehingga kontruksi bangunan yang dibuat bisa bertahan lama dan kokoh dalam menghadapi cuaca maupun ketika terjadi gempa bumi.


Beton Prategang Sudah digunakan sejak lama dikarenakan material baja telah dianggap sangat cocok untuk menjadi komponen kontruksi dalam tulang beton prategang agar keretakan dapat dihindari dengan baik sehingga perkembangan beton prategang di Indonesia sangat dimintai. Di negara kita Perkembangan Beton Prategang di Indonesia memang semakin hari semakin menjamur karena kualitas bangunan yang dihasilkan sudah terbukti kualitasnya.


Prinsip perhitungan Beton Prategang

Prinsip perhitungan beton prategang memang menjadi hal yang perlu diperhatikan didalam membuat sebuah kontruksi bangunan atau kontruksi gedung, bagaimana tidak, jika prinsip ini diabaikan maka bisa berakibat fatal sehingga hasilnya akan mengecewakan bahkan rapuh. Prinsip perhitungan prategang akan kami jelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Bagaimana perhitungan beton prategang? Ada dua metode penerapan kontruksi dalam pengaplikasian beton prategang, yaitu:

  • Metode Beton Prategang Pre-Tensioned
  • Metode Beton Pra Tarik
  • Metode Beton Prategang Post-Tensioned
  • Metode Beton Pasca Tarik

Letak Pengaplikasian Beton Prategang


Dimana biasanya beton prategang digunakan? beton prategang biasa digunakan pada sebuah bangunan atau gedung industri. Sebenarnya penggunaan beton prategang terdapat dibanyak kontruksi bangunan dan kontruksi gedung.


Beton prategang biasadigunakan pada sebuah proyek-proyek konstruksi besar seperti pembangunan jembatan, kontruksi gedung tinggi, dan kontruksi bangunan perumahan lain sebagainya. Banyaknya kontruksi yang menggunakan beton prategang karena lebih efisien dan tahan lama.


Baja Prategang

Ada 3 ( tiga) jenis pengaplikasian baja prategang disebuah kontruksi bangunan atau kontruksi gedung, yaitu :

  • Kawat tunggal ( wire ): Penggunaa kawat dengan jenis tunggal pada pengaplikasian baja prategang dipergunakan dengan sistem pra-tarik (pretension method).

  • Untaian kawat ( strand ): Penggunaan material untaian kawat dalam pengaplikasian beton prategang menggunakan sistem pasca-tarik (post-tension).

  • Kawat batangan ( bar ): Kawat batangan dalam pengaplikasian beton prategang biasanya menggunakan sistem pra-tarik ( pretension ).

Adapun penggunaan prategang pra-tarik (pre-tensioned prestressed concrete) sering dipergunakan pada pembuatan pabrik yang lokasinya bukan di lapangan atau di lokasi proyek.


Demikian artikel ini kami buat semoga bisa membatu Anda menemukan informasi mengenai perkembangan beton prategang di Indonesia. Jangan lupa lengkap dan upgrade informasi Anda mengenai kontruksi bangunan yang terbaru.


Terimakasih