Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontruksi Gedung: Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Kontruksi Gedung: Pengertian Dan Ruang Lingkupnya. Pengertian Kontruksi gedung adalah suatu konstruksi yang mencakup berbagai gedung yang kita gunakan entah itu permanen atau pun semi permanen dan ini hanya terbatas pada bangunan apapun. Bisa kita lihat di kota-kota besar sekarang telah mengalami pertumbuhan yang salah satu tandanya adalah banyaknya gedung bertinggkat yang dalam hal ini akan banyak melibatkan istilah kontruksi gedung.


Kontruksi Gedung


Apa yang dimaksud dengan konstruksi gedung? Kontruksi gedung adalah seperti yang dijaskan diatas sebenarnya ada banyak sekali jenisnya seperti konstruksi gedung bulutangkis, konstruksi gudang, konstruksi gedung perkantoran, konstruksi bangunan industri, konstruksi bangunan rumah dan lainnya. Bahkan tempat ibadah dan gedung industri juga mempunyai keterkaitan dengan kontruksi gedung karena sekarang hampir seluruh gedung untuk fasilitas umum sudah megah dan berdiri kokoh.


Contoh Kontruksi Gedung

Apa saja yang termasuk dalam konstruksi gedung? Kontruksi gedung sebenarnya ada banyak sekali contohnya, sebanyak bangunan yang ada disekeliling kita, entah gedung milik perorangan, swasta/perusahaan ataupun milik pemerintah namun agar mempermudah pengklasifikasiannya kontruksi gedung dibagi menjadi 3 jenis. Contoh kontruksi gedung perti gedung rumah sakit, gedung olahraga dan lainnya, namun karena banyak sekali semua jenis kontruksi gedung dibagi menjadi tiga jenis.


Berikut kami akan memberikan beberapa contoh jenis kontruksi gedung agar pemahaman Anda mengenai hal ini bisa lebih lengkap.

Contoh Kontruksi Gedung, meliputi:
  1. Gedung Komersial
  2. Gedung Pendidikan
  3. Gedung kesehatan

Dari tiga jenis konstruksi gedung diatas semuanya melibatkan arsitek maupun insinyur sipil yang membuatnya sehingga aspek arsitektural gedung sangat diperhatikan. Jenis kontruksi gedung yang lainnya seperti gedung untuk kepentingan bisnis, pemerintahan, rekreasi, swalayan dan lain sebagainya.


Kontruksi Tekhnik


Kontruksi Tehnik

Apa perbedaan antara konstruksi gedung dengan konstruksi teknik? Kontruksi gedung dengan kontruksi tekhnik memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Kontruksi gedung hanya berfokus pada suatu bangunan dan kontruksi teknik digunakan untuk sebuah proyek pembuatan dan perawatan seperti perbaikan jalan, penggalian, pembuatan jembatan, serta bendungan.


Lebih singkatnya, perbedaan kontruksi gedung dengan kontruksi tekhnik dibedakan dari segi tujuan dibangunnya. Apakah tujuannya untuk digunakan sebagai tempat beraktifitas manusia secara tetap, atau sebagai infrastruktur penunjang kebutuhan manusia.


Konstruksi Bangunan Industri

Apa itu konstruksi bangunan industri? kontruksi bangunan industri adalah suatu proyek bidang industri yang pembuatan bangunan atau gedung pendukungnya mempunyai persyaratan khusus serta spesifikasi tertentu yang harus dipenuhi. Contoh kontruksi bangunan industri konstruksi gedung pabrik, konstruksi gedung produksi baja, konstruksi gedung pembuatan kapal, dan lain sebagainya.


Apa teknik konstruksi? Kontruksi bangunan industri berbeda dengan teknik konstruksi. Kontruksi bangunan industri hanya membuat gedung atau bangunan untuk prasarana industri namun untuk tekhnik industri lebih kearah suatu disiplin keilmuan yang mempelajari perancangan, perencanaan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur seperti jalan tol, jembatan, bandar udara, rel, bendungan, dan sarana lainnya.


Contoh Kontruksi Bangunan Industri

Apa contoh proyek konstruksi bangunan industri? Contoh Industrial Construction (Industri) adalah pembuatan pabrik manufaktur, pembangkit listrik, kilang minyak, saluran pipa, pabrik baja, pabrik bahan kimia adalah contoh-contoh proyek konstruksi sektor industri. Pada intinya contoh kontruksi industri seluruh yang berhubungan dengan pembangunan suatu gedung untuk kegiatan industri.


Tahapan Konstruksi Industri

Tahapan konstruksi industri meliputi empat tahapan yaitu:


1. Tahap Pertama

Tahap awal kontruksi industri adalah perancangan untuk menentukan garis besar rencana proyek dan juga merekrut beberapa pihak konsultan. Untuk tahapan awal ini dilakukan banyak rapat, studi kelayakan proyek, memilih desain, program pendanaan hingga financing.


2. Tahap kedua

Kontruksi industri pada tahapan ini yaitu perancangan desain yang dibagi menjadi tiga periode yaitu periode pra rancangan atau prelimenery design, periode pengembangan rancangan atau design development, periode desain akhir serta melakukan persiapan dokumen pelaksanaan.


3. Tahap Ketiga

Untuk tahap ketiga kontruksi industri yaitu melakukan pelelangan atau pengadaan yang dalam hal ini akan dilakukan pengadaan konsultan perencanaan setelah gagasan awal. Bukan haya itu, pada tahap ketiga ini juga melakukan pembentukan konsultan pengawas guna melakukan supervisi pada proyek pembangunan tersebut dan yang terahir pada tahap ketiga adalah pengadaan kontraktor.


4. Tahap Keempat

Pada tahapan terahir pada kontruksi industri ialah melakukan pembangunan konstruksi fisik sesuai dengan rancangan desain yang telah dibuat dan disepakati diawal. Pada tahap ini juga dilakukan pembuatan surat kontrak, tanda tangan kontrak dan terahir eksekusi lapangan.


Kontruksi Bangunan

Apa yang dimaksud dengan konstruksi bangunan? Kontruksi bangunan adalah sama saja dengan kontruksi gedung yang keduanya masih berhubungan dengan bidang arsitektur atau teknik sipil, suatu konstruksi banguan juga dikenal sebagai satuan infrastruktur pada satu atau beberapa area tertentu.


Konstruksi bangunan itu apa saja? kontruksi bangunan meliputi dua jenis yaitu:


Konstruksi Bangunan Bagian Bawah

  • Fondasi
  • Balok sloof

Konstruksi Bangunan Bagian Atas

  • Dinding
  • Ring Balok atau Kolom
  • Ventilasi
  • Balok latei
  • Lantai
  • Jendela dan Pintu
  • Tangga
  • Rangka Atap atau Kuda-kuda

Jasa Kontruksi 

Apa yang dimaksud dengan jasa konstruksi? Adalah suatu jasa konstruksi merupakan suatu layanan konsultansi mengenai konstruksi bangunan atau gedung dan juga pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi. Untuk jasa konstruksi sendiri merupakan suatu aktifitas yang berada dimasyarakat untuk mewujudkan sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai pendukung atau prasarana sosial, ekonomi kemasyarakatan guna mencapai tujuan pembangunan nasional.


Apa yang dimaksud dengan jasa konstruksi? jasa konstruksi adalah suatu jenis kegiatan yang sangat dibutukan untuk menunjang pembangunan sarana dan prasasana baik itu pemerintah ataupun swasta. Ada banyak sekali akhir-akhir ini yang membuat jasa kontruksi gedung karena pembangunan dibeberapa wilayah sudah sangat berkembang.


Jenis jasa kontruksi umumnya sangat terkait erat dengan proyek bangunan atau gedung dan perumahan, fasilitas industri minyak dan gas, gudang dan pabrik, pembangunan infrastruktur penunjang. Jasa kontruksi juga meliputi pembuatan jalan raya dan jembatan, jalan tol, jalan layangm torowonan, rel kereta api, pelabuhan, bandar udara, fasilitas air bersih dan limbah, bendungan/DAM, sanitasi dan irigasi, jaringan distribusi minyak dan gas, jaringan telekomunikasi dan lain-sebagainya.


Apa saja yang termasuk jasa konstruksi? Secara singkat jasa konstruksi meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan suatu proyek pembangunan seperti perencana, pengawas proyek, manajemen konstruksi, utilitas bangunan, fasilitas industri serta bentuk fisik lainnnya.


Contoh Jasa Konstruksi

Contoh jasa kontruksi menurut pengertian undang-undang meliputi banyak hal seperti:

  • Jasa Konstruksi Rumah.
  • Jasa Konstruksi Gedung.
  • Jasa Konstruksi Landasan Udara.
  • Jasa Konstruksi Jalan.
  • Jasa Konstruksi Bendungan.
  • Jasa Konstruksi Dermaga.
  • Jasa Konstruksi Pelabuhan.
  • Jasa Konstruksi Taman

Jasa Konstruksi Bangunan

Apa saja jasa konstruksi? jenis jasa kontruksi bangunan meliputi empat jenis yaitu:

  • Jenis Usaha Jasa Konstruksi
  • Jasa konsultansi konstruksi.
  • Pekerjaan konstruksi.
  • Pekerjaan konstruksi terintegrasi

Deminian artikel mengenai Kontruksi Gedung dan Ruang lingkupnya, semoga bermanfaat untuk mengupgrad pemahaman Anda mengenai kontruksi gedung. Jangan lupa lengkapi pengetahuan mengenai dunia proyek dan lainnya diblog ini.