Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Las Bawah Air: Hal Wajib Bagi Welder Indonesia

Daftar Isi [Lihat]

Pelatihan Las Bawah Air: Hal Wajib Bagi Welder Indonesia. Anda ingin menjadi seorang werlder profesional? Mendapat gaji yang besar yang dibayar perjam? jika iya berarti Anda berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel ini akan kami bahas bagaimana step-by-step agar Anda menjadi seorang welder Profesional.


Seorang yang ingin menjadi seorang welder dituntuk untuk memperlajari pengetahuan yang berhubungan dengan pengelasan, baik itu pengelasan untuk pipa minyak, konstruksi bangunan, konstruksi jembatan dan lainnya. Minimal pengetahuan mendasar mengenai pengelasan haruslah diketahui, entah dari pelatihan pengelasan didarat dan pelatihan las bawah air, keduanya berbeda sama sekali.


Keperluan personel pemegang kedudukan tenaga tehnik khusus (TTK) yang memiliki kapabilitas kerja standard bidang industri migas, semakin dirasa karena karakter industri migas yang padat tehnologi, padat modal dan beresiko bahaya yang tinggi. Sehingga dibutuhkan tenaga yang profesional dengan cara dibimbing seperti pelatihan las bawah air dan lain sebagainya.


Pelatihan Las Bawah Air
Pelatihan Las Bawah Air


Kapabilitas kerja personel ini sebagai syarat minimum yang perlu dipenuhi dengan pemegang kedudukan TTK bidang industri migas, sub bidang industri migas hilir hulu (supporting) dan panas bumi diantaranya untuk sektor operasi pesawat angkat angkut dan ikat beban, kapal selam, pipa minyak di permukaan maupun di bawah air.


Disamping itu, kekuatan pertambangan minyak dan gas bumi masih jadi factor menguasai pada taktik pembangunan negara Indonesia khususnya untuk hadapi zaman globalisasi dan perdagangan bebas tingkat AFTA dan AFLA, karena itu perlu menggerakkan dan mewujudkan SDM yang kapabel.


Berdasar UU No. 22 tahun 2001 mengenai minyak dan gas bumi pasal 39 dan 40 jika perusahaan migas harus jamin standard dan kualitas dengan mengadakan pelatihan las bawah air ataupun las di darat, selanjutnya UU No. 13 tahun 2003 mengenai ketenagakerjaan dan PP No. 23 tahun 2004 mengenai Tubuh Nasional Sertifikasi Karier (BNSP), karena itu perlu dikerjakan sertifikasi kapabilitas kerja yang merujuk ke SKKNI yang sudah diharuskan lewat Ketentuan Menteri ESDM No. 20 tahun 2008.


Tujuan Diadakannya Pelatihan Las Bawah Air

Bacahape.com - Sertifikasi pelatihan Las Bawah Air Industri Minyak dan Gas berbentuk asesmen atau tes kapabilitas diselenggarakan dengan unit-unit kapabilitas seperti berikut:


  • 241031.001.01 Melakukan K3LL (Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Naungan Lingkungan)
  • 241031.002.01 Melakukan komunikasi dengan memakai bahasa sandi
  • 241031.003.01 Memakai APD (Alat Perlindungan Diri) dan perlengkapan kerja bawah air
  • 241031.004.01 Tentukan alat tolong kerja
  • 241031.005.01 Memakai alat tolong kerja
  • 241031.006.01 Melakukan cara kerja ke bawah air
  • 241031.007.01 Melakukan proses ke atas dari bawah air
  • 241031.008.01 Mempersiapkan perlengkapan kerja bawah air
  • 241031.009.01 Melakukan langkah pertama pengelasan bawah air
  • 241031.010.01 Melakukan pengelasan bawah air (Underwater wet welding)
  • 241031.011.01 Melakukan pengelasan di dalam atau dalam komunitas bawah air
  • 241031.012.01 Melakukan pemangkasan benda kerja bawah air (Underwater cutting)
  • 241031.013.01 Melakukan pemangkasan benda kerja di dalam atau dalam komunitas bawah air (Underwater dry cutting)



Tags: lowongan kerja las bawah air, pelatihan las bawah air 2022, pelatihan las bawah air 2021, kursus las bawah laut di solo, pelatihan underwater welding gratis, biaya kursus las bawah laut, sekolah underwater welding di indonesia, kursus las bawah air di jakarta


Tempat Pelatihan Las Bawah Laut

Tempat pelatihan las bawah air saat ini banyak di tempatkan pada tiap-tiap daerah di balai lapangan kerja. Pihak swasta juga tidak luput ikut andil dalam pelatihan ini untuk mencari tenaga-tenaga profesional seorang welder.


Untuk Anda yang ingin mengikuti pelatihan las bawah air ini bisa mnecari informasi ke BLK masing-masing-masing daerah. Jika tidak ada, Anda bisa mencari di google perusahaan penyelenggara pelatihan las ini.


Berapa biaya sekolah welder Underwater? Biaya pelatihan pengajaran pengelasan bawah air sepanjang 2 bulan Rp 15 juta, tapi jika ditambahkan pelatihan menyelam sampai mempunyai sertifikat jadi Rp 18 juta.


Pelatihan Las Bawah Laut

Proses pengelasan Bawah Air (Underwater Welding) sebagai training pengelasan yang sudah dilakukan di bawah air, biasanya dilautan. sering dipakai untuk membenahi kerusakan yang terjadi pada tubuh kapal, pembaruan susunan kapal, konstruksi pipa bawah laut, pengeboran laut lepas, bangunan laut lepas dan konstruksi yang lain yang tergenang air yang lain.


Hasil Pelatihan Las Bawah Laut

  1. Sertifikat Training yang dikeluarkan, di mana sertifikat itu menjelaskan jika anda sudah usai ikuti training di PPKKPL.
  2. Sertifikat Kapabilitas yang dikeluarkan oleh BNSP, di mana sertifikat ini diberi sesudah anda lulus tes kapabilitas yang diselenggarakan atas kerja sama di antara 2 instansi yakni PPKKPL dan BNSP


Syarat Pelatihan Bawah Air/Laut


  • Berumur terendah 17 tahun.
  • Mempunyai KTP Jakarta atau domisili di Jakarta dengan ditunjukkan Surat Info dari Ketua RT/RW di Jakarta.
  • Foto copy SKCK
  • Kartu AK-1 (Kartu kuning/kartu pencari pekerjaan).
  • Photo warna terkini, ukuran 3x4 sekitar 6 helai.
  • Foto copy Ijazah paling akhir sekitar 2 helai.
  • Surat info sehat dan tidak memakai kacamata dari klinik/Puskesmas.
  • Sertifikat las darat.
  • Sertifikat diving.
  • ikuti penyeleksian atau test masuk


Kursus Las Bawah Air

Underwater welding ialah proses pengelasan yang sudah dilakukan di di air. Kursus las bawah air ini merupakan materi-materi pengelasanyang secara umum diterapkan di bawah laut, untuk pengelasan pembaruan kapal, anjungan laut lepas terhitung rig pengeboran minyak, dan pipeline.


Mengusung elemen yang hancur dari dalam laut dengan arah untuk pembaruan ialah tugas yang mahal dan memerlukan waktu. Maka dari itu, untuk mengirit biaya dan waktu, pengelasan bawah laut jadi alternative untuk tugas pembaruan ini.


Sistem underwater welding pertama kalinya diketemukan oleh pakar metalurgi Rusia Konstantin Khrenov di tahun 1932. Tetapi, pengelasan bawah air, pertama kalinya dilaksanakan oleh British Admiralty - Dockyard, yang saat itu dipakai untuk mengunci paku keling kapal mereka yang bocor.


'Van der Willingen' dari Holland meningkatkan elektroda tahan terhadap air pertama di tahun 1946.


Pengelasan bawah air dilaksanakan pada penekanan tinggi. Maka dari itu, proses pengelasan dikasih tindakan yang lain, seperti penekanan, peralihan dan kenaikan tegangan busur, dan lain-lain.


Tipe Pengelasan Bawah Laut

Pengelasan bawah laut bisa digolongkan jadi dua tipe, yaitu;


  • Wet underwater welding
  • Dry underwater welding


Sama dengan namanya, wet underwater welding ialah proses pengelasan basah yang sudah dilakukan langsung di di air tersebut. Hingga tukang las bawah laut akan terkena langsung sama air dan komponen sekelilingnya.


Shielded Metal Arc Welding atau pengelasan stik dengan elektroda tahan terhadap air ialah proses pengelasan yang umum dipakai dalam sistem wet welding ini.


Mesin las arus stabil dipakai untuk operasional. Arus sama arah (DC) pada 300-400 Ampere dipakai untuk memberikan daya pada elektroda sepanjang proses pengelasan.


Holder pencapit elektroda SMAW terisolated dengan sangat dekat, dan direncanakan khusus sebagai water cooling hingga dapat dipakai tukang las bawah laut tanpa berasa kepanasan.


Sakelar khusus terpasang di kabel las sebagai pemutus arus saat tidak dipakai. Water welder memberikan kode ke operator yang ada di permukaan, untuk hentikan atau menyambungkan arus. Dan arus las, selalu harus pada keadaan terputus saat tidak dipakai.


Alternative yang lain bisa dipakai untuk proses las wet underwater welding adalah;


  1. FCAW (Flux-Cored Arc Welding)
  2. Friction welding


Suhu di bawah laut pasti benar-benar rendah, apa lagi di tempat yang jauh di kedalaman. Maka dari itu, resiko ketidakberhasilan pengelasan yang disebabkan karena pendinginan yang cepat (rapid cooling) dari kolam las cair tidak bisa dijauhi. Rengat las dapat disebabkan karena hidrogen, karbon rendah yang sama dengan baja bisa memberi hasil baik.


Kualitas Pengelasan Las Bawah Air

Dalam pengelasan bawah laut, keadaan fisik water welder pasti benar-benar punya pengaruh. Dry underwater welding mempunyai kualitas las yang lebih bagus yang diperoleh dari kursus las bawah air dibanding dengan wet underwater welding, karena pada kondisi kering. Hingga keadaan fisik tukang las pasti dapat termonitor secara baik.


Disamping itu, tindakan panas (preheat atau post heat) memungkinkannya untuk dilaksanakan sepanjang pengelasan hiperbarik. Dan Test non-destruktif (NDT) bisa juga dilaksanakan untuk mengecek kualitas lasan sama sesuai syarat.


Pengelasan kering (dry welding) lebih diutamakan oleh beberapa industri, khususnya untuk pengelasan yang memprioritaskan kualitas dan kemampuan lasan yang didapatkan dari pelatihan las bawah air. Entah itu kursus yang di adakan pemerintah atau perusahaan.


Kelas Pengelasan Bawah Laut

Karakter-sifat logam las bergantung pada penekanan dan pergerakan pendinginan. Maka dari itu, karakter logam las hiperbarik umumnya berlainan dengan yang sudah dilakukan di atas air (di dataran).


American Welding Society (AWS) sudah mengeluarkan code AWS D3.6 untuk pengelasan bawah air. Document ini mendeskripsikan tiga kelas pengelasan, yakni ;


  • Class A
  • Class B
  • Class C


Awalnya ada juga Class O yang telah disetop semenjak tahun 2010.


Standarisasi Hasil Pelatihan Las Bawah Air

Organisasi yang banyak dianggap dunia untuk standard pelatihan las bawah air ialah:


  1. American Society of Mechanical Engineers (ASME)
  2. American Welding Society (AWS)
  3. Det Norske Veritas
  4. Bureau Veritas
  5. International Institute of Welding


Gaji Tukang Las Bawah Air

Berapa gaji tukang las bawah air? Gaji yang didapat beberapa welding underwater ini banyaknya berlainan, bergantung dari industrinya. Misalkan untuk penyelam industri arsitektur, tehnik, dan service terkaitnya, besaran upahnya capai US$ 34,30 /jam atau sama dengan Rp 488 ribu/jam (kurs Rp 14.242)


Artikel terkait yang mungkin Anda tertarik: gaji welder di pertamina


Demikian tadi artikel yang membahas pelatihan las bawah air. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mejadi seorang welder profesional, terimakasih telah berkunjung ke bacahape, salam sukses selalu.