Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi: Cara Pasang Dan Harga

Daftar Isi [Lihat]

Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi: Cara Pasang Dan Biayanya - Konstruksi baja ringan jadi opsi favorite konstruksi atap. Ini tidak lepas dari beragam keunggulan konstruksi baja ringan dibanding konstruksi konservatif yang lain.


Konstruksi baja ringan untuk kanopi sebagai atap yang kerap terpasang di muka rumah. Secara peranan dia digunakan sebagai perlindungan panas dan hujan, serta percantik exterior rumah.


Tidaklah aneh dia acap jadi dan diketemukan di beberapa rumah Indonesia. Umumnya, kanopi yang terpasang untuk beragam bangunan menggunakan bahan baja ringan.


Pasalnya konstruksi baja ringan untuk kanopi memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe lain


Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi
Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi


Kelebihannya itu, diantaranya:


  • Anti karat;
  • Penempatan lebih mudah;
  • Harga baja ringan lebih murah;
  • Tidak alami penyesutan atau pemuaian; dan sebagainya.


Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi

Bacahape.com Selain dari kelebihan konstruksi baja ringan untuk kanopi diatas masih ada banyak lagi kelebihannya. Kerangka atap dari baja ringan mempunyai banyak kelebihan yang tidak ada bila Anda memakai kayu:


Konstruksi Baja Ringan Untuk Kanopi


  • Konstruksi kerangka atap lebih ringan, hingga tidak memperberat susunan bangunan.
  • Lebih bertahan lama dan ongkos perawatannya tambah murah.
  • Bahan gampang didapat baik itu di beberapa kota besar atau kota kecil.
  • Anti karat, rayap, hama, jamur, dan pengganggu yang lain ada di kerangka atap kayu.
  • Penghitungan yang cermat dan jeli pada penetapan dimensi yang kuat dan efektif bisa hasilkan biaya murah.
  • Penempatannya gampang karena telah di fabrikasi olek mekanik atau tukang eksper saat sebelum atap baja ringan terpasang.
  • Disamping itu, wujud profile atap juga disamakan dengan keperluan yang berada di lapangan.
  • Memerlukan mekanik atau tukang khusus agas susunan dan konstruksi atap yang dibuat betul dan memberikan kepuasan.
  • Banyak kelebihan itu pasti membuat banyak orang pilih konstruksi baja ringan daripada memakai kayu. Dari sisi untuk memperoleh kayu yang makin lama akan makin susah dan kayu gampang diserang hama dan rayap.


Baca Juga: Konstruksi Baja Ringan Atap Miring


Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Kanal C untuk Kanopi

Harus dipahami jika rangka pinggir konstruksi baja ringan untuk kanopi mengaplikasikan sistem cremona (ganda frame), hingga 2 kanal C 0,75mm sama sesuai ukuran ditempatkan sejajar.


Ingat tiap tangkai baja ringan kanal C mempunyai panjang 6m, karena itu untuk pinggir kanopi (dicontohkan sebagai K) saja dibutuhkan:


K= [(2 x lebar bangunan) + (4 x panjang bangunan)]/6 = [(2 x 3m) + (4 x 5m)]/6 = 26/6= 4,33 (dibulatkan jadi 5 tangkai kanal C).


Sementara untuk tiang (T) dengan tinggi 2,5m dan dibikin ganda, kebutuhan kanal C bisa dihitung dengan seperti berikut.


T= (4 x tinggi tiang)/6 = (4 x 2,5)/6 = 1,667 (dibulatkan jadi 2 tangkai kanal C).


Adapun jarak usuk umumnya 1m, hingga diperlukan 2 tangkai kanal C, ingat panjang kanopi ialah 5m.


Seterusnya diperlukan 1 tangkai kanal C untuk sisi baja ringan yang melekat ke tembok (panjang 3m). Bekasnya bisa ditempatkan pada sisi tengah kerangka kanopi supaya semakin kuat.



Langkah Hitung Kebutuhan Reng

Dijumpai jarak reng yang biasa dipakai ialah 0,70m. Karena itu kebutuhan reng (R) untuk panjang kanopi 5m ialah:


R= Panjang kanopi/jarak reng = 5m/0,70m= 7,14 (dibulatkan jadi 8 potongan reng). Ingat panjang reng baja ringan ialah 6m, karena itu diperlukan= (lebar kanopi x jumlah potongan reng)/6= (3 x 8)/6 = 4 tangkai reng baja ringan.


Walau bukan bangunan khusus, material untuk kanopi penting diingat. Tidak cuma kerangka baja ringan, yakinkan bahan untuk konstruksi baja ringan untuk kanopi (penutup) berkualitas. Seperti atap gelombang KR5 KENCANA dengan lebar efisien 750mm (0,75m) dan panjang sesuaikan dengan pesanan.


Produk KR5 tidak cuma kuat dan tahan karat karena dibuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualis, yakni ZINIUM.


Tapi atap KENCANA ini gampang terpasang dan menahan kebocoran karena ada mekanisme pengunci ikatan (interlock overlapping sistem) dan jalur pengaman.


Adapun kebutuhan KR5 sebagai kanopi (penutup) ialah = lebar kanopi/lebar efisien material= 3/0,75= 4 helai dengan panjang 5m.


Baca Juga: kontruksi kuda-kuda baja ringan


Cara Pasang Baja Ringan Sendiri

Penempatan konstruksi baja ringan untuk kanopi di pelataran rumah tentu saja dapat dilaksanakan sendiri, dengan kontribusi 2-3 orang pasti cukup buat kerjakan bersama. Berikut beberapa langkah untuk memasangnya.


  • Siapkan Sketsa

Pertama yang harus dilaksanakan ialah hitung luas wilayah tempat yang terbuka yang ingin ditutup oleh kanopi nanti. Umumnya type rumah 36,45,60 mempunyai luas tempat terbuka range 30m2 sampai 40m2.


Tetapi, ini bergantung dengan kondisi pelataran rumah masing-masing. Seterusnya, berikut hal yang penting dipersiapkan saat membuat sketsa:


Kalkulasi Luas Tempat Terbuka: Kalkulasilah panjang dan lebar luas yang terbuka untuk pelataran rumah atau teras Anda. Ini nanti akan mempermudah pengukur saat penyeleksian tipe penutup atap. jadi penghitungan bahan untuk penempatan kuda-kuda antara tiang kanopi nanti.


Check Ketinggian Tiang Kanopi: Lihat ketinggian tiang, dianjurkan untuk tidak begitu tinggi, biasanya range 3m sampai 4m.


 Penempatan kerangka baja pada tiang ini harus terpasang bersebelahan 2 lapis tegak lempeng, 1 kiri dan 1 kanan. Ini dilaksanakan agar kuat menyokong berat atap yang dipakai.


Umumnya panjang baja ringan ialah 6m. Perlu dimengerti pembikinan kerangka atap kanopi ini harus dibikin memiliki jarak sekitaran 1m. 


Misalkan lebar kanopi 4m, karena itu yang diperlukan 5 tangkai baja ringan diatur memanjang. Lantas tersisa persiapkan 2 baja ringan untuk diatur ke samping. Penempatan yang sudah dilakukan makin dekat, karena itu makin kuat, umumnya jarak antara kaso yang memanjang dapat 120m.


Pakai tersisa baja ringan range 1m untuk membikin ikatan penyangga yang ditempatkan antara tiang kanopi dan pas di bawah kerangka kanopi. Ini berperan sebagai penunjang yang perkuat.


Ukur Atap: Hal seterusnya yang Anda harus kerjakan untuk memasangkan baja ringan ialah menghitung luas atapnya. Yang jelas, Anda harus juga menghitung tingkat kemiringannya. Yakinkan beberapa angka yang dibuat betul-betul tepat hingga Anda tidak perlu hitungnya kembali di tengah-tengah proses pembuatan.


Kemiringan sebuah atap sendiri bervariatif, bergantung pada luas bangunan di bawahnya. Tetapi, kemiringan yang bagus ialah 25 sampai 30 derajat. Ini bermanfaat bila hujan turun, air langsung akan mengucur dan tidak menggenang di atas atap.


Jarak Reng: Lihat tipe atap yang dipakai. Umumnya tipe atap yang dipakai ialah spandek, bahan ini tahan akan panas dan kerap dipakai dalam pembikinan kanopi kompleks perumahan kekinian sekarang ini. Bila memakai ini, tetapkanlah jarak antara reng 60cm.


Untuk tutupi semua atap bangunan, kurang lebih diperlukan 5-6 tangkai. Semua tergantung pada tempat yang ingin ditutup dan tipe atap yang dipakai.


  • Kalkulasi Jumlah Beban

Sesudah ketahui luas atap, Anda perlu hitung jumlah bebannya. Hal Ini perlu dikerjakan supaya kemampuan kuda-kuda dapat ditetapkan.


Janganlah sampai, kuda-kuda yang Anda pasang roboh karena hanya penghitungan yang keliru. Beban berat punya pengaruh pada berapa banyak baja ringan yang hendak Anda pakai.


Belum usai, Anda perlu memerhatikan wujud atap. Ketahui wujud atap akan mempermudah Anda memasangkan baja ringan untuk sektor yang miring.


  • Beli Bahan

Sesudah lakukan rencana sama seperti yang di atas, Anda akan makin mengirit pemakaian material, tentu saja cukup dan tidak kekurangan material.


Berkaitan hasrat dan tipe mode yang anda harapkan untuk kanopi pelataran rumah, silahkan saksikan rekomendasi 4 jenis mode kanopi baja ringan untuk garasi rumah anda dan tentukan yang terbaik dan sesuai selera anda.


Baca Juga: Model Atap Baja Ringan Terbaru


Harga baja ringan umumnya dimulai dari Rp 70.000 - Rp 75.000 di toko bangunan biasanya. Untuk atap spandek, umumnya sekitar dari Rp 60.000/m dan untuk reng baja ringan umumnya dimulai dari harga 30 ribu, tergantung pada tinggi trapesium reng.


  • Perlengkapan dan Marking

Cara selanjutnya ialah marking atau penandaan. Langkah membuat pertanda di baja ringan satu sama lainnya dengan memberi lambang atau angka yang gampang Anda ketahui.


Perannya, ini dapat mempermudah Anda dalam penempatan dan peletakannya. Dengan memberi pertanda, Anda akan dipermudahkan untuk ketahui kekurangan material. Apabila sudah, tempatkan baja ringan secara berurut sama sesuai pertanda yang Anda bikin.


Perlengkapan yang diperlukan umumnya: baja ringan tipe kaso, reng, baut reng, mata bor listrik, mata bor khusus no.8, baut khusus baja ringan, meteran, penggaris siku, gunting khusus baja ringan.


  • Mulai Memasangkan

Langkah memasangkan baja ringan seterusnya dengan mengawali lebih dulu dari rangka atap kanopi, penempatan atap, reng, sampai cara paling akhir ialah memasangkan kuda-kuda. Pasang baja ringan sesuai pertanda, terhitung yang diatur miring.


Mengencangkan kuda-kuda memakai pelat L. Anda dapat memakai ring balok dan siku untuk menyambungnya.


Yakinkan semua terhubung kuat dan sesuai kolom masing-masing. Untuk pastikan supaya kuda-kuda yang Anda bikin betul-betul kuat, pasang bracing yang sentuh beberapa baja ringan.


Dengan cara dan panduan ini, tentu saja dapat mempermudah Anda untuk pahami cara pasang baja ringan sendiri secara baik.


Tetapi, Anda harus pastikan banyak hal sesudah memasangkan baja ringan sendiri, satu diantaranya ialah memeriksa dari hasil tugas Anda. Ketika telah usai memasangkan baja ringan, yakinkan semua betul-betul sesuai beberapa langkah di atas atau design Anda.


Masalahnya bila Anda tidak cermat dalam pembikinannya dapat berpengaruh fatal dan membuat penempatan jatuh roboh hingga Anda harus memasangkan baja ringan ulangi, bahkan juga beli material baru.


Tetapi, itu semua tidak jadi permasalahan bila Anda sudah sediakan ekstra biaya untuk kepentingan tambahan konstruksi baja ringan untuk kanopi yang Anda butuhkan.


Baca Juga: Harga Beton Bertulang K225


Harga Baja Ringan Kanopi

Pemakaian kanopi rumah sekarang ini semakin terkenal karena selainnya harga cukup dapat dijangkau, langkah pasangnya juga bisa disamakan. Material kanopi yang paling bervariatif juga bisa disamakan dengan bujet yang dipunyai.


Harga Baja Ringan Kanopi
Harga Baja Ringan Kanopi


Harga kanopi baja ringan tidak memerlukan ongkos yang banyak untuk pembelian dan penempatannya. Bila dibanding dengan kanopi yang lain, kanopi baja ringan ini termasuk juga lebih murah dan murah. Berikut ini ialah daftar harga kanopi baja ringan yang dapat Anda untuk jadikan rekomendasi.


NoJenis Rangka Baja RinganJenis AtapHarga per Meter
1Profil c7d, reng 33 doubleOndulineRp370.000
2Profil c7d, reng 33 doubleSpandek / zincalumeRp335.000
3Profil c7d, reng 33 doubleAlderonRp550.000
4Profil c7d, reng 33 doubleGo greenRp340.000
5Profil c7d, reng 33 doublePolikarbonatRp350.000


Demikian artikel mengenai konstruksi baja ringan untuk kanopi. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih.