Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M, 9 M: Harga, Kekurangan Dan Kelebihannya

Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M, 9 M: Harga, Kekurangan Dan Kelebihannya. Kuda – kuda ialah penyangga khusus dari sebuah susunan atap. Material yang dipakai juga bermacam. Satu diantara materialnya ialah baja ringan, yang sekian tahun akhir-akhir ini seringkali dipakai.

Tidak terkecuali model yang dipakai yaitu kuda kuda baja ringan bentang 8 m. Kita tahu kalau kuda – kuda baja ringan ini mempunyai peranan bukan cuma untuk menutup atap rumah namun sekaligus menyokong semua beban yang ada diatasnya.

Ada beberapa model kuda kuda atap baja ringan yang umum digunakan oleh beberapa pengembang usaha baja ringan. Ada juga beberapa model baja ringan, seperti kuda kuda baja ringan bentang 7 mtr, kuda kuda baja ringan bentang 10 mtr dan kuda kuda baja ringan bentang 8 m.

Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M
Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M

Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M

BACAHAPE.COM Sebagaimana jenis dan model baja ringan yang lainnya, model kuda kuda baja ringan bentang 8 mtr pun memiliki kerangka yang dibuat dari bahan yang lebih kukuh serta antirayap. Karena itu perkantoran, ruko, atau beberapa rumah lebih bagus memakai atap dari baja ringan.

Sebelum menentukan untuk membeli kuda kuda baja ringan bentang 8 m, alangkah baiknya Anda mengetahui fungsi utama dari konstruksi ini. Berikut beban – beban yang perlu diakui jika ingin membuat kuda – kuda atap yakni:

  1. Beban mati (yakni berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda – kuda, plafon terhitung instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi yang lain ada di atas plafon dengan status menggantung)
  2. Berat hidup (angin, air hujan, orang di saat memasangkan/membenahi atap).

Kelebihan Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M

Model kuda kuda atap baja ringan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Disamping lebih kuat dan antirayap, banyak keunggulan dari atap yang memakai material baja ringan. Untuk Anda yang belum ketahuinya karena itu seharusnya cari info kelebihannya supaya tidak keliru dalam pilihnya. 

  • Wujud konstruksinya lebih aman dan konstan.
  • Bertopang pada persendian dan roll.
  • Antirayap, antikarat, sampai terbebas dari peralihan cuaca.
  • Bisa dipadankan dengan genteng metal, keramik, atau beton berat.
  • Tetap konstan walau ditekuk, dipuntir, atau mulur sekalinya.
  • Pembuatan yang cepat karena telah terbiasa.
  • Banyak terdapat pilihan
  • Ada penyeleksian beragam ukuran bentang, dimulai dari 6-12 mtr..
  • Ada banyak opsi material, seperti galvalum, zincalume, sampai galvanized.

  • Ringan dan Gampang Terpasang

Sama dengan namanya, berat atap baja ringan cuma ± 9 kg / m2. Karakternya yang ringan mempermudah kita untuk memasangkan kerangka atap, hingga bisa mengirit ongkos persewaan tukang dan mengirit waktu.

Kerangka atap baja mempunyai mekanisme ikatan yang gampang. Kamu dapat menyambungnya dengan baut besi, skrup, keling, atau dengan las yang dilakukan oleh seorang welder yang telah berpengalaman.

  • Kuat dan Tahan Lama

Meskipun ringan, atap baja tipe terkini ini benar-benar kuat, lho! Materialnya tidak berkarat dan tahan hadapi cuaca berlebihan, hingga dapat membuat perlindungan rumahmu dengan optimal.

Kualitas berbahan telah ditingkatkan sampai tahan semakin lama dibanding dengan atap kayu yang gampang keropos dan atap baja konservatif yang gampang mengarat. Meskipun kelihatan ringan serta lebih tipis dari baja biasa, materialnya tidak gampang memuai dan berkurang.

  • Gampang Dibuat dan Dihubung

Tiap orang tentu mempunyai rumah mimpi tertentu, tetapi kadang sulit diwujudkan karena bentuknya yang cukup sulit. Atap baja ringan menjadi jalan keluarnya.

Baja ringan bisa secara mudah dipotong dan dibuat ikuti wujud kerangka atap yang kita harapkan. Sesudah dipasang, atap baja ringan dapat dihubungkan dengan tipe atap yang lain memakai material penyambung baja.

  • Tegangan Tarik Tinggi

Atap baja ringan lebih lentur dari tipe atap yang lain. Kelenturan kerangka atap penting karena makin besar tegangan ambil atap, makin bertambah energi yang dapat diserap.

Tidak seperti baja konservatif, tegangan ambil atap baja ringan termasuk tinggi. Tegangan ambilnya sekitar sekitaran 550 Mpa.

Tegangan ambil ini semakin tinggi dibanding dengan atap baja konservatif yang cuma mempunyai tegangan ambil sekitaran 300 Mpa.

  • Bisa Didaur Ulang

Tersisa atap baja ringan yang telah kepakai dapat dipakai kembali pada bagian lain konstruksi rumahmu karena karakternya yang bertahan lama dan kuat.

Kelemahan Atap Baja Ringan

Salah satunya tipe material atap ialah baja ringan. Atap baja ringan sering dipakai oleh beberapa orang untuk membuat sebuah rumah. Walau mempunyai banyak kelebihan, atap baja ringan banyak memiliki kekurangan.

Karena itu artikel ini kali akan mengulas berkenaan kekurangan atap baja ringan dan keunggulannya, yang mencakup:

  • Harga Cukup Mahal
  • Materinya Gampang Terbawa Angin
  • Rawan Ambruk
  • Kurangi Seni
  • Proses Pembikinan Tidak Ramah Lingkungan
  • Bila Salah Kalkulasi Berpengaruh Fatal
  • Tidak Bisa Dibeber
  • Memerlukan Peralatan Tambahan
  • Perlu Tenaga Pakar
  • Tidak Dianjurkan untuk Rumah Tinggi
  • Tidak Fleksibel
  • Tidak Variasi
  • Tidak Dapat untuk Ide Rumah Tertentu
  • Kelebihan Atap Baja Ringan

Artikel terkait Konstruksi Baja Ringan Atap Miring

Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 9 Meter

Membuat rumah perlu penghitungan yang masak. Tidaklah aneh bila selanjutnya Kuda kuda Baja Ringan bentang 9 meter dengan format dwg benar-benar dicari. Peranan khusus dari gambar pola dwg dari autoCAD sebagai dasar dalam membuat kerangka tangkai. Jika perhitungannya cocok, karena itu beban atap dapat didukung secara baik.

Tips Sebelum Membeli Kuda kuda Baja Ringan Bentang 9 Meter

  • Pilih Merek Baja Ringan Yang Akan Digunakan

Dalam tentukan harga, banyak tahap yang perlu dilaksanakan. Salah satunya dari tahap itu ialah tentukan merk baja ringan yang akan dipakai. Beberapa merk yang terpopuler ialah Alfa Sempurna, Mitaso, Taso, Handal Sempurna, dan Cilegon steel. Tiap merek mempunyai beberapa macam baja yang tentu saja punya pengaruh di harga yang dijajakan.

  • Hitung Luas Atap Rumah (LAR)

Tingkatan ke-2 supaya anda dapat memprediksi besarnya ongkos untuk membikin kuda kuda baja ringan bentang 6 m ialah hitung LAR. Adapun rumus dari LAR ialah Panjang X Lebar/ Cos derajat kemiringan atap. Pasti makin besar ukuran atap karena itu nilai LAR akan makin besar. Yakinkan anda menghitung tiap elemen dalam penghitungan LAR dengan akurat.

  • Hitung Ongkos Baja Ringan

Tahap paling akhir untuk mendapatkan prediksi ongkos Kuda kuda Baja ringan bentang 9 m dengan rumus (LAR X harga baja ringan/meter2) + (LAR X harga penutup atap/meter2). Rumus ini ialah rumus paten, hingga nyaris tiap developer pembangun rumah sudah tahu. Anda dapat minta kontribusi mereka untuk lakukan penghitungan.

Harga Kuda Kuda Baja Ringan Per M2

Berikut estimasi biaya yang harus dikeluarkan ketika menggunakan baja ringan.

NO ITEM PEKERJAAN HARGA
1 Biaya Borongan Rangka Atap Baja ringan 0,75 x 75 mm SNI Jarak Kuda-kuda standard 120 cm Rp. 125.000
2 Biaya Borongan Rangka Atap Bajaringan 1 x 75 mm SNI Jarak Kuda-kuda standard 120 cm Rp. 145.000
3 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Standard Rp. 80.000
4 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Carmelin 0,25 mm Rp. 120.000
5 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco 0,3 mm Rp. 140.000
6 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco 0,35 mm Rp. 160.000
7 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco 0,4 mm Rp. 180.000
8 Biaya Borongan Atap Metal Berpasir Rainbow Frisco 0,45 mm Rp. 210.000
9 Biaya Borongan Atap Spandek 0,3 mm Rp. 90.000
10 Biaya Borongan Atap Spandek 0,35 mm Rp. 110.000
11 Biaya Borongan Atap Spandek 0,4 mm Rp. 130.000
12 Biaya Borongan Alumunium Foil Single side Rp. 25.000
13 Biaya Borongan Alumunium Foil Double side Rp. 30.500

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Bila Anda akan membeli konstruksi baja ringan sebaiknya ketahui dahulu berapa estimasi  biaya yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan Anda. Berikut cara menghitung kebutuhan baja ringan:

Demikian pembahasan mengenai kuda kuda baja ringan bentang 8 m. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, semoga harimu bahagia.