Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan Berikut Kelebihannya

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan Berikut Kelebihannya - Atap dapat dianalogikan sebagai mahkota sebuah bangunan, karena wujud atap yang memikat akan menambahkan seni dan penampilan bangunan keseluruhannya. Hal ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya penggunaan baja ringan sebagai konstruksinya.


Tapi kebalikannya, design atap yang sembarangan akan membuat penampilan bangunan itu jadi jelek. Kerangka atap biasanya terbagi dalam kuda-kuda, gording dan usuk dan reng. Di bagian paling atas dari formasi rangka-rangka itu ialah penutup atap bangunan yang kali ini akan kita bahas ialah jenis kuda-kuda baja ringan.


Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan
Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan


Untuk penampilan atap bangunan yang menarik, karena itu wujud kuda-kuda perlu direncanakan secara baik, dan bahan yang dipakai sama sesuai keperluan wujud atap. Harus dipahami jenis kuda-kuda baja ringan yang dapat menampung seluruh keperluan wujud atap ialah baja profile.


Jenis Kuda-kuda baja ringan profile bisa dipakai untuk merealisasikan wujud atap pelana, atap limasan, atap kubah/kerucut, atap lengkung, atap joglo, atap tenda dan lain-lain.


Pengertian Dan Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan

Bacahape.com Seperti diutarakan di atas, material ini jadi opsi khusus untuk bahan konstruksi atap. Harga yang relatif murah, kecepatan pemasangan dan juga banyaknya jenis kuda-kuda baja ringan menjadi pilihan konstruksi yang perlu diperhitungkan.


Bahan baku kuda-kuda baja ringan adalah tercipta dari bermaterial dasar baja kualitas tinggi yang dibikin dengan mekanisme rol jadi berwujud profile dengan tebal 0,75 s/d 1,25 mm.


Ketebalan ini benar-benar tentukan kemampuan kuda-kuda baja ringan. Disamping itu, untuk menambahkan kekakuan, jika kita perhatikan penampang profilnya akan kelihatan beberapa tekukan yang mempunyai tujuan untuk menambahkan kemampuan.


Bahan dasar ini selanjutnya dilapisi dengan material lain. Secara umum ada 2 jenis zat lapisan, yakni galvalum dan zincalum dengan karakter masing-masing. Galvalum lebih tahan pada air semen, sementara Zincalum lebih tahan pada karat dan korosi, hingga lebih pas untuk diterapkan di wilayah pantai.


Material baja ringan dengan lapisan zincalum umumnya mempunyai harga tambah mahal.


Jika kita perhatikan profile baja ringan, memang kelihatan benar-benar tipis, tapi pada intinya kuda-kuda baja ringan ini jika sudah ter-assembly jadi satu serangkaian utuh akan lumayan kuat untuk meredam beban genteng di atasnya, genteng beton sekalinya.


Keakuratan dalam menyambung / mengoneksi di antara tangkai profile tentukan kemampuan. Ketidaksamaan ketebalan profile yang cuma 0,25mm akan susah diperbedakan dengan mata telanjang. 


Karena itu, seharusnya pilih aplikasi baja ringan yang paling dipercaya dan telah mempunyai rekam jejak luas. Karena pada beberapa kasus, terjadi konstruksi baja ringan yang collapse, karena kekeliruan penghitungan beban dan program.


konstruksi atap baja ringan terbagi dalam kuda-kuda yang diatur rapat pada jarak 1 s/d 1,2 m. Tangkai miring kuda-kuda baja ringan berperan sekalian sebagai usuk. Di atas kuda-kuda yang rapat berikut langsung terpasang reng dalam jarak sama sesuai jenis genteng yang digunakan.


Kelebihan konstruksi atap kuda-kuda baja ringan adalah:


  • Waktu pembuatan cepat sekali
  • Ongkos relatif murah
  • Beban konstruksi ke fondasi dan kolom jadi lebih ringan


Dan Kekurangan konstruksi atap baja ringan ialah :


  • Ruangan atap tidak dapat digunakan, karena kuda-kuda baja ringan harus diatur pada jarak yang rapat.
  • Susah saat akan merenovasi atau peralihan wujud bangunan



Artikel yang berkaitan: Kuda Kuda Baja Ringan Bentang 8 M, 9 M


Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan

Dari keterangan beberapa jenis kuda-kuda baja ringan di atas, seterusnya penting pahami jenis bahan dan wujud kuda-kuda supaya sesuai kemiringan atap. Berikut wujud kuda-kuda baja profile yang diperbedakan berdasar jenis bahan yang dipakai, diantaranya:


Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan
Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan


  • Kuda-Kuda Cremona Siku

Di Indonesia wujud kuda-kuda cremona banyak diketemukan pada kerangka atap bangunan-bangunan kuno warisan penjajahan Belanda, yang maknanya wujud kuda-kuda ini telah ada semenjak beberapa ratus tahun kemarin.


Sampai sekarang wujud kuda-kuda ini lebih banyak diterapkan pada atap bangunan tempat tinggal tinggal, gedung sekolah, perkantoran dan atap bangunan yang lain.


Masing-masing kerangka/tangkai siku kita gabungkan pada satu simpul (buhul), yang mana simpul itu memakai bahan pelat baja. Kemudia di antara pelat baja (simpul) dan tangkai Siku kita ikat dengan las atau mekanisme mur baut.


Perubahan seterusnya kuda-kuda cremona yang awalannya cuma memakai bahan profile Siku, selanjutnya kita lakukan gabungan dengan jenis baja profile UNP dan Profile T. Dan hasil dari pengembangan ini munculkan nama baru wujud kuda-kuda yang namanya Ruang Frame.


Wujud kuda-kuda cremona siku banyak dipraktikkan untuk bangunan yang wujud atapnya joglo, limasan dan pelana. Tetapi wujud atap ini tidak pas untuk kuda-kuda dengan bentang lebar, biasanya dipraktikkan untuk bentang optimal 15 mtr. saja.


  • Kuda-Kuda Baja Profile IWF

Implikasi profile kuda-kuda baja IWF banyak jumpai pada bangunan pabrik dan gudang, meskipun begitu pada kasus tertentu kita jumpai pada bangunan tempat tinggal tinggal atau bangunan gedung yang lain.


Pemikiran pemakaian jenis kuda-kuda baja ringan ini biasanya karena bentang bangunan yang besar dan inginkan pembuatan yang lebih ringkas. Sementara untuk beberapa kasus tertentu sama seperti yang kita sebut awalnya, perlu menimbang pemakaian baja profile kuda-kuda IWF karena bangunan tingkat 2 lantai ataupun lebih, lokasi bangunan yang sempit atau karena pentutup atap bangunan itu ialah galvalume/zincalume.


Profile kuda-kuda baja IWF yang diaplikasikan pada gedung gedung, yang wujud atapnya ialah pelana. Pada bangunan pabrik atau gudang pemakaian kuda-kuda ini dapat kita implikasikan untuk bentang s/d 40 Mtr. Dengan catatan bentang besar bangunan, pasti ukuran profile IWF yang kita pakai juga semakin besar, contoh :


  1. Untuk lebar bentang 15 m : anda pakai profile IWF 150 x75x5x7 mm
  2. Bila lebar bentang 20 m : memakai profile IWF 200 x100x5,5×8 mm
  3. Bila lebar bentang 30 m : memakai profile IWF 300 x150x6,5×9 mm
  4. Tetapi lebar bentang 40 m : memakai profile IWF 400 x200x8x13 mm


Anda perahtikan koefisien angka itu, yaitu di antara angka pada bentang dengan angka pada profile IWF. Maknanya bila Anda ingin menetukan berapakah besar ukuran profile IWF yang Anda pakai pada suatu bangunan gudang, cukup hanya rumus : Lebar bentang gudang x 10.


  • Kuda-Kuda Baja Castellated

Panggilan lain kuda-kuda baja Castellated dan profile kuda-kuda baja IWF ialah Rafter. Awalannya tidak dikenali kenapa mengapa sama sebutkan rafter, walau sebenarnya wujud kuda-kuda atau jenis bahan yang dipakai.


Dan istilah castellated sendiri untuk kelompok karyawan konstruksi baja, mempunyai panggilan lain yakni HCO atau Honeycomb. Segi positif jumlahnya beberapa istilah itu, dapat mempertajam kekuatan drafter supaya belajar Autocad makin giat.


Kuda-kuda Kastela (castellated) banyak implentasikan pada bangunan pabrik dan gudang-gudang, yang beratap pelana dan betangan lebar. Pada gambar pertama, lebar bangunan 72 mtr. 


Dengan perkutan kolom tengah dan ukuran kuda-kuda castellated yang dipakai ialah IWF 350 HCO 525x1175x7x11 mm. Gambar ke-2 ialah foto implikasi kuda-kuda castellated yang sudah usai ditangani.


Pemakaian kuda-kuda castellated pada suatu bangunan harus lewat penghitungan yang masak dan cermat. resiko berlangsungnya kecelakaan kerja saat fabrikasi atau saat penempatan (erection) besar sekali, misalkan kuda-kuda puntir atau meliuk.


Tetapi besarnya risiko itu nampaknya terbayar oleh efektivitas ongkos, karena kuda-kuda castellated tambah murah dibanding dengan wujud kuda-kuda lain.


  • Kuda-Kuda Kerangka Pipa (Lengkung)

Jenis kuda-kuda baja ringan selanjutnya ialah kuda-kuda pipa atau yang berbentuk melengkung. Persyaratan bahan pipa yang kita pakai pada kuda-kuda ini ialah pipa hitam, membuka pipa baja atau pipa galvanis. Karena kuda-kuda kerangka pipa sama dengan wujud atap lengkung, kubah atau kerucut. 


Persyaratan pipa yang gampang kita lengkung (Bending/Roll) ialah pipa hitam. Sementara pipa baja atau pipa galvanis susah kita lengkungkan walaupun dari sisi kukuatan pipa-pipa ini lebih baik, tetapi dengan memakai pipa hitam cukup kuat.


Keunggulan lain pipa hitam untuk membikin beberapa bentuk atap, sama seperti yang kita sebut awalnya, diantaranya :


  1. Dapat kita implikasikan untuk bentang sampai 100 mtr.
  2. Benar-benar kaku dan kuat, karena keseluruhnya kerangka kuda-kuda memakai ikatan las
  3. Pipa dapat melengkug sama sesuai diameter kuda-kuda yang kita harapkan


Adapun kekurangan kuda-kuda ini ialah masalah di proses pengangkutan ke lokasi project, terutamanya kuda-kuda bentang besar.


Demikian artikel mengenai Jenis Kuda-Kuda Baja Ringan. Semoga artikelnya dapat membantu Anda pada saat memilih konstruksi jenis ini, terimakasih telah berkunjung, salam...