Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow, Berikut Penjelasan Dan Ukurannya

Daftar Isi [Lihat]

Dari opsi besi hollow versus baja ringan, lebih kuat baja ringan atau besi hollow material atap mana yang terbaik diterapkan di dalam rumah, ya? Yok, kenali perbandingannya di sini!


Tidak disangkal, sekarang ini, dunia konstruksi terus alami perubahan yang berarti. Jika dahulu, material kayu sering jadi material khusus dalam bangunan, sekarang, kehadirannya mulai tergeser berbahan metal atau logam dengan nama baja ringan dan besi holow, lalu apakah keduanya sama-sama mampu untuk keperluan konstruksi? lebih kuat baja ringan atau besi hollow?


Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow
Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow


Adapun material yang dibuat dari metal itu ialah baja ringan dan besi hollow. Sebetulnya, material mana sich yang terbaik dipakai sebagai kerangka atap? Apa baja ringan atau besi hollow?


Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow

Setiap hal pasti ada kelebihan dan kekuranga, tidak terkecuali pada yang akan kita bahas yaitu baja ringan atau besi hollow. Untuk lebih jelasnya mari bersama-sama kita simak kelebihan dan kekurangan dari baja ringan atau besi hollow, lebih kuat baja ringan atau besi hollow yaaa?


Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow
Lebih Kuat Baja Ringan Atau Besi Hollow

Baja Ringan

Baja Ringan sebagai tipe baja yang dibuat proses dari produksi pembuatan dengan beragam tipe nama dan wujud dan berkekuatan tinggi dengan berat yang cukup ringan, secara kualitas dan kualitas tidak kalah dari baja secara umum.


Property baja ini penting dalam konstruksi. Baja tipe ini sebagai baja karbon dalam jumlah karbon yang kecil sampai juga dikenal dengan istilah "baja karbon rendah." baja ini tidak memiliki kandungan banyak elemen.


Didalamnya tidak ada sebagian besar kromium, atau elemen gabungan yang lain dalam baja ini. Rendahnya karbon memvisualisasikan jika baja tipe ini biasanya lebih ulet, dan biasanya membuat kemampuan ambil yang lebih sedikit dibanding baja dengan karbon tinggi.


Dari segi harga, beberapa jenis Baja Ringan yang ada relatif dapat dijangkau jika dibanding dengan baja lain. Ini karena jumlah komponen gabungan sedikit.


Kelebihan Baja Ringan

  • Ringan tetapi berkekuatan ambil

Konstruksi Baja Ringan jadi opsi favorite sebagai salah satunya tipe material untuk bangunan karena beratnya yang paling ringan. Berat konstruksi Baja Ringan ini memudahkan proses transportasi dan penempatan saat membuat rumah atau bangunan. 


Berbobot ringan dan kekuatan beban yang kecil tidak kurangi kemampuan ambil yang dipunyainya. Ini membuat konstruksi Baja Ringan pas untuk susunan design atap, khususnya konstruksi rentang yang lumayan lebar.


  • Bertahan lama dan anti keropos

Salah satunya keunggulan konstruksi Baja Ringan ialah ketahanan yang kuat. Anda tidak perlu cemas gempuran rayap dan lelah cari langkah memberantas rayap atau cemas akan material yang ringkih keropos. Disamping itu, perawatan serta pemeliharaan bermaterial konstruksi Baja Ringan juga gampang dan irit dibanding konstruksi yang lain.


  • Anti karat

Walau dengan bahan metal, konstruksi Baja Ringan mempunyai ketahanan pada karat. Ini membuat konstruksi Baja Ringan bisa dipakai kembali atau didaur ulangi saat sudah tidak kepakai kembali. Harga dari Baja Ringan termasuk cukuplah dapat dijangkau.


Kekurangan Baja Ringan

  • Gampang terbawa oleh angin

Konstruksi untuk atap Baja Ringan mempunyai kekurangan yang lain cukup mencemaskan. Kekurangan ini ialah konstruksi Baja Ringan benar-benar rawan pada daerah yang berangin. Konstruksi Baja Ringan akan gampang lepas oleh angin yang kuat.


Ini bisa jadi terjadi disebabkan karena ikatan Baja Ringan yang cuma memakai mekanisme baut. Oleh karena itu, jika kerangka Baja Ringan digoyangkankan dengan angin keras, karena itu ikatan ini akan melembek secara perlahan-lahan dan bergerak.


  • Bila salah hitung akan berpengaruh fatal

Material Baja Ringan mempunyai susunan yang seperti jaringan. Oleh karena itu jika Anda lakukan salah penghitungan di proses pembangunan, karena itu atap tidak penuhi persyaratan keamanan yang bagus dan bisa mengakibatkan ketidakberhasilan susunan secara detail.


  • Keelokan rumah menyusut

Dari sisi ketahanan bangunan tentu saja bisa menjadi makin baik. Tetapi jika menyaksikan dari keelokan penampilan susunan, karena itu kerapatan Baja Ringan ini membuat penampilan tidak cantik dan menarik.




Besi Hollow

Besi Hollow sebagai salah satunya besi yang berwujud pipa kotak. Besi Hollow pada umumnya dibuat berbahan besi galvanis, stainless, atau besi baja. Besi Hollow memiliki kualitas yang baik karena berbahan yang kuat dan memiliki ketahanan untuk kepentingan periode panjang.


Besi Hollow apakah kuat? Besi Hollow ini dapat dipastikan benar-benar kuat unggul dan baik dipakai dalam penempatan kerangka besi plafon dan dinding partisi rumah, gedung, dan lain-lain.


Besi Hollow bukan hanya untuk kerangka plafon banyak juga dipakai untuk kerangka dinding partisi hingga nanti bangunan jadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat dan korosi karena peralihan cuaca atau karena air hujan yang memiliki sifat asam. Anda dapat beli rangka ini di Depo Bangunan.


Kelebihan Hollow

  • Tidak terkena rayap

Karena mempunyai karakter yang kuat, besi ini tidak gampang ringkih. Besi Hollow ini dikenal juga anti rayap hingga dapat bertahan lebih lama. Perihal ini pula yang mengakibatkan besi ini lebih banyak diputuskan untuk dipakai dalam konstruksi bangunan.


  • Tahan bakar dan penempatan gampang

Besi tipe Hollow ini tidak gampang terbakar hingga sekurang-kurangnya memunculkan perasaan aman untuk beberapa penghuni. Meskipun tentu saja Anda tidak inginkan peristiwa jelek seperti kebakaran menerpa rumah.


Besi Hollow lebih gampang untuk terpasang dan dikonstruksikan hingga mengirit waktu dan biaya dalam penerapan pembuatan rumah. Beberapa tukang tentu saja tidak alami kesusahan yang memiliki arti saat lakukan penempatan material ini.


  • Peredam panas yang bagus dan harganya yang murah

Besi Hollow mempunyai karakter peredam panas hingga panas matahari yang masuk ke rumah lewat antara tidak terlampau berasa masuk ke rumah. Ini karena besi tipe ini dibuat dari besi galvalum dan galvanis. Nilai jual besi kotak ini lebih murah dan ekonomis. Anda tidak lakukan banyak ongkos pengeluaran untuk lakukan konstruksi untuk atap rumah Anda.


Kekurangan Hollow

  • Kebatasan ukuran

Kebatasan ukuran yang terbatas, membuat besi ini kurang cukup untuk dipakai untuk atap yang luas. Bila dilaksanakan penghubung besi dengan pengelasan bisa menyebabkan kekurangan di titik ikatan pengelesa itu.


  • Susunan bahan yang tidak kompak

Susunan bahan yang tidak kompak hingga membuat besi ini gampang alami tekuk dan tidak dapat dipakai untuk meredam beban. Tapi bila Anda masih tetap ingin memakainya, Anda dapat memakai besi sama ukuran yang lebih besar dan tebal dan tentu saja nilai jual besi kotak jauh lebih mahal.


  • Perlu tambahan cat kembali

Apakah besi hollow bisa berkarat? Besi hollow mempunyai karakter yang gampang alami korosi, hingga perlu tambahan program cat anti karat dan pengecatan akhir hingga Anda harus keluarkan bujet lebih kembali.


Baca Juga: Spesifikasi Hollow Galvanis


Baja Ringan Hollow VS Besi Hollow

Baja ringan dan Besi Hollow mempunyai ketahanan yang serupa yakni ketahanan yang paling lama benar-benar pas sekali untuk jadi atap kantoran atau gedung dan lain-lain.


Baja ringan dan Besi Hollow mempunyai harga yang sama cukup dapat dijangkau, hingga dapat Anda tentukan dengan hasrat masing-masing saja.


Baja ringan tak perlu Anda kerjakan pengecatan kembali karena kwalitasnya sangat baik dan anti korosi, dan untuk Besi Hollow diwajibkan untuk tambahan cat karena Besi Hollow gampang alami korosi.


Anti rayap ialah kelebihan yang lain yang dipunyai oleh Baja ringan dan Besi Hollow jadi benar-benar sangat bagus bila Anda memilih untuk pilih rangka di antara ke-2 ini.


Lebih kuat baja ringan atau besi hollow jika terkena api? Untuk keduanya tahan pada api jadi pemikiran yang penting untuk pemilik rumah saat ingin cari rangka atap. Tapi Baja ringan dan Besi Hollow memang mempunyai ketahanan pada api yang memunculkan kebakaran.


Baca Juga: Panjang Hollow Plafon


Jenis Jenis Besi Hollow

Untuk memudahkan pemahaman mengenai besi hollow, berikut akan kami paparkan mengenai jenis-jenis besi hollow beserta kegunaannya.


  • Besi Hollow Hitam

Dibuat dari lembar pelat besi hitam yang dikenali dengan istilah hot rolled steel sheet yakni lurusan besi tipis dengan bahan dasar baja canai panas (hot rolled coil) yang di press jadi lembar baja warna hitam.


Jenis Jenis Besi Hollow
Jenis Jenis Besi Hollow


Besi ini biasanya mempunyai panjang ukuran 6 mtr. dengan penampang dan ketebalan yang bervariatif. Karena dibuat dari pelat besi hitam, besi ini mempunyai karakter yang serupa yakni tebal, warna hitam keabu-abuan dan kuat hingga besi ini tahan pada api dan peredam panas yang bagus. 


Selainnya harga yang dapat dijangkau, besi hollow hitam memiliki nilai estetik yang tinggi hingga cukup terkenal dipakai dilapisan warga untuk pembikinan kanopi dan railing tangga minimalis.


  • Besi Hollow Galvanis

Kata Galvanisasi datang dari nama Luigi Galvani dan Alessandro Volta. Ke-2 nya sebagai periset yang dari Italia, yang sukses mendapati karakter-sifat elektrokimia seng.


Besi hollow galvanis sekarang ini juga dikenal bernama pipa kotak galvanis, pipa hollow galvanis, besi kotak galvanis, atau bahkan juga holo galvanis. Karakter besi hollow galvanis yakni mempunyai warna yang lebih ceria dan mempunyai ketahanan pada korosi yang lebih baik dibanding besi hollow hitam. 


Susunan galvanis ini terbagi dalam 97% elemen coating zinc (seng), ± 1% elemen coating aluminium dan bekasnya ialah elemen bahan lain.


Berdasar tipe material dan proses galvanisasinya, besi hollow galvanis dipisah jadi 2 yakni:


  1. Dibuat dari besi hollow hitam dengan proses Hot-Dip Galvanizing dan
  2. Dibuat dari pelat besi galvanis dengan proses Pre- Galvanizing.


Lapisanan galvanis pada besi ditujukan untuk jaga supaya besi hollow galvanis tidak gampang berkarat saat terserang gesekan atau potongan. Ke-2 sistem ini mempunyai ketidaksamaan hingga Gagah Mitra perlu ketahui kekurangan dan keunggulannya supaya bisa pilih sesuai keperluan.


  • Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum atau pipa kotak galvalum ialah pipa kotak dengan bahan baja ringan (galvalum) yang mempunyai kandungan zinc (seng) dan aluminium sebagai susunan luarnya. 


Elemen susunan dalam besi hollow galvalum umumnya mempunyai perbedaan 55% aluminium, 43.5% zinc (seng), dan 1.5% silicon. Karakter umum besi hollow galvalum yang gampang kita ketahui dengan nyata yakni ada spangle atau kelap-kelip, bermotif yang unik pada tubuh besi hollow galvalum dan berbobot yang ringan. 


Pola atau marking yang ada di besi hollow galvalum tidak punya pengaruh pada ketahanan atau kualitas dari produk itu. Ini karena pola cuma jadi pertanda jika hollow galvalum itu dibuat oleh pabrik tertentu.


Spangle pada besi hollow galvalum mempunyai ukuran yang berbeda dan berperan sebagai pertanda berapa besar ketahanannya pada korosi. Pada umumnya ada tiga ukuran spangle yang kerap ditemui pada besi hollow galvalum yakni kecil, sedang dan besar. 


Ukuran yang lain ini dikuasai oleh kecil besarnya kandungan aluminium dan silikon yang ada di dalamnya. Pada gambar di atas, bisa disaksikan jika besi hollow galvalum dengan aliran spangle memiliki ukuran kecil bisa menghalangi proses korosi lebih baik dari spangle yang memiliki ukuran besar karena alirannya lebih rapat dan mempunyai susunan anti karat yang lebih banyak.


Ukuran Hollow Baja Ringan

Sebenarnya pembahasan mengenai ukuran hollow baja ringan sudah ada di artikel lain. Namun untuk melengkapi informasi diatas perlu untuk kita kasih tau kepada Anda, apalagi jika Anda akan membeli barang ini untuk keperluan konstruksi rumah idaman.


Ukuran Hollow Baja Ringan
Ukuran Hollow Baja Ringan


Ukuran Besi Hollow Hitam

Ukuran besi hollow hitam di pasar benar-benar bermacam dan bervariatif. Anda bisa memakai contoh dimensi besi hollow yang sudah diulas awalnya sebagai dasar untuk ketahui ukuran besi hollow hitam. 


Misalnya, ukuran 15 x 35 x 1.2 x 6 M karena itu maknanya segi pendeknya memiliki ukuran 15 mm (A), segi lebarnya memiliki ukuran 35 mm (B), tebalnya 1.2 mm (t) dan panjang keseluruhnya besi hollow hitam yaitu 6 M (L). 


Untuk ukuran yang lain, Anda dapat memakai langkah ini untuk ketahui ukuran besi hollow hitam yang lain. 


Pada tabel berikut ini kami beri contoh-contoh ukuran besi hollow hitam, tetapi bila ingin ketahui ukuran yang lain, ada beragam macam ukuran besi hollow hitam yang bisa dipakai untuk beragam keperluan konstruksi.


Beberapa variasi ukuran yang kerap dipakai untuk pembikinan pagar, kaki meja dan podium ialah besi hollow hitam memiliki ukuran 40 mm x 40 mm.


Dan, untuk pembikinan pintu lipat, dapat memakai besi hollow hitam memiliki ukuran 20 mm x 20 mm dan untuk pembikinan kanopi dapat memakai besi hollow hitam ukuran 100 mm x 50 mm dengan tebal 3 mm sampai 4 mm. 


Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar


Bila Anda berminat untuk membuat rack TV dan rack buku, Anda dapat memakai besi hollow hitam dengan ukuran 36 mm x 36 mm. Untuk membandingkan lebih kuat baja ringan atau besi hollow, dibawah ini merupakan tabel dari ukuran besi hollow hitam.


A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
15 x 351.0 – 2.26
15 x 501.0 – 2.26
20 x 201.0 – 2.26
20 x 401.0 – 3.26
25 x 251.0 – 3.26
25 x 501.0 – 3.26
30 x 301.0 – 3.26
30 x 601.0 – 3.26


Ukuran Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis yang lewat proses hot-dip galvanizing mempunyai macam ukuran yang serupa seperti besi hollow hitam dengan ukuran penampang yang condong besar dan lebih tebal. Pada tabel berikut ini ialah beberapa ukuran besi hollow galvanis yang lewat proses hot-dip galvanizing.


Contoh dimensi yang sudah diterangkan awalnya bisa dipakai sebagai dasar untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis. 


Misalnya, ukuran 50 x 100 x 1.6 mm x 6 M karena itu maknanya segi pendeknya memiliki ukuran 50 mm (A), segi panjangnya memiliki ukuran 100 mm (B), tebalnya 1.6 mm (t) dan panjang keseluruhnya besi hollow galvanis yaitu 6 M (L). 


Anda dapat memakai langkah ini untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis (HDG) yang lain.



A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
50 x 1001.6 – 3.26
60 x 601.6 – 3.26
75 x 751.6 – 2.56
100 x 1002.8 – 3.56
100 x 1504.5 – 5.86
100 x 2003 – 4.56
125 x 1253- 4.56


Ukuran Besi Hollow Galvalum

Biasanya ukuran besi hollow galvalum yang tersebar di pasar ada dalam dua tipe, yakni ukuran 20 x 40 x 0.3 mm x 4 M dan 40 x 40 x 0.3 mm x 4 M. Tetapi yang lain cuma pada toleransinya. Anda dapat memakai gambar contoh dimensi yang sudah diterangkan awalnya bisa dipakai sebagai dasar untuk ketahui ukuran besi hollow galvalum.


Misalnya, pada ukuran 20 x 40 x 0.3mm x 4 M karena itu maknanya segi pendeknya (A) memiliki ukuran 20 mm, segi panjangnya memiliki ukuran 40 mm (B), tebalnya 0.3 mm (t) dan panjang keseluruhnya besi hollow galvalum yaitu 4 M (L). 


Anda dapat memakai langkah ini untuk ketahui ukuran besi hollow galvalum yang lain.


A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
20 x 400.254
20 x 400.304
40 x 400.254
40 x 400.304


Nah itu tadi pembahasan mengenai lebih kuat baja ringan atau besi hollow. Untuk Anda yang akan membeli hollow baja ringan jangan lupa memperhatikan kualitas barang dan harganya ya, jangan tergiur harga murah namun rapuh dan mudah berkarat.


Terimakasih, salam sukses selalu.