Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panjang Hollow Plafon, Galvanis Dan Galvalume 2x4 Beserta Ukuran Lainnya

Daftar Isi [Lihat]

Panjang hollow plafon, galvanis dan Galvalume 2x4  - Hollow yaitu kata dalam Bahasa Inggris yang mempunyai makna ‘rongga'. Istilah besi holo didapatkan oleh penyuaraan beberapa tukang bangunan yang kemungkinan kurang pintar dengar dan mengumandangkannya dengan bahasa Inggris.


Besi hollow tipe gypsum sebagai material bangunan yang sering dipakai karena karakternya yang kuat dan bendung lama. Hollow gipsum sering dipakai untuk pembikinan kerangka plafon dan kerangka partisi pada bangunan tempat tinggal atau gedung, salah satu ukuran yang sering dipakai ialah panjang hollow plafon 2x4.


Panjang Hollow Plafon 2X4
Panjang Hollow Plafon 2X4


Argumen penyeleksian besi hollow macam ini untuk plafon ialah karena ringan, kuat, dan kwalitasnya lebih tahan lama dibandingkan dengan kayu. Semakin aman tidak diserang oleh rayap.


Panjang besi hollow gypsum datang dari ialah besi yang formasi lapisannya terbagi dalam beberapa jenis seperti stainless dan meni. Pada hollow gypsum, susunan cat yang biasa diaplikasikan ialah cat yang warna hijau atau merah.


Panjang ukuran ketebalan hollow gipsum bahkan juga beragam, dimulai dari 0.3 mm sampai 0.4 mm, 0.45 mm, 0.6mm, 0,7mm.


Cara Pasang Hollow Plafon Panjang 2x4


  • Tahapan 1 ialah memasangkan kerangka horisontal bawah mengimplementasikan Hollow Gypsum yang tidak diaktifkan ke lantai memakai paku beton dalam jarak 600 mm.
  • Tahapan 2 adalah Memasangkan kerangka horisontal Atas dengan sistem dilot memakai Hollow Gypsum yang dimatikan ke Dak Beton memakai paku beton dalam jarak 600 mm.
  • Tahapan 3 ialah Memasangkan kerangka vertikal, kerangka terpasang setiap jarak 600 mm mengimplementasikan Besi hollow 40×40 mm dan 20×40 mm.
  • Tahapan 4 ialah Sambungan antara kerangka memakai taping screw.
  • Tahapan 5 ialah Penempatan kerangka seharusnya betul - betul tegak / lot pada ceiling / lantai.


Langkah Pasang Gypsum di Kerangka Hollow Gypsum


  1. Panel gypsum yang terpasang memiliki ukuran 1.200 x 2.400 mm dengan tebal pantas detail yang diisyaratkan.
  2. Sesudah kerangka partisi dipasang tegak dan lempeng, gypsum terpasang dengan kesepakatan Main Kontraktor.
  3. Penempatan gypsum pada kerangka memakai skrup Uk. 6′ x 1′ : a. Penyeleksian skrup yang keliru berpeluang terjadinya kerusakan pada gypsum yang diterapkan. b. Skrup yang dianjurkan untuk pasang kerangka metal dengan tebal gypsum 9 dan 12 mm dengan panjang 25 mm. c. Penempatan skrup perlu dikasih jarak 10 s/d 16 mm dari pinggir gypsum untuk setiap pinggir ikatan dan jarak antara skrup itu 300 mm. Walau untuk elemen tengah lembar gypsum pemakian memiliki jarak 400 mm.
  4. Ada dua sistem penempatan panel gypsum: a. Langkah Vertikal : penempatan vertikal ditangani seandainya panjang papan gipsum memenuhi tinggi partisi yang hendak terpasang. b. Mekanisme Horisontal : penempatan horisontal lebih dianjurkan jika keadaan di atas tidak tercukupi.


Baca Juga: Ukuran Hollow Baja Ringan

Untuk lebih mengena pembahasannya, Anda bisa tonton video dibawah ini.


Video Review Pemasangan Rangka Panjang Hollow Plafon 2x4



Jenis Ukuran Hollow Plafom 2X4 Dan 4X4

Panjang hollow plafon 2x4 umumnya hanya memiliki 2×4 (20×40) dan 4×4 (40×40) untuk ketebalan bisa mulai dari dari 0.3 mm sampai 0.4 mm, 0.45 mm, 0.6mm, 0,7mm. Untuk panjang standard hanya 4 mtr. akan tetapi kami mempunyai panjang sampai 6 mtr. untuk ketebalan tertentu.


Harga Hollow Gypsum Per Batang


Jenis UkuranTebalHarga Per BatangUkuran Panjang
Hollow 4×40,8 mm122 Ribu6 meter
Hollow 2×40,8 mm94 Ribu6 meter
Hollow 4×40,9 mm72 Ribu4 meter
Hollow 2×40,9 mm52 Ribu4 meter
Hollow 4×40,8 mm95 Ribu4 meter
Hollow 2×40,8 mm65 Ribu4 meter
Hollow 4×40.7 mm55 Ribu4 meter
Hollow 2×40.7 mm46 Ribu4 meter
Hollow 4x40.6 mm44 Ribu4 meter
Hollow 2×40.6 mm36 Ribu4 meter
Hollow 4×40,5 mm43 Ribu4 meter
Hollow 2×40,5 mm35,5 Ribu4 meter
Hollow 4×40.45 mm39 Ribu4 meter
Hollow 2×40.45 mm33,5 Ribu4 meter
Hollow 4×40,4 mm35 Ribu4 meter
Hollow 2×40,4 mm29 Ribu4 meter
Hollow 4×40,35 mm33 Ribu4 meter
Hollow 2×40,35 mm27 Ribu4 meter
Hollow 4×40.3 mm30 Ribu4 meter
Hollow 2×40.3 mm25 Ribu4 meter


Catatan Mengenai Hollow Galvanis, Plafon Dan Galvalume

Untuk Hollow Plafon ialah Hollow yang dipakai untuk pembikinan sekatan atau pemisah partisi atau plafon yang umum memang Gypsum , GRC maupun PV.


  • Hollow Galvanis

Ciri-ciri bermaterial ini ialah mempunyai permukaan yang berkilau karena ada susunan anti karat dengan bahan galvanis. Pemakaian produk itu lumayan luas, mulai untuk membikin kanopi, teralis minimalis, dan sebagainya.


Harga hollow 4×4 tipe ini tambah murah dibanding type yang lain di mana per 6 meternya dibandrol dengan range 27.000 untuk ketebalan 0.3 mm. Sementara yang mempunyai ketebalan 0,6 mm, harga yang dijajakan ialah 34.000.


  • Hollow Plafon

Sesuai namanya, produk ini biasa digunakan untuk bahan pembikinan plafon. Selainnya memakai besi memiliki ukuran 4×4, digabungkan dengan type 2×4. Sama dengan tipe awalnya, harga hollow 4×4 tergantung dengan tebalnya.


Di pasar sekarang ini, material besi plafon dengan ketebalan 0,3mm, dipasarkan dengan range 21.000. Masing-masing toko pasti memberi penawaran yang lain tergantung pada merek yang Anda tentukan.


  • Hollow Galvalume

Bila type galvanis mempunyai susunan yang berkilau, untuk produk yang ini permukaan atasnya condong kotor. Tetapi, material ini dipercaya mempunyai kualitas yang tertinggi dibanding tipe hollow yang lain.


Harga yang dijajakan tentu semakin tinggi dan ada banyak type ketebalan yang bisa diputuskan. Galvalume 4×4 dengan tebal 0,45 mm, dibandrol pada harga capai 40.000. Sementara yang tebalnya 0,7 mm ialah 55.000. 


Bila Anda cari tipe besi ini yang mempunyai tebal 1,5mm, persiapkan dana lebih kurang 121.000 per batangnya.


Langkah Hitung Keperluan Panjang Hollow Plafon

Rencana pembikinan rumah memanglah tidak gampang, tetapi harus stabil dibuat supaya Anda dapat membuat perkiraan pengeluaran uang agar bisa mewujudkan istana harapan Anda.


Di sini, Anda perlu tahu bagaimana mekanisme hitung berapa banyak material yang dibutuhkan, mekanisme hitung keperluan kerangka plafon hollow, dan membuat dugaan berapa banyak gaji daya kerja yang lakukan pembuatan rumah.


Hitung berapa banyak kepentingan material untuk bangunan sudah wajar, karena itu di sini akan dibeber mekanisme kalkulasi kepentingan plafon atau partisi rumah.


  • Kalkulasi Luas Ruang


  1. Pertama Anda perlu tahu berapa besar ruang yang hendak dipasang plafon.
  2. Misalnya cuman satu ruang saja yang akan dipasang memiliki ukuran 4m x 5m.
  3. Atau dapat Anda memasangkan plafon kesemua ruang rumah.
  4. Kalkulasi luasnya keseluruhannya dengan jeli memakai meteran, tidak boleh disangka - anggap.
  5. Walau rumah minimalis, tetapi dalam pengevaluasian perlu cocok.


  • Hollow Partisi Dinding


  1. Pada bagian dinding, karena itu dipertambah panjang lebih 1 mtr..
  2. Misalnya di suatu ruang yang memiliki ukuran 3m x 3m.
  3. Karena itu panjang hollow yang dibutuhkan adalah 3m + 1m = 4m.
  4. Kelebihan panjang hal yang begitu nanti diaplikasikan untuk gantungan.


  • Isian Kerangka


Wajarnya pada isian kerangka, hitungannya yaitu per 60 cm . Maka karena ruang yang dibuat mode memiliki panjang 3 mtr., karena itu konversikan terutamanya dulu ke unit cm dan dipisah panjang per 60 cm. matematis jadi: 300 : 60 = 5 tangkai.


  1. Perhitungan cross 4 x 4 cm x 3 mtr. x 2 tangkai.
  2. Ukuran plafonnya 9 m2, jadi kepentingan pada kerangka hollow sebagai 3 m x 4 tangkai = 12 mtr..
  3. Selanjutnya ditambahkan 3 mtr. x 5 tangkai = 15 mtr..
  4. Dan paling akhir ditambahkan dari hasil 2 x 3 tangkai = 6 m.


Jadi akumulasi kebutuhan panjang hollow plafon dari reng-rengan diatas ialah 12 mtr. + 15 mtr. + 6 mtr. = 33 mtr., atau sekitaran 10 tangkai hollow.


Baca Juga: Jenis Kawat Las Untuk Besi Hollow


Perbedaan Kualitas Hollow Baja Ringan Dan Besi

Sampai sekarang ini, dunia konstruksi khususnya di Indonesia makin mengalami perkembangan cepat dan maju. Ini dikarenakan oleh makin bertambahnya orang mulai membuat rumah sebagai rumah mereka atau untuk sekedar investasi periode panjang.


Salah satunya material konstruksi usang yang kerap dipakai untuk kerangka atap ialah kayu. Seiring waktu berjalan, material kayu ini mulai tergeser dengan material metal atau logam yang bawa keunggulan semakin banyak dibanding dengan material kayu.


Salah satunya material metal atau logam yang trends sekarang ini ialah hollow baja ringan dan besi hollow. Ke-2 material konstruksi itu makin populer karena jumlahnya keunggulan yang material itu punyai dan mempunyai ide konstruksi yang ramah pada lingkungan.


Hollow Baja Ringan versus Besi Hollow

Karena memiliki bentuk yang sama berlubang, cukup banyak orang yang memandang jika hollow baja ringan dan besi hollow itu sama. Walau sebenarnya ke-2 nya mempunyai ketidaksamaan bila disaksikan dari beberapa seginya. Apa ketidaksamaan di antara ke-2 material metal itu? Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini.


Di antara hollow baja ringan dan besi hollow sama - sama mempunyai wujud kotak atau segi panjang dan di bagian tengahnya ada lubang kecil. Tetapi, walau mempunyai wujud yang serupa, rupanya ke-2 nya bisa kelihatan ketidaksamaanya. Salah satunya bedanya ialah dari susunan tahan karat yang ke-2 material itu punyai.


Hollow baja ringan memiliki susunan tahan karat, hingga bisa bertahan semakin lama. Bahkan juga jika hollow baja ringan ini memakai bahan baku galvalume, karena itu ketahanannya pada karat akan jauh lebih bagus.


Di mana elemen yang terdapat dalam bahan baku galvalume seperti alumunium, zinc dan silicon terikat baik sekali. Hingga tidaklah aneh, jika produk baja ringan bikinan PT. Bumi Lancang Kuning Pusaka (BLKP) mempunyai extra ketahanan pada korosi atau karat.


Dan besi hollow, dibuat dari besi yang tidak mempunyai susunan tahan karat. Walau demikian, besi hollow masih termasuk cukuplah kuat dan kuat . Maka langkah supaya besi hollow tidak gampang berkarat, karena itu Anda perlu lakukan pengecetan secara periodik.


Penerapan Untuk Konstruksi

Di antara hollow baja ringan atau besi hollow, sama - sama dipakai untuk keperluan konstruksi. Tetapi ada faktor-faktor yang membandingkannya.


Besi hollow dapat digunakan untuk beragam keperluan konstruksi, terhitung pada bagian dalam (interior) rumah. Dan hollow baja ringan cuma dapat dipakai pada bagian dalam (interior) rumah saja sebagaimana untuk plafon atau dinding.


Macam Ukuran Di antara Ke-2 nya

Biasanya, macam ukuran hollow baja ringan ada dua yakni ukuran 2x4 dan ukuran 4x4. Di mana ukuran yang sebetulnya ialah 15x30 dan 30x30. Dan panjang ukuran dari hollow baja ringan ialah sekitaran 4 mtr..


Dan besi hollow mempunyai ukuran yang bervariatif dan bermacam, tidak seperti hollow dari baja ringan yang ukuran telah ditetapkan. Karena ada macam ukuran itu, membuat besi hollow mempunyai keunggulan lebih dibanding hollow baja ringan.


Baca Juga: Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar


Kesimpulan Panjang Hollow Plafon 2x4

Tersebut beberapa ketidaksamaan di antara hollow baja ringan versus besi hollow yang perlu untuk Anda kenali. Sesudah ketahui ketidaksamaan di antara ke-2 material konstruksi itu, yang mana menurut Anda pas untuk konstruksi bangunan?


Tentu saja ini bergantung dari arah Anda memakainya. Jika untuk ruang di rumah (interior), Anda dapat pilih memakai hollow baja ringan. Sementara pada bagian luar ruang (eksterior), Anda dapat memakai besi hollow.


Demikian artikel mengenai Panjang Hollow Plafon 2x4. Terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.