Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Hollow Galvanis Yang Dipakai Oleh Produk IKEA Strandmon

Daftar Isi [Lihat]

Anda butuh properti yang terbuat dari bahan yang ringan dan mudah dibentuk? Solusinya ialah menggunakan bahan yang berkualitas seperti hollow galvanis. Jika bahan yang digunakan memiliki spesifikasi hollow galvanis yang unggul maka kualitasnya tidak jauh seperti produknya ikea strandmon.


Spesifikasi hollow galvanis ini terbagi dalam 97% elemen coating zinc (seng), ± 1% elemen coating alumunium dan bekasnya ialah elemen bahan lain. Lapisanan galvanis pada besi ini ditujukan untuk jaga supaya besi hollow galvanis tidak gampang berkarat saat terserang gesekan atau potongan. Itu penyebabnya, produk pipa hollow galvanis semakin lebih tahan karat bila dibanding dengan besi hollow hitam biasa.


Spesifikasi Hollow Galvanis
Spesifikasi Hollow Galvanis



Berapa tebal besi hollow galvanis? Spesifikasi hollow galvanis yang terbanyak dijumpai ialah hollow galvanis 20x20, hollow galvanis 20x40, hollow galvanis 40x40, dan hollow galvanis 40x80. Walau ukuran bervariatif, kenyataannya tidak seluruhnya hollow galvanis dibuat dari pelat galvanis.


Berapa tebal besi hollow galvanis? Hollow galvanis dengan tebal di atas 1.2 mm umumnya dibuat dari besi hollow hitam yang dilapis bahan galvanis dengan tehnik celupkan atau tehnik spray. Berat hollow galvanis dihitung dari dimensi ukuran dan ukuran tebalnya.


Spesifikasi Hollow Galvanis

Bacahape.com - Kata Galvanisasi datang dari nama Luigi Galvani dan Alessandro Volta. Ke-2 nya sebagai periset yang dari Italia, yang sukses mendapati karakter-sifat elektrokimia seng. Besi hollow galvanis sekarang ini juga dikenal bernama pipa kotak galvanis, pipa hollow galvanis, besi kotak galvanis, atau bahkan juga holo galvanis.


Karakter besi hollow galvanis yakni mempunyai warna yang lebih ceria dan mempunyai ketahanan pada korosi yang lebih bagus dibanding besi hollow hitam. Susunan galvanis ini terbagi dalam 97% elemen coating zinc (seng), ± 1% elemen coating aluminium dan bekasnya ialah elemen bahan lain.


Berdasar tipe material dan proses galvanisasinya, besi hollow galvanis dipisah jadi 2 yakni:


  • Dibuat dari besi hollow hitam dengan proses Hot-Dip Galvanizing dan
  • Dibuat dari pelat besi galvanis dengan proses Pre- Galvanizing.


Lapisanan galvanis pada besi ditujukan untuk jaga supaya besi hollow galvanis tidak gampang berkarat saat terserang gesekan atau potongan. Ke-2 sistem ini mempunyai ketidaksamaan hingga Gagah Mitra perlu ketahui kekurangan dan keunggulannya supaya bisa pilih sesuai keperluan.


Perbedaan dari spesifikasi  hollow galvanis dan galvalum terdapat dari finisingnya. Dua jensi ini terbuat dari bahan galvalum dan galvanis dipakai untuk berbagai macam susunan finising atau coating pada bahan kerangka besi hollow dan bahan kerangka atap baja ringan.


Spesifikasi Besi Hollow Galvalum adalah nama untuk sebuah lapisanan yang memiliki kandungan factor alumunium dan zinc atau disebutkan zinc-alume. Untuk bahan galvalum yang terbagus terbagi dalam 55% komponen coatingnya alumunium, 43.5%, komponen seng/zink dan 1.5% komponen silikon.


Adapaun spesifikasi hollow Galvanis yaitu panggilan untuk lapisanan finising yang terbagi dalam 98% factor coanting seng/zink dan 2% susunan factor aluminium.


Beberapa produsen kerangka besi hollow dan kerangka atap baja ringan yang mengaplikasikan bahan galvalum dan bahan galvanis, mengeklaim jika ketebalan lapisanan coatingnya sama, ternyata yang tersebar di pasar sangat berlainan dan ini benar-benar bikin rugi customer.


Bahan galvalum memiliki ketahanan lebih baik ke karat dibandingkan bahan galvanis atau bahan besi umum. Untuk menghindar karat pada bahan galvanis, susunan coating seharusnya lebih tebal dan kekurangannya pada bahan galvanis disaat dipotong atau tergores pada permukaan atasnya atau di skrup, akan munculkan korosi dan karatan, ini benar-benar buruk bila dipakai untuk bahan material kerangka hollow atau kerangka atap baja ringan dan pagar.


Seperti produk material yang lain, dipasaran tersebar berbagai type kelas material, pilih kerangka hollow dan kerangka atap baja ringan dengan kualitas material sempurna yang sudah terbukti di lapangan dan bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).


Besi hollow galvalum SNI yang dibuat berbahan Zinc-Alum SNI, berkualitas tinggi dengan kualitas bahan alternative yang benar-benar kuat ke peralihan cuaca, bendung akan kropos atau korosi, anti karat, bebas dari rayap, serangga, kutu, hewan pengerat dan tidak perlu di cat ulangi dan bebas perawatan.


Besi hollow galvalum SNI banyak dipakai untuk penempatan kerangka plafond dan kerangka dinding partisi yang lebih mengutamakan energi dan ketahanan bangunan. Karena argumen tersebut banyak yang mengimplementasikan kerangka besi hollow galvalum sebagai salah satunya standard dalam jalankan konstruksi.


Baca Juga: Jenis Kawat Las Untuk Galvanis


Material Pembuatan Galvanis

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa galvanis memiliki dua jenis sesuai dengan proses pembuatannya yaitu HDG (Hot - Dip Galvanizing) dan PG (Pre-Galvanized)


Besi Hollow Galvanis (HDG)

Hot - Dip Galvanizing (HDG) sebagai sistem galvanisasi dengan pencelupan besi ke kolam seng memakai temperatur tinggi. Hal tersebut yang membuat sistem ini umumnya memakai jenis material dengan penampang yang besar dan tebal agar meredam panas. Hingga pada besi hollow galvanis yang menggunakan sistem ini memakai jenis material besi hollow hitam dengan penampang yang besar dan tebal.


Proses Pembikinan Besi Hollow Galvanis (HDG)

Saat sebelum masuk proses Hot-Dip Galvanizing (HDG), lembar pelat besi hitam dibuat lebih dulu jadi besi hollow hitam. Selanjutnya besi hollow hitam masuk ke proses galvanisasi dengan sistem Hot-Dip Galvanizing (HDG), yakni dengan langkah memendam (galvanizing) besi hollow hitam ke kolam seng dengan keadaan besi sudah dibikin bersih lebih dulu.


Proses ini dilaksanakan pada temperatur tinggi sekitar di antara 440 - 460 derajat celcius yang mempunyai tujuan untuk hilangkan sisa oksidasi meskipun telah dibikin bersih.


Proses perendaman berjalan sekitaran lebih kurang 2 menit. Makin lamanya waktu pencelupan karena itu makin tebal susunan zinc yang dibuat. Seterusnya masuk pada tahapan pendinginan (quenching). 


Besi hollow yang sudah direndam ke kolam seng barusan kembali dipendam di dalam larutan sodium chromate (fokus 0,015%) dalam temperatur ruang atau memakai air. Ini mempunyai tujuan untuk menahan karat putih (white rust).


Proses paling akhir dalam sistem ini ialah finising yakni proses melembutkan permukaan pipa yang lancip. Ini muncul karena mengeringnya cairan seng yang menetes pada permukaan pipa hingga membuat sisi yang tidak rata.


Besi hollow galvanis yang dibuat oleh sistem Hot-Dip Galvanizing mempunyai susunan perlindungan yang lebih tebal. Ketebalan rerata minimal besi hollow galvanis celupkan panas ialah 45-85 mikrometer.


Ukuran Besi Hollow Galvanis (HDG)

Besi hollow galvanis yang lewat proses hot-dip galvanizing mempunyai macam ukuran yang serupa seperti besi hollow hitam dengan ukuran penampang yang condong besar serta lebih tebal. Pada tabel berikut ini ialah beberapa ukuran besi hollow galvanis yang lewat proses hot-dip galvanizing.


A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
50 x 1001.6 – 3.26
60 x 601.6 – 3.26
75 x 751.6 – 2.56
100 x 1002.8 – 3.56
100 x 1504.5 – 5.86
100 x 2003 – 4.56
125 x 1253- 4.56


Ukuran besi hollow galvanis (HDG)

Contoh dimensi yang sudah diterangkan awalnya bisa dipakai sebagai dasar untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis. Misalnya, ukuran 50 x 100 x 1.6 mm x 6 M karena itu maknanya segi pendeknya memiliki ukuran 50 mm (A), segi panjangnya memiliki ukuran 100 mm (B), tebalnya 1.6 mm (t) dan panjang keseluruhnya besi hollow galvanis yaitu 6 M (L). Anda dapat memakai langkah ini untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis (HDG) yang lain.


Kelebihan Besi Hollow Galvanis (HDG)

  1. Membuat perlindungan besi atau baja pada karat dalam periode waktu lama, karena mempunyai susunan seng yang relatif tebal.
  2. Ongkos perawatan pada korosi rendah karena besi ini sudah dilapis oleh susunan anti karat.
  3. Tidak membutuhkan pengecatan.
  4. Permukaan besi atau baja lebih tahan pada guratan.
  5. Melapis sampai sisi dalam besi


Kekurangan Besi Hollow Galvanis (HDG)

  1. Memerlukan tempat atau bak dengan dimensi yang besar untuk proses pencelupan
  2. Untuk capai ketebalan tertentu karena itu diperlukan kandungan zinc dalam jumlah yang lumayan besar


Contoh Pemakaian Besi Hollow Galvanis (HDG)

Besi hollow galvanis (HDG) bisa dipakai dalam beragam project perumahan seperti pagar podium atau teras, tangga, carport, konservatori, atau teralis jendela. Disamping itu, bisa juga dipakai untuk susunan taman perumahan seperti mebel, pagar, dan rumah kaca.


Besi Hollow Galvanis (Pre-Galvanized)

Pre-Galvanizing sebagai sistem galvanisasi dengan memendam lembar besi canai dingin di dalam kolam seng. Pada sistem Pre-Galvanizing umumnya memakai material yang tidak demikian tebal. Hal tersebut yang membuat besi hollow galvanis yang memakai sistem Pre-Galvanizing hasilkan ukuran dengan penampang yang relative kecil dan tipis.


Proses Pembikinan Besi Hollow Galvanis (Pre-Galvanis)

Pada sistem ini, besi hollow galvanis yang dibuat umumnya mempunyai susunan pelindungan yang condong lebih tipis sekitaran 20-30 mikrometer. Proses pertama ialah memasukkan lembar pelat galvanis sama sesuai lebar produksi pada mesin rolling untuk dibuat jadi pipa, selanjutnya pipa masuk proses pengelasan untuk menyambung ke-2 segi.


Proses setelah itu pendinginan di bagian yang terserang las dengan memakai cutting oil. Kemudian masuk di proses sizing yakni membuat pipa bundar galvanis jadi kotak. Proses paling akhir ialah proses pemotong besi hollow galvanis dengan panjang yang telah diputuskan, umumnya memiliki ukuran panjang 6 M.


Ukuran Besi Hollow Galvanis (Pre - Galvanizing)

Sama seperti yang diterangkan awalnya, jika ukuran besi hollow galvanis yang dipasarkan di pasar benar-benar bermacam dengan kisaran ketebalan yang bervariatif. Besi hollow galvanis yang lewat proses Pre-Galvanizing banyak memiliki macam ukuran dengan tebal yang lebih tipis dibanding dengan besi hollow galvanis dengan sistem HDG.


Ini karena material khusus pembikinannya dari pelat besi galvanis yang mempunyai ketebalan condong lebih tipis. Contoh dimensi yang sudah diterangkan awalnya bisa dipakai sebagai dasar untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis (Pre- Galvanizing).


Misalnya, ukuran 15 x 15 x 0.8 mm x 6 M karena itu maknanya segi pendeknya memiliki ukuran 15 mm (A), segi panjangnya memiliki ukuran 15 mm (B), tebalnya 0.8 mm (t) dan panjang keseluruhnya besi hollow galvanis yaitu 6 M (L). Anda dapat memakai langkah ini untuk ketahui ukuran besi hollow galvanis (Pre - Galvanizing) yang lain.


Kelebihan Besi Hollow Galvanis (Pre-Galvanizing)


  • Ongkos perawatan pada korosi rendah karena besi ini sudah dilapis oleh susunan anti karat.
  • Tidak membutuhkan pengecatan.
  • Pas untuk konstruksi outdoor


Kekurangan Besi Hollow Galvanis (Pre-Galvanizing)

  • Bahan galvanis tidak demikian aman dipakai untuk mengairi gas. Karena, di suatu waktu, susunan perlindungan pada besi hollow galvanis dapat terkelupas. Kelompok kotoran itu dapat menutup saluran gas, hingga bisa mengakibatkan ledakan karena gas yang terkumpul.
  • Berkarat di titik ikatan las


Contoh Pemakaian Besi Hollow Galvanis (Pre-Galvanizing)

Besi hollow galvanis (Pre-Galvanizing) sering dipakai untuk konstruksi outdoor, satu diantaranya dipakai sebagai pagar minimalis. Ketahanan yang bagus pada korosi membuat besi hollow galvanis (Pre- Galvanizing) sering dipakai karena lebih tahan lama serta awet.


Review Kelebihan Dan Kekurangan Besi Galvanis Utuk Plafom

Agar Anda lebih mendalam pengetahuannya mengenai spesifikasi hollow galvanis, berikut kami sajikan untuk Anda video mengenai kelebihan dan kekurangan hollow.



Baca Juga: Panjang Hollow Plafom


Daftar Ukuran Besi Hollow Galvanis

Besi hollow sebagai satu diantara material bahan bangunan yang banyak digemari di dunia konstruksi. Sama dengan namanya, besi hollow ini mempunyai rongga dengan wujud persegi seperti besi rata-rata.


Besi satu ini mempunyai tipe serta ukuran yang bervariasi maka bisa disamakan dengan kepentingan pemakainya. Agar bertambah gampang dalam menyadarinya, silakan anda baca review di bawah ini.


A (mm) x B (mm)t (mm)L (M)
15 x 150.8 – 1.46
20 x 200.8 – 1.46
20 x 400.8 – 1.46
35 x 350.8 – 1.46
40 x 400.8 – 1.46
40 x 600.8 – 1.46
40 x 800.8 – 1.46
45 x 450.8 – 1.46
50 x 500.8 – 1.46
100 x 1000.8 – 1.46


Baca Juga: Jenis Kawat Las Untuk Besi Hollow


Tipe Jenis Besi Hollow

Besi hollow dipisah jadi beberapa macam yang disamakan dengan faedah serta kepentingannya. Ini adalah macam-macam besi hollow secara lengkap.


Besi Hollow Hitam

Tipe pertama yaitu besi hollow hitam yang memiliki pembawaan kuat, tebal serta bertahan lama. Sama dengan namanya, besi hollow hitam dibentuk dari gabungan baja hitam.


Tetapi, penting disadari jika besi ini tak memiliki jenis ukuran lantaran dia udah menempatkan ukuran standard. Dari pembawaannya berikut, besi hollow hitam sering dipakai buat exterior seperti pagar rumah.


Besi Hollow Galvanis

Selanjutnya ialah tipe besi hollow galvanis yang susunan pengerjaannya meliputi zinc coating sekitar 97% dan aluminium sekitar 1%. Oleh sebab itu, penting disadari jika saat menggunting besi satu ini mesti berhati-hati serta lebih jeli kembali lantaran kalau tak dapat mengundang korosi serta karat pada besi.


Buat menyelesaikan permasalahan itu, baiknya dalam menempatkan besi hollow galvanis dilapis dengan cat besi dan anti karat berkualitas lebih dulu.


Proses galvanisasi pda besi hollow itu dikerjakan supaya besi lebih tahan lama terhindar dari karat ataupun jamur serta mempunyai usia pasang yang lama. Besi ini mempunyai ketebalan mulai 0,3 sampai 0,5 maka banyak dipakai buat pagar.


Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalum sebagai tipe terpilih dari semua tipe hollow. Galvalume ada satu tingkat di atas galvanis yang kandungan pembikinnya termasuk terbatas seperti baja ringan tipe C berbentuk 55% kandungan aluminium, 1,5% silicon dan 43,5% kandungan besi. Besi hollow ini memiliki ketahanan serta kekuatan gemilang maka nilai jualnya relatif tinggi.


Hollow Gypsum

Besi hollow gypsum sebagai satu diantara tipe yang terbanyak digemari. Waktu terakhir ini hollow gypsum jadi opsi yang menggiurkan lantaran dia mempunyai ketahanan serta kebolehan yang cukup, mudah, tak gampang lapuk dan harga yang relatif dapat terjangkau.


Hollow Gypsum dibuat berbahan besi, dan sisi luar dikasih susunan meni, stainless dan serta cat. Ukuran besi hollow gypsum ini cukup jenis dimulai dari yang paling 0,3mm sampai 0,4mm.


Hollow Stainless

Walau termasuk masih jarang-jarang dipakai, tetapi sejumlah karyawan konstruksi bangunan mulai berusaha untuk memakai besi hollow berbahan stainless ini. Dengan material anti karat serta tahan kepada penekanan berat, hollow stainless jadi alternatif terpilih buat konstruksi bangunan anda.


Hollow Aluminium

Satu kembali tipe besi hollow yaitu hollow aluminium yang saat ini mulai juga banyak digemari. Besi yang dibuat dari alumunium ini mempunyai bobot yang mudah tetapi bertahan lama maka banyak dicari. Disamping itu, besi hollow ini mempunyai ukuran yang bervariasi dengan panjang pendek yang bisa disamakan dengan kepentingan semasing.


Baca Juga: Ukuran Hollow Baja Ringan


Ukuran Besi Hollow

Ada banyak ukuran besi hollow saat ini. Banyaknya pilihan ukuran ini dikarenakan bermacam-macamnya kebutuhan untuk keperluan properti. Berikut ini beberapa ukuran besi hollow yang banyak digunakan.


Ukuran Besi Hollow Lubang Persegi

Waktu ini besi hollow bisa diketemukan dengan gampang di toko toko bangunan. Ukuran besi hollow lubang persegi (square hollow structural section) ini cukup bervariasi dengan tebal serta diameter berlainan. Ukuran umum besi hollow satu ini yaitu lebih kurang 4x4cm.


Ukuran Besi Hollow Lubang Lingkaran

Sama dengan namanya ukuran besi hollow lubang lingkaran (circular hollow structural sections) besi ini mempunyai wujud lubang melingkar. Dia mempunyai ukuran yang bermacam jenis dengan tebal yang berlainan juga maka dapat penuhi kepentingan beberapa pemakainya.


Ukuran Besi Hollow Lubang Persegi Panjang

Selanjutnya yaitu besi hollow dengan rongga persegi panjang. Sesungguhnya ukuran besi hollow rongga persegi panjang (rectangular hollow structural sections) hampir sama dengan besi hollow awal mulanya yang mempunyai ukuran, ketebalan serta dimensi yang bermacam macam.


Demikian pembahasan mengenai spesifikasi hollow galvanis. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih, salm sukses selalu.