Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kawat Las Untuk Galvanis Yang Wajib Kamu Tau

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Kawat Las Untuk Galvanis Yang Wajib Kamu Tau. Dalam pengelasan peralatan dan kebutuhannya sangatlah berpengaruh dengan hasilnya. Untuk itu bila kamu yang sedang mencari kawat las untuk galvanis sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini, jangan asal beli dengan harga yang murah saja, namun juga harus memperhatikan kualitas barang yang kita beli.


Sesuai ketentuan AWS (America Welding Society), detail kawat las terbungkus untuk Mild Steel telah tertera dalam AWS A5.1. Untuk dua digit yang pertama memperlihatkan berkenaan kemampuan ambilnya dalam Ksi (kilo-pound-square-inch). Adapun jenis kawat las untuk galvanis agak sedikit berbeda.


Jenis Kawat Las Untuk Galvanis
Jenis Kawat Las Untuk Galvanis


Yang jelas jenis kawat las untuk galvanis sendiri mempunyai beberapa jenis kawat yang dipasarkan di pasar. masing - masing dari jenis ini pasti punyai karakternya sendiri. beberapa orang membandingkan masing - masing dari jenis itu cuma lewat penampilan "nyata" pada material ini saja. walau sebenarnya lebih dari itu, anda harus ketahui bagaiaman karakter lain seperti ketahanan, kemampuan, sampai apa itu jenis kawat yang pas untuk anda gunakan. ingat keutamaan hal itu, pentingnya untuk pengetahuan detil dari masing - masing macamnya.



Kawat jadi material yang "wajar" untuk banyak kelompok, entahlah anda pemilik rumah atau memang bekerja di bagian konstruksi. jika anda menduga kawat itu cuma ada satu jenis, hal itu bukan hal yang akurat.


Kenyataannya, ada banyak jenis kawat yang sering digunakan beragam keperluan. masing - masing dari jenis kawat punyai dan ditujukan untuk keperluan - keperluan yang lain. berikut di bawah ini penuturannya


  • E6010 = kemampuan ambilnya sejumlah 60 ksi atau 6000 psi.
  • E7018 = kemampuan ambilnya sejumlah 70 ksi atau 7000 psi.
  • Digit yang ke-3 sebagai status pengelasan


  1. Exx1x - Untuk semua status baik itu status flat, horisontal, vertikal atau overhead.
  2. Exx2x - Cuma untuk status yang tertentu seperti flat dan horizontal.
  3. Exx3x - Khusus untuk status flat.
  4. Untuk elektroda yang mempunyai lima digit angka karena itu tiga angka yang pertama ialah kemampuan ambil.


E11010 = kemampuan ambilnya sejumlah 110 ksi atau 11000 psi

Misalnya ialah E6010

Info:


  • E ialah Elektroda
  • 60 ialah Kemampuan ambil
  • 1 ialah Status pengelasan
  • 0 ialah Type coatig dan arus
  • Detail Kawat K Las Terbungkus untuk Low K Steel Tercatat dalam AWS A5.5


Pada empat digit yang pertama untuk membacanya sama dengan code untuk mild steel yang dituruti dengan garis (dash) dan huruf dan agka yang disebut elemen gabungan.


  • A dipertambah dengan elemen carbon molybdenum
  • B dipertambah dengan elemen kromium molybdenum
  • C dipertambah dengan elemen nikel steel
  • D dipertambah dengan elemen manganese molybdenum molybdenum
  • G ialah code tambahan khusus untuk penggunaan secara general untuk material yang masil belum terindentifikasi.


R akhir code dipakai untuk mengindentifikasikan permasalahan ketahanan pada resapan uap-uap atau moisture pickup (80% humidity, , 80 °F, 9 jam). Agar lebih terang, silakan lihat contoh berikut:


  • Code Kawat Las: E7018-H8R

E7018-H8R di sini memiliki arti jika kemampuan yang dipunyai ialah sejumlah 70 ksi, mempunyai kandungan "iron powder iron oxide iron powder iron oxide", mempunyai kandungan sedikit hidrogen atau low hydrogen, ketahanan pada uap air dan untuk dipakai dalam pengelasan pengelasan mild steel.


  • Code Kawat Las: E8018-B2H4R

E8018-B2H4R di sini memiliki arti jika kemampuannya ialah sejumlah 80 ksi, mempunyai kandungan iron powder irone oxideyang dipaduk dengan krom moly dan low hydrogen, ketahanan pada uap air dan dipakai untuk mengelas gabungan baja krom moly.


Jenis Kawat Las Untuk Galvanis

  • Bronjong

Jenis kawat las untuk galvanis yang familiar ialah jenis bronjong, kawat ini ditujukan untuk keperluan pengokohan susunan tanah, tidaklah aneh bila jenis kawat ini seringkali dijumpai pada tempat tempat seperti tebing batu-batuan, tempat konstruksi atau pinggir sungai.


Karakter wujud kawat bronjong adalah berwujud kotak - kotak (beberapa mempunyai wujud lain) yang sudah disulam sebegitu rupa. material yang digunakan pada brondong memakai kawat baja, selanjutnya dilapis galvanis (cairan seng).


  • Harmonika

Jenis kawat las untuk galvanis selanjutnya ialah harmonika, ditujukan atau seringkali dijumpai untuk kawat pada tempat kompleks olahraga (sport complex) seperti pagar lapangan bola, lapangan tenis, kandang hewan atau partisi - partisi semacam.


Harmonika dilapis dengan elemen galvanis dan PVC, ini penyebabnya kawat harmonika dibagi jadi 2 jenis berdasarkan elemen pada materialnya. langkah membandingkan ke-2 jenis kawat galvanis bisa disaksikan dari warna. bila metal itu memiliki arti kawat hamonika galvanis, dan untuk warna seperti hijau, merah sampai polosan sejenis harmonika PVC.


Detail Kawat Las Terbungkus untuk Stainless Steel Tertera dalam AWS A5.4

Tiga digit yang pertama sebagai nomor type AISI dari stainless steel yang dituruti dengan garis dan 2 angka.


  1. Angka 15 = lapisannnya mempunyai kandungan CaO, TiO2 dan arusnya DCRP.
  2. Angka 16 = lapisannya mempunyai kandungan TiO dan K2O dan arusnya DCRP atau AC.
  3. Angka 17 = lapisannya mempunyai kandungan CaO, TiO K2O SiO O SiO2 dan arusnya DCRP atau AC. Bead lasnya lembut dan pelepasan slagnya lumayan gampang.


Contoh: Code kawat las: Elektrod E 308L-16.


Eelektroda Baja Lunak

Elektroda baja lunak ini banyak memiliki jenis yang di mana bedanya cuma berada pada jenis selaputnya saja. Dan untuk kawat pokoknya sama.


  • E 6010 dan 6011

Elektroda ini meruapakan salah satunya jenis elektroda selaput selulosa yang umum dipakai untuk pengelasan dan penembusan yang dalam. Pengelasan dapat dilaksanakan dengan semua status dan terak yang tipis lumayan gampang untuk dibikin bersih. Deposit las secara umum mempunyai bermacam karakter teknisi yang bagus dan dapat dipakai untuk tugas dengan pengetesan radiografi.


Selaput selulosa yang mempunyai tingkat kebasahan sekitaran 5% pada proses pengelasan bisa hasilkan gas perlindungan. E 6011 mempunyai kandungan kalium yang dapat dipakai untuk memantapkan busur listrik bila memakai arus AC.


  • E 6012 dan E 6013

Ke-2 elektroda ini termasuk dalam jenis selaput rutil yang dapat hasilkan penembusan sedang. Ke-2 nya dapat dipakai untuk lakukan proses pengelasan dalam semua status. Tetapi khusus untuk jenis E 6013 akan lebih baik untuk status pengelasan tegak arah ke bawah.


Jenis E 6012 umumnya dipakai pada ampere yang tinggi sekali melewati E 6013. E 6013 mempunyai kandungan kalium yang semakin banyak hingga bisa mempermudah pemakaian dalam voltage mesin yang rendah. Elektorda yang berdiameter kecil umumnya dipakai untuk mengelas plat tipis.


  • E 6020

Elektroda E 6020 sanggup hasilkan penembusan las sedang dan teraknya benar-benar gampang untuk dilepaskan dari susunan las. Selaput elektroda mempunyai kandungan oksida besi dan mangan. Cairan terak yang paling cair dan gampang mengucur sudah tentu akan merepotkan saat lakukan proses pengelasan dengan status lain dibanding balik tangan atau datar pada las pojok.


  • Elektroda dengan Selaput Serbuk Besi

Harus dipahami jika elektroda jenis E 6027, E 7014, E 7018, E 7024, dan E 7028 mempunyai kandungan serbuk besi yang bisa tingkatkan efektivitas pengelasan. Selaput elektroda bisanya akan makin tebal bersamaan dengan pertambahan prosentase serbuk besi. Hingga ini nanti akan memerlukan ampere yang semakin tinggi.


  • Elektroda Hidrogen Rendah

Selaput elektroda jenis ini mempunyai kandungan hydrogen yang paling rendah (bahkan juga kurang dari 0,5%), hingga deposit las akan bebas dari porositas. Elektroda ini dipakai untuk pengelasan yang memerlukan kualitas tinggi, bebas porositas, misalnya untuk pengelasan bejana dan pipa langsung akan alami penekanan beragam jenis elektroda hydrogen rendah misalnya E 7015, E7016, dan E 7018.


  • Keadaan Pengelasan

Seterusnya kami akan menjelasakan berkenaan keadaan pengelasan untuk elektroda Philips baja lunak dan baja gabungan rendah.


  • Elektroda untuk Besi Tuangkan

Berikut ialah elektroda yang umum dipakai untuk mengelas besi tuangkan:


  1. Elektroda baja
  2. Elektroda nikel
  3. Elektroda perunggu
  4. Elektroda besi tuangkan
  5. Elektroda nikel


Elektroda nikel sebagai jenis elektroda yang umum dipakai untuk mengelas besi tuangkan., bila hasil las masih ditangani kembali dengan memakai mesin. Elektroda nikel dapat dipakai dalam semua jenis status pengelasan. Elektroda nikel pada besi tuangkan sanggup hasilkan rigi-rigi las yang rata dan lembut bila dipakai pada pesawat las DC kutub kebalik.


Demikian artikel mengenai Jenis Kawat Las Untuk Galvanis. Semoga artikel ini dapat membantu anda memilih kawat las untuk galvanis.


Artikel lain yang berhubungan: perbedaan kawat las rb dan rd


Tags: ukuran kawat las untuk galvanis, harga kawat las galvanis, kode kawat las galvanis, jenis kawat las rb dan rd, elektroda untuk las galvanis, jenis kawat las untuk besi hollow, jenis kawat las untuk plat tipis, jenis kawat las lb