Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Besi Hollow Untuk Meja Yang Proporsional Seperti Produk IKEA

Daftar Isi [Lihat]

Ukuran Besi Hollow Untuk Meja - Sesudah sepanjang hari melakukan aktivitas, badan butuh waktu istirahat dari lelahnya tugas. Akan membahagiakan jika seisi rumah berisi mebel dengan rapi sekalian tampilkan segi dekorasi.


Hingga mebel itu bukan hanya fungsional, tetapi mempunyai karakter estetis yang nyaman dilihat. Umumnya mebel dibikin dari material dasar kayu jati yang mempunyai tingkat kelembapan tinggi hingga tahan lama dan tahan dari rayap.


Ukuran Besi Hollow Untuk Meja
Ukuran Besi Hollow Untuk Meja 


Tetapi sayang, makin bertambahnya produksi mebel yang dibuat dari kayu membuat tersedianya bahan kayu jati jadi makin susah. Makin bertambah juga bahan kayu yang kwalitasnya buruk tetapi dikatrol pada harga mahal.


Bahan besi yang banyak jenisnya, seperti


  • besi pelat, besi beton
  • besi siku, dan lain-lain


Antara semuanya, kemungkinan Anda tidak sadar jika salah satunya tipe besi yang dapat dibikin untuk banyak kepentingan mebel rumah tangga ialah besi hollow.


Alternative yang dapat dipakai dengan membuat mebel rumah tangga berbahan lain. Yaitu dengan menggunakan besi hollow yang ketersediaannya banyak dan gampang dibikin. Namun apakah Anda tahu Ukuran Besi Hollow Untuk Meja? dibawah ini akan kami ulas khusus untuk Anda step by step cara membuatnya.


Ukuran Besi Hollow Untuk Meja Seperti Produk IKEA

Kian kekinian, makin banyak orang yang membikin furnitur berbahan besi hollow. Rack, meja, bangku, credenza, partisi area sampai kerangka buat tempat tidur dapat memakai besi hollow.


Kebanyakan ukuran besi hollow untuk meja yang dipakai buat kepentingan furnitur yakni besi dengan ukuran 36x36mm. Betul-betul lumayan besar karena beban yang dijamin lantas besar juga.


Buat bikin cantik besi hollow, besi bisa dicat warna hitam serta ditambahkan sedikit sentuhan kayu pinus atau multipleks lapis telephone selulerl. Berikut yakni sejumlah buah pikiran pemanfaatan besi hollow buat furnitur rumah.


Besi hollow untuk bangku

Bangku yang dibikin bermaterial besi hollow mempunyai karakter yang enteng namun tetap berkekuatan yang bagus. Memang umumnya bangku dari besi hollow ditempatkan di luar ruang, tetapi tidak tutup peluang bila Anda membuat bangku dari besi hollow ini menjadi mebel di rumah Anda. Bangku berbahan besi hollow memakai ukuran 50mm dan perlu di-finishing dengan cat duco.


Besi Hollow Untuk Meja

Untuk membikin meja dari besi hollow, dibutuhkan ketebalan 50mm sebagaimana untuk membuat bangku. Meja dengan besi hollow umumnya dipakai sebagai meja makan. Penempatannya akan makin cantik jika dipadankan dengan kayu jati atau kayu trembesi.



Begini Cara Membuat Besi Hollow Untuk Meja

Bacahape.com Saat sebelum mengawali proses membuat meja dari besi hollow, Anda harus ketahui ukuran besi hollow untuk meja yang akurat. Anda memerlukan besi hollow dengan tebal 50 mm supaya meja lebih kuat. Sementara untuk ukuran besi hollow, dapat disamakan dengan ukuran meja yang diharapkan. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memakai besi hollow 3x3 8 mtr. untuk coffee table sejauh 85 cm dengan lebar 45 cm dan tinggi 60 cm.


Proses Membuat Meja dari Besi Hollow

Anda tentunya telah ingin tahu dengan membuat meja atau bangku dari besi hollow tanpa bujet yang besar. Berikut rangkuman langkah membuat meja dari besi hollow yang dapat Anda turuti.


  • Buat design meja

Sudah pasti Anda perlu mempunyai design meja yang ingin dibikin. Pertama, Anda perlu tentukan dahulu type meja apakah yang ingin dibikin, entahlah itu coffee table, meja kerja, meja teras, atau end table. Ke-2 , mencari rekomendasi design meja yang kiranya memikat buat Anda ikuti. Anda dapat mendapatinya di sosial media seperti Pinterest dan Instagram.


Seterusnya, gambar sketsa meja dan perincian ukuran, bergantung dengan type meja yang hendak dibikin. Di tutorial ini kali, contoh meja yang hendak dibikin dengan ukuran besi hollow untuk meja ialah coffee table 85x45x60 cm. Sisi palangan bawah meja dikasih ukuran besi hollow 79 cm dengan lebar 39 cm. Jarak di antara palangan bawah dengan lantai ialah 10 cm. Tentu saja ukuran ini opsional.


Simak Juga: Ukuran Hollow Baja Ringan


  • Tentukan material pengiring besi hollow

Saat membuat meja dari besi hollow, Anda memerlukan material pengiring yang umumnya ditempatkan sebagai permukaan meja. Ada beberapa material yang dapat Anda tentukan sesuai dengan selera, misalkan:


  1. kayu jati Belanda
  2. keramik
  3. multiplex
  4. bahkan juga kaca.


Dalam tutorial ini kali, kami pilih bahan keramik. Tetapi, tutorial ini masih tetap dapat Anda turuti dengan opsi material yang lain.


  • Buat kerangka meja dari besi hollow

Waktunya membuat kerangka meja dari besi hollow. Potong dahulu besi hollow sesuai perincian ukuran yang ada di design meja yang Anda bikin. Anda dapat menyambung tiap potongan besi hollow jadi kerangka meja dengan tehnik las ganda miter corner gabung memakai pelat tipis.


Sebagai panduan, Anda membutuhkan penggaris siku supaya tehnik las itu dapat sukses Anda kerjakan . Maka, kerangka meja juga tidak miring dan dapat digunakan secara baik.


Ini kali, kami memakai keramik sebagai permukaan meja. Awalnya, silahkan buat dudukan keramik memakai besi siku yang telah dilubangi dengan bor 6 mm. Potongi besi siku itu per lubang. Lantas, tiap dudukan terpasangkan ke kerangka meja supaya permukaan meja dapat terus konstan.


Simak juga: Cara Mengelas Besi Hollow


  • Yakinkan material pengiring telah cocok dengan kerangka meja

Anda perlu memeriksa kembali apa material pengiring yang dipakai telah sesuai kerangka meja yang dibikin. Jika material itu semakin besar dari kerangka meja, karena itu Anda tinggal ambil gerinda listrik untuk mengguntingnya.


Langkah alternative yang lain yang dapat dilaksanakan ialah membuat kerangka meja sama sesuai ukuran bermaterial pengiring yang Anda punyai, hingga tak perlu ribet menggunting material kembali.


  • Amplas kerangka meja

Saat sebelum mengecat besi hollow, sangat penting untuk lakukan pengamplasan. Dengan demikian, cat juga menjadi lebih gampang melekat, hasilnya lebih mulus, dan cat lebih bertahan lama. Pakai saja mata gerinda amplas dan lumatkan besi hollow sampai rata.


  • Teruskan pada proses pengecatan

Proses pengecatan dipisah jadi tiga tahapan, yakni epoxy, cat dasar, dan clear coating. Silahkan awali dengan menyemprot cat epoxy yang warna putih. Lantas, semprot cat dasar sampai rata ke semua permukaan kerangka meja.


Penyeleksian cat dasar ini bergantung pada hasrat Anda, dapat memakai warna hitam atau warna putih. Paling akhir, semprot susunan clear sebagai tahapan finising.


  • Sempurnakan meja yang dibikin

Saat ini, Anda tinggal memasangkan keramik, kaca, atau kayu pada bagian atas kerangka meja. Sesudah dipasang, tandai sisi bawah material yang nanti akan dibor. Sesudah material telah dibor, kenakan ke dudukan dengan baut L dan karet dudukan. Anda juga dapat memasangkan karet tutup besi hollow di kaki-kaki meja agar meja lebih konstan. Meja dari besi hollow juga usai dibikin.


Demikian artikel mengenai Ukuran Besi Hollow Untuk Meja. Semoga bermanfaat, terimakasih.