Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Beton Hampa Dan Kegunaannya

Daftar Isi [Lihat]

Pengertian Beton Hampa Dan Kegunaannya - Ini adalah topik yang sangat penting karena merupakan fondasi di mana semua struktur beton dibangun. Struktur beton hampa merupakan topik yang sangat penting dalam konstruksi. Ini adalah fondasi dari semua jenis konstruksi.


Beton hampa dapat digunakan untuk membangun apa saja mulai dari rumah, kantor, rumah sakit, dan sekolah hingga jembatan dan terowongan. Hal ini juga dapat digunakan untuk tujuan lain seperti lubang di pipa, gua dan tambang.


Pengertian Beton Hampa
Pengertian Beton Hampa


Ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai bahan bangunan di Eropa tetapi baru-baru ini diakui oleh arsitek dan insinyur bahwa struktur beton hampa dapat digunakan untuk tujuan lain termasuk proyek teknik sipil.


Pengertian Beton Hampa

Beton hampa dibikin dengan menyedot air pengencer adukan beton dengan menggunakan alat vakum khusus. Karena proses ini, tipe beton ini dikatakan sebagai beton hampa. 


Beton ini memiliki kemampuan tinggi sekali karena kandungan air yang masih ada ialah air yang telah bereaksi dengan semen saja. Beton hampa dipakai untuk bangunan-bangunan tinggi seperti beberapa gedung pencakar langit.


Pengertian Beton Hampa
Pengertian Beton Hampa


Artikel ini akan menjelaskan bagaimana teknologi baru ini bekerja, apa kelebihan dan kekurangannya, bagaimana hal itu dapat membantu kita dalam proyek konstruksi dan apa yang perlu kita ketahui tentang penerapannya dalam proyek teknik sipil.


Baca Juga: Cara Menghitung Beton Cor Jalan Raya



Jenis Struktur Beton & Kegunaannya

Jenis-jenis beton dan berbagai strukturnya telah digunakan untuk membangun berbagai hal. Mereka dapat digunakan di gedung, jembatan, gedung dan bahkan garasi mobil. Mereka juga digunakan dalam industri konstruksi di mana mereka dapat ditemukan dalam bentuk balok beton atau pelat beton.


Blok beton digunakan untuk membangun berbagai konstruksi, seperti jembatan, gedung, dan jalan. Mereka terbuat dari semen dan air dengan campuran khusus yang menciptakan campuran beton saat dicampur dengan air. Campuran khusus yang telah memberikan sedikit kekuatan pada struktur ini memastikan bahwa ia dapat menangani kondisi cuaca ekstrem.


Kebutuhan industri konstruksi dan kebutuhan negara saat ini menentukan bahwa jalan baru harus dibangun atau diperbaiki. Meskipun tidak ada kekurangan sumber daya, ini tidak berarti bahwa semua jalan diperbaiki dengan beton. 


Selain mampu menahan kondisi cuaca ekstrim, beton ini juga mampu menahan gempa juga. Hasil dari, industri konstruksi menunjukkan bahwa beton merupakan bahan yang bagus untuk membangun jalan baru. 


Solusi untuk Masalah Beton selalu menjadi pilihan sejak zaman Yunani kuno. Itu digunakan dalam berbagai cara selama abad-abad ini, termasuk untuk konstruksi batu, konstruksi bangunan dan jembatan, dan jalan. Namun, ketika datang ke jalan hari ini, itu masih digunakan dalam tiga arti kata tersebut. 


Baca Juga: Pengertian Beton


Semua yang kami bangun hari ini dibuat dengan beton. Dengan kekuatan dan daya tahannya yang tinggi, beton merupakan material yang telah digunakan sejak zaman dahulu oleh banyak negara. 


Yang membuat material ini begitu kuat adalah banyaknya beton di dalam struktur, baik secara kuantitas maupun kualitas; serta fakta bahwa itu sangat serbaguna. 


Hal ini membuat beton menjadi bahan yang sempurna untuk jalan dan bukan hanya untuk bangunan. Keuntungan lain dari beton adalah bobotnya yang rendah, yang memungkinkannya diangkut dan digunakan secara efisien. 


Ini membuatnya berguna untuk berbagai aplikasi, termasuk jembatan dan jalan serta rumah, sekolah, pabrik, dan lainnya. Beton juga merupakan bahan yang baik karena dapat digunakan untuk sejumlah besar tujuan, membuatnya sangat serbaguna. 


Misalnya, dengan beton, Anda dapat membuat jembatan kokoh yang dapat menahan beban berat tanpa kendur atau tekuk. Jadi, jika Anda berencana untuk membangun rumah atau sekolah baru untuk anak-anak Anda dan ingin memastikan bahwa itu terbuat dari bahan terbaik, maka beton adalah bahan untuk Anda.


Dalam dunia konstruksi, ada banyak sekali jenis dan struktur beton, berikut beberapa yang familiah ditengah masyarakat:


  1. Beton Non-Pasir
  2. Beton Ringan
  3. Beton Hampa.
  4. Beton Serat
  5. Beton Mortar
  6. Beton Massa
  7. Beton Bertulang
  8. Beton Prategang


Baca Juga: Mix Design Beton K250


Kegunaan Beton

Dalam industri konstruksi, beton sering digunakan untuk membangun dinding dan lantai. Hal ini juga digunakan di daerah lain seperti jembatan dan jalan. Biaya beton bervariasi dari beberapa dolar per meter persegi hingga ratusan dolar per meter persegi.


Bahan yang digunakan dalam proyek konstruksi bisa sangat mahal, tetapi juga sangat sulit untuk membuangnya setelah dipasang di lokasi. Beton dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan penyedot debu tetapi proses ini membutuhkan waktu, yang berarti pekerjaan tidak akan selesai sampai hari berikutnya atau lebih lama.


Untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lebih lanjut dengan beton, perusahaan perlu menggunakan cara yang efisien untuk menghilangkannya sebelum pergi bekerja setiap hari. Konstruksi beton vakum menggunakan penyedot debu yang menyedot semua beton dan isinya.


Ini dapat dilakukan secara manual atau otomatis dengan sistem vakum robot. Dimungkinkan juga untuk menggunakan peralatan pneumatik yang menggunakan gas terkompresi untuk menyedot beton ke dalam hopper di mana ia disimpan sampai perlu digunakan.


Kegunaan Struktur Beton Pada Bangunan Rumah Tahan Bocor

Membangun rumah dengan dinding dan langit-langit beton adalah salah satu tugas konstruksi paling umum yang dilakukan. Namun yang menyulitkan adalah perlunya membuat dinding atau beton bertulang yang besar, kuat dan kuat. Artikel ini akan membahas secara singkat penggunaan beton untuk membangun rumah dan memberikan tips cara memasangnya dengan baik.


Membangun rumah beton sangat mirip dengan membangun rumah baja. Perbedaan utama antara keduanya adalah beton lebih kuat, bobotnya lebih ringan dan lebih murah karena lebih tahan lama. 


Selain itu, air yang tersimpan dalam beton dapat digunakan berulang kali sebelum perlu diganti dengan air tawar. Membangun titik koneksi antara setiap bagian dari rumah, agar air tidak bocor. 


Untuk menghindari kebocoran, penting untuk memperhatikan segel yang menahan air di dalam rumah dan memastikannya tidak rusak. Segel yang baik tidak hanya menghentikan kebocoran air dari sambungan tetapi juga memungkinkan sirkulasi udara di dalam rumah dan menjaga suhu pada tingkat yang nyaman. 


Cara terbaik untuk menghindari kebocoran adalah untuk mencegah air menumpuk di persendian dan untuk menyeka air berlebih yang menumpuk di sana.


Gambar Beton Hampa

Berikut ini adalah salah satu contih gambar beton hampa:


Gambar Beton Hampa

Gambar Beton Hampa


Demikian artikel mengenai beton hampa. Terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.


Baca Juga: Jenis-Jenis Beton