Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Dak Beton Bondek Per M2 Tahun 2022

Daftar Isi [Lihat]

Biaya dak beton bondek. Dak sebagai konstruksi yang dibuat dari beton cor yang terletak tak langsung ada pada atas tanah. Dak ini bisa dipakai menjadi konstruksi lantai di bangunan yang bertingkat, juga bisa dipakai menjadi aksen kantilever yang begitu banyak dipakai pada beberapa rumah minimalis sekarang ini.


Nach, bila anda memiliki rencana untuk membuat suatu rumah atau bangunan tentulah anda mesti ketahui biaya dak beton bondek? Dak beton bondek atau dak beton floor deck ialah peningkatan dari dak beton ready mix atau konvensional.


Floor deck atau bondek adalah bahan yang dibuat dari besi dengan tebal 6-10mm dengan lebar 80-100cm.NBondek ini berperanan sebagai substitusi papan kayu dan tripleks buat bekisting.


Keungggulan konstruksi beton ini ialah material yang dipakai jauh makin irit dibanding dengan beton ready mix biasa. Bahan bondek yang dibentuk dari besi membuat bondek dapat menjadi tulangan besi di pelat sisi bawah.


Wujud bondek yang seperti huruf W pula di-claim bisa mengirit biaya beton sampai 30%. Bila Anda penasaran dengan biaya dak beton bondek, dibawah ini akan kami ulas estimasi biayanya.


biaya dak beton bondek
Biaya Dak Beton Bondek


Biaya Dak Beton Bondek

Kalau anda bakal lakukan pemesanan bahan untuk dak beton bondek, maka mengalkulasi biaya dak beton bondek per mtr diawal sangatlah penting. Satu diantara metode paling gampangnya, kita mengambil contoh untuk keperluan bahan cor semisalnya panjang 10 m, lebar 16 m. Jika anda juga memanfaatkan triplek jadi ketebalan yang wajib dipakai yakni 0,2 m, jadi: volume pelat lantai 10 m x 16 m x 0,2 m = 19,2 m3.


Untuk angka keamanan atau safety unsurnya kita bikin saja 2,5% x 9,2 m3 = 0,48 m3( ini ditujukan cuma untuk sebuah cadangan saja waktu berlangsung kekurangan lantaran terdapatnya momen yang tak tersangka seperti tumpah, kebocoran, bekisting, salah kalkulasi dan seterusnya) . Sehingga jumlah volume beton yang dibutuhkan yakni 19, 68 m3 , kita bulatkan saja jadi 20 m3.



Estimasi Biaya Dak Beton Bondek

Seandainya 1 truk mixer bisa membawa kira-kira 7 m3, jadi jumlah yang wajib anda pesan yakni 20 m3: 7 m3= 3 truk. Dengan detail untuk 2 truknya yang berisi 7 kubik dan 1 truk yang berisi 6 kubik.


Disini, jadi sekurang-kurangnya anda butuh 3 truck mixer dengan kemampuan 7 m3.


Nach seandainya biaya dak beton bondek yakni senilai Rp. 790.000, jadi 790.000 x 20 kubik = Rp.15.800.000. Harga tergolong pastinya belum tergolong biaya tukang dan perabotan/bahan yang lain. Tidak hanya itu biaya cor dak pun bergantung dari tipe beton atau bahan yang anda pakai.


Baca artikel lainnya Penyebab Beton Retak Setelah Pengecoran


Biaya Dak Bondek Per m2 2022

Materi bondek, sengaja direncanakan dalam beragam ukuran dan ketebalan yang bermacam. Maksudnya, agar warga dapat bebas saat menentukan bahan dan memakainya sesuai keperluan. Adapun biaya dak beton bondek dimulai dari Rp 98.000,- sampai Rp 185.000,-.


Perlu kalian ingat , yang kerap menggunakan bondek dengan tebal 1 mm, produk sering alami inden. Oleh karenanya, dianjurkan untuk pesan dan cari lebih dulu infonya ke toko material paling dekat. Berikut, langkah hitung harga per helainya.


Harga per helai bondek, dihitung berdasar rumus harga per mtr. dikali dengan panjang bondek yang sudah diminta. Hingga, bisa jadi harga per helainya tambah mahal atau tambah murah dari range harga yang sudah disebut sebelumnya.


Biaya Cor Dak Bondek Per Mtr.

Dak beton bondek penting disiapkan untuk membuat suatu lantai menjadi baru, kuat dan tahan lama didalam rumah. dengan lakukan pengecoran ini rupanya lebih ekonomis dibanding mode ngedak yang lain.


Kalian yang memakai cor dak bondek, ukuran potongan panjang bondek yang ada di toko yakni 6 mtr. Hal itu, dipicu oleh argumen saat pengiriman barang dari toko ke arah lokasi tempat rumah pemesan supaya lebih gampang untuk dibawa.


Biaya pengecoran dak beton bondek untuk ukuran rumah sejumlah 5,5 x 11 m, pemaparannya akan dimulai dari bahan-bahan lebih dulu. Biaya harga unit yang perlu kalian siapkan, salah satunya ada:


  1. Bondek per helai pada harga Rp 540.000,-
  2. Wiremesh per helai sejumlah Rp 515.000,-
  3. Semen 3 roda per sak pada harga Rp 55.000,-
  4. Pasir beton per colt sejumlah Rp 220.000,-
  5. Batu split per colt pada harga Rp 260.000,-


Selanjutnya, jumlah dari bondek yang diperlukan pada proses pembuatan rumah memiliki ukuran 5,5 x 11 m, sekitar 10 buah. Dilanjut dengan wiremesh sejumlah 4 buah. Lantas ada semen yaitu 40 sak. Pasir beton sekitar 4 colt, dan batu split sejumlah 5 colt.


Jika dijumlahkan keseluruhnya harga berbahan diatas, bisa capai nominal Rp 11.840.000,-. Selanjutnya, perincian dari biaya upahhnya, seumpama tenaga pokok per-orangnya dibayar sejumlah Rp 200.000 dalam jumlah lima orang. Seterusnya, tenaga pembantu sekitar tujuh orang.


Gaji yang diberi untuk tenaga pembantu ini, biasanya semakin lebih rendah dari yang didapat oleh tenaga pokok. Sebutlah saja contoh kalian menggajinya sejumlah Rp 150.000,- per-orangnya. Lantas, biaya paling akhir untuk konsumsi sejumlah Rp 250.000,-.


Jumlah keseluruhnya biaya yang ditaksir untuk memberi gaji ke beberapa tenaga kerjanya saja, capai angka Rp 2.300.000,-. Nach, bila dijumlahkan di antara biaya bahan dengan biaya gajinya, karena itu keseluruhnya angkanya jadi Rp 14.410.000,-.


Estimasi biaya dak beton bondek diatas, bisa berbeda bergantung dari peningkatan harga material yang ada di toko atau keinginan harga gaji yang disodorkan oleh faksi karyawan bangunan. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menyiapkan biaya sejumlah Rp 16.000.000,-.


Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Biaya dak beton bondek yang dikeluarkan sebanyak apapun kalau pengerjaannya tidak dilakukan dengan baik dan benar ya percuma. Kebocoran di dak beton dapat muncul lantaran penyelesaiannya tidak dilaksanakan dengan bagus. Turuti cara membuat dak beton biar tidak riskan terserang kebocoran berikut ini:


  • Bersihkan seluruhnya permukaan dak dari kotoran

Cara ini cukup efisien lantaran permukaan yang sungguh-sungguh bersih dapat membuat susunan waterproofing dapat menempel dengan kuat. Pakai kape gagang atau sikat untuk bersihkan dak keseluruhan.


  • Pasang waterproofing

Bersihkan permukaan dak saja tidak cukup, Anda penting memasangkan waterproofing dengan bahan dasar polyurethane sekalian tempelkan serat waterproof di semua permukaan dak. Kerjakan langsung ini dengan tempelkan serat dengan cara memencetnya menggunakan roller yang udah direndam ke cat anti bocor.


  • Perkokoh susunan anti bocor dengan semen

Anda bisa membuat susunan anti bocor kian kuat dengan menggunakan semen. Campur cairan waterproofing dengan plesteran semen dan buat susunan dengan tebal 3-5 cm untuk meyakinkan dak tidak simpel bocor.


  • Memakai fungicidal wash

Tersedianya jamur di bagian bawah dak beton dapat disebabkan karena mulai air yang bocor. Untuk bersihkan dak dari jamur, Anda dapat memakai fungicidal wash untuk bersihkan. Tidak cuma bersihkan jamur yang udah ada, fungicidal wash bisa juga digunakan untuk menghindar jamur tumbuh di plafon.


  • Pakai alkali sealer

Alkali sealer yakni produk yang dipakai selaku cat dasar untuk kurangi peresapan air dan uap air di permukaan alkali, berikan pelindungan pada jamur, kerusakan di beton, dan peralihan warna. Anda bisa juga memakai alkali sealer untuk membuat hasil pengecatan yang nampak lebih rapi dan tidak belang.

  • Kerjakan pengeceran sekitar 2x

Anda penting melaksanakan perihal ini untuk meyakinkan biar dak beton tidak bocor. Kerjakan pengecatan pertama dengan kombinasi air sekitar 10%. Sementata itu, pakai kombinasi air sekitar 20% untuk pengecatan ke-2 . Dengan melaksanakan cara ini, Anda bisa membuat plafon kembali nampak bersih.


Maka saat ini Anda telah mengetahui cara membuat dak beton tidak bocor? Yakinkan Anda melaksanakan beberapa langkah di atas untuk meyakinkan kwalitas dak beton.


Demikian artikel mengenai biaya dak beton bondek. Semoga artikelnya bermanfaat, salam sukses Pahlawan Pembangunan Indonesia.