Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Besi Beton: Polos, Ulir, Fungsi Dan Harganya

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Besi Beton: Polos, Ulir, Fungsi Dan Harganya - Kedatangan besi beton dalam project beton memberi kemampuan pada project akhir yang lebih besar dibanding beton saja. Kemampuan ini penting untuk beberapa hal seperti bangunan dan jalan. Besi beton dipakai tingkatkan kualitas dari ikatan dengan beton.


Jenis besi beton ialah kerangka besi yang dipakai untuk perkuat susunan beton pada bangunan. Besi beton yang disebutkan concrete steel atau rebar. Tanpa besi beton, karena itu beton bangunan semakin lebih gampang rengat saat karena guncangan-guncangan kecil saat kendaraan melewatinya ataupun lebih gampang patah saat terjadi gempa bumi.


Jenis Besi Beton
Jenis Besi Beton


Arah khusus pemasakan jenis besi beton untuk tingkatkan kemampuan ambil beton, menolongnya meredam rengat dan pecah. Dengan kemampuan ambil yang semakin besar, beton lebih sanggup meredam putus di bawah tegangan.


Jenis Besi Beton Dan Fungsinya

Bacahape.com Ada dua jenis besi beton yang terkenal dan tersebar dalam masyarakat yakni besi polos dan besi ulir. Dua jenis besi itu sama bisa dipakai untuk konstruksi bangunan.


Jenis Besi Beton Dan Fungsinya
Jenis Besi Beton Dan Fungsinya

Karena yang paling tentukan kemampuan konstruksi satu bangunan ialah ukuran besinya bukan memiliki bentuk.


  • Besi Ulir

Jenis besi ini lebih baik dibanding besi polos dalam soal kuat ambil dan kuat pencet saat dipadankan dengan beton siap gunakan (ready mix concrete). Ini muncul karena permukaan besi ulir yang bergerigi dan berulir membuat daya rekat di antara beton dan besi lebih kuat dan kuat.


Wujud ulir mempunyai potensi membuat daya rekat (ikatan) yang semakin kuat pada beton karena ulir akan meredam pergerakan tulangan pada beton. Ketahanan pencet besi ulir minimum 400 Mpa (1,67 kali besi polos).


Maka bila kita ingin membanguan satu bangungan khususnya bangunan tingkat yang memerlukan tulangan besi yang kuat prioritaskan untuk memakai besi ulir. Tetapi bila keadaan tertentu (keuangan dan kebatasan stok) tidak mungkin untuk memperoleh besi ulir gunakanlah besi polos.


Harga besi ulir memang sedikit mahal bila kita bandingkan dengan besi polos, tetapi kemampuan konstruksi bangunan harus jadi fokus utama kita karena bangunan khususnya bangunan tingkat memakai ongkos yang banyak.


  • Besi Polos

Jenis besi beton polos, ciri-ciri khusus besi beton polos ialah mempunyai permukaan yang mulus, licin dan bulat. Harga besi polos tambah murah serta lebih gampang kita dapatkan di beberapa toko bangunan. Jenis besi ini gampang dibengkokan dan mempunyai karakter yang lentur. Penekanan yang bisa ditahan oleh besi beton ialah 240 Mpa.


Besi polos biasanya dipakai untuk membikin tulang-tulang gedung atau fondasi tempat tinggal individu. Pemakaiannya dipakai bertepatan dengan kawat dan besi begel sebagai bahan pembikin tulang-tulang atau fondasi.



Panduan Memilih Jenis Besi Beton Agar Tidak Salah Beli

Istilah jenis besi beton tentunya sudah tidak asing dalam telinga. Tetapi, tahukah kamu seperti apakah sebenarnya besi beton? Besi Beton ialah besi yang dipakai untuk penulangan konstruksi beton ataupun lebih terkenal dikatakan sebagai beton bertulang. Besi Beton tulangan pada intinya terdiri dari 2 wujud, yakni besi polos (plain bar) dan besi ulir atau (deformed bar).


Besi polos ialah besi yang mempunyai penampang bulat dengan permukaan licin atau mungkin tidak bersirip. Dan besi ulir ialah besi dengan wujud permukaan berwujud sirip membentang atau rusuk memanjang dengan skema tertentu yang dipilin di proses produksinya. Bagaimanakah cara memilih besi beton yang berkualitas sebagai bahan khusus konstruksi?


  • Memerhatikan Jenis Besi Beton

Seperti diterangkan di atas, ada dua jenis besi beton yakni besi polos dan besi ulir. Masing-masing bisa berguna dengan optimal jika pas dalam memilih sesuai perannya. Pahami karakter besi beton saat sebelum membeli jadi poin penting.


  • Besi Beton Ulir

Besi beton ulir mempunyai karakter yang susah dibuat, misalkan saat akan dibengkokkan. Ini terkait dengan tegangannya yang lumayan tinggi. Berlainan hal dengan beton polos yang condong lebih gampang untuk dibuat. Besi beton yang berkualitas memiliki tingkat kekerasan yang baik sekali. Untuk menghitungnya dapat memakai alat yang namanya hardness tester.


  • Memeriksa Keadaan Besi Beton

Memeriksa keadaan besi beton jadi cara yang penting dilaksanakan untuk memperoleh besi beton berkualitas. Triknya dengan menyaksikan keadaan besi, apa berkarat atau mungkin tidak. Besi yang berkarat akan percepat proses penghancuran pada besi.


Besi yang berkarat juga beresiko untuk kesehatan. Seharusnya jauhi pemakaian besi yang telah berkarat. Pemakaian besi yang bebas karat akan berpengaruh bagus untuk mempertahankan kesehatan, disamping itu jenis besi tanpa karat lebih tahan lama.


  • Sesuaikan Ukuran Besi Beton

Besi beton dipilh dengan arah supaya bangunan supaya lebih bertahan lama dan kuat. Karena itu, samakan ukuran besi dengan berat beban yang hendak didukungnya saat beli besi beton. Untuk jamin kemampuan susunan bangunan, seharusnya tentukan besi beton berdiameter penuh dan sesuai ukuran standar.


Ukuran standar besi beton ialah 12 mtr.. Untuk diameternya sendiri, ada ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm, dan 25mm. Dengan angka real, sekurang-kurangnya harus ada toleran 0,2mm.


  • Penyeleksian Merek Besi Beton

Pada produk apa saja, tentu ada merk-merk favorit dengan kualitas terbaik. Demikian juga hal dengan besi beton. Pilih merk-merk yang telah terhitung dalam kelompok Standar Nasional Indonesia (SNI). Umumnya, merek besi beton bisa disaksikan di atas besinya.


  • Harga Besi Beton

Menjadi rahasia jika biasanya kualitas barang lurus sebanding dengan harga. Maknanya bila ingin beli barang berkualitas, harga juga tambah mahal dibandingkan kualitas yang lebih rendah. Hal ini berlaku untuk harga besi beton. Perlu dimengerti jika merk-merk SNI di atas tentu saja tambah mahal dibandingkan dengan merek yang lain belum masuk kelompok SNI.


Fungsi Besi Beton Pada Konstruksi Bangunan

Beton Dapat Jadi Bahan Bangunan Tempat tinggal yang Berkualitas dan Tidak Gampang Keropos. Besi beton dibutuhkan untuk menyeimbangi keadaan konstruksi bangunan jika meskipun beton kuat dalam penekanan, dia relatif kurang kuat dalam tarikan.


Dengan pengecoran besi beton ke beton, dia sanggup bawa beban ambil dan tingkatkan kemampuan keseluruhannya.


Walau nyaris tiap orang sudah mengetahui akan manfaat besi bagunan tetapi sering warga salah pilih ukuran dan macamnya. Kekeliruan ini muncul karena ukuran dan jenis besi beton benar-benar sangat bermacam hingga membuat kita ketidaktahuan.


Pada akhirnya kita salah pilih jenis dan ukuran besi untuk rumah atau gedung yang kita bangun. Beton mempunyai beberapa peranan salah satunya ialah:


  • Pengokohan primer: dipakai untuk memberi ketahanan untuk memberikan dukungan beban design.
  • Pengokohan sekunder: dipakai untuk ketahanan dan arah seni dengan memberi ketahanan lokal untuk batasi rengat dan tegangan karena temperatur.
  • Memberi ketahanan pada beban terpusat, menebarkannya lewat tempat yang bertambah luas.
  • Tangkai pengikat baja external untuk batasi dan perkuat susunan pasangan bata, kadang sebagai fasilitas pelestarian bangunan.
  • Pasangan bata bertulang: Beberapa block pasangan bata dan batu bata mempunyai rongga untuk memuat tulangan untuk meredam beban ambil. Besi beton jamin ketahanannya.


Baca juga Jenis Jenis Beton


Jenis Besi Beton SNI

Dalam memilih jenis besi beton SNI, selainnya ukuran dan kekuatannya dalam menyokong beban, standar SNI harus juga jadi perhatian. Apabila sudah mempunyai cap ini karena itu besi itu mempunyai kualitas yang baik untuk dapat dipakai dalam membuat sebuah bangunan atau tempat tinggal Anda.


Jenis Besi Beton SNI



Untuk ukuran sendiri, jenis besi beton dapat diperbedakan berdasar diameter, yakni besi 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 13 mm, 22 mm sampai 25 mm bahkan juga ada pula yang capai 50 mm. Besi beton SNI di Indonesia terdiri ke dua barisan yaitu baja tulangan polos (code BjTP) dan baja tulangan sirip (code BjTS). Untuk standarisasi yang BSN (Tubuh Standarisasi Nasional) tentukan, ada banyak hal yang ditata, misalnya:


Ukuran dan berat besi beton

  1. Toleran
  2. Diameter dalam
  3. Sirip membentang

Nach, beberapa merk besi SNI yang dapat Anda temui di pasar ialah seperti berikut ini.


  • Master Steel

Master Steel adalah perusahaan produksi bata paling tua di Indonesia. PT The Master Steel Mfc berdiri semenjak tahun 1972. Selainnya pemasaran di Indonesia, Master Steel mengekspor produknya ke sejumlah negara tetangga. Besi beton yang dibuat mempunyai kualitas yang tidak perlu disangsikan kembali, hingga namanya juga dikenali banyak kelompok di luar negeri.


  • Krakatau Steel

Perusahaan ini bergerak di produksi baja semenjak tahun 1960. Sampai sekarang ini, besi beton dari merk Krakatau Steel kemungkinan menjadi satu diantara opsi khusus warga Indonesia karena kualitas dan kekuatannya yang oke.


  • Hanil Jaya Steel

Jenis besi beton dari PT Hanil Jaya Steel sudah berdiri semenjak tahun 1975. Salah satunya kekhasan dari perusahaan ini ialah mereka tidak lakukan export untuk produk-produknya. Semua produk cuma dipasarkan dalam negeri.


  • Delco Sempurna

Mempunyai harga yang bersaing dan produk yang ramah lingkungan. Delco Sempurna selalu memprioritaskan kualitas dan memberi produk yang terbaik untuk customer. Jamin kekuatan dari susunan lewat dua jenis produknya, besi beton polos dan besi beton ulir.


  • Interworld Steel

Interworld Steel menyuguhkan beragam jenis ukuran besi yang dapat penuhi keperluan konstruksi yang berbagai macam. Besi beton dari Interworld Steel ini juga tepercaya kwalitasnya karena dibikin oleh perusahaan yang eksper sekalian disokong oleh team pakar konstruksi.


Besi Beton Polos

Pada umumnya, besi beton polos adalah material bangunan atau konstruksi tanpa ulir yang populer dengan kemampuannya dan ketahanan dalam fondasi bangunan. Umumnya besi beton polos digunakan sebagai rangka atau tulangan, yang mana bermanfaat untuk meredam fondasi beton pada proses pembangunannya.


Besi Beton Polos
Besi Beton Polos


Jenis besi beton polos ini sudah datang dengan beragam ukuran dan berat besi beton polos yang bermacam. Dengan demikian bisa disamakan oleh keperluan dan kepentingan dalam pembangunan. Biasanya, ukuran besi ini bisa memberi dampak pada kualitas bangunan. Lalu apa ukuran yang cocok untuk bangunan? Baca pembahasan berat besi beton polos, di sini!


Fungsi Besi Beton Polos

Jenis besi beton polos seringkali dipakai untuk pembangunan gedung, karena berbahan yang gampang didapat dan harga yang paling ekonomis. Jika dibanding dengan material untuk bangunan yang lain harga benar-benar jauh berbeda, walau demikian dia masih tetap memberi perform dan kualitas yang sangatlah baik dan terjaga.


Material besi beton sering dipakai untuk konstruksi rasio kecil sampai besar. Seperti jembatan, bangunan tempat tinggal, jalanan, bendungan, terowong, viaduct, drainase, bak, irigasi, atau dinding penahan tanah dan ada banyak manfaat yang lain.


Kelebihan Besi Beton Polos

Jika disaksikan dari segi karakternya, jenis ini memiliki karakter yang tahan pada penekanan atau getaran berstruktur benar-benar kuat hingga pas digunakan dalam semua jenis project. Disamping itu, besi ini benar-benar tahan dengan penekanan yang tinggi sekali jika dibanding lewat produk konstruksi yang lain. Bahkan juga material ini termasuk jenis besi yang relatif bertahan lama ataupun lebih tahan lama.


Selanjutnya mempunyai ketahanan tinggi dan kuat pada air hingga tidak gampang berkarat. Tidak cuma tahan pada air, material ini tahan pada api yang baik sekali dan kuat. Hingga material ini tidak gampang alami kerusakan jika dipakai dalam periode waktu lama.


Disamping itu, memiliki karakter yang fleksibel dan gampang sekali untuk dibentuk-bentuk sama sesuai keperluan. Misalkan dibuat seperti balok, plat, atau kolom. Jika Anda memakai material ini tak perlu memerlukan tenaga kerja pakar dalam penempatannya. Untuk sisi perawatannya, sangat murah dan gampang.


Ukuran dan Berat Besi Beton Polos

Jenis material ini mempunyai beragam ukuran dan berat yang berbeda. Ini diberi didasari atas keperluan dan kepentingan pada suatu proses pembangunan. Untuk standar SNI, besi ini mempunyai toleran dalam dimensi. Ini memiliki arti jika beda pada diameter di antara besi yang tersebar berdiameter besi real sekitar di antara 0,2 mm.


Baca juga Maksud Beton K 300


Harga Besi Beton

Saat sebelum membaca tabel ini, ketahui dahulu istilah-istilah berikut:


Harga Besi Beton
Harga Besi Beton


  1. D: besi beton ulir
  2. SNI: Standar Nasional Indonesia
  3. BjKU: Baja Batangan untuk Kepentingan Umum


Berdasar ukuran standar, panjang jenis besi beton ialah 12 mtr. berdiameter bermacam dimulai dari 6, 8, 10, 12, 13, 16, 22, dan 25 milimeter.

ProdukUkuran (mm)Harga
Besi Beton 8 TJ SNI7,5 mmRp42.500
Besi Beton 10 TJ SNI9,5 mmRp64.000
Besi Beton 12 TJ SNI11,5 mmRp85.000
Besi Beton 16 TJ SNI15,5 mmRp157.000
Besi Beton D 10 TJ SNI9,5 mmRp65.000
Besi Beton D 13 TJ SNI12,5 mmRp105.000
Besi Beton D 16 TJ SNI15,5 mmRp160.000
Besi Beton D 19 TJ SNI18,5 mmRp235.000
Besi Beton 8 IBD SNI7,8 mmRp46.000
Besi Beton 10 IBD SNI9,8 mmRp65.000
Besi Beton 12 IBD SNI11,8 mmRp97.000
Besi Beton D 13 IBD12,8 mmRp113.500
Besi Beton D 16 IBD15,8 mmRp166.800
Besi Beton D 19 IBD18,8 mmRp221.900
Besi Beton 8 SRB SNI7,1 mmRp38.000
Besi Beton 10 SRB SNI9,1 mmRp70.000
Besi Beton 12 SRB SNI11,2 mmRp80.000
Besi Beton D 13 SRB SNI12,2 mmRp107.000
Besi Beton D 16 SRB SNI15,2 mmRp175.000
Besi Beton 8 SPI BjKU7 mmRp36.000
Besi Beton 10 SPI BjKU8,7 mmRp56.000
Besi Beton 12 SPI BjKU10,5 mmRp76.000
Besi Beton 8 MSS BjKU6,2 mmRp34.000
Besi Beton 10 MSS BjKU8 mmRp46.000
Besi Beton 12 MSS BjKU9,5 mmRp66.000
Besi Beton TARIK 43,8 mmRp16.000
Besi Beton TARIK 44 mmRp17.000
Besi Beton TARIK 54,2 mmRp18.000
Besi Beton TARIK 65,2 mmRp23.000
Besi Beton TARIK 65,6 mmRp27.000
Besi Beton TARIK 65,8 mmRp29.000



Demikian artikel mengenai Jenis Besi Beton. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.