Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Cara Agar Atap Dak Beton Tidak Menyerap Panas

Daftar Isi [Lihat]

Teman, sudah pernahkah Anda menghitung berapakah temperatur atap dak Anda jam 12.00 siang saat matahari sedang terik-teriknya ? Taukah anda cara Agar atap dak beton tidak menyerap panas? Atau sudah pernahkah Anda menghitung berapakah temperatur dinding luar bangunan saat jam yang serupa ? jika anda mengalami kepenasan pada bangunan rumah Anda pastilah Anda mencari artikel ini, oke memang tulisan ini ditujukan untuk siapapun yang menalami bangunan rumahnya bersuhu tinggi pada jam-jam tertentu.


Cara Agar Atap Dak Beton Tidak Menyerap Panas
Cara Agar Atap Dak Beton Tidak Menyerap Panas


Cara Agar Atap Dak Beton Tidak Menyerap Panas

Bacahape.com - Ya, saat waktu pas memberikan jam 12.00 siang, temperatur atap rumah kita bisa capai 52oC dan tentunya temperatur semakin lebih panas untuk wilayah disekitaran garis Khatulistiwa seperti Samarinda atau Pontianak.


Dengan temperatur sepanas itu maknanya dak beton atau dinding luar bangunan akan menyerap panas itu dan menyimpan sementara sepanjang 3.5 jam dan melepasnya ke rumah. Tersebut sebagai jawaban kenapa temperatur di rumah masih tetap berasa panas walau pada malam hari.


Temperatur yang panas bisa mengakibatkan rengat pada dak beton dan dinding bangunan. Panas ini mengakibatkan kualitas plasteran dan acian bisa menjadi turun. Nach rengat berikut yang nanti jadi jalan untuk air hujan masuk ke beton dan dinding hingga timbullah kebocoran, rembes dan lembab.


Lantas bagaimanakah Cara Agar atap dak beton tidak menyerap panas?


Beberapa lalu, beberapa produsen cat besar telah mengeluarkan Cat Anti Panas untuk menangani panas pada dinding bangunan yang bertujuan agar menemukan solusi dari cara agar atap dak beton tidak menyerap panas. Namun perlu diketahui bahwa Cat hanya berperan untuk mempercantik penampilan saja tapi cat tidak sanggup berperan sebagai lapisan anti bocor atau waterproofing.


Maka dari itu nampaklah produk yang diberi nama Lapisan Anti Panas.


Produk semacam ini masih baru dan belum terlampau populer di Indonesia, selain harga yang cukup tinggi dibanding dengan lapisan anti bocor biasa. Beberapa produk ini masih impor di luar negeri dan sedikit produsen yang ingin menghasilkan sendiri.


Kami telah coba salah satunya produk Lapisan Anti Panas pada siang hari jam 12.25 dengan cara dikuas pada permukaan dak yang sudah dibikin bersih, hasilnya ialah dak beton yang tidak diaplikasi produk memberikan temperatur 52oC sementara yang sudah diterapkan produk memberikan temperatur 37oC.


Rupanya pengurangan temperaturnya cukup berarti yaitu sejumlah 17oC. Hasilnya juga saat diinjak dengan kaki , kaki tidak akan rasakan panas tetapi dingin.


Pengurangan temperatur sejumlah 17oC ini memberi dampak yang besar sekali untuk dak beton, maknanya dak tidak kembali terima panas berlebihan dari sinar matahari, tapi panas itu akan ditampik oleh Susunan Lapisan Anti Panas, hingga keadaan dak akan selalu terlindungi hingga tidak gampang muncul rengat.


Disamping itu Susunan Lapisan Anti Panas ini berbentuk susunan fleksibel yang rupanya kedap air hingga bisa digunakan sebagai Lapisan Anti Bocor atau Waterproofing yang tentu saja bisa digunakan pada keadaan lembab sekalinya.


Dengan faedah sebagai penolak panas dan lapisan anti bocor pada atap dak beton dan dinding bangunan, harga yang cukup tinggi ini kelihatannya tidak kembali jadi permasalahan, apa lagi jika disokong dengan daya tebar yang paling luas.


Apa Anda berminat untuk mencoba ?



Atap Anti Panas

Tinggal di wilayah beriklim tropis membuat cuaca di Indonesia condong panas dan lembap. Untuk berlindung di bawah teriknya cahaya matahari, banyak bangunan pada akhirnya terpasang pendingin ruang seperti kipas atau AC.


Tetapi selainnya pendingin ruang, penempatan peredam panas atap atau yang dikenali sebagai insulasi atap bisa Anda tentukan sebagai jalan keluar membuat rumah lebih sejuk. Karenanya, untuk Anda yang tinggal di daerah dengan cuaca dingin, penggunaan peredam panas atap akan menolong ruang masih tetap hangat sepanjang musim dingin.


Lalu, apa beberapa jenis peredam panas atap dan bedanya? Lewat artikel ini berikut info yang hendak Anda peroleh:


6 Tipe Peredam Panas Atap


  1. Polyurethane
  2. Aluminium Foil
  3. Bubble Foil
  4. Panel Styrofoam
  5. Glass Wool
  6. Polyester


Peredam panas atap umumnya terpasang pada bagian atas atau sela di antara atap dengan langit-langit plafon. Cara kerja dari peredam panas atap ini cukuplah sederhana. Alat yang terpasang akan atur perputaran panas di rumah, di mana energi panas dari di dalam ruang tidak akan gampang keluar. Kebalikannya, panas di luar rumah tidak akan gampang masuk saat buka pintu.


Peredam panas atap sendiri sebagai benda yang berperan untuk kurangi peresapan panas cahaya matahari dari atap. Merilis dari Wikipedia, insulasi sendiri memiliki arti proses pemisahan atau penghalangan untuk menahan peralihan arus listrik, panas, bunyi, dan lain-lain.


6 Tipe Peredam Atap Anti Panas

Keterangan berkenaan insulasi atap di atas kemungkinan membuat Anda berminat untuk mengaplikasikannya di dalam rumah. Tetapi, saat sebelum cepat-cepat beli cari info dahulu 6 tipe peredam panas atap dan cara agar atap dak beton tidak menyerap panas yang dipakai untuk bangunan menggunakan dak cor beton:


  • Polyurethane

Peredam panas atap yang pertama dibuat dari tipe cairan polyurethane yang berwujud busa (foam). Cairan ini dibuat cukup padat hingga bisa menyerap panas dengan semakin kuat. Bahkan juga, digadangkan insulasi atap tipe ini tahan pada semua tipe cuaca dan tidak gampang hancur hingga benar-benar pas untuk semua tipe atap dimulai dari kayu sampai seng.


Cara penerapannya juga gampang. Cukup semprot polyurethane foam pada susunan luar dari atap rumah Anda. Lantas nantikan sesaat sampai cairan pada akhirnya mengeras.


  • Aluminium Foil

Bahan aluminium foil banyak dipakai untuk kepentingan mengolah karena karakternya yang tahan panas. Rupanya tidak cuma untuk kepentingan dapur, aluminium foil menjadi satu diantara bahan peredam panas atap yang lumayan disukai.


Berwujud lembar warna perak, tipe insulasi atap ini bisa menolong jaga kelembapan ruang. Penempatannya lumayan gampang dan tidak makan kebanyakan tenaga.


  • Bubble Foil

Tipe peredam panas atap satu ini benar-benar serupa dengan bubble wrap yang biasa dipakai untuk membuntel paket. Dengan warna silver, tipe insulasi atap ini sebagai modifikasi dari tipe aluminium foil.


Keunggulannya, tidak cuma efisien dalam menahan udara panas, harga dari tipe bubble foil termasuk cukuplah murah.


Beberapa online shop jual dimulai dari Rp9 ribu/helai s/d Rp700 ribu/gulungan ukuran 50m. Bila ada anak-anak atau balita di rumah, pemakaian peredam panas tipe bubble foil benar-benar pas karena bahan didalamnya tidak memiliki kandungan zat yang beresiko.


Tambah tanaman kecil di pojok ruang agar tempat tinggal kelihatan makin asri dan sejuk.


  • Panel Styrofoam

Selainnya bubble foil, tipe peredam panas panel styrofoam mempunyai harga yang relatif dapat dijangkau. Bahan baku khusus dari tipe ini sebagai butiran plastik yang dipadatkan lalu diisi kembali dengan udara.


Memiliki bentuk sendiri seperti wafer, di mana sisi styrofoam dijepit oleh dua bahan plastik atau panel prefabrikasi dengan pola serupa parket lantai kayu. Dalam pada itu, harus diingat bila atap rumah Anda dibuat berbahan yang panas seperti seng, seharusnya jauhi menggunakan tipe ini karena tidak sekeras insulasi atap yang lain.


  • Glass Wool

Dibuat dari serat fiberglass, tipe peredam panas atap ini diproses lewat rangkaian proses dan dibuat seperti susunan serupa wool. Tetapi tidak cuma menyerap panas, type glasswool rupanya baik pada menahan suara hingga kerap dipakai di studio musik.


Dibanding tipe yang lain, glasswool jarang-jarang diterapkan pada tempat tinggal biasa. Pemakaiannya semakin banyak ditujukan untuk gedung perkantoran dan pabrik.


  • Polyester

Tipe polyester jadi peredam panas atap terpopuler di tengah-tengah warga. Di pasar, variasi yang terbanyak dipakai ialah polyester R3.5. Sekarang ini, tipe polyester telah banyak digunakan pada sarana umum s/d gedung tingkat karena bisa dibuktikan sanggup menahan panas secara baik.


Manfaat Memakai Peredam Atap Anti Panas

Dari keterangan di atas, Anda sudah mengetahui peranan khusus dari peredam panas atap untuk atur perputaran udara panas hingga tempat tinggal berasa lebih sejuk dan nyaman. Insulasi yang terpasang pada atap rumah akan jaga agar panas di rumah tidak terlampau tinggi atau rendah.


Keuntungan ini benar-benar menolong saat masuk beragam musim. Tempat tinggal masih tetap hangat pada musim penghujan dan berasa sejuk pada musim kemarau. Bersamaan dengan hal itu, faedah yang lain dapat Anda peroleh ialah mengirit penggunaan energi.


Pemakaian AC, kipas, atau penghangat dengan intensif tinggi bisa membuat bill listrik membesar. Tetapi, dengan memasangkan peredam panas atap, ditanggung Anda lebih irit energi dan memiliki arti irit uang.


Faedah yang lain, rupanya penempatan insulasi atap bisa menolong perpanjang usia atap Anda. Peredam panas atap yang dipasang bisa membuat perlindungan atap dari beberapa benda asing yang kemungkinan memiliki sifat menghancurkan.


Jadi dibandingkan keluarkan uang untuk reparasi atap, menukar panel insulasi sekian tahun sekali semakin lebih murah.

Memakai peredam panas atap untuk menambahkan kesejukan rumah menjadi alternative untuk Anda yang tinggal di kota besar, seperti Surabaya.


Cara Menjaga Atap Anti Panas

Setelah mengetahui cara agar atap dak beton tidak menyerap panas selanjutnya mari kita rawat atap anti panas ini. Penempatan peredam panas atap memang condong gampang. Tetapi, Anda perlu ketahui cara pas untuk menjaganya agar insulasi masih tetap tahan lama dan berperan optimal. Perlu dimengerti, permasalahan khusus dari peredam panas atap ialah air.


Insulasi yang basah biasanya muncul karena dua factor.


Pertama factor external di mana peredam terserang air yang masuk di luar rumah. Ke-2 , dari factor intern karena kelembapan udara yang terlampau tinggi karena jeleknya sirkulasi.


Permasalahan ini tidak bisa diremehkan. Peredam panas atap yang basah bisa menjadi lembab dan pada akhirnya banyak jamur dan bakteri yang lain beresiko untuk kesehatan.


Karenanya seharusnya buat agenda teratur untuk memeriksa adakah susunan atau sisi yang bocor pada insulasi atap. Yakinkan perputaran udara berjalan dengan baik dengan membuat sirkulasi yang cukup buat masuk keluar udara.


Bila peredam panas atap telanjur basah dan hancur, selekasnya panggil kontribusi professional untuk mendapatkan bantuan dan menukarnya sama yang baru.


Demikian tadi artikel mengenai cara agar atap dak beton tidak menyerap panas. Untuk Anda yang rumahnya mengalami kepanasan pada siang hari, mungkin bisa melakukan tips pada artikel diatas.


Terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.


Baca Juga: Struktur Atap Dak Beton