Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tinggi Gedung Bulutangkis Yang Benar

Daftar Isi [Lihat]

Para arsitektur gedung olahraga khususnya gedung bulutangkis mengatakan banyak hal lain yang penting diingat untuk membikin lapangan berkualitas dan nyaman. Adapun tinggi gedung bulutangkis yang benar dipakai yakni 7-8 mtr., dan tinggi bubungan atap dari lantai kurang lebih 11-12 mtr.


Tinggi Gedung Bulutangkis
Tinggi Gedung Bulutangkis


Yang lain seperti penerangan tempat lapangan supaya jadi perhatian dan tinggi gedung bulutangkis. Pintu masuk khusus yang tidak menggangu lapangan karena kerap membuka tutup yang dapat silau atau masukknya angin di luar yang dapat mengusik permainan di atas lapangan, ruangan istirahat dan kamar mandi dan ganti baju penting diingat.


Tinggi Gedung Bulutangkis Dan Ukurannya

Bacahape.com - Beragam aktivitas olahraga bisa dilaksanakan untuk mempertahankan kesehatan dan stamina badan. Aktivitas olahraga dapat dilaksanakan sendiri, berdua, atau dalam team.


Di Indonesia sendiri, salah satunya aktivitas olahraga yang benar-benar disukai oleh beberapa kelompok ialah olahraga badminton, nah pada kali ini kita akan membahas mengenai tinggi gedung bulutangkis.


Bukan hanya jadi aktivitas olahraga yang dimainkan oleh semua kelompok, badminton menjadi satu diantara cabang olahraga yang menyumbangkan banyak prestasi untuk negara. Oleh karena itu, tidaklah aneh bila banyak warga Indonesia yang meriah dalam memberikan dukungan laga badminton.


Supaya makin optimal, tentu saja aktivitas olahraga badminton ini perlu dilaksanakan di atas lapangan badminton, dengan konstruksi gedung bulutangkis yang berstandar nasional. Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sendiri sudah tentukan ukuran lapangan badminton dan tinggi gedung bulutangkis yang sama sesuai standard.


Ukuran lapangan badminton ini sudah diputuskan untuk mendukung permainan badminton dan capaian gerak pemain. Baca keterangan ukuran lapangan badminton versus PBSI berikut!



Ukuran Lapangan Bulutangkis Nasional

Lapangan badminton berwujud segi panjang dan dipisah dengan jala jadi dua segi panjang yang sama. Penataan standard untuk sebuah lapangan harus diikuti untuk laga tunggal dan double. Lapangan double lebih lebar dari lapangan tunggal, tapi panjang sama-sama. Berikut ukuran lapangan badminton sama sesuai PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh a Indonesia):


  • Panjang lapangan badminton = 13,40 mtr..
  • Lebar lapangan badminton = 6,10 mtr..
  • Jarak garis servis depan dari garis net = 1,98 mtr..
  • Jarak garis servis belakang (untuk double) dari garis belakang lapangan = 0,76 mtr..
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan = 3,05 mtr..
  • Jarak garis samping permainan partai tunggal dari garis tepi lapangan = 0,46 mtr.


Ukuran lapangan badminton di atas dipakai pada standard nasional dan internasional . Maka tidak ada ketidaksamaan di antara ukuran lapangan badminton di Indonesia dan di luar negeri karena mempunyai ketetapan yang sama.


Ukuran Lapangan Bulutangkis Partai Tunggal (Singgel)

Ketidaksamaan pada ukuran lapangan badminton ada di kelompok kompetisinya. Pada laga partai tunggal, panjang tempat bermainnya memakai garis lapangan belakang sisi luar dan lebar tempat bermainnya memakai garis lapangan samping sisi dalam. Berikut penuturannya:


  • Panjang sektor permainan = 13,40 mtr.
  • Lebar sektor permainan = 5,18 mtr.
  • Panjang sektor yang menerima service = 4,72 mtr.
  • Lebar sektor yang menerima service = 2,59 mtr.


Ukuran Lapangan Bulutangkis Partai Double (Double)

Dalam pada itu, pada laga double, panjang tempat bermainnya memakai garis lapangan belakang sisi luar dan lebar tempat bermainnya memakai garis lapangan samping sisi luar, Berikut keterangan lebih terang ukuran lapangan badminton double:


  • Panjang sektor permainan = 13,40 mtr.
  • Lebar sektor permainan 6,10 mtr.
  • Panjang sektor yang menerima service = 3,96 mtr.
  • Lebar sektor yang menerima service = 3,05 mtr.


Ukuran Net Bulutangkis

Berikut ukuran net badminton atau jala badminton bagus untuk permainan partai tunggal dan double:


  1. Tinggi tiang net = 1,55 mtr..
  2. Tinggi net = 1,524 mtr..
  3. Panjang net = 6,10 mtr..
  4. Lebar net = 0,75 mtr..
  5. Pucuk net teratas dikasih batas putih dengan lebar = 7,5 cm


Demikian artikel mengenai tinggi gedung bulutangkis yang benar. Semoga artikelnya bermanfaat, salam sukses selalu.