Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya

Daftar Isi [Lihat]

Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya - Mesin gerinda merupakan salah satu jenis mesin yang banyak digunakan oleh para pekerja dibidang konstruksi. Kita sering denger kan di tempat-tempat seperti pembangunan gedung, pembuatan properti dll sering terdengar suara bising dari gesekan gerinda.


Pada dasarnya mesin gerinda ini dibuat untuk memutarkan sejenis batu atau yang lainnya untuk menghasilkan potongan atau perbaikan lainnya. Yang jelas ada banyak sekali jenis batu gerinda saat ini dikarenakan banyaknya aktifitas konstruksi yang membutuhkannya.


Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya
Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya


Nah, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai jenis batu gerinda yang saat ini banyak digunakan oleh para tukang. Oke to the poin aja yah, langsung kita bahas dibawah ini, cekidot.


Jenis Batu Gerinda

Bacahape.com - Mesin Gerinda dalam operasionalisasinya memanfaatkan Mata Gerinda atau Batu Gerinda, di mana mata potongnya berjumlah banyak dan dipakai buat potensi dalam pemanfaatan buat menajamkan atau selaku alat potong benda kerja.


Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya
Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya


Berikut bacahape jelaskan jenis batu gerinda yang populer digunakan oleh para tukang. Mudah-mudahan kabar ini bisa berguna untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai jenis batu gerinda.


  • Amplas Gerinda

Ada dua jenis amplas ialah flap disc dan fibre disc. Ampelas ini memiliki fungsi buat mendatangkan finishhing permukaan yang rata dan lembut dengan mengurangi permukaan baik pasa permukaan logam atau pada permukaan kayu.


  • Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)

Pemanfaatan gerinda pertajam spons (Grinding wheel Sponge), memiliki fungsi buat melembutkan dan berkilaukan permukaan pada batu marmer/granit.


Proses pembuatan pada instalasi marmer/granit, selalu dibarengi dengan proses pemangkasan dan pengikisan, maka dari itu dari hasil proses itu menyebabkan tersedianya permukaan yang tidak kembali mengkilat pada marmer/granit.


  • Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Dari beberapa jenis kelengkapan buat mesin gerinda, produk ini (batu gerinda) adalah produk yang sangat banyak diperlukan dan dipakai dalam proses pembuatan logam.


Batu gerinda atau umum dikatakan dengan "Grinding wheel" memiliki fungsi buat mengurangi permukaan logam, baik pada besi, baja, atau stainless steel.


  • Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)

Guna gerinda tembok adalah buat mendatangkan permukaan yang rata dan meratakan dan mengurangi segi granit buat mencipakan lekukan sama sesuai skema yang diharapkan. Gerinda jenis ini bisa dipakai buat mengurangi pada bagian permukaan semen, tembok, dan marble/granit.


  • Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Batu gerinda potong atau dikatakan dengan "Cutting wheel" miliki wujud paling berlainan dibanding dengan batu gerinda yang lain. Batu gerinda ini miliki wujud yang datar, dengan tebal yang dipunyai pada macam produknya dimulai dengan 3 mm sampai 8 mm.


Sesuai sama perannya, batu gerinda potong cuma memiliki fungsi buat lakukan pemangkasan di media logam, bagus buat besi mildsteel, baja, sampai stainless steel, dengan tentu saja menyamakan spesifikasi pada produk itu.


  • Polishing Pad dan Wool Poles (Wool Polishing)

Wool Polishing adalah mata gerinda yang dipakai buat proses finishhing dengan kain poles. Umumnya mata gerinda jenis ini dipakai buat proses finishhing pada permukaan mobil, ialah mempoles permukaan mobil yang baret dengan menggunakn cairan pembasmi guratan atau wax.


Wax atau cairan pembasmi gores ini diratakan pada permukaan yang tergesek lantas menggerakan alat gerinda wool polishing bonnet ini secara halus dengan perlahan-lahan pada permukaan mobil.


  • Mata Gerinda Flexible (Flexible Grinding)

Jenis batu gerinda fleksibel, atau umum dikatakan dengan "Flexible disc" secara fisik miliki wujud seperti batu gerinda pertajam, tetapi lebih tipis dengan sisi permukaan miliki skema/pattern. Batu gerinda jenis ini umumnya dipakai buat mengurangi permukaan logam pribadi pada ruang-area yang terbatas/sempit.


  • Mata Gerinda Pertajam Woven (Non Woven Nylon Wheel)

Gerinda pertajam woven atau non woven nylon wheel adalah jenis mata gerinda polishing, yang miliki guna selaku melembutkan dan berkilaukan benda sesuai sama mata gerinda pertajam spons. Tetapi yang memperbandingkannya adalah material benda yang di lakukan.


Apabila mata gerinda pertajam spons material yang dipolishing atau difinishing adalah batu, sementara itu mata gerinda non woven buat mefinishing material seperti logam, besi, stainless steel dan alumunium.


Perlu Anda pahami mata geridan non woven ini bukanlah dipakai buat mempolishing atau berkilaukan material benda kerja namun cuma mefinishingkannya saja, dapat berkilaukan namun cuma sedikit saja karena bisa mengurangi susunan logam itu.


  • Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Sikat gerinda memiliki fungsi buat bersihkan permukaan logam dari tersedianya kotoran seperti karat, kerak, dan gara-gara oksidasi pada permukaan logam.


Alat ini bisa juga memiliki fungsi buat mengkupas susunan kulit liar kayu dengan arah menyingkirkan susunan itu. Alat ini miliki 2 wujud ialah wujud rata (wheel wire brush) dan wujud magkuk (cup wire brush).


  • Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)

Sesuai sama namanya, pisau potong keramik/diamond wheel miliki guna untuk memangkas keramik. Berdasar pada ragamnya, pisau potong keramik miliki 2 jenis, ialah jenis basah, dan jenis kering.


Pada pisau keramik dengan jenis basah, proses pemangkasan harus memanfaatkan air selaku medium pendinginan dari mata pisau itu, sementara itu pada jenis kering, tidak butuh air.


  • Batu Gerinda Pertajam Non-Woven (Non-Woven Nylon Wheel)

Batu gerinda pertajam non woven dipakai untuk melembutkan dan mengkilatkan. Tetapi tidak untuk batu marmer dan granit.


Tetapi untuk melembutkan permukaan permukaan logam, terutamanya pada Stainless steel dan Aluminium.


  • Polishing Pad dan Kain Poles (Wool Polishing Bonnet)

Polishing Pad dan Kain Poles dipakai di proses polishing permukaan logam yang dilapis cat dengan clear coat paint. Umumnya dipakai saat mengoles cat mobil agar mengkilat kembali.




Cara Merawat Batu Gerinda Agar Tidak Mudah Aus

Pemakaian perkakas electronic menolong kita supaya lebih efektif dan memudahkan dalam pembuatan. Salah satunya alat electronic itu yakni gerinda tangan banyak memiliki peranan dan manfaat.


Bukan hanya dipakai, alat electronic perlu untuk di rawat supaya tahan lama dan terbangun keoptimalannya hingga pemakai juga terbebas dari kecelakaan saat bekerja dan memperoleh hasil yang optimal.


Cara Merawat Batu Gerinda Agar Tidak Mudah Aus
Cara Merawat Batu Gerinda Agar Tidak Mudah Aus


Berikut panduan cara merawat batu gerinda supaya gerinda kamu tahan lama dan nyaman saat dipakai, terutamanya mesin gerinda tangan yang banyak memiliki peranan dan manfaat.


  • Bersihkan Mesin Sesudah Usai Di Pakai

Penting diperhatikan, jenis batu gerinda dan mesinnya jika hanya dipakai saja tanpa adanya perlakuan yang klop dengan panduan maka akan cepat terjadi kerusakan. Ini berlaku untuk jenis mesin atau perkakas apapun.


Seharusnya membersihkan gerinda di saat usai dipakai, karena penggunaan mesin gerinda akan bersinggungan dengan debu dan zat - zat tertentu yang bila tidak selekasnya dibikin bersih akan menimbun dan melekat yang hendak jadi susah untuk dibikin bersih.


Membersihkan mata gerinda khususnya dari cairan karena ini bisa membuat mata gerinda jadi karat.


  • Check Fungsi Pada Gerinda

Kerjakan pengujian peranan pada gerinda, ini penting untuk dilaksanakan karena akan berpengaruh pada performa gerinda saat dipakai. Check keadaan kabel apa sisi ini terkupas atau mungkin tidak. 


Disamping itu check tombol tombol pada mesin apa berperan secara baik atau mungkin tidak. Pada banyak produk gerinda pasti dibubuhi kertas yang berisi cara-cara pemakain dan perawatannya, salah satu keterangan yang ada pada setiap produk biasanya memeriksa seluruh fungsi pada mesin gerinda, mulai dari baut, kabel, batu gerinda dan dan lain-lain.


  • Check Kekencangan Baut Pengunci Batu Gerinda

Check kekencangan pada baut, yakinkan baut tidak dipasang pada kondisi kendur karena akan mencelakakan di saat operasionalisasi. Disamping itu lihat kekencangan batu, yakinkan dipasang secara baik supaya mata batu tidak lepas dan tidak mencelakakan pemakai.


  • Oleskan Oli Pada Sisi Yang Terbuka Dan Berkarat

Pelumuran oli di bagian terbuka dan berkarat pada gerinda akan menolong menjaga performa mesin. Seharusnya oleskan dengan oli pada proses yang bergerak, ini dilaksanakan supaya performa mesin jadi optimal kembali dan tidak alami kesusahan di saat operasionalisasi.


Bila Mesin Di Taruh Terlampau Lama Lihat Hal-Hal Di Bawah Ini


  1. Supaya mesin terbebas dari kerusakan karena debu, seharusnya minimum satu minggu sekali mesin gerinda teratur dibikin bersih. Karena debu yang didiamkan menimbun bisa menghancurkan beberapa komponen dan jadikan mesin bekerja tidak maksimal.
  2. Lumasi bagian dari mesin gerinda dengan oli bila ingin lama tidak dipakai. Ini dilaksanakan supaya tidak ada karat pada elemen, selainnya itu mesin tidak macet saat dipakai kembali.
  3. Supaya mesin selalu terlindungi dan tidak hancur seharusnya dengan teratur panasi mesin gerinda. Triknya, hidupkan mesin gerinda sepanjang 5 menit , kerjakan hal itu satu minggu sekali supaya mesin masih tetap maksimal di saat dipakai.



Pemakaian perkakas electronic menolong kita supaya lebih efektif dan memudahkan dalam pembuatan. Salah satunya alat electronic itu yakni gerinda tangan banyak memiliki peranan dan manfaat.


Bukan hanya dipakai, alat electronic perlu untuk di rawat supaya tahan lama dan terbangun keoptimalannya hingga pemakai juga terbebas dari kecelakaan saat bekerja dan memperoleh hasil yang optimal.


Berikut panduan menjaga gerinda kamu supaya tahan lama dan nyaman saat dipakai, terutamanya mesin gerinda tangan yang banyak memiliki peranan dan manfaat.


  • Bersihkan Mesin Sesudah Usai Di Pakai

seharusnya membersihkan gerinda di saat usai dipakai, karena penggunaan mesin gerinda akan bersinggungan dengan debu dan zat - zat tertentu yang bila tidak selekasnya dibikin bersih akan menimbun dan melekat yang hendak jadi susah untuk dibikin bersih.


Membersihkan mata gerinda khususnya dari cairan karena ini bisa membuat mata gerinda jadi karatan.


  • Check Peranan Pada Gerinda

Kerjakan pengujian peranan pada gerinda, ini penting untuk dilaksanakan karena akan berpengaruh pada performa gerinda saat dipakai. Check keadaan kabel apa sisi ini terkupas atau mungkin tidak. 


Disamping itu check tombol tombol pada mesin apa berperan secara baik atau mungkin tidak.


  • Check Kekencangan Baut Pengunci Batu Gerinda

Check kekencangan pada baut, yakinkan baut tidak dipasang pada kondisi kendur karena akan mencelakakan di saat operasionalisasi. Disamping itu lihat kekencangan batu, yakinkan dipasang secara baik supaya mata batu tidak lepas dan tidak mencelakakan pemakai.


Saat ini banyak terdapat jenis batu gerinda yang dijual beserta aksesorisnya seperti baut. Usahakan pakailah aksesoris yang bawaan dari produknya, agar tidak cepat rusak ketika dipakai.


  • Oleskan Oli Pada Sisi Yang Terbuka Dan Berkarat

Pelumuran oli di bagian terbuka dan berkarat pada gerinda akan menolong menjaga performa mesin. Seharusnya oleskan dengan oli pada proses yang bergerak, ini dilaksanakan supaya performa mesin jadi optimal kembali dan tidak alami kesusahan di saat operasionalisasi.


Bila Mesin Di Taruh Terlampau Lama Lihat Hal-Hal Di Bawah Ini


  1. Supaya mesin terbebas dari kerusakan karena debu, seharusnya minimum satu minggu sekali mesin gerinda teratur dibikin bersih. Karena debu yang didiamkan menimbun bisa menghancurkan beberapa komponen dan jadikan mesin bekerja tidak maksimal.
  2. Lumasi bagian dari mesin gerinda dengan oli bila ingin lama tidak dipakai. Ini dilaksanakan supaya tidak ada karat pada elemen, selainnya itu mesin tidak macet saat dipakai kembali.
  3. Supaya mesin selalu terlindungi dan tidak hancur seharusnya dengan teratur panasi mesin gerinda. Triknya, hidupkan mesin gerinda sepanjang 5 menit , kerjakan hal itu satu minggu sekali supaya mesin masih tetap maksimal di saat dipakai.



Demikian artikel mengenai Jenis Batu Gerinda Dan Cara Merawatnya. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih, salam sukses selalu.