Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Proyek dan 79 Jenisnya

Pengertian Proyek dan 79 Jenisnya, Pengertian Proyek adalah istilah yang sering digunakan pada saat kita membahas tentang bisnis dan juga pembangunan. Lebih dari itu, proyek juga sering disebut-sebut dalam dunia Universitas karena kata "PROYEK" merupakan bagian dari ilmu pengetahuan.


Pengertian Proyek
Proyek Kontruksi


Pengertian Proyek Lengkap Dengan Jenisnya

Walaupun penggunaan istilah ini masih tergolong baru karena mulai sering dipergunakan sejak rovolusi industri. Namun demikian asal kata proyek sebenarnya berasal dari zaman yunani, nanti akan kami jelaskan dibawah.


Dinegara kita, pemerintah sendiri akhir-akhir ini sering menggunakan istilah tersebut seperti pembangunan ibukota baru, pembuatan pabrik lithium, pembuatan jalur kereta cepat dan lainnya. Sehingga kata proyek sendiri menjadi lebih banyak dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat kita.


Pengertian Proyek Secara Bahasa

Proyek adalah kata yang berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata "Pro" yang artinya waktu dimana sebelum terjadinya suatu kegiatan atau pekerjaan. Dan yek berasal dari kata "Iecere" yang maknanya "melemparkan".


Proyek dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa asing yang pengucapannya dibiaskan menjadi kata projek. Kata projek sendiri sebenarnya kata yang salah eja namun sering dipergunakan di negara kita.


Pengertian Proyek Secara Istilah

Proyek adalah suatu kegiatan yang sifatnya sementara dengan berbagai usaha kolaboratif yang diperhitungkan secara matang menggunakan pendekatan penelitian mendalam untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi ini merupakan rangkuman yang kami ambil dari situs wikipedia.


Banyak pula para ahli mendefinisikan kata proyek namun kami hanya memberikan beberapa saja agar Anda tidak bingung memaknainya. Adanya banyak pendapat ini sebenarnya juga untuk melihat betapa para ahli ingin berkontribusi mengembanhkan kata tersebut sehingga relevan dengan kebutuhan zaman.


Definisi lain tentang proyek menurut AMP atau Association for Project Management artinya adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan dalam kurun waktu sementara dan bersifat unik. Dengan demikian, pelaksanaan proyek seringkali direncanakan dengan matang agar anggaran dan waktu yang dibutuhkan sesuai dengan rencana awal.


Secara singkat, pengertia proyek adalah sebuah kegiatan sementara yang bisa berbentuk pembangunan gedung, jembatan, dan lainnya dalam kurun yang telah ditentukan diawal pelaksanaan.


Jenis Proyek

Jenis Proyek merupakan pembagian kegiatan yang banyak sekali cakupan seperti ekonomi, pembangunan, tekhnologi, dunia digital, dan lain sebagainya. Oleh karena itu untuk mempermudah pengklasifikasian jenis sebuah proyek dapat kita lihat dari aktifitas yang paling sering digunakan yaitu:


Proyek Pelayanan Manajemen

Aktifitas yang ada dalam jenis ini berupa pembuatan atau pemutakhiran sistem informasi dan pelayanan terhadap publik. Contohnya seperti merancang sebuah cara agar tindak kriminal berkurang, pembaharuan sistem informasi web pemerintah maupun swasta dan lainnya.


Proyek Penelitian dan Pengembangan

Jenis aktifitasnya berupa penelitian suatu produk tertentu, pencarian lokasi bijih tambang dan sebagainya. Tugas ini dilakukan oleh para ahli dibidangnya masing-masing agar bisa dieksekusi oleh para pekerja ditambang atau area proyek tersebut.


Proyek Kapital

Jenis kegiatan proyek biasanya dijalankan oleh pemerintah suatu negera untuk pembebasan tanah, pengadaan kebutuhan material pemerintahan dan penyiapan lahan perusahaan BUMN. Yang terahir masalah pembebasan lahan, di Indonesia sendiri banyak terjadi masalah semacam ini mulai dari pembebasan lawan untuk bandara, PLTU, waduk dan lainnya.


Kesimpulan sederhana dari pembahasan diatas adalah suatu jenis proyek sebenarnya sebuah kegiatan yang saling terkait satu sama lainnya, adapaun diluar dari itu, merupakan pengembangan dari proyek itu sendiri yang memiliki waktu tertentu didalam penyelesaiannya.


Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap contohnya, jika diperinci terdapat sub kegiatan seperti proyek kontruksi pembuatan cerobong, instalasi mesin, dan lainnya, sehingga semua kegiatan yang berada didalamnya disebut proyek PLTU.


Demikian artikel tentang pengertian proyek yang semoga Anda sudah menemukan gambaran maknanya. Dengan mengetahui arti proyek diharapkan akan menambah wawasan yang berguna ketika bekerja dibidang-bidang yang berhubungan dengan istilah proyek.