Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerja Dalam Proyek : Penjelasan dan Kesempatan Kerja di Pertamina

Pekerja proyek disebut juga kuli merupakan tulang punggung dari pembangunan yang ada di kota, desa ataupun pelosok-pelosok negeri. Tanpa pekerja proyek mustahil ada sebuah gedung-gedung bertingkat, jalan-jalan yang panjang, jembatan, dan lain sebagainya.

Di balik besarnya kontritribusi pekerja proyek maka tidak etis jika memandang pekerja proyek sebagai pekerjaan yang rendahan. Pekerja proyek di sebut kuli dalam pergaulan di masyarakat merupakan contoh kurang etisnya gelar itu di berikan kepada pekerja proyek. Lantas di sebut apa selain kuli? Sebut saja "Pekerja Proyek".

Pekerja Dalam Proyek

Pekerja proyek memang identik dengan pekerjaan yang banyak mengandalkan kerja-kerja fisik. Mulai dari kerja ngaduk, ngecor, ngramik, dan lain sebagainya. Tapi perlu di ingat, lebih dari itu pekerja proyek atau kuli bekerja sebagaimana tugasnya. Tidak lebih.

Pekerja Dalam Proyek : Penjelasan dan Kesempatan Kerja di Pertamina

Mereka hanya menjalankan tugas sebagai pekerja proyek. Mereka bekerja sesuai jobnya, tidak merangkap bekerja menjadi penjual besi, penjual semen dll. Hal-hal nakal dalam dunia proyek memang seringkali terjadi, mulai dari isengnya tangan-tangan oknum yang menjual peralatan proyek, bahan-bahan bangunan, dan lain sebagainya.

Namun itu semua tidak lebih dari oknum, pekerja proyek tidak lebih berurusan dengan barang-barang itu, mereka sekedar menggunakan perlengkapan kerja atau menggunakan bahan bangunan yang telah di sediakan.

Yang untuk lebih dari kenakalan ini sebenranya para kontraktor, oknum kontraktor, yang sangat bersinggungan dengan pembelanjaan peralatan dan bahan bangunan proyek. Jadi, jangan salahkan pekerja proyek jika ada sebuah proyek jalan atau jembatan yang kontruksi atau kualitas bangunannya jelek. Semata-mata pekerja proyek hanya bekerja sesuai tugasnya.

Maka dari itu, stigma memandang rendah pekerja proyek sebaiknya di rubah. Hari ini nasib yang tidak menentu seorang pekerja proyek sedang di ujung tanduk. Apalagi adanya UU Cipta kerja.

Pekerja proyek sekarang kebanyakan sistemnya kontrak. Jika kontrak sudah selesai maka pindah ke bos yang berbeda lagi. Belum lagi jika menemukan perusahaan atau kontraktor yang jahat. Yang hanya memeras keringat pekerja proyek namun tidak menjamin kesejahteraannya.

Walaupun pekerja proyek banyak lika likunya namun masih banyak saja yang bekerja sebagai pekerja proyek yang sistemnya kontrak. Kita doakan bersama untuk para pekerja proyek atau Pahlawan Pembangunan, semoga mereka di beri rezeki yang lancar dan seluruh keringat yang mereka curahkan untuk menafkahi anak istri dan juga berkorban tenaga untuk pembangunan Indonesia tercatat sebagai amal ibadah. Amin

Pekerja proyek adalah adalah pahlawan bagi pembangunan seluruh dunia. Namun nasib mereka seringkali di permainkan. Gaji yang kecil, tempat kerja yang pindah-pindah (jika sistemnya kontrak), resiko yang sangat besar dan lain sebagainya, maka dari itu nasib mereka juga bagian dari nasib kita. 

Banyak aliansi-aliansi, serikat yang memperjuangkan nasib mereka, karena apa mereka memperjuangkan nasib para pekerja proyek? karena mereka sadar bahwa pekerja proyek juga bagian dari mereka, kita dan semua. 

Proyek merupakan suatu pekerja yang sifatnya unik. Seseorang yang bekerja di suatu proyek entah itu proyek pembuatan jalan, proyek pembuatan jembatan, proyek pembuatan gedung dan lain sebagainya merupakan pekerja dalam proyek. Proyek sekecil apapun tetap itu bernama proyek. 

Jabatan Pekerja Proyek

Sebenarnya ada banyak sekali jabatan pekerja proyek , namun saya tidak akan menjelaskan secara rinci tugas-tugasnya.

Berikut ini adalah tugas dan wewenang sesuai jabatan pekerja proyek :

Project Manager (PM)

Untuk tugas dan tanggung jawab seorang Project Manager (PM) adalah menentukan kebijakan-kebijakan, mengatur, mengkordinasi pihak terkait dalam suatu proyek yang akan di kerjakan.

Site Engineer

Tugas dan tanggung jawab seorang Site Engineering adalah memberi petunjuk, membuat kerangka acuan kerja, mengadakan penilaian, melakukan pengecekan hasil laporan laporan pengujian dan lain sebagainya

Structure Engineering

Seorang Structure Engineering menganalisa struktur yang di berikan oleh Site Engineer untuk di berikan ke mandor, dan lain sebagainya.

Architect Engineering

Tugasnya adalah menganalisis sketsa yang di buat oleh drafter dan lain sebagainya

Quality Control

 Tugasnya yaitu memeriksa kualitas kerja dan menyusun laporan bulanan.

Drafter

Tugasnya membuat gambar dan menyesuaikan gambar perencanaan sesuai dengan yang ada di lapangan.

Quantity Engineer (QE)

Tugasnya mengawasi kontraktor dan membuat laporan pelaksanaan kerja di lapangan.

Staff Akutansi

 Tugasnya membuat buku kas dan mengolah data dan kearsipan

Sebenarnya masih ada banyak lagi strukyur dalam suatu proyek. Sahabat bisa mengetahuinya lebih lanjut di sini.

Loker Pertamina Terbaru

Sebuah berita nasional menyebutkan, bahwa pemerintah Indonesia akan menambah tenaga kerja di perusahaan-perusahaan BUMN khususnya di Pertamina untuk mempercepat proyek-proyek pembangkit listrik di berbagai daerah.

PT Pertamina (Persero) mengatakan pada tahun 2020 akan memperluas dampak perekonomian negara dengan melibatkan lebih banyak pekerja di dalam proyek pembangunan proyek pembangunan kilang Refinary Development Master Plan (RDMP) dan Grass Roof Refinery (GRR).

Untuk sahabat yang ingin bekerja di proyek pertamina untuk sekarang ini belumlah terlambang. Pengadaan pekerja besar-besarn ini pasti di lakukan secara bertahap, jadi masih ada kesempatan jika sahabat ingin bekerja di perusahaan BUMN khususnya Pertamina.

Untuk lebih jelasnya sahabat bisa kunjungi web resmi Pertamina disini.

Demikian penjelasan mengenai pekerja dalam proyek dan kesempatan untuk bisa kerja di Pertamina. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Salam Sukses