Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontruksi Bangunan Adalah, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Hay, Sahabat Semua. Kali ini saya akan sajikan beberapa informasi untuk sahabat Bacahape tentang Kontruksi. Apa sih sebenarnya Kontruksi itu? apa saja si ruanglingkup Kontruksi? Apa itu Kontruksi bangunan? Apa itu Kontruksi Gedung?

Yuk, langsung saja pada pembahasan Kontruksi

Lebih mudahnya, konstruksi di maknai sebagai objek menyeluruh sebuah bangun yang terdiri dari bagian-bagian struktur. Contohnya, konstruksi struktur pada bangunan adalah bentuk atau bangun secara keseluruhan dari sebuah struktur bangunan. contoh lainnya yaitu konstruksi jalan, konstruksi jembatan, konstruksi kapal, dan konstruksi gedung bertingkap dan lain sebagainya. Gimana sahabat, masih belum paham? oke kita perjelas lagi...

Konstruksi dapat juga diartikan sebagai suatu model atau tata letak suatu bangunan seperti gedung bertingkat, pabrik, jembatan, rumah, dan lain sebagainya. Nah, walaupun kegiatan konstruksi ini dikenal sebagai satu pekerjaan namun dalam kenyataannya konstruksi itu terdiri dari beberapa pekerjaan lain yang itu berbeda-beda berbeda.

Untuk lebih luas pemahaman sahabat mengenai apa itu kontruksi, akan saya jelaskan juga apa itu kontruksi bangunan. Agar sahabat lebih tau perihal kontruksi. 

Kontruksi Bangunan Adalah, Fungsi dan Ruang Lingkupnya
🔘 Konstruksi Bangunan

Mungkin Sahabat sudah sangat familiar tentang istilah bangunan. Seperti bangunan gedung, toko bangunan, bangunan permanen dan contoh-contoh lain kalimat yang berhubungan dengan kata bangunan. Tapi apakah sahabat sudah tau apa itu kontruksi bangunan?

Konstruksi bangunan yaitu suatu teknik untuk mendirikan objek bangunan agar bangun yang di hasilkan memenuhi beberapa syarat. Syarat yang harus di penuhi dalam kontruksi bangunan yaitu bangunan yang di buat harus kuat, bangunannya juga harus indah, kuat dan indah saja tidak cukup. Masa bangunan yang indah dan kokoh hanya bisa di nikmati sebentar. Maka syarat selanjutnya dalam suatu kontruksi bangunan yaitu bangunannnya juga harus awet, agar bisa di gunakan dengan jangka waktu yang lama. Untuk selanjutnya, keindahan, kokoh dan awet ini kan perlu biaya yang banyak, maka sebuah kontruksi juga mempunyai prasarat harus ekonomis, Indonesia banget yakz, ingin indah, awet, kokoh tapi penginnnya murah. hehehe tapi memang ekonomis menjadi suatu syarat sebuah kontruksi bangunan.

Dan syarat terahir dari sebuah kontruksi bangunan yaitu fungsional. Udah bangun gedung tinggi-tinggi eeh ngga tau tujuan pembangunannnya buat apa. Maka syarat fungsional juga harus ada dalam sebuat kontruksi bangunan. Gimana sudah mulai paham? oke kita lanjut ya....

Kata konstruksi juga bisa diartikan sebagai satuan bangunan atau infrastruktur pada suatu area tertentu. Selain dari pengertian di atas, konstruksi juga bisa disebut sebagai model, tata letak, atau susunan sebuah bangunan.

🔘 Fungsi Konstruksi Bangunan

Nah setelah kita tau apa pengertian dari kontruksi bangunan selanjtnya kita akan cari tau apa fungsi dari kontruksi bangunan. Sebuah konstruksi bangunan tentu saja memiliki fungsi yang begitu bermanfaat bagi pembangunan. Kontruksi bangunan yang di perhitungkan dengan matang pengerjaannya akan memiliki fungsi:

➤ Memperkokoh bangunan.

➤ Membuat desain bangunan yang tahan bencana.

➤ Menopang keberadaan elemen konstruksi lain.

➤ Membuat masing-masing struktur bangunan saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan (seperti rumah tangga saja ya) hehehe

Selanjutnya akan kita bahas apa saja jenis-jenis kontruksi pada sebuah bangunan

🔘 Jenis-jenis Konstruksi Pada Bangunan

Untuk sahabat yang ingin atau sedang terjun di dunia proyek, mempelajari konstruksi pada suatu bangunan itu hukumnya wajib loh. Tujuannya agar suatu bangunan tersebut bisa tahan terhadap bencana, awet, dan berkualitas. Namun jika sahabat tidak terjun di dunia proyek hukumnya ya jadi sunah bahkan mubah. hehehe

Nah di dalam konstruksi bangunan ternyata di bagi menjadi dua jenis. Dua jenis dalam kontruksi bangunan itu adalah konstruksi bagian atas dan kontruksi bawah bangunan. Apa sih kontruksi atas dan bawah? Berikut ini penjelasannya:

Konstruksi Bagian Bawah

Bagian yang pertama ini adalah bagian yang paling pertama di bangun. Ya, walaupun kontruksi ini tidak terlihat namun kontruksi bagian bawah memiliki fungsi yang sangat penting dari segi kekuatan sebuah bangunan. Karena kontruksi bagian bawah ini menopang seluruh elemen pada suatu bangunan. Ehh beban hidup itu juga kakinya harus kokoh ya? hehehe

Oleh karena itu, perencanaan pembuatan pada bagian bawah bangunan juga harus di perhitungkan dengan matang. Harus tepat perhitungannya agar tidak ambruk.

Sedang Struktur Atas

Sedangkan struktur atas ini berfungsi untuk menopang atap dan berbentuk memanjang ke atas. Contoh struktur ini adalah pondasi, rangka, serta kuda-kuda.

Struktur Tengah

Adapun struktur tengah ini letaknya berada di antara tanah dan atap, seperti dinding, kolom, dan juga ring.

Perlu di perhatikan untuk bahan-bahan dalam pembuatan struktur-Strukur tadi harus sesuai standar loh ya. Contonya pada bagian bawah ini memiliki beberapa kontruksi seperti bagian Pondasi. Sebagian pondasi berada di dalam tanah, sedangkan untuk badan pondasi berada di beberapa sentimeter dari permukaan tanah.

Pondasi ini memiliki fungsi untuk penopang beban bangunan secara keseluruhan. Makannya pondasi semakin tinggi suatu bangunan, maka di perlukan suatu pondasi yang kokoh. Untuk mendapatkan pondasi yang kokoh maka di perlukan bahan-bahan yang berkualitas.

Biasanya yang umum di gunakan di Indonesia, dengan kontur tanah Indonesia adalah pondasi model tapak, tikar, atau pelat beton lajur. Nah bagaiamana cara membuat pondasi yang kokoh sesuai kontur tanah Indonesia akan saya tulis lebih lengkap di artikel lain.

Setelah kita tau tentang kontruksi bangunan selanjutnya kita akan membahas tentang kontruksi gedung. Sebenarnya hampir sama penjelasan kontruksi bangunan dengan kontruksi gedung. Kontruksi bangunan di artikan secara umum dan kontruksi gedung di artikan secara khusus. 

Konstruksi Gedung dirancang oleh arsitek atau insinyur sipil dalam pembangunannya.  Adapun material yang dibutuhkan oleh arsitektur ini akan mendukung aspek arsitektural gedung. Akan berbeda garapan sebuah bangunan di lihat siapa si pembuatnya.

Kita telah menyinggung apa itu arsitektur. Lebih mudahnya arsitel adalah orang yang ahli di bidang bangunan. Untuk lebih jelasnya penejelasan mengenai arsitektur sahabat bisa baca di Wikipedia.

Oke, kita telah sedikit tau tentang apa itu kontruksi dan hal-hal yang berhubungan dengan kontruksi. Semoga artikel ini membantu sahabat dalam mencari tau tentang apa itu kontruksi. Salam Sukses Ya Sahabat Bacahape.com