Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Dunia Proyek Yang Wajib Diketahui Milenial

Istilah dunia proyek yang wajib diketahui milenial. Hay Sobat Semua, Kali ini kita akan memberikan beberapa informasi mengenai dunia proyek khususnya istilah-istilah yang berhungan dengan dunia proyek.

Istilah Dunia Proyek Yang Harus Kamu Tau Agar Masa Depanmu Cerah
Istilah Dunia Proyek


Untuk apa sih tau tentang hal ini. Apakah penting tau istilah-istilah tersebut? Eh, tunggu dulu, jika sahabat ingin salah kampus apalagi salah jurusan atau salah memilih tempat kerja maka tinggalkan artikel ini sekarang juga.


Jika sahabat tidak ingin salah dalam menentukan masa depan di dunia proyek alangkah baiknya sahabat baca artikel ini sampai selesai ya. Oke langsung saja kita mulai pembahasannya.

Pengertian Proyek

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proyek? Dunia Proyek adalah hal-hal yang diberikan owner kepada kontraktor, entah itu proyek swasta maupun pemerintah atau bahkan keduanya saling bekerjasama. Nah, proyek yang di kerjakan disini seperti pembuatan jalan, pembuatan jembatan, pembangunan pabrik, pembangunan gedung, renovasi kantor, renovasi gedung dll.


Kalau proyek yang pernah saya kerjakan yaitu dari perusahaan swasta yang bermitra dengan pemerintah dan kebanyakan proyeknya yaitu renovasi kantor dari konvensional ke smart office, peremajaan taman kota, renovasi gedung-gedung pemerintah. Pernah juga saya merenovasi rumah dinas bupati.


Dunia Proyek memang identik dimasyarakat sebagai dunia kerja yang keras. Citra itu di sematkan entah kapan dan apa alasannya. Apa karena memang hal-hal yang dikerjakan yaitu hal yang berat-berat secara fisik? Ngga juga sih.


Faktanya sekarang di dunia proyek telah di pergunakaanya alat-alat penunjang. Mesin-mesin canggih yang telah di desain secara komputasi agar memudahkan kerja-kerja berat. Suatu saat akan saya tulis beberapa alat yang ada di dunia proyek.


Beberapa Istilah Proyek

Apasih istilah proyek? Di dunia proyek sahabat harus tau beberapa istilah mendasar, seperti:


Owner

Owner yaitu orang atau perusahaan yang berbadan hukum baik itu swasta maupun pemerintah (CV, PT, PO, Firma, Departemen pemerintah). Nah, Owner ini yang ditunjuk untuk melaksanakan sebuah proyek. Owner ini yang mempunyai proyek  atau pekerjaan untuk diberikan kepada kontraktor.

Selanjutnya sahabat juga harus tau apa itu Proyek.


☑ Proyek 

Proyek adalah sebuah pekerjaan yang diberikan owner kepada kontraktor. Misalnya pembuatan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan pabrik, pembangunan gedung, renovasi kantor, renovasi gedung dll.

Kalau proyek yang pernah saya jalankan dari perusahaan kebanyakan adalah renovasi kantor-kantor dinas, pembuatan gedung-gedung penunjang produksi di PLTU suatu daerah (kalau proyek ini kontrak). 

Selanjutnya yang sahabat harus tau juga yaitu


☑  Kontraktor

Kontraktor yaitu sebuah perusahaan yang menggarap proyek-proyek. Di dalam dunia kontraktor dikenal juga beberapa istilah-istilah seperti main contractor dan sub cont. Adapun pengertian dari Main contractor yaitu kontraktor utama yang mengendalikan semua pekerjaan dan mengatur schedule proyek dan juga bertanggung jawab langsung kepada owner.


Sedangkan sub cont adalah kontraktor-kontraktor baik skala besar maupun kecil dibawah naungan main kontraktor. 


Main contractor dan cub con dalam hal ini dimaksudkan bahwa tidak semua pekerjaan proyek dapat dikerjakan oleh main kontraktor. Seperti misal : proyek pembangunan sebuah gedung. Main kontraktor hanya punya divisi sipil dan electric.


Sedangkan masih ada pekerjaan finishing seperti, painting, wall paper, raised floor, furniture, design interior, dan kabel data. Ke-enam bidang pekerjaan ini main contractor tidak bisa menangani langsung pekerjaan tersebut sehingga dicarilah seorang kontraktor lain yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dibawah pengawasan main contractor.

Selanjutnya sahabat juga perlu tau apa itu Chief . 


☑ Chief  

Chief yaitu orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu dan memerintahkan beberapa supervisor. Nah Chief sebenarnya merupakan tangan kanan dari manager sebuah proyek. Sahabat jika seudah mulai bersinambungan dengan dunia proyek maka akan sering mendengar istilah Chief Engineering dan Chief Konstruksi.


Istilah selanjutnya yaitu Supervisor


☑ Supervisor 

Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab menyelesaikan tugas-tugas suatu pekerjaan dalam area proyek tertentu. Sahabat harus tau kalau si "Supervisor"  ini membawahi beberapa foreman. Banyak yah istilah di dunia proyek. Tapi jika sahabat telah menambatkan hati di dunia proyek dan sering bersinambungan dengan dunia proyek maka akan hafal dengan sendirinya.


Sebenarnya masih ada banyak lagi istilah-istilah dalam dunia proyek, seperti  foreman yang didalam struktur dunia kerja proyek di bawah Supervisor


☑ Foreman

Foreman sendiri adalah Orang yang diberitanggung jawab untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam lingkup area tertentu dan membawahi beberapa team fitter, welder dan helper. Untuk proyek dalam skala besar umumnya para pekerja fitter dan welder akan dimasukkan ke dalam sebuah tim manajemen yang terpisah, walaupun area pekerjaan mereka juga sama.


☑ Material Control 

Nah untuk orang yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk mengurus material-material proyek di lapangan, termasuk juga bertugas mengecek, mengatur dan menyediakan material ke dalam lokasi bidang pekerjaan masing-masing. Jika sahabat bekerja proyek kami sarankan agar berhati-hati dalam memilih material yang akan di sediakan. Pastikan materialnya sesuai dengan kebutuhan di lapangan.


Banyak kasus proyek-proyek yang ada di negara kita di susutkan kualitasnya agar si Material Control atau penyedia material ini bisa dapat keuntungan. Bahasa kasarnya di korupsi. Hehehe Saya harap sahabat tidak sejahat itu apa lagi mencari rezekinya untuk makan anak istri.


☑ W I (Welding Inspector)

Orang yang di beri tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengecekkan atau inspeksi pada hasil pengelasan. Tugas W I (Welding Inspector) kelihatannya sangat mudah yaW I (Welding Inspector) bekerja untuk bilang  YES or NOT. Namun tanggung jawab yang di emban juga sangat besar. Kesalahan sedikit saja dalam pengelasan maka akan berakibat fatal. Seperti beberapa kasus lalu atas bocornya sebuah pipa minyak di suatu daerah.


Untuk sahabat yang suatu saat akan ataupun sekarang sedang bekerja sebagai W I (Welding Inspector) jangan sampai telat sarapan jika mau menentukan YES or Not agar keputusan yang di ambilnya tepat. Dan lebih penting lagi berdoa si. Hehehe


☑ QC (Quality Control) 

Sebenarnya tugas seorang QC (Quality Control) dan W I (Welding Inspector) hampir sama. Yaitu menentukan Yes or Not. Namun Yes or Not nya seorang QC (Quality Control) yaitu menentukan kelayakan suatu barang atau produk, apakah sudah sesuai standar penggunannya atau belum. 


☑ Welder


Tukang Las atau bahasa kenennya Welder. Tugas dan tanggung jawab pengelasan ini di miliki oleh Welder. Oiya, gaji Welder itu lumayan besar loh. Apa lagi yang bekerja di sebuah perusahaan asing. Ciri-ciri perusahaan yang menggaji besar tukang las atau Welder yaitu gaji yang di berikannya berupa mata uang dolar. Tapi perlu di ingat juga semakin besar gaji semakin besar juga resiko yang di tanggungnya.


Kebanyakan seorang Welder akan mengalami gangguan di penglihatannya. Makanya untuk sahabat yang ingin menjadi seorang Welder persiapan mental dan alat-alat yang akan di gunakan seperti pelindung mata haruslah di perhatikan dengan sangat.



☑ Fitter 

Fitter adalah orang yang memilki keahlian dalam proses fabrikasi maupun erection atau fit up material di area proyek.


☑ Pipe Fitter

Pipe Fitter adalah orang yang mempunyai keahlian di bidang instalasi perpipaan.

☑ Rigger

Rigger adalah orang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pengangkatan termasuk juga tali menali seling wire dan memandu material ke tempat yang semestinya. Pekerjaan seorang rigger selalu berhubungan dengan alat berat seperti crane.


☑ Schafolder

Schafolder adalah orang yang mempunyai keahlian dalam masangan perancah dari pipa-pipa schafolding maupun stagger sebagai alat bantu pekerjaan fitter dan welder.


☑ Helper 

Helper adalah orang yang membantu pekerjaan fitter dan welder.


Gimana sahabat, sudahkah bertambah wawasannya mengenai dunia proyek? mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat semua ya. Itulah tadi istilah dalam proyek dan fungsi jabatan yang ada  di dalam sebuah proyek konstruksi terutama yang berhubungan langsung dengan pekerjaan lapangan yang harus sahabat ketahui sebelum terjun kelapangan dan menentukan studinya.


Demikian artikel mengenai Istilah Dunia Proyek Yang Wajib Diketahui Milenial. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan sahabat semua ya.