Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Alumunium Foil Untuk Atap Yang Penting Diketahui Para Tukang

Daftar Isi [Lihat]

Saat ini sudah menjadi barang lumrah kalau alumunium foil yang digunakan untuk atap memanglah terbukti ampuh mengatasi kebocoran dan kerusakan lainnya. Apakah memang demikian berkualitasnya alumunium foil, agar lebih jelasnya pada artikel ini akan kita kupas tuntang mengani ukuran alumunium foil untuk atap, fungsi, harga dan kegunaanya utuk atap.


Ukuran Alumunium Foil Untuk Atap
Ukuran Alumunium Foil Untuk Atap


Ukuran Alumunium Foil Untuk Atap

Bacahape.com - Ada tiga ukuran alumunium foil untuk atap yang banyak digunakan dimasyarakat. Berikut ukuran-ukurannya:


  • WOVEN LAMINATED

Memakai media karung plastik woven yang dilaminasi berbahan pemantul / reflektor panas PET Metalizing.


Harga ekonomis, kuat, tahan terhadap air dan gampang aplikasinya. Selainnya sebagai penahan panas, peredam dengan bahan dasar Woven ini juga bisa sebagai susunan tampias kebocoran karena serapan air hujan dari genteng. Pas untuk atap dengan kontruksi baja ringan.


Paket Roll : Lebar 1.2m x Panjang 50m

Ada dua jenis opsi :


  • Woven Singgel Laminated | Harga : Rp. 385.000 / Roll

Singgel Side Metalizing sebagai opsi paling ekonomis dari semua line-up woven laminated, satu segi yang cuma di lapisi susunan pemantul, dibuat berbahan karung plastik yang kuat.


  • Woven Ganda Side Laminated | Harga : Rp 490.000 / Roll

Ganda Side Metalizing sebagai opsi terbaik untuk sisi harga dan hasil yang didapatkan. Reflektor ganda sidenya memantulkan panas lebih bagus dibanding singgel side, dan membuat ruang di bawah atap jadi lebih jelas.


Program yang lain pas untuk pembungkus glass wool, lapisan ducting AC dsbnya.


  • Bubble Laminated | Harga : Rp 670.000 / Roll

Bubble laminated adalah tipe roof insulation/peredam panas dengan susunan gelembung gelembung /buble pada bagian tengahnya, susunan pemantul ada di ke-2 seginya.


KETERANGAN :


  1. Paket : 1m x 30m
  2. Diameter : 40cm,
  3. Berat Bubble : 7.6kg


  • Foam 8mm | Harga : Rp 1.700.000,- / Roll

Busa 8mm dengan laminasi metalizing bolak balik, dapat dipakai untuk meredam suara dan panas. Pas dipakai pada atap metal seperti seng / spandex karena busa 8mmnya dapat kurangi bising suara hujan.


KETERANGAN :


  1. Paket : 1,2 m x 25 m
  2. Diameter : - cm
  3. Berat : - kg


Demikian tadi pembahasan mengenai ukuran alumunium foil untuk atap. Nah agar supaya pemahaman kita lebih mendalam mengenai alumunium foil, mari simak pengertian dan kegunaan lain dari alumunium foil.


Baca Juga: Struktur Atap Dak Beton


Harga Alumunium Foil Untuk Atap

Alumunium foil untuk atap sebagai salah satunya bahan material yang terbanyak dipakai sebagai pendamping atap baja ringan. Ukuran Alumunium foil untuk atap dibikin dari material dasar plastik polyethylene yang paling kuat dan tahan robek.


Bahan material ini mempunyai banyak kelebihan. Jadi tidak bingung bila sekarang telah banyak rumah individu yang telah memakai susunan alumunium foil di bagian atap rumah.


Fungsi Pemakaian Aluminium Foil Atap

Untuk Anda yang merencanakan untuk memakai susunan aluminium foil di bagian atap rumah, kami di sini akan memberi info tentang fungsi alumunium foil untuk atap yang perlu Anda kenali, yakni:


  • Bisa Kurangi Radiasi Matahari
  • Aluminium Foil Bisa Kurangi Radiasi Matahari


Indonesia sebagai negara tropis yang mempunyai intensif sinar matahari yang lumayan tinggi. Ini akan membuat radiasi yang dikeluarkan oleh sinar matahari dapat beralih langsung di luar ruang untuk masuk ke ruang.


Alumunium foil atap mempunyai peranan untuk bisa kurangi radiasi matahari sampai 97%. Hingga peralihan radiasi panas dari sisi atap rumah untuk masuk ke ruang bisa diminimalkan.


Radiasi yang sudah dipantulkan oleh susunan aluminum foil akan memberi dampak sejuk pada ruang yang ada di sisi bawahnya. Ini sebagai salah satunya langkah terbaik yang dapat Anda kerjakan untuk mendinginkan ruang tanpa perlu memakai AC. Secara automatis Anda pun semakin lebih mengirit listrik bulanan karena telah memakai susunan aluminium di bagian atap rumah.


Baca Juga: Bahan Untuk Membuat Atap Baja Ringan


Fungsi Aluminium Foil pada Atap Bisa Menahan Kebocoran

Di saat musim penghujan datang, kemungkinan Anda akan alami kewalahan karena kondisi genteng yang bocor. Tetapi hal ini tidak bisa terjadi bila Anda memasangkan susunan aluminium foil. Ini karena tetes air hujan yang dari genteng nanti akan dirintangi oleh susunan aluminium foil. Anda juga tak perlu cemas kembali bila musim penghujan telah datang.


Walau kedengar benar-benar remeh, kebocoran yang terjadi di bagian atap rumah akan memunculkan beberapa risiko yang beresiko dimulai dari tergelincir kubangan air hingga dengan korsleting listrik yang sudah tentu benar-benar mempunyai potensi untuk mengakibatkan kebakar.


Dengan penempatan yang pas dengan ukuran alumunium foil pada atap rumah karena itu rumah Anda akan terbebas dari kebocoran atap atau air tampias yang dapat mengucur langsung ke sisi bawah.


Jenis Aluminium Foil Fungsinya

Aluminium Foil Paper Singgel, yakni dengan susunan yang cuma di bagian satu segi, hingga bisa kelihatan benar-benar mengkilat di bagian atas tetapi kabur di bagian bawah.


Aluminium Foil Paper Ganda, yakni dengan susunan di bagian atas dan bawah (dua segi). Keunggulan dari aluminium ganda sida ialah bisa menampik radiasi matahari yang lebih efisien dan kuat dibanding singgel side.


Aluminium Foil Woven Singgel, yakni susunan serat karung plastik dan singgel side aluminium foil. Bahan material dapat disebut lebih enteng dan cuma akan dipakai untuk bisa memperhitungkan kebocoran air hujan dan panas sinar matahari. Tipe ini buruk untuk dijadikan isolasi peredam suara dan tidak optimal untuk menahan panas.


Aluminium Foil Wofen Ganda, dengan susunan karung serat plastik dan ganda side aluminium. Sama dengan aluminium foil wofen ganda, tipe ini juga enteng dan cuma bisa memperhitungkan kebocoran air hujan dan panas matahari. Bahkan juga tipe ini buruk untuk dijadikan isolasi peredam suara dan tidak optimal untuk menahan panas.


Aluminium Foil Bubble, dengan susunan pada sisi tengah seperti gelembung-gelembung yang bisa jadi isolasi pada peredam panas dan bisa menahan keributan suara yang di mana suara itu diakibatkan oleh jatuhnya air hujan langsung ke sisi permukaan atap.


Aluminium Foil Foam, dengan lembar foam yang telah dilapis dengan helai aluminium foil di bagian seginya. Tipe aluminium ini akan pas dipakai untuk atap gudang dan pabrik. Disamping itu, bekerja dengan optimal dalam uapaya jadi isolasi pada suara dan panas.


Keunggulan Memakai Aluminium Foil

Aluminium foil sebagai opsi yang terbaik untuk bisa memperhitungkan panas atap seng. Adapun keunggulan dari lapisan aluminium foil ialah seperti berikut:


  1. Aluminium foil sebagai peredam panas (insulator) yang terbaik.
  2. Material dasar yang dipakai untuk membuat alumium foil sebagai bahan yang paling plastis, kuat, tahan pada air dan freon.
  3. Karakter berbahan yang dapat disebut relatif aman untuk dipakai sebagai lapisan atap rumah.
  4. Ramah lingkungan.
  5. Sanggup membuat perlindungan bangunan dari kebocoran atau tampias karena air hujan.
  6. Aluminium foil mempunyai peranan sebagai perlindungan plafon dari semua jenis kerusakan seperti karena melendut yang disebabkan oleh temperatur panas dari sinar matahari.
  7. Membuat langit-langit rumah selalu terbangun kebersihannya dan terlepas dari kotoran atau debu yang masuk.
  8. Benar-benar ringkas karena penempatannya dilaksanakan dengan benar-benar gampang.
  9. Mempunyai tanda terima aluminium kuat yang terdiri dari:


  • Foil yang ada di sisi atas.

Mempunyai peranan sebagai penangkal radiasi sinar matahari sampai 97% dari sinar yang hendak masuk ke atap rumah.


  • Kantong udara atau lajur rongga udara.

Mempunyai peranan untuk jadi lajur yang bisa meredam radiasi panas yang hendak masuk ke sisi plafon yang ada di sisi bawah aluminium. Dalam prosesnya, kantong udara mempunyai karakter sebagai sirkulasi atap yang bisa mendinginkan panas matahari yang telah masuk dan bermanfaat untuk buang kelebihan panas itu supaya bisa langsung kembali untuk ke luar bangunan.


Susunan anti robek pada bagian bawah. Susunan aluminium foil bisa meredam beban lebih kurang 100 kg dan sebagai bahan yang mempunyai karakter anti robek.


Harga Alumunium Foil Terbaru

Berikut ini daftar harga alumunium foil untuk atap:

Tipe
Harga per
UkuranHarga (Rp)
Alumunium foil single side ukuran 1,2m x 50mPer rol315.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara(bubble, air shield ekonomis)tebal 4mm, ukuran 1 m x 30m429.400
Alumunium foil double side ukuran 1,2m x 50mPer roll400.000
Aluminium foil foam (lapis busa)1m x 100m650.000
Aluminium foil foam (lapis busa)tebal 2 mm, ukuran 1m x 100m770.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side medium)tebal 4mm, ukuran 1,2m x 25m850.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium)tebal 4mm, ukuran 1,2m x 25m950.000
Thermal Foam Single Side Aluminium Foil tebal 5mm (26,5 m2)
1-5 roll900.000
5-10 roll850.000
10-50 roll800.000
50-100 roll750.000
Thermal Foam DoubleSide Aluminium Foil tebal 5mm (26,5 m2)
1-5 roll1.000.000
5-10 roll950.000
10-50 roll900.000
50-100 roll850.000
Thermal Foam Double Side Aluminium Foil tebal 10mm (26,5 m2)
1-5 roll1.150.000
5-10 roll1.100.000
10-50 roll1.050.000
50-100 roll1.000.000
Aluminium foil foam (lapis busa)tebal 3 mm, ukuran 1,2m x 25m1.100.000
Aluminium foil foam (lapis busa)tebal 4 mm, ukuran 1,2m x 25m1.400.000
Aluminium foil foam (lapis busa)tebal 8 mm, ukuran 1,2m x 25m1.900.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium)tebal 8mm, ukuran 1,2m x 25m2.025.000
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, double side premium)tebal 8 mm, ukuran 1,2m x 25m2.100.000
Alumunium Shine Foil DoublePer roll440.700
Alumunium Shine Foil SinglePer roll316.400
Klin Pak Aluminium Foil8 meter x 30 cm22.600




Cara Memasang Alumunium Foil Untuk Atap

Berikut ialah beberapa langkah dalam penempatan aluminium foil untuk atap baja ringan:


  • Tentukan tipe ukuran alumunium foil yang ingin Anda kenakan pada kerangka atap baja ringan atap rumah Anda.
  • Kalkulasilah luas bangun itu, dapat Anda prediksikan langsung jumlah aluminium foil yang diperlukan.
  • Potong aluminium foil, pemangkasan ini harus sesuai panjang bentang. Untuk ikatan, Anda dapat memakai metalized tape.
  • Aluminium foil langsung bisa terpasangkan secara vertikal dengan ikuti sektor. Untuk aluminium foil tipe singgel side segi yang berlapis karena itu aluminium harus menghadap ke atas dan segi karung atau kertas mengarah ke bawah.
  • Pada kerangka atap baja ringan, aluminium foil bisa Anda pasa dengan diapit antara kaso baja ringan dan reng. Dapat Anda kerjakan saat sebelum atau bertepatan dengan penempatan reng.


Demikianlah informasi yang bisa kami berikan berkenaan dengan ukuran alumunium foil untuk atap yang telah kami berikan selengkapnya dimulai dari peranan, kelebihan, daftar harga, s/d penempatan aluminum foil. Mudah-mudahan ulasan yang telah kami berikan ini kali dapat berguna untuk Anda semua. Terima kasih atas perhatiannya.