Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Adukan Untuk Cor Yang Musti Diketahui

Daftar Isi [Lihat]

Perbandingan Adukan Untuk Cor Yang Musti Diketahui - Adukan beton dengan perbandingan kombinasi 1 semen : 2 pasir : 3 koral atau split sebagai adukan yang telah umum dipakai pada bangunan-bangunan, baik bangunan project atau bangunan tempat tinggal tinggal.


Perbandingan adukan untuk cor ini biasanya dipakai untuk kombinasi susunan seperti fondasi pelat beton, beton sloof, beton kolom, dan balok beton. Untuk tugas non susunan misalkan untuk pelat lantai beton, topi-topi di atas jendela, dak teras, dan sebagainya.


Perbandingan Adukan Untuk Cor
Perbandingan Adukan Untuk Cor


Perbandingan Adukan Untuk Cor

Supaya beton yang dibuat kuat, kuat, dan berkualitas, karena itu ada banyak hal yang perlu jadi perhatian, seperti berikut:



  • Ukuran kombinasi harus betul, tidak boleh sembarangan

Bikinlah ukuran yang pas dengan membuat kotak dari papan kayu yang berisi 1 zak semen. Atau memakai kaleng galon cat tembok, umumnya 1 zak semen ukuran 50 kg didalamnya ialah 2 kaleng sisa cat.


Dengan memakai ukuran yang berisi 1 zak semen, karena itu jika akan mengeduk beton yang diukur cukup pasir dan koral, dan semen telah dijumpai = 2 kaleng . Maka untuk 1 zak semen tinggal menambah 4 kaleng pasir beton ayak dan 6 kaleng koral yang berkualitas untuk setiap mengeduk akan hasilkan adukan dengan perbandingan 1 : 2 : 3.


Langkah Membuat Adukan Untuk Cor Beton

Langkah membuat adonan adukan beton yang terbaik ialah memakai mesin beton molen, dan hasilnya tentu bagus karena prosess pengadukan berjalan prima dan stabil, air tidak bertebaran. Jika akan mengeduk langkah manual, karena itu awalnya harus membuat tempat mengeduk dengan pasangan bata yang sisi bawah dan pinggirnya diplester supaya air tidak ke mana saja.


Pemakaian air harus tepat. Per m3 adukan dibutuhkan air lebih kurang 215 liter. Dan untuk memperoleh 1 M3 beton dibutuhkan 6 x mengeduk dengan di atas, maknanya setiap mengeduk membutuhkan air 215 liter dipisah 6, atau mungkin kurang lebih 35 liter.


Kebayakan air, umumnya atau kekurangan semen akan menyebabkan permukaan beton rengat retak. Pertanda adukan umumnya air saat mengecor kelihatan air semen melimpah ke atas, dan agregat pasir dan koral akan terbenam dan kekurangan semen.


  • Memadatkan cor beton

Saat mengecor beton harus dilaksanakan pecanduan yang bagus, yakni dengan ditusuk-tusuk menggunkan kayu atau besi supaya beton yang dibuat padat tidak ada rongga alau beberapa lubang pada beton, atau memakai mesin khusus bila tugas pengecoran lumayan besar.


Supaya penerapan pengadukan dan pengecoran adukan beton bisa dikerjakan seperti ke-3 poin di atas, dibutuhkan tukang-tukang bagunan yang bagus dan mematuhi perintah eksekutor, dan pemantauannya harus betul-betul dilaksanakan secara baik.


Takaran Cor Beton K 250

Saat sebelum kajian point penting tentang gabungan beton K 250 manual seterusnya, semakin lebih baik kenali lebih dulu sesaat pengertiannya. Secara garis besarnya, beton K 250 adalah macam beton yang sanggup membatasi beban sampai sejumlah 250 kg/m2.


Dalam kata lain, kualitas beton K 250 adalah sebuah kualitas beton yang punyai kebolehan pencet sampai 250 kilo-gram per mtr. persegi. Di mana kebolehan itu dapat diukur selesai 28 hari maupun ketika cor beton telah pada situasi kering keseluruhan.


Peranan Beton K 250

Di implikasinya, kualitas beton K 250 satu diantara macam beton memiliki kualitas menengah untuk pembangunan sistematis. Di mana bangunan sistematis sendiri adalah konstruksi yang butuh penulangan maupun pembesian, seperti landasan, kolom, plat lantai maupun bekisting.


Jikalau diperbandingkan dengan beton K 300 manual, jadi formasi atau ukuran beton K 250 sedikit kecil dan kurang kuat jikalau disaksikan dari sisi watakistiknya. Sementara dari sisi pembikinannya, jadi perancangan beton K 250 semakin ringan dan tidak usah butuh tenaga pakar.


Formasi Gabungan Beton K 250

Di atas telah diperjelas secara lengkapnya tentang sesaat artian sampai peranan beton K 250 manual. Nach, sesudah itu kalian mesti pahami apa bagian maupun bahan material yang diperlukan ketika ingin bikin beton K 250 manual.


Pada prinsipnya, sesungguhnya sekarang proses pengerjaan seluruh kualitas beton telah ada di Standard Nasional Indonesia (SNI). Di mana kalkulasi itu dapat diperlukan ketika seorang ingin hitung keperluan cor beton per mtr. kubik.


Perbandingan adukan cor beton berikut ini dapat kami sebutkan secara lengkapnya tentang gabungan beton K 250 manual.


K 250 (21.7 MPa) = Semen 384 kg : Pasir 692 kg : Kerikil 1.039 kg : Air 215 liter


Dari keterangan gabungan kualitas beton K 250 manual di atas, jadi pembikinannya butuh beberapa material seperti semen, pasir, kerikil sampai air. Di standard SNI, pengerjaan beton K 250 manual butuh air sejumlah 215 liter.


Namun, jikalau kalian ingin mengkonversikan formasi gabungan beton itu jadi grup ember, jadi baiknya cari kabar berat masing-masing macam material lebih dulu. Akan halnya berat beberapa material dalam grup ember itu salah satunya yakni berikut di bawah ini.


  1. Semen = 1.250 kg/m3
  2. Pasir = 1.400 kg/m3
  3. Kerikil = 1.350 kg/m3


Sesudah menyadari standard ukuran material formasi gabungan beton dalam grup ember, trik sesudah itu yakni tinggal mengalkulasinya. Langkahnya kalian cuman perlu membagikan gabungan adonan beton K 250 dengan berat macam masing-masing material.


Demikian artikel mengenai perbandingan adukan untuk cor beton. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam sukses salam pahlawan pembangunan Indoneisa.