Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takaran Cor Beton Molen Yang Ideal Untuk Construction

Daftar Isi [Lihat]

 Takaran Cor Beton Molen Yang Ideal Untuk Construction - Salah satu factor paling penting dari kualitas dan ketahanan bangunan berada pada konstruksi beton. Dan bukan hanya tehnik pengecoran saja yang perlu dilaksanakan secara benar, tapi juga pada kombinasi yang dipakai untuk membuat cor beton barusan.


Maka dari itu, saat Anda ingin membuat sebuah bangunan atau rumah, Anda harus juga dapat ketahui langkah menentukan takaran cor beton molen dengan benar dan baik. Dan bahan yang diperlukan ialah pasir, semen, air dan batu atau kerikil.


Takaran Cor Beton Molen
Takaran Cor Beton Molen


Masing-masing bahan ini disamakan dengan keperluan. Misalkan untuk takaran cor beton molen skala besar besar, kerikil lumayan besar bahkan juga ada yang memakai batu pecah.


Takaran Cor Beton Molen
Takaran Cor Beton Molen


Lalu untuk pasirnya pun tidak jauh sesuai. Bila dipakai untuk membuat susunan penutup karena itu harus disaring lebih dulu supaya jadi lembut dan tak perlu dikasih kombinasi kerikil atau bebatuan kecil.


Alat yang dipakai untuk membuat cor beton diantaranya drum atau ember yang dipakai untuk mengusung bahan, sekop untuk ambil bahan jadi dan kombinasi, selanjutnya sendok semen atau mortar untuk menempatkan kombinasi cor beton pada lokasi yang diharapkan.


Bila Anda ingin mengetes kualitas beton cor, Anda bisa memakai alat yang disebutkan slump. Proses pembikinan cor beton ini dilaksanakan secara manual dengan memakai tenaga manusia sehingga takaran cor beton molen harus akurat sekali.


Sesudah semua tenaga kerja telah tersedia dan bahan ada, cara setelah itu membuat adonan cor beton manual ini. Takaran cor beton molen saat sebelum digabung sama air, seluruh bahan diaduk-aduk lebih dulu sampai tercampur. Bila masih tetap ada warna terbatas, misalkan hitam, memiliki arti masih tetap ada pasir yang belum diaduk-aduk.



Begitupun bila masih tetap ada rona abu-abu yang menonjol, itu pertanda masih tetap ada semen yang belum tercampur . Maka kombinasi yang dihasilkan ini tentu cuman satu rona abu-abu kehitaman.


Memang, ada beberapa kombinasi ready mix yang cukup dipertambah air. Namun, saat di atas lapangan, akan ada beberapa factor yang membuat kita perlu dapat membuat takaran cor beton secara manual.


Kekuatan menambah beton akan berguna saat terjadi beberapa hal yang tidak sesuai dengan gagasan. Di lain sisi, bila keliru dalam mengukurnya, akan beresiko benar-benar fatal karena bisa membuat kekerasan beton yang tidak imbang di antara sektor satu sama sektor yang lain.


Karena itu, supaya hasilkan cor beton sama sesuai standard yang sudah ditetapkan, sebaiknya kamu ketahui takaran baiknya. Merilis beragam sumber, berikut ialah takaran cor beton manual yang bagus dan dapat kamu aplikasikan.


Artikel terkait yang penting juga Anda ketahui Perbandingan Adukan Cor Beton


Takaran Cor Beton Manual

Agar bisa hasilkan kombinasi beton yang kuat, diperlukan takaran yang cocok dan tepat. Secara tehnis, takaran bahan kombinasi beton agar berkualitas baik dan rata yakni:


Takaran Cor Beton Manual
Takaran Cor Beton Manual


  • 11% - Semen
  • 41% - Batu koral - Agregat (split)
  • 26% - Pasir kasar
  • 16% - Air


Tetapi, karena penghitungan prosentase cukup sulit, karena itu untuk mempermudahnya akan kami paparkan dengan lain, yaitu manfaatkan benda yang berada di sekitaran.


Dengan begitu, jumlahnya ialah, 1 semen : 2 pasir : 3 koral.


Kombinasi dengan perbedaan itu baik sekali untuk tugas susunan bangunan seperti dasar pelat beton, beton sloof, beton kolam, sampai balok beton.


Peralatan Membuat takaran cor beton molen

  • Membuat Takaran dengan Benda di Sekitaran

Sama seperti yang sudah disentil, untuk mempermudah dalam mengukur cor beton dengan perbedaan 1:2:3, karena itu kita dapat manfaatkan benda disekitaran, satu diantaranya menggunakan sisa cat memiliki ukuran galon.


Satu sak semen ukuran 50 kg didalamnya ialah 2 kaleng sisa cat. Maka dari itu, mengarah perbedaan di atas, kombinasi untuk cor semen ialah seperti berikut:


  1. Semen = 2 kaleng cat
  2. Pasir = 4 kaleng cat
  3. Koral/split = 6 kaleng cat
  4. Laporkan kombinasi beton 1:2:3 di atas lebih kurang akan sama dengan beton kualitas K-175.


Maknanya beton itu mempunyai kuat pencet 175 kg/cm2 yang cukup buat penuhi persyaratan keadaan kemampuan dak beton.


  • Manfaatkan Alat Pengaduk Semen

Selainnya mengukur cor beton manual sama dalam point pertama, memakai mesin molen juga bisa saja pilihan.


Apa lagi, dengan mesin molen proses pengadukan akan semakin stabil. Tetapi, jika memakai mesin molen, ongkos yang diperlukan akan semakin besar.



Takaran Adukan Cor Lantai

Membuat kombinasi takaran cor beton molen yang keliru bisa berefek benar-benar fatal untuk suatu konstruksi bangunan karena bisa membuat kekerasan beton yang tidak imbang di antara sektor satu sama yang lain sehingga mudah ambruk dan tidak tahan lama.


Berikut ialah langkah membuat takaran adukan cor khusus lantai dari bangunan yang hendak dibuat. Lihat info berikut ini dengan cermat.


Takaran adukan cor Untuk lantai

Untuk dapat hasilkan kombinasi beton yang kuat, maka diperlukan takaran yang akurat. Secara tehnis takaran bahan kombinasi beton kualitas baik ialah:


  • 11% - Semen
  • 41% - Batu koral - Agregat (split)
  • 26% - Pasir kasar
  • 16% - Air


Tetapi akan diperlukan penghitungan selanjutnya untuk mengganti prosentase di atas jadi sebuah takaran. Sistem yang lain yang lebih gampang untuk dimengerti ialah memakai sistem perbedaan 1:2:3. Karena itu jumlah berbahan ialah 1 semen : 2 pasir : 3 koral.


Laporkan beton ini baik sekali sebagai kombinasi untuk tugas susunan seperti fondasi pelat beton, beton sloof, beton kolom, dan balok beton. Lantas bagus untuk tugas non susunan misalkan untuk pelat lantai beton, topi-topi di atas jendela, dak teras, dan sebagainya.


Takaran Cor Dak Rumah

Berikut langkah hitung keperluan material dak beton per m2 memakai sistem konservatif. Sistem ini sebagai sistem pembangunan dak beton memakai perancah bambu, bekisting triplek, pasang pembesian, lalu cor tempat.


Keperluan material dan harga akan berbeda bergantung dengan sistem yang kamu tentukan dan tempat kamu beli material.


Kebutuhan Material Cor Dak Rumah

Berikut langkah hitung keperluan material dak beton per mtr. sistem konservatif.


  • Besi

Besi pada dak beton biasanya berdiameter 10 mm dan terpasang dalam jarak sekitaran 20 cm di antara keduanya.


Ini memiliki arti, di dalam 1 m kamu harus simpan 5 buah besi yang terpasang dua lapis, memiliki arti keseluruhan banyaknya ialah 2x5x2 = 20 buah.


Masing-masing besi mempunyai panjang 1 m, hingga keseluruhan keperluan besinya ialah 20 buah x 1 mtr. = 20 mtr..


Panjang besi perbatang ialah 12 mtr., hingga kamu membutuhkan 20/12 = 1,6667 tangkai besi.


  • Beton

Untuk ketebalan dak beton sejumlah 12 cm, karena itu untuk dak beton selebar 1 m2 kamu memerlukan beton 1 m x 1 m x 0,12m = 0,12 m3.


  • Semen

Dak beton harus mempunyai pasir, semen, dan kerikil dengan perbedaan 1pc:2ps:3kr, hingga kamu memerlukan semen sekitar 1/6×0,12 = 0,02 m3.


Satu sak semen berisi 50kg biasanya bisa dipakai untuk membikin dak beton selebar 0,024 m3. Dari penghitungan itu, kamu memerlukan semen sekitar 0.02/0.024=0.8333 sak untuk membikin dak selebar 1 m2.


  • Pasir

Jumah pasir yang diperlukan untuk membikin 1 m2 dak beton ialah 1/6 x 0,12 = 0,04 m3.


  • Koral

Jumah koral yang diperlukan untuk membikin 1 m2 dak beton ialah 3/6 x 0,12 = 0,06 m3.


  • Triplek

Triplek memiliki ukuran 8mm mempunyai luas 1,2 m x 2,4 m = 2,88m2. Maka dari itu, 1 m2 dak beton memerlukan triplek sekitar 0,34722 helai.


  • Bambu

Bambu terpasang dalam jarak 50 cm dalam dak, hingga untuk dak selebar 1 m2 cuma memerlukan 2 tangkai.


Selainnya material-material di atas, pembangunan dak beton memerlukan kawat bendrat dan paku.


Kalkulasi Biaya Material Cor

Material yang dipakai pada bagian cor dak beton ialah beton, semen, pasir, kerikil, dan besi D10.


  1. Material Cor
  2. Beton = 6 m x 13 m x 0,12 m = 9,36 m3
  3. Semen = (1/6 x 9,36 m3)/0,024 = 65 sak (semen 50 kg memiliki arti 0,024 m3)
  4. Pasir = 2/6 x 9,36 m3 = 3,12 m3
  5. Kerikil = 3/6 x 9,36 m3 = 4,68 m3
  6. Besi D10 = 1560 m/12 m =130 tangkai


Jadi keseluruhan keperluan bahan untuk dak beton sejumlah 6 m x 13 m ialah seperti berikut:


Semen sekitar 84 sak, pasir sekitar 4,02 m3, kerikil sekitar 6,03 m3, besi D10 sekitar 168 tangkai, dan besi D8 sekitar 8 tangkai.


Biaya Membuat Cor Dak Rumah

Sesudah dijumpai seberapa banyak material yang diperlukan, kamu bisa hitung berapakah bujet yang perlu kamu persiapkan.


Tentu saja, harga berikut ini bisa berbeda bergantung dengan tempat dan waktu kamu beli material.


Berikut ongkos membuat dak beton:


  • Semen: Rp52.000 x 84 sak = Rp4.368.000
  • Pasir: Rp210.000 x 4,02 m3 = Rp844.200
  • Kerikil: Rp250.000 x 6,03 m3 = Rp1.507.500
  • Besi 10 mm: Rp54.000 x 168 = Rp9.072.000
  • Besi 8 mm: Rp36.000 x 25 = Rp900.000


Keseluruhan ongkos bahan membuat dak beton ialah Rp16.691.700. Ongkos itu belum terhitung dengan jasa boyongan dan gaji karyawan.


Takaran Cor Tiang

Takaran cor beton molen untuk tiang bisa kita kerjakan dengan cara bertahap, masalah ini dapat mengirit papan cor menjadi cetakan tiang kolom beton. Dalam kesempatan kesekian kali ini saya dapat share info tentang Proses Cor Tiang Kolom Beton yang sudah usai diselesaikan oleh tukang.


Kenapa saya pilih melaksanakan proses cor tiang kolom beton dalam membentuk rumah, itu didasarkan argumen yang paling simple adalah keamanan dan ketenteraman lepas dari implementasi yang tak sederhana argumennya.


Membentuk rumah lantai 2 memiliki cara-cara untuk membikin tiang kolom beton, ada yang dicor dengan cara bertahap dilaksanakan secara bertepatan di saat penempatan batu bata, di saat ketinggian pasangan bata kira-kira 1 m - 1,5 m karena itu tiang kolom beton baru berisi laporkan coran. Masalah ini tentu saja didasarkan argumen calon pemilik rumah semasing.


Takaran cor beton molen untuk tiang tentu saja bisa dikerjakan di saat papan cor cetakan tiang kolom sudah usai terpasang dan bahan material bangunan sudah siap. Apa bahan material yang diperlukan? hampir serupa dengan proses pengecoran tugas yang lain adalah, semen, pasir, batu split dan alat perabotannya.


Akan tetapi, yang sedikit berlainan merupakan pengadaan kayu menjadi penyanggah maupun menjadi steger atau injakan buruh saat tuangkan laporkan cor harus siap lebih. Kayu itu berbentuk kasau juga papan.


Tips Takaran Cor Tiang

Takaran cor beton molen tiang lebih semakin cepat diperbandingkan proses penempatan cetakan papan cor tiang kolom beton. Dan waktu berapakah lama sedikitnya cor tiang kolom beton bisa dibuka dari cetakan diduga antara 2 hingga sampai tiga hari, apabila cuaca cahaya matahari cukup dua hari telah berani dibuka, namun apabila cuaca mendung juga hujan sedikitnya tiga hari baru cetakan dapat dibuka.


Susunan laporkan dalam proses takaran cor beton molen untuk tiang  1:2:3 ( 1 Semen, 2 Batu Split dan 3 Pasir). Buat hasil yang optimal bahan material seperti pasir, batu split dan air harus terlepas dari lumpur agar daya ikat semen kuat.


Selanjutnya pakailah pasir yang kasar atau sangat kasar lantaran daya ikatnya makin lebih kuat dan cepat kering. Pengalaman saya gunakan pasir yang cukup halus saat proses pengecoran sloof fondasi, hasilnya kurang optimal yaitu lama keringnya dan simpel rontok apabila terserang bentrokan keras.


Sebelumnya proses cor tiang kolom beton dilaksanakan pastikan juga kembali ikatan cetakan papan cor tiang beton kuat dan akan tidak berbeda saat di isi dengan laporkan coran yang berat, apabila terjadi pengubahan lantaran ikatan tak kuat mengendalikan beban material coran karena itu hasil tiang kolom coran dapat membesar menyerasikan cetakan nya.


Cara Mengaduk Cor Beton Manual

Disamping penentuan material penyusun yang pas, kwalitas beton diputuskan oleh proses pembikinannya. Dikarenakan, beton yang baik mesti lah miliki karakter kohesi yang tinggi serta miliki workabilitas tinggi. Maka, nanti, daya tahannya lebih tahan lama dengan tingkat kemampuan yang kukuh. Semuanya itu masih tetap dapat Anda temukan dengan cara bikin laporkan beton manual secara betul.


Dengan memahami cara bikin laporkan beton manual yang pas, Anda lantas dapat bikin sendiri project kecil buat rumah. Nach, cara ini sangat memungkinnya Anda bikin paduan beton tiada gunakan mesin. Buat menuntun Anda mengerjakan proses pembikinan laporkan yang betul, berikut bakal kami berikan tipsnya.


Bikin Paduan Beton

Perihal yang pertama kali mesti Anda kerjakan buat bikin beton yang baik yakni memastikan jumlah semasing campurannya. Walaupun secara prinsip gunakan mesin mixer mempermudah proses mixing-nya, maka hasilnya lebih stabil, akan tetapi, bikin sendiri paduan beton semakin lebih ringkas.


Persiapkan bahan serta alat yang diperlukan. Sejumlah bahannya berwujud pasir, agregat kasa (kerikil atau kricak), semen, dan air. Sementara itu alat yang Anda butuhkan salah satunya sekop serta ember. Sekop bakal menolong Anda mencapurkan semuanya bahan. Sementara itu ember bakal memiliki fungsi buat mengangkat beton yang basah ke tempat pengecoran.



Semestinya, Anda pun menyediakan daerah yang cukup buat proses pencampuran beton. Tempat itu semestinya yang bersih. Atau kalau permukaan atasnya berwujud tanah, Anda dapat melapisnya gunakan plastik. Arahnya agar paduan beton tak tercemar oleh kotoran serta tanah.


Campurlah Bahan Beton Secara Manual

Kalau seluruhnya material telah disiapkan, Anda mulai bisa menambahkan semuanya bahan. Yakinkan mengaduk semuanya bahan sampai tercampur rata gunakan alat yang telah disiapkan.


Pada tempat yang bakal dipakai buat menambahkan beton, Anda simpan pasir, kerikil, serta semen. Tatalah paduan bahan sampai berupa gundukan. Kalau sudah, Anda gunakan sekop ataupun cangkul buat bikin gundukan laiknya danau, lalu tuangkan air seperlunya. Setelah itu, aduk paduan bahan itu sampai jadi laporkan beton.


Memasukkan adonan beton dibutuhkan tenaga extra. Anda dapat mengerjakannya secara perlahan-lahan. Setelah itu, gerakkan sekop dari 1 segi ke segi lainnya. Satu diantaranya penanda kalau beton telah tercampur rata yakni butiran pasir tidak akan dilihat terang.


Kalau bikin laporkan beton manual telah usai dikerjakan, Anda dapat mengusungnya gunakan ember pada tempat pengecoran yang diharapkan.


Project Laporkan Beton Manual

Bikin laporkan beton manual memanglah dapat makin ekonomis karena tak butuh anggaran buat sewa mesin mixer. Tetapi, tidak semuanya project dapat gunakan cara manual. Nach, cuma ada banyak project kecil yang pas gunakan beton manual, salah satunya :


  • Bikin lantai gudang
  • Bikin tangga
  • Bikin bantalan beton
  • Memasangkan tiang
  • Menambal beton yang hancur
  • dan lain-lain.


Laporkan Beton Manual

Ketika mau mencapurkan material-material beton, simak konstruksinya, yaitu 1 sisi buat semen, 4 sisi buat agregat, serta 2 sisi buat pasir. Dengan konstruksi itu, karenanya hasilnya cukup keras.


Tetapi, kalau Anda menghendaki beton yang lebih keras, silahkan Anda pakai perbedaan di bawah. 1 sisi buat semen, 3 sisi buat agregat, serta 2 sisi buat pasir. Semestinya, Anda gunakan batu sama ukuran 15 hingga 20 mm.


Buat airnya sendiri, baiknya, Anda menambah seputar 0,55 kali berat semen. Sekiranya, Anda gunakan 25 kg semen, karenanya air yang diperlukan yakni 13,75 liter. Buat bikin beton yang memiliki kualitas, Anda mesti gunakan air yang bersih. Dikarenakan, air bersih tak menaruh kotoran serta zat yang lain mempengaruhi kwalitas material lain.


Semestinya, ukuran semen, pasir, dan kerikilnya tak gunakan sekop. Tetapi berdasar pada beratnya dengan cara nyata biar hasilnya lebih optimal.


Disamping bahan inti itu, Anda dapat juga menambah beberapa zat aditif agar beton yang dibuat semakin lebih memiliki kualitas. Tambahan bahan lain dapat bikin beton jadi cepat kering, miliki warna, tahan kepada korosi, dan lain-lain.


Kesimpulan Takaran Cor Beton Molen

Takaran cor beton molen menentukan kualitas bangunan sungguh-sungguh dikuasai material bangunan. Selain kualitas material yang sebaiknya bagus, penggunaan komposisi ketidaksamaan adukan mesti pas.


Seperti kita pahami, paduan adukan semen dan pasir jadi bahan baku khusus bangunan. Dalam bangunan khusus misalnya beton, biasanya ditambahkan split atau kerikil.


Buat peroleh hasil bangunan yang bermutu, penting melihat ketidaksamaan penggunaan material. Semasing bangunan memiliki Ketidaksamaan takaran yang lainnya. Berlainan fungsi bangunan pastinya berlainan komposisi.


Apabila paduan pasir dengan semen tidak sesuai sama, menyebabkan air dari dalam tanah dapat meresap ke dinding, sampai tembok permukaan dapat nampak basah atau lembab.


Demikian artikel mengenai takaran cor beton molen yang musti Anda ketahui sebelum embuat adukan beton. Terimakasih telah berkunjug ke bacahape.com, salam sukses salam sukses pahlawan pembangunan Indonesia.


Tags: takaran cor beton k 250, takaran obat pengeras beton, takaran adukan cor lantai, campuran beton 1:3:5, takaran adukan cor sloof, takaran cor jalan