Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proyek Infrastruktur Adalah: Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Proyek Infrastruktur Adalah: Pengertian dan Ruang Lingkupnya. Proyek Infrastruktur adalah suatu jenis kegiatan pembangunan untuk kepentingan tertentu dan biasanya proyek infrastruktur banyak keterkaitan dengan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.


Proyek Infrastruktur
 Proyek Infrastruktur


Proyek Infrastruktur meliputi apa saja? proyek infrastruktur meliputi banyak hal. Contoh proyek infrastruktur yaitu pembuatan jalan, proyek pembuatan bandara, proyek infrastruktur pelabuhan dan lainnya.

 

Pengertian Proyek

Apa yang dimaksud dengan proyek? yang dimaksud dari pengertian proyek adalah suatu jenis kegiatan yang sangat kompleks dan mempunyai sifat yang bisa terjadi berulang kali karena memiliki waktu yang terbatas sesuai dengan spesifikasi yang sudah di tentukan pada awal terbentuknya proyek untuk menghasilkan suatu tujuan tertentu.


Pengertian Infrastruktur

Apa yang dimaksud dengan infrastruktur? Proyek infrastruktur adalah sebuah roda penggerak dari suatu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pada dasarnya proyek infrastruktur bisa dilihat dari jenis pembiayaannya yang berasal dari pemerintah, umum maupun swasta, infrastruktur adalah suatu lokomotif bagi pembangunan sekala nasional dan daerah.


Pengertian proyek infrastruktur diatas sejalan dengan pengertian menurut para ahli yang artinya wujud modal publik (public capital) yang bisa terdiri dari pembuatan jalan umum, pembangunan jembatan, sistem saluran pembuangan, dan lainnya hal ini ditujukan sebagai bentuk investasi yang dilakukan oleh pemerintah baik itu pusat maupun daerah.


Proyek infrastruktur adalah sebenarnya terbagi menjadi beberapa kelompok antara lain infrasttuktur air, infrasttuktur transportasi, infrasttuktur energi, infrasttuktur bangunan, infrasttuktur pengelolaan limbah. Pada dasarnya proyek Infrastruktur di Indonesia sangat berkaitan erat dengan kementrian PUPR.


Secara istilah, arti intrastruktur adalah padanan dari kata prasarana. Arti Infrastruktur ialah suatu fasilitas dasar yang pembuatannya ditujukan untuk kepentingan umum, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik, yang dibangun oleh pemerintah maupun perorangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. 


Contoh Proyek Infrastruktur

Infrastruktur meliputi apa saja? proyek infrastruktur adalah berbagai pembangunan yang ada disuatu daerah. Ada banyak sekali contoh dari infrastruktur yang meliputi berbagai fasilitas dasar untuk kepentingan umum. Adapun yang sering kita lihat didaerah tempat tinggal kita yang bentuknya fisik antara lain jalan, jalan tol, stadion, jembatan, konstruksi bangunan, jaringan listrik, bendungan, dan sebagainya.


Proyek Infrastruktur Indonesia

Apa saja infrastruktur di Indonesia? proyek inftrastruktur yang ada di Indonesia ada banyak sekali. Kami berikan sedikit contoh infrastruktur beberapa diantaranya:

  • Pembuatan jalan raya dan jalan tol
  • jembatan
  • terowongan
  • rambu lalu lintas
  • saluran air
  • trotoar
  • Jalur sepeda
  • kereta api
  • trem
  • Kanal sebagai transportasi air dalam pulau
  • Dan lain sebagainya


Bagaimana kondisi infrastruktur Indonesia secara umum? kondisi infrastruktur di Indonesia saat ini berada pada angka  38% dari PDB (Bappenas, 2019) Kajian dari Bappenas (2018) menyebutkan kontribusi infrastruktur terhadap perekonomian pada kondisi konstruksi sebesar 1,28%.ur terhadap perekonomian pada kondisi konstruksi sebesar 1,28%. Sementara itu, pada kondisi operasional sebesar 0,85%.