Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan

Pembuatan maket biasanya diawali dengan pembuatan ide dan rancangan yang detail. Berikut ini akan kami jelaskan lengkap mengenai maket dan ruang lingkupnya, simak lengkap artikel ini.


Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan
Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan


Keyword: proses awal dari pembuatan miniatur konstruksi rumah dari bahan kardus adalah, sebutkan bahan bahan yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah, bagian tersulit dalam membuat sebuah rumah adalah, contoh kegiatan finishing dalam pembuatan miniatur rumah adalah, berikut adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah, berikut bahan yang biasanya digunakan untuk membuat miniatur rumah adalah, pada teknik persambungan untuk membuat miniatur rumah ada dua yaitu, alas maket rumah dibuat menggunakan bahan triplek atau, alat maket untuk miniatur rumah dapat dibuat dari bahan, langkah pertama yang dilakukan sebelum membuat miniatur konstruksi rumah adalah


Pengertian Maket


Maket Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah wujud tiruan baik itu gedung, rumah, kapal, pesawat dan benda yang lain berbentuk tiga dimensi dan rasio kecil. Lalu, maket terbuat dari apa?  umumnya dibuat berbahan kayu, styrofoam, kertas, tanah liat dan media yang lain.


Apa yang dimaksud dengan maket? Maket menurut situs Wiki, maket ialah wujud tiruan (gedung, kapal, pesawat terbang dan lain-lain) dalam tiga dimensi dan rasio kecil. Maket umumnya dibuat dari kayu, kertas, tanah liat dan lain-lain.


Maket bermanfaat untuk tampilkan deskripsi visual berkenaan bangunan atau tempat yang diartikan dengan rasio yang pas, tanpa perlu memperhatikan langsung object aslinnya.


Miniatur terbuat dari apa? Untuk anda yang baru menekuni di dunia arsitektur dan interior, tentu anda pernah menyaksikan miniatur sebuah rumah yang memiliki ukuran kecil. Miniatur itu dibikin demikian bagus dengan memerhatikan semua detilnya.


Itu yang diberi nama dengan maket bangunan. Pada intinya, maket bangunan berperan sebagai fasilitas pemberi info mengenai detail satu bangunan.


Dibanding dengan gambar yang berupa dua dimensi, maket bangunan mempunyai penampilan tiga dimensi hingga lebih gampang dimengerti seseorang untuk memperoleh deskripsi bangunan yang sama sesuai realita.


Oleh karenanya, pembuatan maket biasanya diawali dengan ide dan rancangan yang matang serta ditangani dengan benar-benar sama sesuai keadaan bangunan yang sebetulnya. Otomatis, pemakaian maket bangunan sebagai media promo dapat memancing ketertarikan calon konsumen rumah.


Pikirkan bila anda sedang punya niat beli rumah dan menyaksikan sebuah maket yang dibuat demikian cantik, tentu saja anda akan tertarik untuk memerhatikannya barang sesaat.


Bukan mustahil dari awalannya rasa ingin tahu ini beralih menjadi minat anda untuk mempunyai bangunan yang dicontohkan oleh maket itu. Proses pembikinan maket bangunan sebetulnya tidak begitu susah.


Factor yang terpenting adalah kecermatan anda dalam hitung rasio, kekreatifan untuk membuat maket, dan keuletan dalam membuat detil yang terang. Ongkosnya juga tidak demikian mahal.


Malah anda malah dapat manfaatkan beberapa barang sisa seperti kardus, plastik, serbuk gergaji, dan kain perca. Pembuatan maket biasanya diawali dengan pembuatan, berikut langkah-langkahnya:


Persiapkan Alat dan Bahan yang Khusus


Beberapa alat dasar yang diperlukan dalam pembikinan maket salah satunya pensil, penghapus, penggaris, buku catatan, dan meteran. Dan bahan khusus yang digunakan dapat disamakan dengan kemauan misalkan kayu tripleks, gabus stereofoam, papan partikel, kertas kardus, atau kertas karton.


Maka, alat pemotong dan lem perekat yang dipakai juga disamakan berbahan khusus yang digunakan dalam pembikinan maket bangunan ini. Misalkan jika anda memakai bahan berbentuk kayu tripleks, karena itu alat pemotong yang digunakan ialah gergaji kecil dan perekat dari lem kayu.


Dapatkan Gagasan Inovatif untuk Bahan Tambahan


Beberapa bahan tambahan digunakan untuk mempercantik penampilan rumah secara visual. Misalnya rumput dibuat dari serbuk gergaji yang dicat hijau, potongan karpet, atau kain beludru berkelir hijau.


Untuk pembikinan ornament air coba gunakan kertas warna biru yang diberi gula pasir supaya mengkilat, lalu ditutup dengan plastik sebagai penahan. Jendela dan pintu dapat didatangkan dari lembar mika atau plastik yang cukup tebal.


Dan untuk atap rumah, anda dapat membuatnya dari formasi sendok/stick es cream atau ijuk dan ilalang.


Kalkulasi Rasio Bangunan dengan Betul


Perhitungan rasio bangunan ini sebagai cara yang paling tentukan dalam kesuksesan pembikinan maket. Kekeliruan sedikit saja dalam hitung dan mengganti ukuran sama sesuai rasio akan menghancurkan orisinalitas maket itu.


Tips-nya ialah anda harus hitung ukuran bangunan yang sebetulnya sampai ke unit milimeter. Pakai rasio 1:100 untuk mempermudah anda dalam mengganti ukuran bangunan sebetulnya ke ukuran bangunan pada maket.


Bukan hanya luas bangunan, anda pun perlu hitung ketinggian dinding dan derajat kemiringan atap. Tulis beberapa ukuran yang didapatkan lalu tulis pada info denah bangunan yang dibikin.


Membuat Sketsa Bangunan


Dengan berdasar pada info beberapa ukuran yang sudah dihitung dalam langkah awalnya, anda dapat membuat sketsa maket bangunan secara tepat. Satu kali lagi kami peringatkan untuk selalu berdasar pada catatan ukuran dan jauhi rutinitas mengira-ngira.


Tiap garis harus dibikin sama sesuai bentuk aslinya, apa tegak lempeng atau meliuk. Sesudah denah usai dibikin, seterusnya potong sesuai skema.


Pakai alat pemotong yang betul-betul tajam agar hasil kerjanya lebih rapi. Kerjakan pemangkasan ini sampai pola-pola maket yang telah dilukis terpenggal semuanya.


Sambungan Pola-pola Maket


Inilah cara yang paling menyenangkan yaitu menghubungkan pola-pola maket seperti bermain puzle memakai lem perekat. Dianjurkan menggunakan bermacam tipe lem kayu sama sesuai alokasinya hingga potongan-potongan skema itu mudah direkatkan.


Janganlah lupa ya untuk tempelkan lembar mika sebagai jendela dan pintu. Lakukan cara ke-5 ini sampai semua potongan skema dipasang dan maket bangunan juga terlihat sesuai bangunan yang sebenarnya.


Finising untuk Memperbaiki Keelokan Maket


Tahapan paling akhir ialah memperbaiki penampilan maket bangunan dengan menambah finising berbentuk pernak-pernik dan cat berwarna-warna. Tambah ornament-ornamen percantik seperti tanaman, rumput-rumputan, dan lain-lain.


Jika perlu anda dapat menambah juga beberapa lampu untuk mainkan faktor penerangan hingga maket kelihatan berkilau. Ingat bentuk maket harus sesuai keadaan bangunan pada realitanya. Jangan sampai membuat kolam di muka maket bila bangunan asli tidak diperlengkapi dengan kolam.


Begitu juga bila maket berada di pinggir jalan raya, seharusnya anda bikin contoh jalan itu untuk tingkatkan daya magnet calon konsumen rumah.


Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan
Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan


Jenis Maket


Maket terbagi dalam beragam jenis salah satunya maket arsitektur dan maket sistematis. Maket dapat merepresentasikan wujud bangunan dan sarana yang ada di bangunan berbentuk tiga dimensi.


Bersamaan dengan berkembangan jaman, wujud dan kualitas dari maket telah makin bertambah cepat dan itu benar-benar menolong seorang dalam mempresentasi wujud bangunan dan menolong customer untuk menyaksikan dengan jelas dalam pembelian bangunan misalnya seperti properti perumahan atau gedung perkantoran.


Maket mempunyai fungsi yang paling menolong saat sebuah perusahaan develope ingin membuat suatu project bangunan perumahan atau perkantoran, karena itu maket menjadi media yang paling ringkas dan efisien untuk memberi info dan presentasi dari detil atau ide bangunan yang hendak ditangani.


Pemakaian maket juga bisa jadi daya magnet sebagai properti selainnya edaran dan media yang lain kerap dipakai dalam pemasaran bangunan.


Karena edaran cuman bisa menunjukkan berbentuk satu dimensi saja seperti gambar tetapi maket bisa menunjukkan wujud visual bangunan secara tiga dimensi berbentuk yang utuh dan sama sesuai dari wujud bangunan aslinya.


Fungsi atau Manfaat Maket


  • Mengecilkan ukuran benda atau object yang terlampau besar dan harga mahal bila didatangkan berbentuk aslinya.
  • Memberi pengalaman yang riil ke beberapa audiens pada sesuatu benda atau object, meskipun cuman berbentuk replikanya.
  • Mempermudah dalam keterangan mengenai satu benda atau object dengan merepresentasikan benda tiruannya sesuai benda aslinya.
  • Sebagai media visualisasi dari design interior.
  • Menggambarkan sebuah kondisi pada suatu lingkungan dalam rasio yang lebih kecil.


Cara Membuat Maket

Bagaimana cara membuat maket? Langkah-langkash dasar untuk membuat maket sederhana namun berkualitas ialah sebagai berikut

  • Persiapkan Alat dan Bahan yang Khusus
  • Dapatkan Gagasan Inovatif untuk Bahan Tambahan
  • Kalkulasi Rasio Bangunan dengan Betul
  • Pembikinan Sketsa Bangunan
  • Sambungan Pola-pola Maket
  • Finising untuk Memperbaiki Keelokan Maket

Demikian artikel mengenai Pembuatan Maket Biasanya Diawali Dengan Pembuatan, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik iklan dan kunjungi apa yang dimaksud dengan kontruksi.


Terimakasih
Salam sukses