Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Rangka Baja Yang Penting Untuk Diketahui

Kontruksi Rangka Baja disaat kita mendengar kalimat itu , Anda pasti akan membayangkan gedung pencakar langit, hotel, industri dan sebagaianya. Kekuatan dan daya baja memang tidak bisa di ragukan lagi.


Kontruksi rangka baja
Konstruksi Rangka Baja

Keyword: rangkaian baja ringan, rangka baja ringan, rangka atap baja ringan, konstruksi baja, konstruksi baja ringan, kuda kuda baja ringan, baja ringan atap, jenis baja ringan, pasang baja ringan, pemasangan baja ringan


Pengertian Seputar Konstruksi Rangka Baja Yang Penting Untuk Diketahui

Apa itu struktur rangka baja? Suatu gedung yang menggunakan konstruksi baja akan terkenal kukuh dan bukan hanyalah unggul terhadap ketahananna, tetapi juga terhadap bobot dan instalasinya. Tak heran, konstruksi baja dapat mengakibatkan suatu bangunan menjadi lebih kondusif.


Untuk sebuah kualitas yang bermutu tinggi memang memerlukan biaya untuk pembelian yang lumayan mahal namun hal ini sebanding bersama bermacam keistimewaan yang dimiliki konstruksi baja. tidak hanya hal tersebut, material baja juga cocok untuk konstruksi hunianmu idaman Anda.


Penggunaan Struktur Baja Pada Sebuah Bangunan


  • Penggunaan konstruksi baja sering digunakan pada sebuah bangunan-bangunan seperti:
  • Dipergunakan pada bangunan bertingkat tinggi (pencakar langit) karena kekuatan yang dimilikinya, bobotnya rendah, dan kecepatan falam konstruksinya
  • Jenis bangunan industrial seperti pabrik karena kemampuannya dapat menciptakan ruang bentang besar dengan biaya rendah
  • Untuk bangunan gudang, alasannya karena bentangan lebar, harganya murah dan perawatan minim
  • Untuk bangunan perumahan modern karena kokoh dan tahan lama
  • Pada Bangunan semi permanen dikarenakan baja dapat dibuat sebagai bangunan yang dapat di bongkar pasang


Jenis-Jenis Konstruksi Baja


Apa itu struktur baja ringan? baja memiliki beberapa jenis struktur untuk kontruksi yang biasa disebut dengan febrikasi baja. Lalu apasaja sih febrikasi baja, berikut penjelasannya:


Fabrikasi Baja Konvensional


Pengertian fabrikasi baja konvensional yaitu suatu perakitan, memotong bahan baja dengan panjang dan lebar yang benar kemudian mengelasnya untuk membuat sebuah bentuk konstruksi rangka baja yang di inginkan. Hal ini bisa dilakukan sepenuhnya di lokasi konstruksi yang padat karya atau juga bisa dilakukan dikerjakan di bengkel untuk menyediakan kondisi kerja yang lebih baik dan memangkas waktu.


Konstruksi Baja Baut


Jenis konstruksi baja baut yaitu suatu perakitan baja untuk membuat komponen yang sudah jadi lalu dicat sesuai kebutuhan kemudian dikirimkan ke lokasi, dan hanya dikunci dengan baut di tempatnya.


Metode ini merupakan metode konstruksi baja yang paling disukai oleh para welder dikarenakan sebagian besar proses fabrikasi dapat dilakukan di bengkel dengan menggunakan mesin las, pencahayaan khusus dan juga kondisi kerja yang tepat.


Kelebihan Konstruksi Rangka Baja


Ada banyak kelebihan jika menggunakan kontruksi baja ringan untuk keperluan bangunan rumah Anda. Apa saja itu, berikut kelebihan-kelebihannya:


Lebih Ringan Ketimbang Konstruksi Kayu


Bila dibandingkan dengan kayu konstruksi rangka baja lebih kokoh dan tahan lama bisa kita lihat ketika dilakukan pemotongan baja dan kayu dalam ukuran tertentu yang sama maka baja akan lebih berat dari pada kayu.


Tetapi yang peling menonjol adalah konstruksi rangka baja berdasarkan karakteristiknya akan memiliki berat yang lebih ringan ketimbang konstruksi kayu, kok bisa demikian ya.


Hal ini dikarenakan kelebihan menggunakan konstruksi rangka baja dapat lebih mempermudah pada saat desain pondasi rumah atau sebuah bangunan serta struktur penopang lainnya.


Dengan demikian konstruksi baja yang ringan dapat memangkas kebutuhan tenaga dan juga anggaran ketika pengiriman dan pemasangannya.


Konstruksi Rangka Baja Lebih Stabil


Kontruksi baja menghasilkan beban mati yang terbilang kecil hal ini dikarenakan pada saat pembuatannya baja mampu menopang dirinya sendiri pada bangunan yang lebih tinggi dan luas.


Bukan hanya itu konstruksi yang menggunakan baja bisa jadi solusi pada saat ingin membangun sebuah rumah di atas tanah yang konturnya cenderung labil.


Hal lain yang tidak perlu dikhawatirkan adalah kualitas baja, dengan banyaknya pilihan baja untuk kontruksi rumah, kami harap Anda memilih kualitas kontruksi baja yang bermutu tinggi, minimal kualitas stadar, agar lebih kuat dan tahan lama.


Tidak hanya itu untuk kualitas konstruksi baja pun cenderung tidak berubah seiring bertambahnya waktu maka tidak salah jika konstruksi baja juga dikenal lebih tahan lama.


Konstruksi Rangka Baja Lebih Menghemat Waktu


Untuk Anda yang akan membangun rumah dalam tempo yang singkat, konstruksi baja bisa menjadi pilihan yang tepat. 


Karena konstruksi rangka baja sendiri dibuat dengan standar yang tinggi dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan sehingga Anda bisa menyingkat waktu ketika pemilihan kualitas dan ukuran seja proses pembangunan rumah Anda.


Konstruksi Rangka Baja Lebih Hemat Dikantong


Dalam rencana pembangunan, faktor kualitas kekuatan, keamanan, dan tidak dapat diingkari bahwa faktor ekonomi pun menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting diperhatikan.


Meskipun demikian, konstruksi rangka baja yang bisa dikatakan tergolong harganya mahal namun konstruksi rangka baja memiliki kualitas yang lebih baik nyatanya lebih awet, kokoh dan bisa didaur ulang dari pada kayu dan beton.


Konstruksi rangka baja bisa bertahan puluhan tahun serta pada saat pembongkaran tidak menjadi "sampah" dikemudian hari, hal ini merupakan pertimbangan lingkungan.


Selain itu konstruksi baja juga hanya memakan sedikit biaya pada saat perawatan, perbaikan, dan penggantian dan dalam jangka panjang, kantongmu akan jadi lebih aman.


Kekurangan Konstruksi Rangka Baja


Struktur konstruksi rangka baja memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut:


  • Konstruksi rangka baja cenderung akan kehilangan kekuatan pada suhu yang tinggi dan juga rentan terhadap kebakaran
  • Penggunaan konstruksi yang menggunkan rangka baja cenderung lebih rentan terhadap korosi di lingkungan yang lembab atau tepi laut
  • Untuk beberapa wilayah-wilayah tertentu di Indonesia, konstruksi rangka yang menggunakan baja masih tergolong sangat jarang sehingga harganya pun menjadi lumayan mahal dibandingkan dengan kayu dan beton
  • Perlu seorang tukang khusus konstruksi rangka baja untuk nebdapatkan hasil yang memuaskan


Penutup Pembahasan Konstruksi Rangka Baja


Oke saat ini Anda sudah mengetahui apa itu "konstruksi rangka baja", untuk menggunakannya meski memerlukan uang yang lumayan besar di awal namun hal itu tentunya sebanding dengan beragam kelebihan dari konstruksi rangka baja.


Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya dari Bacahape ya agar pemahamanmu mengenai dunia proyek bisa terupgrade.