Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa Perawatan Gedung dan Ruang Lingkupnya

Jasa Perawatan Gedung dan Ruang Lingkupnya. Jasa Perawatan gedung merupakan kegiatan pemeliharaan dan perawatan bangunan khususnya gedung. Jasa perawatan gedung pada prinsipnya merupakan perawatan bangunan gedung yang menyeluruh total Building Maintenance, meliputi aspek-aspek komponen elektrik, mekanikal, teknik sipil, pembersihan , keamanan dan landscaping atau keindahan. Jenis kegiatan perawatan terhadap komponen-komponen yang ada dapat berupa pencegahan (protection), perbaikan (repairing), pengecatan (painting) dan pembaruan (renovation).


Jasa Perawatan Gedung
Jasa Perawatan Gedung


Jasa perawatan gedung termasuk juga pembersihan gedung, kegiatan pembersihan ini terdiri dari bagian luar gedung seperti pembersihan kaca, pembersihan ACP (Aluminium Cpmposite Panel) dan pembersihan dinding gedung. Untuk jenis perawatan pembersihan gedung bagian luar harus dilakukan secara berkala dan rutin hal ini sama saja perlakuannya pada gudang maupun pabrik.


Untuk itu pekerjaan jasa perawatan gedung mencakup didalamnya perbaikan atau penggantian pada bagian bangunan, komponen, bahan bangunan, prasarana dan sarana berdasarkan ketentuan dokumen rencana teknis perawatan bangunan gedung dengan mempertimbangkan dokumen pelaksanaan konstruksi pada sebuah gedung.


Untuk jenis jasa perawatan gedung pada umumnya meliputi perbaikan pada bagian yang telah rusak. Pada saat perbaikan gedung yang telah rusak parah biasanya ditangani secara khusus, jasa perbaikan gedung juga memperbaiki bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang perlakuannya pasti berbeda dengan bangunan pada umumnya.


Pekerjaan jasa perawatan gedung bertingkat meliputi pengecatan dinding yang telah rusak, perbaikan struktur dinding yang mengalami keretakan hingga dapat menimbulkan kebocoran, pemasangan kaca, pemasangan lampu dan lainnya. Hal ini memerlukan kehati-hatian yang ekstra pada saat melakukan perawatan di gedung yang tinggi karena sangat beresiko.


Jasa Perawatan Gedung dan Pemeliharaan Bangunan

Jasa Perawatan Gedung yang dimaksudkan disini adalah sebagai gabungan dari tindakan teknis dan administratif yang dimaksudkan untuk mempertahankan, memulihkan fungsi gedung sebagaimana yang telah di rencanakan pada saat pembangunannya.


Fungsi Jasa Perawatan Gedung?

Fungsi Jasa Perawatan Gedung? Bentuk keberhasilan pembangunan suatu gedung bisa dinilai dari kemampuannya untuk bertahan pada  kondisi yang diharapkan jauh sebelum didirikan, untuk melihatnya kita bisa mengamati gedung menggunakan beberapa prasyarat yang antara lain :


1. Persyaratan Fungsional

Persyaratan fungsional yaitu suatu prasyarat yang terkait dengan fungsi gedung. Disini jasa perawatan gedung bertujuan agar pada setiap gedung memiliki fungsional umum dan khusus yang perlu dipenuhi sesuai rencana pembangunannya. Adapun persyaratan umumnya adalah  gedung mampu melindungi pemakainya dari lingkungan luar, sedangkan untuk persyarat khususnya sangat tergantung pada jenis dan fungsi bangunan tersebut.


2. Persyaratan Performance

Pada setiap gedung memiliki persyaratan performanya yang sangat spesifik hal ini mencakup banyak aspek, mulai dari performance fisik luar bangunan sampai pada elemen mekanikal dan elektrikal. Adapun tindakan jasa perawatan gedung dalam hal ini sangat ditentukan oleh tuntutan performa yang terkait dengan fungsi gedung itu sendiri.


3. Persyaratan Menurut Undang – undang

Persyaratan yang bersumber undang – undang merupakan hal yang tidak biasa diabaikan begitu saja, hal ini dikarena menyangkut regulasi dan legalitas.Persyaratan ini diantarnya : Persyaratan  ketinggian maksimum suatu bangunan, dll.Oleh sebab itu Jasa Perawatan Gedung sangat diperlukan.


4. Persyaratan Menurut User

Jasa perawatan gedung juga berfungsi membuat gedung lebih nyaman karena kenyamanan user merupakan ukuran keberhasilan jasa perawatan gedung. Hal ini biasanya terdapat pada gedung gedung sewa dan bangunan untuk fasum.

Jasa perawatan gedung meliputi banyak aspek yang dapat dikategorikan kedalam 4 kegiatan seperti:

  • Pemeliharaan rutin harian
  • Rectification ( perbaikan bangunan yang baru saja selesai )
  • Replacement ( penggantian bagian yang berharga dari suatu bangunan )
  • Retrofitting ( melengkapi bangunan sesuai kemajuan teknologi )


Secara singkat jasa perawatan gedung dapat diklarifikasikan menjadi 2 macam yaitu Pemeliharaan Rutin dan Pemeliharaan Aksidental.


Jasa Pemeliharaan Gedung Rutin

Jasa pemeliharaan gedung secara rutin adalah pemeliharaan gedung yang dilakukan dengan rentang waktu tertentu untuk mempertahankan gedung pada kondisi yang diinginkan. Adapun contohnya seperti pengecatan dinding di luar gedung , pengecatan interior selama 3 tahunan, pembersihan dinding luar gedung dan sebagainya.


Bukan hanya itu, jenis pekerjaan pemeliharaan secara rutin juga bisa berupa perbaikan atau penggantian komponen yang gedung yang telah rusak. Kerusakan ini biasanya dikarenakan oleh faktor alam seperti kusam, keropos.


Jenis jasa perawatan gedung memang sangat penting dilakukan karena untuk menentukan siklus pemeliharaan gedung. Untuk siklus pemeliharaan gedung biasa ditentukan oleh data fisik gedung dan equipment yang berada pada dokumentasi perawatan manual ataupun catatan pengalaman dalam pekerjaan perawatan gedung sebelumnya.


Jika hal ini sudah direncanakan maka siklus kegiatannya pun sebenarnya sudah ditentukan, untuk itu jenis pekerjaan dan anggaran tidak menjadi persoalan yang berarti.


B.  Pemeliharaan Bangunan Remedial

Jenis jasa perawatan gedung secara remedial adalah perawatan gedung yang dapat diakibatkan oleh beberapa faktor seperti:


Faktor Kegagalan Dalam Hal Manajemen

Hal penting yang musti diperhatikan pada faktor kegagalan pembuatan gedung adalah tekhnis pengelolaan yang tidak diatur sedemikian rupa dan hal ini bisa terjadi saat tahap kontruksi maupun pada tahap pengoperasian bangunan contohnya adalah kecerobohan dalam pemasangan suatu komponen bangunan. Pada saat pengoperasian bangunan kesalahan dalam merencanakan jadwal pemeliharaan umumnya tidak dilakukan secara konsisten pengaplikasiannya dan cenderung diabaikan, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka dapat mengakibatkan kerugian besar dikarenakan kerusakan pada alat dan bahan bangunan serta waktu pengerjaannya.


Faktor Kegagalan Kontruksi dan Desain

Faktor desain dan kontruksi sangat erat sekali hubungannya dalam kualitas gedung. Seperti contoh kesalahan desain adalah dalam pemilihan bahan bangunannya yang tidak berkualitas sehingga usia pemakaian gedung menjadi lebih pendek dan tidak sesui dengan yang diharapkan. Hal ini sama saja dalam segi kontruksi, kesalahan yang biasanya terjadi didalam pelaksanaan pada saat finishing dapat menyebabkan usia pemakaiannya pun tidak bertahan lama sehingga penggunaan jasa perawatan gedung bisa berjalan lama.


➤ Kegagalan Dalam Perawatan

➤ Untuk faktor perawatan dalam ini diakibatkan oleh beberapa hal seperti

➤ Program perawatan rutin yang tidak sesuai dengan yang harapkan

➤ Program perawatan yang tidak efektif

➤ Inspeksi perawatan yang tidak dilakukan dengan baik

➤ Data pendukung perawatan yang tidak mencukupi


Personil Jasa Perawatan Gedung

Untuk personil didalam perawatan Gedung sangatlah bermacam-macam, yang semua itu dikategorikan sesuai kelompok mechanical dan electrical, adapaun manager bertanggung jawab atas kegiatan perawatan seperti :


  1. AC
  2. System pengadaan air bersih
  3. System pembuangan air kotor
  4. Sytem pencegah kebakaran
  5. Elevator
  6. Gondola
  7. Power suplay ( PLN dan genset )
  8. Penerangan,telekomunikasi dan CCTV
  9. Sound system


Jasa perawatan gedung yang dilakukan secara mendadak dan tidak direncanakan bisa mengakibatkan kurang maksimalnya penanganan atas dasar komplainan dari pihak terkait. Untuk itu, jika Anda akan akan menggunakan jasa perawatan gedung sebaiknya jauh-jauh hari sudah direncanakan waktu dan biayanya agar hasil yang didapat maksimal.


Untuk meng-upgrade pengetahuanmu terhadap proyek Anda bisa mengklik Dunia Proyek.