Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Pondasi rumah 2 Lantai Berikut Penjelasannya

Konstruksi pondasi rumah 2 lantai berikut penjelasannya. Kontruks Pondasi rumah 2 lantai merupakan salah satu bagian dari sebuah konstruksi gedung yang letaknya teramat bawah dari bangunan, pondasi berperan penting sebagai konstruksi penahan beban dari atas yang disalurkan atau menapak kedalam bumi sehingga bangunan akan kokoh berdiri.


Pondasi diharuskan dibuat dengan baik agar tidak menyebabkan keretakan dan amblas pada bangunan diatasnya.


Konstruksi pondasi rumah 2 lantai sederhana
Konstruksi Pondasi Rumah 2 Lantai


Kontruksi pondasi rumah 2 lantai memang harus dibuat khusus karena beban yang menyangga berbeda dengan bangunan satu lantai. Pada umumnya penggunaan pondasi ini menggunakan kontruksi bangunan cakar ayam, karena sudah terbukti kekuatannya.


Hal Yang Perlu di Perhatikan dalam konstruksi pondasi rumah 2 lantai

  • Jenis Tanah
  • Desain Rumah
  • Umur Bangunan

Dengan bermacam-macamnya kontur tanah maka pembuatan pondasi harus disesuaikan dengan situasi lingkungannya.


Pengertian Kontruksi Pondasi Rumah

Pondasi rumah itu apa? Ada berbagai pengertian mengenai kontruksi pondasi rumah begitu juga dengan jenisnya yang bemacam-macam sesuai dengan kategori bangunannya. Pondasi gedung ialah satu sisi dari arsitektur bangunan yang berfungsi buat menopang berat muatan semua sisi yang berada di atasnya dengan. Konstruksi Pondasi rumah 2 lantai setidaknya ada pada bangunan apa pun karena perannya yang begitu primer.


Pondasi rumah pengertian sederhananya adalah tumpuan sebuah bangunan. Letaknya didasar sebuah gedung dan biasanya dibuat sangat kuat karena digunakan untuk menopang beban yang sangat berat. Oleh karena itu penggunaannya bisa di aplikasikan pada konstruksi pondasi rumah 2 lantai.


Konstruksi Pondasi Rumah 2 Lantai
Konstruksi Pondasi Rumah 2 Lantai


Macam-Macam Pondasi

Macam-macam pondasi itu ada banyak, untuk melengkapi pengetahuanmu mengenai kontruksi pondasi rumah 2 lantai sebaiknya simak lengkap jenis-jenis pondasi berikut:


Pondasi Penerus Batu Kali

Konstruksi pondasi untuk jenis yang satu ini sangat layak diterapkan pada tanah yang keras dan berada tidak jauh dari permukaan tanah. konstruksi pondasi menerus ini biasanya berbentu trapesium dengan tinggi sama dengan lebar bawah dan menyatu dengan sloof. Penggunaan pondasi penerus batu kali ini tidak hanya untuk bangunan dua lantai saja namun pondasi ini juga bisa Anda terapkan pada bangunan satu lantai.


Apakah pondasi batu kali bisa untuk rumah 2 lantai? jawabannya adalah bisa, sebab dengan menggunakan batu kali pondasi akan lebih kuat dan tahan lama. Penggunaan pondasi batukali sering dipergunakan untuk membangun rumah satu lantai maupun beberapa lantai.


Adapun keperluan untuk pembuatan pondasi batu kali sebagai kontruksi pondasi rumah 2 lantai biasanya memerlukan kedalamannya sekitar 60-80 dengan lebar tapak sama persis dengan tingginya.


Pondasi Tapak

Corak pondasi yang bisa dipilih seterusnya yakni pondasi tapak yang mana pas diaplikasikan pada tanah padat sekalipun tanah lembek. Pondasi ini dibuat dari semen bertulang membuatkan tapak persegi dengan patok yang saling mengakses di kolom utama.


Kontruksi pondasi ini memiliki kekuatan kurang lebih 3 meter, tidak cuma dua lantai corak kontruksi pondasi ini bertimbal diaplikasikan untuk rumah 3 lantai dan sebaiknya kurang dari tiga lantai. Pada lingkungan tanah tertentu pondasi ini bisa dikombinasikan dengan kontruksi pondasi berbahan dasar batu kali, hal ini akan lebih kuat jika di pakai untuk konstruksi pondasi rumah 2 lantai.


Kontruksi Beton Cakar Ayam

Tentu masyarakat banyak yang tahu corak pondasi ini. Kontruksi bangunan cakar ayam ini banyak diperlukan oleh masyarakat yang ingin membentuk rumah dua atau tiga lantai.


Pondasi ini memiliki daya dukung yang alot dan mampu meringankan berbagai macam bentuk dan relatif lunak. Pondasi sreg diaplikasikan di negara yang labil seperti perbukitan tidak hanya itu struktur tanahnya lunak atau lembek.


Pondasi dibuat dari plat batu dengan ketebalan kurang lebih 12 centimeter dan menyatu dengan pipa kerikil bertulang di zat bawahnya. Struktur ini dapat menahan kesetimbangan bangunan dan mengantisipasi adanya penurunan.


Pondasi Sumuran

Versi kontruksi pondasi rumah 2 lantai ini dicor di tempat dengan partikel bahan bangunan bermotif semen dan juga batu belah untuk pengisinya. Gaya pondasi ini di gali di tanah tidak hanya itu diameternya kurang lebih 80 Centimeter.


Pengerjaan pondasi ini seperti cebak sumber karena kedalamannya menggerapai delapan meter. Anda bisa menugasi pondasi satu ini jika pembangunan rumah tercantum lokasinya jauh dan pengangkutan turus bongkot tidak memungkinkan.


Syarat Pemilihan Pondasi

Setelah Anda tahu ragam konstruksi pondasi rumah 2 lantai ada baiknya pula Anda tahu syarat-syarat suatu pondasi ini. Sebelum mengacu ke pondasinya Anda kudu tahu beban yang ditopang oleh pondasi yang terdat diatasnya seperti beban hidup hehehe, beban gempa, angin, dan sebagainya.


Tidak cuma itu Anda pun wajib menyesuaikannya dengan model keadaan tanah dan serta situasi lingkungannya. Semisal saja yakni situasi sering terjadi gempa bumi maka pondasi termasuk perlu mampu membendung beban saat terpukul gempa.


  1.  Jika keadaan tanah keras terletak di bidang tanah atau kedalaman pondasi antara 2-3 meter di bawah permukaan tanah maka model pondasinya ialah pondasi ceper. ( umpama : pondasi jalur, pondasi telapak ataupun pondasi bor pile manual ).
  2.  Jika keadaan tanah gembur sampai intensitas kurang lebih 6 meter oleh karena itu jenis pondasi yang dapat di pakai merupakan pondasi strauss pile atau bor pile manual
  3.  Kalau tanah keras terletak di intensitas sekitar 10 meter ataupun lebih di bawah bidang tanah oleh karena itu jenis pondasinya merupakan pondasi bored pile, pondasi sumuran atau pondasi mini pile.
  4.  Kalaupun jenis dan kontru tanahnya keras serta terletak di kedalaman 20 meter ataupun lebih di bawah rataan tanah, jenis pondasi yang baik untuk digunakan ialah pondasi tiang pancang ataupun pondasi bored pile.


Demikian artikel tentang kontruksi pondasi rumah 2 lantai. Semoga bermanfaat dan jangan lupa uprag informasi anda tentang proyek kontruksi bangunan di website ini.